#OOTD pakai tas Someah, tas lokal asli Bandung yang super gemas!

Juni 29, 2019

Larasatinesa.com - Hello everyone, di penghujung bulan Juni ini saya masih mager buat bahas yang berat-berat dulu nih #halah 🤣. Kali ini saya mau review dengan mengumpulkan beberapa foto OOTD (Outfit of The Day) saya menggunakan produk tas kesayangan yaitu, Someah Indonesia.


OOTD with Someah bag! 
Someah Indonesia merupakan brand tas wanita lokal terbuat dari canvas printing dan kulit sintetis asli buatan Bandung milik Aini Shaesarita yang berdiri pada tahun 2013. Saat itu Teteh Aini (panggilan saya pada beliau) masih bekerja di suatu perusahaan di Bandung yang kebetulan sedang kondisi hamil anak pertama. Teh Aini beserta suami lantas memikirkan biaya persalinan yang tidak murah. Dari situ mulailah Teh Aini mencari-cari supplier fashion yang bisa saya jual kembali. Awalnya Teh Aini menjual tas home industry yang workshop-nya tidak jauh dari rumah. Surprisingly semua tasnya laris walaupun hanya dengan untung 20rb / pcs. Dan Alhamdulillah lagi hasil dari penjualan tasnya bisa membantu biaya persalinan Teh Aini. Oh ya, pada saat itu, tas yang Teh Aini jual masih tanpa brand karena masih bersifat produk orang lain.

Aini Shaesarita owner Someah Indonesia | Source: instagram

" Sekitar setahun kemudian, setelah anak saya berusia 1 tahun saya memutuskan untuk resign dr pekerjaan. Dikarenakan anak saya mengalami gangguan pencernaan dan alergi, jadi saya rasa harus mengurus anak sendiri. Usaha tas masih berjalan, tapi saya berfikir untuk megembangkannya dan memiliki brand sendiri. " Ungkap Teh Aini.

Dari situ mulailah sang owner mencari info pengrajin tas di sekitar tempat tinggalnya yaitu kawasan Cijerah. Dan untuk modal awalnya Teh Aini mengajak adiknya untuk bergabung. Pasti banyak yang penasaran kenapa nama brand tasnya SOMEAH? Mungkin kalau yang bukan orang Bandung nggak biasa mendengarnya. Rupanya alasan Teh Aini memberi nama Someah karena begitu banyak orang yang menyebut dirinya someah sejak tinggal di Bandung. Padahal pada saat itu beliau pun nggak tahu apa arti Someah. Jadi, Someah itu artinya adalah ramah tamah. Nama ini dipilih juga sebagai pencerminan warga Bandung yang someah. Termasuk ke saya juga ini maksudnya yang warga Bandung, gitu. #NesaAnaknyaSukaNumpangTenar 🤭

Motif yang Teh Aini pilih mengkhususkan pada tema bunga, sebagai perlambangan 'Bandung Kota Kembang'. Setelah menemukan pengrajin yang cocok, kedua kakak beradik itu mencoba produksi sebanyak 25 pcs tote bag. Penjualannya hanya melalui online yaitu di instagram saja, dan menawarkan produk dari mulut ke mulut. Sulit nggak sih julannya? Iya, sangat sulit dan nyaris menyerah di awal. Untuk menghabiskan 25 tas itu Teh Aini butuh waktu 2 bulan. Sangat lambat, dan belum terlihat keuntungannya.

Tapi keduanya memutuskan untuk tetap melanjutkan produksi berikutnya, dan berinovasi dengan model yang lebih menarik. Keluarlah model original pertama Someah yang diberi nama "Geulis", dan surprisingly responnya saat itu luar biasa, dalam hitungan minggu sudah habis! Teh Aini dan adiknya terus memproduksi model tersebut dalam berbagai motif yang berakhir dengan sold out!

Seiring berjalannya waktu, adik Teh Aini semakin sibuk dalam pekerjaannya disalah satu stasiun TV. Akhirnya Someah diurus oleh Teh Aini seorang diri.

"Saya mulai mencoba untuk mendesain model-model tas lainnya, yang padahal saya awalnya bukan orang yang tertarik apa lagi hobi dengan tas. Hehe.. Sejak saat itu justru menjadi hobi baru saya, mendesain berbagai bentuk tas yang tetap konsisten pada material canvas printing bermotif bunga." Lanjut Teh Aini menceritakan kisahnya.

Pada awal tahun 2015, Teh Aini mengajukan hak paten merek dagang melalui Indotrademark dengan modal menggadaikan cincin. Karena ternyata hak paten tidaklah murah, dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dilegalkan. Alhamdulillah.. pada awal tahun 2017 setelah penantian selama 2 tahun, brand SOMEAH telah disahkan oleh Haki sebagai merek dagang kepunyaan Teh Aini.

Teh Aini lagi-lagi mengaku kalau lika-liku perjalanan SOMEAH sungguh tidak mudah. Berkali-kali Ia terpaksa menggadaikan mas kawin karena terpentok oleh modal. Prinsipnya kalau ingin maju, itu butuh modal. Dan setelah ada modal juga butuh keberanian.

Saat ini SOMEAH telah mengikuti beberapa kali pameran di Ibukota dengan tanggapan yang positif. Penjualan pun saat ini sudah ada offline store-nya di Tuku, Lawangwangi -Bandung dengan pencapaian best seller brand disetiap bulannya. Asli, salut banget saya sama perjuangan Teh Aini.

Yang unik dari tas-tas yang ada di Someah ini adalah tasnya limited edition, tiap bulannya hanya mengeluarkan 3 pcs dalam 1 design. Kamu pasti berasa spesial banget kalau udah punya tas SOMEAH. Saya suka banget motif bunganya yang colorful, cocok yaa sama kehidupan yang penuh warna ini. 🤣 Selain itu, biarpun motifnya rame, semua tas Someah bisa dipadupadankan dengan berbagai style, dari yang santai atau formal. Harga dari tas-tas SOMEAH cukup affordable lho, kamu bisa mendapatkan tas-tas gemas ini seharga nggak lebih dari 150 rb aja!

Berhubung saya bukan fashion blogger jadi maaf kalau angle, gaya, or muka modelnya gitu-gitu aja nampak kurang estetik ya sist. Mohon dimaklumin. 😂

1. Sekar Marries




Anw, saya bawa SOMEAH jalan-jalan ke KL dong ini!

2. Leutik Atisaya










3. Sukma Raya Series








Sekitar akhir 2016 kemarin, Someah telah memiliki sister brand bernama SAMPURASUN. Sebuah brand tas yang masih punya Teh Aini, yang mengkhususkan diproduksi massal sebagai "Cacandakan Asli ti Bandung" (buah tangan asli dari Bandung). Dengan desain khusus dari 2 orang teman designer di Bandung. 

Jadi cerita awal dari lahirnya brand Sampurasun ini adalah "karena jatuh cintanya kami kepada bapak walikota Ridwan Kamil, dimana sejak kepemimpinan beliau, industri kreatif dan usaha menengah produk lokal Bandung begitu maju dan sangat diperhatikan. Kedua, kebetulan upah karyawan di Bandung masih tergolong murah, dan kami berniat membantu teman-teman kami sesama designer untuk mendapatkan penghasilan tambahan di luar pekerjaan mereka dengan menggunakan desain mereka sebagai motif, dan royalti seumur hidup pada tiap pcs penjualan tas".

Teh Aini dan Tas Sampurasun | Source: Instagram
Saat ini Sampurasun juga sedang dalam pengajuan untuk hak paten legalitas brand. Pencapaian Sampurasun saat ini, kami telah beberapa kali memenuhi permintaan bapak walikota untuk dijadikan souvenir pada acara pemerintahan kota Bandung. Saya doain semoga secepatnya dapat hak paten ya, Teh! Aamiin!

Harapan Teh Aini kedepannya; berharap brand miliknya bisa terus menjadi produk oleh-oleh khas Bandung yang dicintai dan diminati banyak orang dari berbagai kalangan. Selain itu, Teh Aini juga berharap suatu saat bisa mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha ini lebih berkembang, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Mulia sekali memang teteh satu ini. Well, saya pun senang sekali bisa menjadi bagian dari Someah Indonesia. Terima kasih ya, Teh. 

Buat kalian yang mau kepoin produk tas-tas lucunya Someah dan Sampurasun, bisa cek infonya di bawah ini ya!
Instagram: 

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

120 comments

  1. beneran gemes gemes banget ya tas dari someah ini , aku suka sama yang paling terakhir tuh lucuuu dan cukup besar

    BalasHapus
  2. Akhirnya tayang juga review tak ucul ini. Aku srg kepoin IG-nya lho. Trus tak pikir-pikir itu tas buatan mana ya, kok ucul banget. Aku seneng sih produk kayak gini. KArena tas sendiri juga bikinan crafter Indonesia. Bahan camvas juga hand painting. Ntar aku kepoin akunnya Someah deh. Uculll banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini tasnya bagus-bagus mba, dan menurutku awet juga. Wajib punya sih soalnya tasnya eksklusif satu bulan cuma produksi 1 model. Asik kan tuh.

      Hapus
  3. iiihh tasnya lucuk2... model dan motifnya juga unik yak...sebagai pecinta produk lokal wajib nih kepoin medsosnya produsen tas ini..

    BalasHapus
  4. ih lucu ya motif bunganya, aku udah lama denger tentnag tas someah ini tapi belum pernah beli, cuss ke IGnya ah :) makasih Nessa infonya

    BalasHapus
  5. Warna dan motifnya cerah2 ya, sesuai dengan namanya, Someah :)

    BalasHapus
  6. Cacandakan itu artinya pleh2. Dpt kisakaata Sunda dari blog ini. Sampurasun sepertinya seting dengan deh. Cukup poluler koq Teh Ainibdengan Sampurasunnya.

    BalasHapus
  7. Jempol untuk teh aini yang selalu semangat berkarya. Hasil tidak akan menghianati proses, someah insya Allah sukses. Lucu-lucu banget kok produknya 😍

    BalasHapus
  8. I love the bags! The patterns are unique and exquisite yaa.. pas banget buat souvenir dari Bandung. Nanti kalau main ke Bandung cariii aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iyaa, kalau ke Bandung jangan lupa mba beli tas Someah

      Hapus
  9. Luar biasa ya usaha dari Teh Aini untuk memperkenalkan produk tasnya. Motifnya lucu sekali dan sebagai pilihan bagi para penggemar tas dan pencari buah tangan dari Bandung ya, kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, cocok nih buat jadi oleh-oleh dari Bandung.

      Hapus
  10. Tas Someah bagus-bagus ya, aku nih sekarang lagi senang sekali beli tas-tas merk lokal. Selain emang modelnya bagus banget juga keren banget sekarang ini. Aku paling suka sling bag yang dipakai sama ownernya Someah. Belinya bisa via onlinekan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa beli online, Someah ada di E-Commerce juga mba.

      Hapus
  11. Bandung emang surganya karya-karya lokal yang cakep. Aku pengen punya tas ini unik dan lucu sekali. Kepoin IGnya aah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lucu mba tas-tasnya, wajib punya sih kalau aku.

      Hapus
  12. Motif tas nya bagus bagus dan model nya kekinian, aku juga suka tas texture canvas begitu. Bisikin harga nya donk mba hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah harganya tejangkau mba, nggak sampai 200rb ke atas kok

      Hapus
  13. Tasnya lucu sekali.. Dipadukan dengan gaya apapun cocok. Semoga makin sukses ya Teh Aini dengan tas-tas yang lucu-lucu itu. Jadi pengen ke Bandung dan beli tasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, jangan lupa mba beli tas Someah ya haha

      Hapus
  14. brand lokal emg skrng bagus bagus ya, model tas dr someah ini jg lucu lucu. cocok buat hang out

    BalasHapus
  15. Bagus bangeeet. Menambah panjanh daftar wishlist aku nih. Bandung memang gudangnya brand lokal berkualitas

    BalasHapus
  16. Cakep lho desain tas nya.. materialnya pun keliatan kokoh. Ahh kuselalu suka tas dengan motif flowery begini. dapat feminin manjanya gitu

    BalasHapus
  17. I love local brand! Sukaak motif-motif serta desainnya Someah ini apalagi yang Leutik itu unik dan so girly. Asli jadi kepo dah IG ini. Eh, kmren kan lihat IG mbak Nesa sama salah satu foto jadi terjawab dah tas kerennya itu dari mana.
    Semoga sukses terus Someah. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, terima kasih mba. Ayok punya tas Someah juga :))

      Hapus
  18. trus abis komen kulupa nanya itu bisa buat banyak gak? harap maklum emak-emak ini kalo bawa apa2 suka mau semuanya dibawa hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung seriesnya teh, kalau ukuran besar bisa beli yang Sampurasun.

      Hapus
  19. aku malah salah fokus sama warna / tone fotonya, cantik banget deh kak ku sukaa.. BTW sering denger tentang tas someah ini, tapi belum punya nih :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah thank you. Ayo punya samaan juga tas Someahnya hehe.

      Hapus
  20. Oalaaahhh someah tu maksudnya sumeh ya?
    Eksklusif banget dong ya klo satu model hanya dibuat 3 pcs. Tapi iya sih, males banget klo terlalu pasaran dan kembaran sama orang lain.

    BalasHapus
  21. Kalau bahasa tempatku itu Sumeh, ramah. Hahaha. Btw, bagus juga ya konsepnya, mengangkat kekayaan lokal yaitu bunga. Khas banget, tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups mba, cocok ya buat dijadikan oleh-oleh Bandung.

      Hapus
  22. Kujuga punya beberapa tas Someah nih beb. Uuuh gemasss bgt yaa koleksi koleksi nyaa.. Suka banget deh. Dan harganya pun affordable bangeet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah samaan ya kita sampe ke seriesnya juga sama punya juga wkwk

      Hapus
  23. aku selalu suka sama patternya tas someah yang warna warni dan tetep kece si mix and match sama baju apapun ya beb 💛

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget bisa dicocokin sama outfit apapun

      Hapus
  24. Keren design-nya. Penuh aneka bunga. Aku belum punya nih. Perjalanan memulai usahanya juga sangat berliku dan penuh kerja keras. Semoga semakin maju usaha Teh Aini. Merk Someah dan Sampurasun semakin berkibar dan terkenal di seluruh Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Ayo mba punya juga tasnya samaan kek aku hehe..

      Hapus
  25. Aku mau kepoin produknya tasnya ah. Bagus bagus nih kliatannya mba. Produk dalam negeri pula :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangga ya mba punya produk lokal yang sebagus ini

      Hapus
  26. Aiih...jatuh cinta banget sama yang Sampurasun, Nesaa..
    Motif dan ukurannya, aku banget.
    Sebagai mahmud...aku suka yang ukurannya gede...biar masuk jilbab anak, kaos kaki, buku notes, HP, HP, charger, kalo bisa laptop juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Sampurasun bagus dan ukurannya besar. Cocok banget buat Teh Lendy. Hehe..

      Hapus
  27. Motif dan model tasnya memang kereen ya...
    Salut dengan usaha Teh Aini, bisa mengembangkan produk sendiri hingga menghasilkan produk yang patut dibanggakan.

    BalasHapus
  28. Duh, ngakunya bukan fashion blogger tapi gaya dn outfitnya kece-kece mbak. saya suka yang model sekar merries, sweet banget gitu dipakainya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya serius mba bukan fashion blogger wkwk. Ayo mba punya tas Someah juga :D

      Hapus
  29. kece-kece ya model tas someah ini, ku paling suka sama sukma raya series, enak dan pw banget buat dibawa kerja maupun hang out :)

    BalasHapus
  30. Lucu banget ya Someah ini teh Nes. Dan untuk penamaannya konsisten membawa kesan Bandung banget ya. Apalagi yg model Leutik itu, keceable.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tasnya Bandung banget, cocok pisan kalau mau dijadiin oleh-oleh. Hehe.

      Hapus
  31. kenapa tas sumparasunnya lucu banget siiiiiiiikk aduh. aku jujur baru tau brand inisih, tapi nyimak cerita dibaliknya jd kepo aku ingin punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuss belii, cintailah produk-produk Indonesia :))

      Hapus
  32. Pengin ih punya yang Sampurasun. Cocok banget dengan seleraku tuuuhh..
    Mau lah langsung cuuz instagramnya ya kalau gitu ;)

    BalasHapus
  33. Karena tas-nya limited edition jadi bakal buat kita merasa special ya, karena gak bakal dipake banyak orang ya

    BalasHapus
  34. Warnanya ceria-ceria yaa, Nes..
    Model backpack gitu ada ga yaa...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada tetehku. Nanti disampaikan ke Teh Aini, siapa tau mau bikin haha

      Hapus
  35. Duh, tasnya lucu-lucu dan eye catching. Harganya pun cukup terjangkau. Sukses terus untuk Someah.. :)

    BalasHapus
  36. Tasnya lucuk banget ya Mak... bikin gaya makin ketje

    BalasHapus
  37. Amuuuh cancikkk pakai tas apa ajaaa, apalagi tas someah ini.

    Banyak produk indonesia skrg ya , termasuk tas yanv aslii bandung.

    Ceki2 instagramnya aah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaak thank you kak Echa. Ayo punya samaan juga tasnya. Hehe.

      Hapus
  38. Dari namanya saja "Someah" itu udah Sunda banget. Artinya ramah gitu. Cakep ih desainnya. Tertarik, jadi pengen beli.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, motifnya melambangkan "someah" banget ya..

      Hapus
  39. saya bangga dengan produk brand lokal yang mau mengembangkan diri sehingga menghasilkan produk yang berkualitas dan gak kalah dengan tas import.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, sekarang lebih prefer beli produk lokal ya daripada import.

      Hapus
  40. Baguuus banget tasnya designnya juga unik dan menarik

    BalasHapus
  41. Koq gemes banget sih model dan motifnya. semoga sukses terus tas someah dan bisa go internasional. Alhamdulillah udah di hak paten kan ya.

    BalasHapus
  42. dibandung mau usaha apa aja, supliernya udah pasti ada, sepatu, tas, baju, tinggal pinter2 re-brand tasnya lucu lucu banget sih, cocikks

    BalasHapus
  43. Baru denger ttg someah. Tp baca perjalanannya salut. Emang mental pengusaha jni mah. Akj mun jualan gak laku sebulan aja udah mengaku bangkrut dan gulung tikar. Mental kerupuk emang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha yaudah Nis jadi beauty blogger aja kamu mah :))

      Hapus
  44. Yaampun kok model tas dan motifnya unik plus lucu banget sih
    Cocok banget di mix n match sama outfit apapun yaa Teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, walopun motifnya rame tapi cocok dipakai sama outfit apapun.

      Hapus
  45. Untuk berbisnis memang butuh daya juang yang kuat dan konsisten ha. Semoga brand nya makin dikenal, karena model tasnya lucu-lucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tasnya lucu-lucu, dan limited edition pulaa..

      Hapus
  46. modelnya sederhana, motifnya ceria karena kembang-kembang, harganya ramah kantong, produk local..wow banget teh, bagus, mari kita cintai produk dalam negeri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba, tertarik banget buat mulai pakai produk-produk lokal yaa sekarang.

      Hapus
  47. Ak naksir yg pertama. Sekar merries 😍 langsung pengen liat liat model lainnya nih.

    BalasHapus
  48. gemesss bgt model²nya, warna-warnanya juga seger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, paling suka emang tas motif warna warni gini

      Hapus
  49. tasnya modelnya bagus aku suka model slingnya semuanya

    BalasHapus
  50. Lucu lucu sih ini motif nya, cewek banget. Owner nya bukan orang bandung asli ya, jadi awalnya ga tau arti someah, hehe.

    Btw ada tas gendong nya ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada sepertinya tas gendong mah teh, tapi bisa lho buat jadi ide. Aku sampaikan ke Teh Aini ya..

      Hapus
  51. Tasnya gemes banget ya teh, aku kebita deh

    BalasHapus
  52. Seru bgt tuh klo limited edition, jd berasa special gitu yaa..

    BalasHapus
  53. Mantap kali mbaknya, bikin saya hanya fokus ke mbaknya daripada apa yang dipakai, hahaha, sukses mbak selalu memberikan pengetahuan fashion bagi kami kaum kaum kudet.. 🤣🤣

    BalasHapus
  54. Ku gemasss sama motif n warna-warnanya.. Langsung kepoin IG-nya.. :D Unik banget gambarnya. Sampe-sampe Kang Emil jadi inspirasi juga. Gambar lainnya juga nunjukin Bandung banget ya.. Bisa jadi oleh-oleh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, boleh tuh kalo mampir ke Bandung beli tasnya Someah atau Sampurasun buat jadi oleh-oleh hehe

      Hapus
  55. wah baru tahu aku jd penasaran

    BalasHapus
  56. Tasnya menggemaskan ya Nes. Motifnya lucu - lucu banget dan unik, pengen beli ah kembaran sama neng Marwah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener tuh beli samaan biar kembaran teh hehe

      Hapus
  57. Ih lucu lucu tas nya motifnya kece da.
    Eh ada serie tas sama kayak nama ume Sukma Raya. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah berasa punya brand sendiri yaah jadinya wkwk

      Hapus
  58. gemes-gemes yah siiis tapi kalo pake tas motif kudu pake bajunya yg polos2 yahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Becuul, cocok nih dipake yu sis, secara ootd-nya selalu warna pastel gemes hihi

      Hapus
  59. Ah suka banget sama design nya Someah ini. Sesuai dengan nama brand nya ya,Someah. Trus ak suka yg Sukma Raya Series deh teh Nes. Super simple

    BalasHapus
    Balasan
    1. Simple buat kondangan kece si Sukma Series tuh

      Hapus
  60. Ih lucu-lucu deh tasnya. Aku suka yang Leutik Atisaya. Namanya unik dan emang leutik. Dipake jadi Sling bag juga bisa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus teh yang itu paling favorit buat aku. Keliatannya sih kecil, padahal muat banyak.

      Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe