Persiapan Sebelum Menginap di Hotel Berbintang Untuk Pemula

Oktober 13, 2019

Larasatinesa.com - Beberapa waktu lalu saya baru aja selesai nonton drama Korea yang berjudul Hotel del Luna. Walau memang filmnya ber-genre fantasi yang bercerita tentang hantu-hantuan, tapi saya suka banget sama bangunan Hotel del Luna. Bangunan hotelnya mewah bak kastil di negeri dongeng, belum lagi bagian dalamnya yang super megah dan memiliki banyak furniture & interior kualitas tinggi. Dan yang lebih kerennya lagi fasilitas di hotelnya lengkap dan bener-bener mewah. Mungkin kalau di Indonesia, Hotel del Luna ini udah masuk kategori hotel bintang 5 kali ya.

Location: The Papandayan Hotel
Lalu saya pun teringat, kapan ya terakhir menginap di hotel bintang 5? Hmm.. Udah lama banget kayaknya. Menginap di hotel bintang 5 buat saya adalah sebuah tantangan. Memang fungsi hotel semua sama aja; sebagai tempat menginap sementara. yang membedakannya adalah fasilitas dan pelayanan masing-masing hotelnya. Nah.. berhubung hotel bintang 5 ini adalah tingkatan paling tinggi di dunia perhotelan, saya nggak mau dong melakukan hal-hal yang norak ketika menginap di sana. Akhirnya saya pun membuat catatan persiapan sebelum menginap di hotel bintang 5 sebagai berikut:

Barang Bawaan
Saya selalu memperhatikan barang bawaan ketika akan menginap di hotel. Maklum saya anaknya nggak mau rempong bawa banyak barang. Sebetulnya nggak ada bedanya sih barang bawaan saya mau menginap di hotel mana pun. Semua tergantung dari lamanya saya menginap. Misalnya nih saya akan menginap 2 hari 1 malam, saya hanya membawa baju ganti 2 pasang dan 1 baju tidur, karena saya berhijab jadi saya hanya membawa 2 pcs hijab. Tambahan lainnya saya bawa baju renang, jaga-jaga aja kalau saya mendadak ingin berenang.  Selain pakaian, saya juga membawa peralatan pribadi, seperti skincare, make up, obat-obatan yang semuanya udah diatur menjadi travel size.



Perlu diingat.. ini bukan mau minggat, usahakan untuk bawa barang sesuai kebutuhan selama stay di hotel. Kamu nggak perlu bawa barang yang nggak penting kayak: raket nyamuk, sapu lidi, atau timbangan berat badan. Kecuali kalau hotelnya punya keluargamu sih.. πŸ˜‚

Kalau kamu membawa barang bawaan yang cukup banyak, misalnya koper, stroller anak, dll, staff hotel nggak akan segan untuk bantu kamu bawa barangnya menuju kamar. Jangan lupa kasih uang tips kalau kamu punya kelebihan rejeki ya.

Perhatikan Waktu Check In & Check Out
Hampir seluruh hotel yang pernah saya (((sambangi))) punya aturan waktu check-in jam 14.00 PM dan check out jam 12.00 PM. Tapi ada juga beberapa hotel yang punya kebijakan seperti early check-in dan late check-out.



Kalau saya selalu datang 1 jam sebelum waktu check -in. Alasannya biar nggak rugi aja sih. πŸ˜‚Terus bisa santai-santai dulu di lobby sambil menikmati welcome drink yang diberikan pihak hotel. Eh tapi saya pernah juga kok saya late check - out karena ada urusan dulu.

Yang dilakukan saat Check - In
Ketika saya masuk hotel, saya langsung menuju meja receptionist untuk melakukan check-in. Biasanya receptionist akan menanyakan beberapa data seperti: nama pemesan, kode pemesan (jika memesan via online), dan meminta kartu identitas untuk di copy. Identitas ini nggak akan dipakai macam-macam kok. Hotel punya kebijakan ini untuk keperluan keamanan data para tamu. Ini juga menghindari dari tamu-tamu ilegal yang nyelonong masuk hotel. 

Setelah urusan administrasi selesai, staff hotel biasanya memberikan penjelasan singkat mengenai SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada di hotel. Segala peraturan selama di hotel harus bener-bener ditaati, karena kalau nggak nih saya bisa kena denda jutaan. Oh ya, beberapa hotel kadang meminta deposit berupa uang sebagai jaminan dan nanti bisa saya ambil saat check - out. Nggak banyak kok, berkisar 100rb-200rb. Pembayarannya pun bisa cash atau debit. Deposit ini nantinya akan dikembalikan saat saya check-out.

Kunci Kamar Hotel Bintang 5 Pakai Kartu
Setelah urusan check-in selesai, saya diberi kunci kamar hotel yang bentuknya card / debit. Kunci ini terlihat lebih modern dari kunci hotel pada umumnya. Untuk masuk ke kamarnya, saya hanya tinggal menempelkan si card lock ke gagang pintu. Nggak lama terdengar bunyi dan lampu gagangnya menyala menandakan kunci pintu sudah terbuka. Setelah pintunya terbuka, saya harus memasukan card lock ke key card di sebelahnya untuk menyalakan lampu di dalam kamarnya.


Presidential Suite The Papandayan Hotel
Dulu sih waktu awal banget menginap di hotel sempat agak norak gitu nggak tau cara buka pintu kamarnya pakai card lock kayak gini. Tapi berhubung saya suka banget nonton drama Korea yang kebanyakan latar tempat tinggalnya di apartment, jadinya saya tau mereka juga masuk pintu rumahnya pakai card lock. 

Fungsi card lock ini bukan hanya untuk masuk pintu kamar aja. Tapi juga untuk akses ke beberapa ruangan, lift, dan area hotel yang lain. Jadi, buat yang kunci kamarnya memakai card lock, pastikan ketika keluar kamar selalu membawa kartu. 

Perhatikan Fasilitas-Fasilitas Hotel Bintang 5
Sebelum benar-benar menginap di hotel, saya selalu memperhatikan fasilitas-fasilitas yang ada di hotelnya terlebih dahulu. Hotel berbintang biasanya dilengkapi dengan AC, LED TV, safety box, lemari, minibar, kulkas, bathub, balkon, kasur, meja kerja / rias, mini kitchen, ruang makan, bahkan ruang tamu! Belum lagi fasilitas yang ada di luar kamarnya seperti; kolam renang, gym, restaurant 24 jam dengan menu lokal dan International (yang bisa diantar ke kamar), spa, fasilitas bermain anak, valet parking, dll.

Perlu diingat juga, hotel berbintang menyediakan peralatan mandi lengkap gratis di tiap kamarnya; sikat gigi, pasta gigi, handuk, sabun, shampoo, body lotion, cotton bath, shower cap, plastik sampah pembalut, dll. Semua barang ini bisa saya bawa pulang ke rumah lho, kecuali handuknya ya! πŸ˜‚


Gilss kamar mandinya lebih gede daripada kamar gue di rumah. Hahaha!

Hmm enakan berendam di bathub sambil nonton tv atau lihat city light ya?

Kalau yang ini kayaknya ada di semua hotel ya

Ruang tamu dengan kemewahan yang hqq

Mini Kitchen

Ada tempat spa juga lho~

Bisa pilih makanan lokal dan Internesyenel
Tapi.. nggak semua fasilitas yang ada di kamar itu gratis ya, Ferguso! Kamu pernah nggak menemukan ada banyak makanan snack di kamar kamu? Jangan geer dulu. Kalau saya pernah menemukan beberapa minuman kaleng (yang harganya mahal-mahal banget) di salah satu hotel di Thailand. Tadinya udah seneng banget karena mikir ini salah satu fasilitas gratis. Nggak taunya saya lihat daftar harganya ada di samping kulkasnya. Hahaha asem!

Sebenernya sih saya nggak larang kamu buat makan atau minum makanan yang ada di meja or kulkas kamarnya. Kalau kamu nggak keberatan membayar sih nggak masalah. Apalagi pas lagi lapar berat. Toh, kamu juga udah bayar deposit di awal check - in kan? Nah uang itulah yang nantinya untuk bayar makanan dan minuman itu. Intinya saya cuma mau bilang, jangan dulu tergiur dengan makanan dan minuman melimpah yang ada di kamarnya. Karena itu belum include sama bayar hotelnya. Kecuali kalau ada bacaannya "free".

Reservasi Hotel Online 
Saya biasanya memesan hotel dari jauh-jauh hari. Karena saya tahu banget hotel berbintang punya banyak tipe kamar yang harus saya sesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal saya yang cuma bisa weekend untuk staycation. Apalagi kalau pesan hotel di puncak, beuh.. harus bener-bener dipersiapkan dari jauh hari biar nggak kehabisan kamarnya. 

Biar lebih efisien, saya biasanya memesan hotel secara online. Dan situs online travel agent yang sering banget saya pakai buat reservasi hotel adalah TRAVELOKA.



Traveloka adalah online travel agent terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menyediakan layanan pencarian dan pemesanan tiket pesawat secara lengkap. Hanya dengan mengakses Traveloka melalui desktop, mobile web maupun aplikasi mobile di smartphone, kamu bisa menemukan rangkuman hasil pencarian harga tiket pesawat secara cepat dan aman, dengan jaminan harga termurah dan tanpa biaya tambahan apapun setiap harinya. Jadi tiap harga yang tertera di aplikasi itu sudah all-in with tax.

Hotel adalah salah satu fitur yang menjadi pilihan utama untuk bermalam ketika ingin berlibur melalui Traveloka. Tiap liburan ke luar kota maupun luar negeri, saya pasti pesan hotelnya dari Traveloka. Bukan apa-apa sih, dengan adanya Traveloka ini saya terbantu banget, jadi bisa lebih mudah mendapatkan hotel dengan rate yang sangat terjangkau. Ditambah Traveloka ini kalau promo nggak nanggung-nanggung. 

Salah satunya terdapat beberapa hotel bintang 5 yang akan memberikan fasilitas yang terbaik dan akan memberikan harga yang terbaik juga. Nggak cuma di Indonesia, banyak hotel bintang 5 yang bisa kamu pesan di seluruh dunia. 

Traveloka menyediakan fitur hotel untuk kamu yang membutuhkan tempat bermalam yang berkualitas. Pemasaran hotel ditujukan bagi kamu yang ingin bermalam dengan fasilitas lengkap yang telah tersedia, seperti sarapan, kolam renang, gym, dan sebagainya.

Gimana sih cara mudah pesan hotel bintang 5 di Traveloka? 

Tenang.. Traveloka ini punya link khusus buat kamu yang mau langsung cek hotel bintang 5 incaranmu. Pastikan kamu udah download app Traveloka ya. Yuk simak tutorial cara pesannya berikut ini:

1. Masuk ke halaman utama, lalu pilih menu "Hotels"




2. Isi data "Accomodations", mulai dari tempat, tanggal dan waktu, jumlah tamu. Khusus bagian filter ini saya langsung klik "5 star Hotels in Bandung" untuk memudahkan saya memilih hotel bintang 5 mana yang akan saya pesan. Kalau udah, langsung aja search.



3. Nah, ini udah tampilan beberapa rekomendasi hotel bintang 5 yang ada di Bandung. Duh jadi bingung kan milihnya. Haha. Akhirnya saya memilih The Papandayan Hotel.


4. Selanjutnya tinggal pilih tipe kamar dan fasilitas.


FYI, Standar Room adalah kamar dengan fasilitas standar pada hotel. Satu tingkat diatasnya adalah Deluxe Room, kemudian ada beberapa tipe premium seperti Family Room, One Bedroom Suite, dan Presidential Suite.

5. Oh ya, biar lebih meyakinkan bisa lihat review dari orang-orang yang pernah menginap di hotel tersebut.



6. Setelah yakin dan udah selesai memilih tipe kamar, lanjut ke pembayaran dan kamar pun sudah dipesan. Huaaa.. jadi sabar buat menginap!


Sekali-kali nggak apa-apa dong menghadiahi diri sendiri buat staycation di hotel bintang 5. Karena kamu bakalan dapetin experience yang berbeda. Saya aja takjub banget sama sama pelayanan yang ada di hotel bintang 5 ini. Pasti deh kamu udah mikir pasti mahal. Tenang.. Kalau pesannya di Traveloka, dijamin kamu nggak bakalan nyesel karena rate hotelnya oke banget!

Kalau kamu udah pernah menginap di hotel bintang 5 belum? Ceritain dong pengalamannya!


Cheers,
Nesa

You Might Also Like

46 comments

  1. Assalamulaikum kak setuju nih sama tips2 keren tapi kok jadi penasaran sama hotel ya hehe bagus banget fasilitasnya juga keren
    sukses terus ya Kak

    BalasHapus
  2. ngapain bawa sapu lidi siiiihhh hahaha.

    Kalau dari pengalamanku, ada juga kok hotel bintang 3 yang udah pake kartu sebagai kunci. Ada yang digesek, ada yang ditempel, dan ada juga yang diinsert kayak masukin koin ke telpon umum gitu, tapi ditarik lagi kalau udah ijo. Masa dibiarin ketelen wkwk. Oh, sama depositnya kalau misal lagi gak bawa uang cash, itu bisa diganti dengan nitipin KTP atau SIM atau paspor sih. Namun ada juga hotel yang mewajibkan deposit berupa uang cash, gak nerima kartu-kartuan.

    Oh iya, saya ingat juga pernah nginap di hotel di dekat Kaliurang Jogja. Di traveloka dulu bintang 2, tapi udah pake cardlock juga. Dan fasilitasnya juga udah lengkap. Dan.. pernah juga nyobain kamar tipe presidential suite, terus air panasnya gak berfungsi donggg kesel banget gara gara itu jadi malas mandi hahaha.

    BalasHapus
  3. Duuh...waktu itu aku norak pas masuk hotel bintang 5. Lupa gk bawa kartu, pas turun li

    BalasHapus
  4. Wahh..aku waktu masuk hotel bintang 5 asli norak. Jadinya pas keluar kamar lupa bawa kartu. Pas turun lift masih bisa barengan sama kakak yang bawa kartu. Eh pas lagi sendiri mau naik lagi ke kamar gak bisa karena gk ada kartunya. Alhasil minta jemput di bawahπŸ˜‚

    BalasHapus
  5. Perlu diingat.. ini bukan mau minggat ---- ngakak dong hahahah

    Dulu pas pertama kali nginep di hotel yang kuncinya berbentuk kartu, sempat cengo juga sebentar. Tapi ya bermodalkan ingatan yang ada di film-film itu loh, yg tinggal tempelin kartunya, terus tadaaaa .. kebuka deh. Udah gitu, bingung lagi ngidupin lampu haha. Padahal tinggal balikin si kartu di tempatnya :))

    BalasHapus
  6. Tipsnya berlaku juga buat hotel berbintang di bawahnya ya. Hotel papandayan ini mewah banget deh kamarnya

    BalasHapus
  7. aku udah pernah kak, tapi booking via telepon dan rasanya lebih ribet ya jika dibandingkan pakai Traveloka, lebih mudah reservasi dan pembayarannya

    BalasHapus
  8. Nah ituu, anak2 pada geer sama snack yg di atas meja nes. Dikira boleh dimakan haha. Aku udah wanti2 itu nggak boleh dimakan krna harganya bisa buat beli lebih banyaaa yg lain.hihi

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, aku sama sekali nggak bahas Traveloka Xperience di sini. Tapi makasih buat infonya :)

      Hapus
  10. Hotelnya mewahhh yaa. Yaiyalah bintang 5 xixi. Selama ini lbh pilih bintang 3 aja kalo mbayar dewe. Pengamanan bintang 5 emang lbh ekstra ya, kartu kamar dipakai juga buat mencet angka di lift jd kalo mo main ke kamar temen di lantai yg beda kudu janjian dulu.

    BalasHapus
  11. Pleaseeeee jangan bawa barang bawaan seperti minggat, ini noted sih teh Nes. Plus aku suka liat dulu modelan hotelnya kayak apa, jd udah kebayang ga nol banget pas sampe disana haha

    BalasHapus
  12. Traveloka memang yang terbaik yas.. Aku kalo mendadak pesan hotel pakai ini juga bisa.. Mantap dan praktis yaa

    BalasHapus
  13. Hotelnya nyaman banget ya teh, bener bener ITU sepertinya dimanjain gtu Dan luxury banget interiornya

    BalasHapus
  14. Seru yaaa...
    Kalo lagi penat aku suka staycation. Cuma diem di hotel menikmatΓ­ segala fasilitasnya bikin rileks juga. Bener banget jadi penting buat intip dulu fasilitasnya. Tapi aku belom pernah nyobain layanan spa dari hotel. Kayanya lain kali boleh tuh. Nabung duluu hahaa...

    Hotel bintang 5 yang pernah aku inepin salah satunya Hard Rock Hotel di Spore. Kaget banget kamarnya super luaaas. Twin bed yang masing-masing ukurannya queen. Kamar mandinya juga bagus banget. Sandal hotelnya beda kualitas emang kalo hotel bintang 5. Dia bagus banget, tebal jadi enak kalo mau dipake keluar hotel buat jajan. Hihihi... Aih kangen liburan deh

    BalasHapus
  15. Aku juga sering pesen hotel via traveloka soalnya sering dapet diskon lumayan kan hemat terus gampang juga

    BalasHapus
  16. Aku udah pernah menginap di hotel bintang 5 dan gratis hihihi..

    BalasHapus
  17. Nah ini book hotelnya udah nyaman aman jangan sampai attitude sebagai pemula datang ke hotel bintang 5 nggak diperhatiin ya kan sayang. Nice info kak

    BalasHapus
  18. Wkwkwkw jd imget pengalaman pertama nginep di hotel berbintang. Mosok aku ga ngerti kalau mau masuk kamar harus taping kartunya wkwkwkw

    BalasHapus
  19. Waaah thankyou bgt teh infonya penting banget ini hihihi.. Pengalaman sama snack di kamar hotel juga, udah happy eh taunya bayar hehehe

    BalasHapus
  20. Yu emang sultan banget sih sistur kayanya hampir tiap bulan ya steykesyong tapi ngga papa kan mengapresiasi setelah qerja qeras bagau quda ya...

    btw aku juga suka pesennya di traveloka

    BalasHapus
  21. Pertama kali nyobain hotel bintang 5 itu waktu di KL. Mesennya di traveloka juga. Emang beda sih dari mulai segi pelayanan sampai fasilitas. Waktu itu karna aku mesen ruangan non smoking, jadi harus hati2 pas nyetrika dan masak air, takut uapnya kena sensor asap, nanti aku kena denda.

    Tambahan teh satu lagi, beda kan antara handuk buat badan dan buat keset. wkwk

    BalasHapus
  22. Wadduhhh jadi bikin mupeng nih utk nginep di hotel ber bintang

    BalasHapus
  23. Aku selalu pastikan baca semua tulisan dulu sebelum komen biar komennya nyambung sama tulisan ya Mbak Nesa. Hehehe

    By the way aku agak sering sih refreshing bawa anak anak nginap di hotel. Tapi ya maksimal yang 600 ribu aja. Jarang banget bintang 5 kecuali kalau pas dapat hadiah alias gratis. Hahaha..Wah keren juga ya Hotel Papandayan. Tapi ya harga permalamnya wow..

    BalasHapus
  24. Woww hotel Papandayannya keren bangettt...Presiden Suite nya mewah maksimal..Jadi inget pernah nginep disana tapi bukan di PS nya tentu saja hahaha...

    BalasHapus
  25. Aku juga suka sesekali memanjakan diri di hotel bintang lima, jadi ingat pernah nginep di Sheraton Jakarta

    BalasHapus
  26. Menginap di hotel bintang 5 atau berapa pun kayaknya emang harus pinter2 pilih barang yang mau dibawa ya..hehe biar gak rempong juga kitanya...

    BalasHapus
  27. Kalau aku pribadi nginep di hotel bintang lima satu hal yang pasti nginep seharian jadi staycation soalnya sayang biasanya fasilitasnya bagus banget. Presidential Suitnya The Papandayan bener bener ya inspirasi dekor rumah buat aku wkwk

    BalasHapus
  28. Papandayan, Kakakkkk. Itu cakepnya nggak ketulungan. Aku kalau kagak gratisan dari kantornya Bebeb belum bobok di sana, dong, hahaha. Jiwa gratisanku bersorak gembira.
    Btw, di Bandung aku sempat dapat hotel yang style-nya kayak Papandayan gini juga. Fasilitas dalam kamarnya pun lumayan mirip, kecuali luas kamarnya. Ini hotel di daerah Bandung Wetan. Dan iya, aku norak dong! wkwkwk. Makanya kudu diperhatijan nih, tips-tips kayak gini.

    BalasHapus
  29. Pernah ngalamin tinggal 2 minggu di hotel bintang 5. Dari yang norak liat semuanya serba otomatis dan mewah sampai terbiasa dan serasa rumah sendiri. Udah gitu dibayarin jadi bener2 gak pake mikirin biaya. Ugh, gak mau pulang rasanya :))) Xperience yang pengen sering2 diulang hehe

    BalasHapus
  30. Waktu check in dan out ini memang perlu diperhatikan, nanti kalau kebablasan nah..nah.. Kan

    BalasHapus
  31. duuuhhh, hotelnya mevvah banget sis. kaya di drama drama korea yaaaaa. Langsung merasa butuh staycation deh, langsung buka traveloka aja deh :D

    BalasHapus
  32. Bener nih kemarin aku sempet Juga pesan hotekt lewat Traveloka bintang 4 cuma,, hampir sama persis ya langkah2nya, intinya traveloka lengkap nama2 hotel rekananya

    BalasHapus
  33. MashaAllah kak, kamar dan fasilitas di dalamnya oke banget. Aku jadi ingat-ingat pernah gak ya aku nginep di hotel bintang lima.. Btw kemarin aku ikutan traveloka epic loh, walau gak dapat bintang lima tapi suka banget sama harganya yang murah..

    Apalagi aku juga beli voucher makan di Traveloka Xperience dengan harga murah banget

    BalasHapus
  34. Wkwkwk aku selalu minta beresein itu makanan minuman yg bayar di kulkas dll. Kalau gak berabe anak-anak dikira punye dia mateklah aku air aqua 25rebeng πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

    Tapi emang enak ya pesen traveloka. Cepet ga pakai tipu2 tiba2 ada biaya tak terdugah tak kusangka dan tak kukirah

    BalasHapus
  35. hotel bintang lima udah pernah sih, tapi jarang...kalo empat ke bawah sering..hehehhe...

    anyway aku juga nonton Hotel Del Luna, mba....salah satu drama korea yang aku tonton tanpa skip..hehehhe

    BalasHapus
  36. Biasanya aku tuh kalo mau nginep ke hotel bintang 5 suka bawa bathboom sendiri soalnya mereka sedianya salt doang kurang heboh menurutku hahaha... aku nginep di trans luxury isinya cuma berendem bareng anak.. hahaha sampe lupa ga ke playground.. biasa juga pake traveloka yang bayar di hotel lebih murah drpada booking langsung

    BalasHapus
  37. Berdasarkan pengalaman bintang 3-5 sama2 aja ya..gak terlalu banyak bedanya. Tapi yang pasti variasi menu breakfast terus snack di kulkas itu yang bikin beda. Sama bintang 4 dan 5 punya alternatif kamar mandi bathtub. Lainnya sofar sama aja

    BalasHapus
  38. Byuh byuh
    Hotelnya elegan sekali
    Yang bukan pemula saja excited apalagi yang beneran pemula saat mau pesan ya hehehe

    BalasHapus
  39. Boleh banget nih tips persiapan menginapnya. Tapi aju sudah pernah sih menginap di hotel berbintang 5

    BalasHapus
  40. saya belum pernah nginep di hotel bintang 5..
    mudah2an gak norak ya kalo tiba-tiba dapet voucher gratis nginep di hotel bintang 5.. hihihi..

    btw, aku juga selalu pesen hotel pakai traveloka, enak, lebih murah..

    BalasHapus
  41. Tulisannya berasa ditujukan buat saya. Secara gitu sayanya belum pernah nginap di hotel bintang lima. Ihhiikss.. Alu simpan nih tulisannya kak,

    BalasHapus
  42. Kebayang kalau bawa handuk hotel, langsung penuh tasnya. Hahaha. Sekarang booking hotel makin mudah, ya. Pilih Traveloka karena sekarang sering kasih diskon.

    BalasHapus
  43. Traveloka andalan banget sih, baru aja selesai staycation di salah satau apartemen kewl di Jakarta Selatan ^^

    Kalau mau liburan ke Hotel bintang 5/6/7 juga enak wkwkwkwk gak ada biaya tersembunyi lagi dan semuya transparan.

    Jadi pengen ke The Papandayan niiiii

    BalasHapus
  44. Baca blog ini jadi inget vlog Saai Halilintar yang bobo d presidental suite. Heuuu. Makasih infonya teh bisa jadi referensi aku pas nanti udah jadi Nia Ramadhani. Mwah

    BalasHapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe