Persiapan Sebelum Menginap di Hotel Berbintang Untuk Pemula

Oktober 13, 2019

Larasatinesa.com - Beberapa waktu lalu saya baru aja selesai nonton drama Korea yang berjudul Hotel del Luna. Walau memang filmnya ber-genre fantasi yang bercerita tentang hantu-hantuan, tapi saya suka banget sama bangunan Hotel del Luna. Bangunan hotelnya mewah bak kastil di negeri dongeng, belum lagi bagian dalamnya yang super megah dan memiliki banyak furniture & interior kualitas tinggi. Dan yang lebih kerennya lagi fasilitas di hotelnya lengkap dan bener-bener mewah. Mungkin kalau di Indonesia, Hotel del Luna ini udah masuk kategori hotel bintang 5 kali ya.

Location: The Papandayan Hotel
Lalu saya pun teringat, kapan ya terakhir menginap di hotel bintang 5? Hmm.. Udah lama banget kayaknya. Menginap di hotel bintang 5 buat saya adalah sebuah tantangan. Memang fungsi hotel semua sama aja; sebagai tempat menginap sementara. yang membedakannya adalah fasilitas dan pelayanan masing-masing hotelnya. Nah.. berhubung hotel bintang 5 ini adalah tingkatan paling tinggi di dunia perhotelan, saya nggak mau dong melakukan hal-hal yang norak ketika menginap di sana. Akhirnya saya pun membuat catatan persiapan sebelum menginap di hotel bintang 5 sebagai berikut:

Barang Bawaan
Saya selalu memperhatikan barang bawaan ketika akan menginap di hotel. Maklum saya anaknya nggak mau rempong bawa banyak barang. Sebetulnya nggak ada bedanya sih barang bawaan saya mau menginap di hotel mana pun. Semua tergantung dari lamanya saya menginap. Misalnya nih saya akan menginap 2 hari 1 malam, saya hanya membawa baju ganti 2 pasang dan 1 baju tidur, karena saya berhijab jadi saya hanya membawa 2 pcs hijab. Tambahan lainnya saya bawa baju renang, jaga-jaga aja kalau saya mendadak ingin berenang.  Selain pakaian, saya juga membawa peralatan pribadi, seperti skincare, make up, obat-obatan yang semuanya udah diatur menjadi travel size.



Perlu diingat.. ini bukan mau minggat, usahakan untuk bawa barang sesuai kebutuhan selama stay di hotel. Kamu nggak perlu bawa barang yang nggak penting kayak: raket nyamuk, sapu lidi, atau timbangan berat badan. Kecuali kalau hotelnya punya keluargamu sih.. 😂

Kalau kamu membawa barang bawaan yang cukup banyak, misalnya koper, stroller anak, dll, staff hotel nggak akan segan untuk bantu kamu bawa barangnya menuju kamar. Jangan lupa kasih uang tips kalau kamu punya kelebihan rejeki ya.

Perhatikan Waktu Check In & Check Out
Hampir seluruh hotel yang pernah saya (((sambangi))) punya aturan waktu check-in jam 14.00 PM dan check out jam 12.00 PM. Tapi ada juga beberapa hotel yang punya kebijakan seperti early check-in dan late check-out.



Kalau saya selalu datang 1 jam sebelum waktu check -in. Alasannya biar nggak rugi aja sih. 😂Terus bisa santai-santai dulu di lobby sambil menikmati welcome drink yang diberikan pihak hotel. Eh tapi saya pernah juga kok saya late check - out karena ada urusan dulu.

Yang dilakukan saat Check - In
Ketika saya masuk hotel, saya langsung menuju meja receptionist untuk melakukan check-in. Biasanya receptionist akan menanyakan beberapa data seperti: nama pemesan, kode pemesan (jika memesan via online), dan meminta kartu identitas untuk di copy. Identitas ini nggak akan dipakai macam-macam kok. Hotel punya kebijakan ini untuk keperluan keamanan data para tamu. Ini juga menghindari dari tamu-tamu ilegal yang nyelonong masuk hotel. 

Setelah urusan administrasi selesai, staff hotel biasanya memberikan penjelasan singkat mengenai SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada di hotel. Segala peraturan selama di hotel harus bener-bener ditaati, karena kalau nggak nih saya bisa kena denda jutaan. Oh ya, beberapa hotel kadang meminta deposit berupa uang sebagai jaminan dan nanti bisa saya ambil saat check - out. Nggak banyak kok, berkisar 100rb-200rb. Pembayarannya pun bisa cash atau debit. Deposit ini nantinya akan dikembalikan saat saya check-out.

Kunci Kamar Hotel Bintang 5 Pakai Kartu
Setelah urusan check-in selesai, saya diberi kunci kamar hotel yang bentuknya card / debit. Kunci ini terlihat lebih modern dari kunci hotel pada umumnya. Untuk masuk ke kamarnya, saya hanya tinggal menempelkan si card lock ke gagang pintu. Nggak lama terdengar bunyi dan lampu gagangnya menyala menandakan kunci pintu sudah terbuka. Setelah pintunya terbuka, saya harus memasukan card lock ke key card di sebelahnya untuk menyalakan lampu di dalam kamarnya.


Presidential Suite The Papandayan Hotel
Dulu sih waktu awal banget menginap di hotel sempat agak norak gitu nggak tau cara buka pintu kamarnya pakai card lock kayak gini. Tapi berhubung saya suka banget nonton drama Korea yang kebanyakan latar tempat tinggalnya di apartment, jadinya saya tau mereka juga masuk pintu rumahnya pakai card lock. 

Fungsi card lock ini bukan hanya untuk masuk pintu kamar aja. Tapi juga untuk akses ke beberapa ruangan, lift, dan area hotel yang lain. Jadi, buat yang kunci kamarnya memakai card lock, pastikan ketika keluar kamar selalu membawa kartu. 

Perhatikan Fasilitas-Fasilitas Hotel Bintang 5
Sebelum benar-benar menginap di hotel, saya selalu memperhatikan fasilitas-fasilitas yang ada di hotelnya terlebih dahulu. Hotel berbintang biasanya dilengkapi dengan AC, LED TV, safety box, lemari, minibar, kulkas, bathub, balkon, kasur, meja kerja / rias, mini kitchen, ruang makan, bahkan ruang tamu! Belum lagi fasilitas yang ada di luar kamarnya seperti; kolam renang, gym, restaurant 24 jam dengan menu lokal dan International (yang bisa diantar ke kamar), spa, fasilitas bermain anak, valet parking, dll.

Perlu diingat juga, hotel berbintang menyediakan peralatan mandi lengkap gratis di tiap kamarnya; sikat gigi, pasta gigi, handuk, sabun, shampoo, body lotion, cotton bath, shower cap, plastik sampah pembalut, dll. Semua barang ini bisa saya bawa pulang ke rumah lho, kecuali handuknya ya! 😂


Gilss kamar mandinya lebih gede daripada kamar gue di rumah. Hahaha!

Hmm enakan berendam di bathub sambil nonton tv atau lihat city light ya?

Kalau yang ini kayaknya ada di semua hotel ya

Ruang tamu dengan kemewahan yang hqq

Mini Kitchen

Ada tempat spa juga lho~

Bisa pilih makanan lokal dan Internesyenel
Tapi.. nggak semua fasilitas yang ada di kamar itu gratis ya, Ferguso! Kamu pernah nggak menemukan ada banyak makanan snack di kamar kamu? Jangan geer dulu. Kalau saya pernah menemukan beberapa minuman kaleng (yang harganya mahal-mahal banget) di salah satu hotel di Thailand. Tadinya udah seneng banget karena mikir ini salah satu fasilitas gratis. Nggak taunya saya lihat daftar harganya ada di samping kulkasnya. Hahaha asem!

Sebenernya sih saya nggak larang kamu buat makan atau minum makanan yang ada di meja or kulkas kamarnya. Kalau kamu nggak keberatan membayar sih nggak masalah. Apalagi pas lagi lapar berat. Toh, kamu juga udah bayar deposit di awal check - in kan? Nah uang itulah yang nantinya untuk bayar makanan dan minuman itu. Intinya saya cuma mau bilang, jangan dulu tergiur dengan makanan dan minuman melimpah yang ada di kamarnya. Karena itu belum include sama bayar hotelnya. Kecuali kalau ada bacaannya "free".

Reservasi Hotel Online 
Saya biasanya memesan hotel dari jauh-jauh hari. Karena saya tahu banget hotel berbintang punya banyak tipe kamar yang harus saya sesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal saya yang cuma bisa weekend untuk staycation. Apalagi kalau pesan hotel di puncak, beuh.. harus bener-bener dipersiapkan dari jauh hari biar nggak kehabisan kamarnya. 

Biar lebih efisien, saya biasanya memesan hotel secara online. Dan situs online travel agent yang sering banget saya pakai buat reservasi hotel adalah TRAVELOKA.



Traveloka adalah online travel agent terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menyediakan layanan pencarian dan pemesanan tiket pesawat secara lengkap. Hanya dengan mengakses Traveloka melalui desktop, mobile web maupun aplikasi mobile di smartphone, kamu bisa menemukan rangkuman hasil pencarian harga tiket pesawat secara cepat dan aman, dengan jaminan harga termurah dan tanpa biaya tambahan apapun setiap harinya. Jadi tiap harga yang tertera di aplikasi itu sudah all-in with tax.

Hotel adalah salah satu fitur yang menjadi pilihan utama untuk bermalam ketika ingin berlibur melalui Traveloka. Tiap liburan ke luar kota maupun luar negeri, saya pasti pesan hotelnya dari Traveloka. Bukan apa-apa sih, dengan adanya Traveloka ini saya terbantu banget, jadi bisa lebih mudah mendapatkan hotel dengan rate yang sangat terjangkau. Ditambah Traveloka ini kalau promo nggak nanggung-nanggung. 

Salah satunya terdapat beberapa hotel bintang 5 yang akan memberikan fasilitas yang terbaik dan akan memberikan harga yang terbaik juga. Nggak cuma di Indonesia, banyak hotel bintang 5 yang bisa kamu pesan di seluruh dunia. 

Traveloka menyediakan fitur hotel untuk kamu yang membutuhkan tempat bermalam yang berkualitas. Pemasaran hotel ditujukan bagi kamu yang ingin bermalam dengan fasilitas lengkap yang telah tersedia, seperti sarapan, kolam renang, gym, dan sebagainya.

Gimana sih cara mudah pesan hotel bintang 5 di Traveloka? 

Tenang.. Traveloka ini punya link khusus buat kamu yang mau langsung cek hotel bintang 5 incaranmu. Pastikan kamu udah download app Traveloka ya. Yuk simak tutorial cara pesannya berikut ini:

1. Masuk ke halaman utama, lalu pilih menu "Hotels"




2. Isi data "Accomodations", mulai dari tempat, tanggal dan waktu, jumlah tamu. Khusus bagian filter ini saya langsung klik "5 star Hotels in Bandung" untuk memudahkan saya memilih hotel bintang 5 mana yang akan saya pesan. Kalau udah, langsung aja search.



3. Nah, ini udah tampilan beberapa rekomendasi hotel bintang 5 yang ada di Bandung. Duh jadi bingung kan milihnya. Haha. Akhirnya saya memilih The Papandayan Hotel.


4. Selanjutnya tinggal pilih tipe kamar dan fasilitas.


FYI, Standar Room adalah kamar dengan fasilitas standar pada hotel. Satu tingkat diatasnya adalah Deluxe Room, kemudian ada beberapa tipe premium seperti Family Room, One Bedroom Suite, dan Presidential Suite.

5. Oh ya, biar lebih meyakinkan bisa lihat review dari orang-orang yang pernah menginap di hotel tersebut.



6. Setelah yakin dan udah selesai memilih tipe kamar, lanjut ke pembayaran dan kamar pun sudah dipesan. Huaaa.. jadi sabar buat menginap!


Sekali-kali nggak apa-apa dong menghadiahi diri sendiri buat staycation di hotel bintang 5. Karena kamu bakalan dapetin experience yang berbeda. Saya aja takjub banget sama sama pelayanan yang ada di hotel bintang 5 ini. Pasti deh kamu udah mikir pasti mahal. Tenang.. Kalau pesannya di Traveloka, dijamin kamu nggak bakalan nyesel karena rate hotelnya oke banget!

Kalau kamu udah pernah menginap di hotel bintang 5 belum? Ceritain dong pengalamannya!


Cheers,
Nesa

You Might Also Like

160 comments

  1. Assalamulaikum kak setuju nih sama tips2 keren tapi kok jadi penasaran sama hotel ya hehe bagus banget fasilitasnya juga keren
    sukses terus ya Kak

    BalasHapus
  2. ngapain bawa sapu lidi siiiihhh hahaha.

    Kalau dari pengalamanku, ada juga kok hotel bintang 3 yang udah pake kartu sebagai kunci. Ada yang digesek, ada yang ditempel, dan ada juga yang diinsert kayak masukin koin ke telpon umum gitu, tapi ditarik lagi kalau udah ijo. Masa dibiarin ketelen wkwk. Oh, sama depositnya kalau misal lagi gak bawa uang cash, itu bisa diganti dengan nitipin KTP atau SIM atau paspor sih. Namun ada juga hotel yang mewajibkan deposit berupa uang cash, gak nerima kartu-kartuan.

    Oh iya, saya ingat juga pernah nginap di hotel di dekat Kaliurang Jogja. Di traveloka dulu bintang 2, tapi udah pake cardlock juga. Dan fasilitasnya juga udah lengkap. Dan.. pernah juga nyobain kamar tipe presidential suite, terus air panasnya gak berfungsi donggg kesel banget gara gara itu jadi malas mandi hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku beloman nemu yang insert koin kuncinya wkwkwk. Nice info mas untuk deposit kartu-kartuan.

      Tapi kamu apes juga ya pas nginep di bintang 5 air panasnya nggak berfungsi. Semoga jadi pengalaman berharga ke depannya. :))

      Hapus
  3. Duuh...waktu itu aku norak pas masuk hotel bintang 5. Lupa gk bawa kartu, pas turun li

    BalasHapus
  4. Wahh..aku waktu masuk hotel bintang 5 asli norak. Jadinya pas keluar kamar lupa bawa kartu. Pas turun lift masih bisa barengan sama kakak yang bawa kartu. Eh pas lagi sendiri mau naik lagi ke kamar gak bisa karena gk ada kartunya. Alhasil minta jemput di bawah😂

    BalasHapus
  5. Perlu diingat.. ini bukan mau minggat ---- ngakak dong hahahah

    Dulu pas pertama kali nginep di hotel yang kuncinya berbentuk kartu, sempat cengo juga sebentar. Tapi ya bermodalkan ingatan yang ada di film-film itu loh, yg tinggal tempelin kartunya, terus tadaaaa .. kebuka deh. Udah gitu, bingung lagi ngidupin lampu haha. Padahal tinggal balikin si kartu di tempatnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa memang ada gunanya juga ya nonton film-film Koriyah yang pada tinggal di apartemen gitu :))

      Hapus
  6. Tipsnya berlaku juga buat hotel berbintang di bawahnya ya. Hotel papandayan ini mewah banget deh kamarnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyasss kamarnya mevvah banget dan cuma ada 1 kamar doang nih mba :))

      Hapus
  7. aku udah pernah kak, tapi booking via telepon dan rasanya lebih ribet ya jika dibandingkan pakai Traveloka, lebih mudah reservasi dan pembayarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener.. dan kayaknya aku belum pernah sekalipun booking via telepon deh mba :))

      Hapus
  8. Nah ituu, anak2 pada geer sama snack yg di atas meja nes. Dikira boleh dimakan haha. Aku udah wanti2 itu nggak boleh dimakan krna harganya bisa buat beli lebih banyaaa yg lain.hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kalau punya anak ini penting banget ya sebelum nginep di hotel diingetin dulu ttg snack :))

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, aku sama sekali nggak bahas Traveloka Xperience di sini. Tapi makasih buat infonya :)

      Hapus
  10. Hotelnya mewahhh yaa. Yaiyalah bintang 5 xixi. Selama ini lbh pilih bintang 3 aja kalo mbayar dewe. Pengamanan bintang 5 emang lbh ekstra ya, kartu kamar dipakai juga buat mencet angka di lift jd kalo mo main ke kamar temen di lantai yg beda kudu janjian dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha asik emang mbak kalau ditraktir nginep di hotel bintang 5 dibayarin. Wkwk.

      Hapus
  11. Pleaseeeee jangan bawa barang bawaan seperti minggat, ini noted sih teh Nes. Plus aku suka liat dulu modelan hotelnya kayak apa, jd udah kebayang ga nol banget pas sampe disana haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha! Iya memang penting buat lihat-lihat review hotelnya dulu. Biar kebayang mau foto ootd di mana kan? Kkk.

      Hapus
  12. Traveloka memang yang terbaik yas.. Aku kalo mendadak pesan hotel pakai ini juga bisa.. Mantap dan praktis yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bikin seneng sih Traveloka banyak promo kak

      Hapus
  13. Hotelnya nyaman banget ya teh, bener bener ITU sepertinya dimanjain gtu Dan luxury banget interiornya

    BalasHapus
  14. Seru yaaa...
    Kalo lagi penat aku suka staycation. Cuma diem di hotel menikmatí segala fasilitasnya bikin rileks juga. Bener banget jadi penting buat intip dulu fasilitasnya. Tapi aku belom pernah nyobain layanan spa dari hotel. Kayanya lain kali boleh tuh. Nabung duluu hahaa...

    Hotel bintang 5 yang pernah aku inepin salah satunya Hard Rock Hotel di Spore. Kaget banget kamarnya super luaaas. Twin bed yang masing-masing ukurannya queen. Kamar mandinya juga bagus banget. Sandal hotelnya beda kualitas emang kalo hotel bintang 5. Dia bagus banget, tebal jadi enak kalo mau dipake keluar hotel buat jajan. Hihihi... Aih kangen liburan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uuuh asik banget pernah nginep di hotel bintang 5 di Singapore mbak. Yaa memang kalau bintang 5 fasilitasnya nggak perlu diragukan lagi yaa.

      Hapus
  15. Aku juga sering pesen hotel via traveloka soalnya sering dapet diskon lumayan kan hemat terus gampang juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti kalau di Traveloka udah harga asli jadi bayarnya beneran segitu.

      Hapus
  16. Aku udah pernah menginap di hotel bintang 5 dan gratis hihihi..

    BalasHapus
  17. Nah ini book hotelnya udah nyaman aman jangan sampai attitude sebagai pemula datang ke hotel bintang 5 nggak diperhatiin ya kan sayang. Nice info kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, walau dari ndeso harus tetep jaga attitude kalau menginap di hotel bintang 5. Hehe.

      Hapus
  18. Wkwkwkw jd imget pengalaman pertama nginep di hotel berbintang. Mosok aku ga ngerti kalau mau masuk kamar harus taping kartunya wkwkwkw

    BalasHapus
  19. Waaah thankyou bgt teh infonya penting banget ini hihihi.. Pengalaman sama snack di kamar hotel juga, udah happy eh taunya bayar hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha jangan mudah tertipu dengan kenikmatan dunia :))

      Hapus
  20. Yu emang sultan banget sih sistur kayanya hampir tiap bulan ya steykesyong tapi ngga papa kan mengapresiasi setelah qerja qeras bagau quda ya...

    btw aku juga suka pesennya di traveloka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak sultan juga sih sis, kebanyakan masih milih di bawah bintang 5. Tapi lebih kepada kebutuhan konten dan ingin cari suasana baru. Wkwkwk.

      Hapus
  21. Pertama kali nyobain hotel bintang 5 itu waktu di KL. Mesennya di traveloka juga. Emang beda sih dari mulai segi pelayanan sampai fasilitas. Waktu itu karna aku mesen ruangan non smoking, jadi harus hati2 pas nyetrika dan masak air, takut uapnya kena sensor asap, nanti aku kena denda.

    Tambahan teh satu lagi, beda kan antara handuk buat badan dan buat keset. wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah gitu ya teh, bisa kena denda juga.
      Wkwkwk, asli handuk kecil itu suka siwer sama keset. Tapi kan kalau handuk kecil disediainnya 2 bukan 1 ya. :))

      Hapus
  22. Wadduhhh jadi bikin mupeng nih utk nginep di hotel ber bintang

    BalasHapus
  23. Aku selalu pastikan baca semua tulisan dulu sebelum komen biar komennya nyambung sama tulisan ya Mbak Nesa. Hehehe

    By the way aku agak sering sih refreshing bawa anak anak nginap di hotel. Tapi ya maksimal yang 600 ribu aja. Jarang banget bintang 5 kecuali kalau pas dapat hadiah alias gratis. Hahaha..Wah keren juga ya Hotel Papandayan. Tapi ya harga permalamnya wow..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha. Nanti ada rejekinya mbak buat nginep di hotel bintang 5 ya. Emang kerasa sih kalau ngeluarin uang banyak buat nginep di hotel itu kok sayang, padahal cuma buat numpang bobok doang :))

      Hapus
  24. Woww hotel Papandayannya keren bangettt...Presiden Suite nya mewah maksimal..Jadi inget pernah nginep disana tapi bukan di PS nya tentu saja hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi emang kalau president suite di Papandayan bukan buat umum mbak, hanya orang-orang tertentu.

      Hapus
  25. Aku juga suka sesekali memanjakan diri di hotel bintang lima, jadi ingat pernah nginep di Sheraton Jakarta

    BalasHapus
  26. Menginap di hotel bintang 5 atau berapa pun kayaknya emang harus pinter2 pilih barang yang mau dibawa ya..hehe biar gak rempong juga kitanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, yang nggak perlu nggak usah dibawa deh. Hehe.

      Hapus
  27. Kalau aku pribadi nginep di hotel bintang lima satu hal yang pasti nginep seharian jadi staycation soalnya sayang biasanya fasilitasnya bagus banget. Presidential Suitnya The Papandayan bener bener ya inspirasi dekor rumah buat aku wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip nggak sih teh sama dekor kamarnya Tasya Farasya si PS Papandayan ini :))

      Hapus
  28. Papandayan, Kakakkkk. Itu cakepnya nggak ketulungan. Aku kalau kagak gratisan dari kantornya Bebeb belum bobok di sana, dong, hahaha. Jiwa gratisanku bersorak gembira.
    Btw, di Bandung aku sempat dapat hotel yang style-nya kayak Papandayan gini juga. Fasilitas dalam kamarnya pun lumayan mirip, kecuali luas kamarnya. Ini hotel di daerah Bandung Wetan. Dan iya, aku norak dong! wkwkwk. Makanya kudu diperhatijan nih, tips-tips kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha mantap mbak. Iya memang sebelum nginep tuh harus mempelajari tipe hotelnya dulu dari review orang-orang, biar nggak norak.

      Hapus
  29. Pernah ngalamin tinggal 2 minggu di hotel bintang 5. Dari yang norak liat semuanya serba otomatis dan mewah sampai terbiasa dan serasa rumah sendiri. Udah gitu dibayarin jadi bener2 gak pake mikirin biaya. Ugh, gak mau pulang rasanya :))) Xperience yang pengen sering2 diulang hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beruntung banget mbak bisa sampai 2 minggu gitu di hotel bintang 5. Mana dibayarin pulak. Pengen deh aku. Wkwkwk.

      Hapus
  30. Waktu check in dan out ini memang perlu diperhatikan, nanti kalau kebablasan nah..nah.. Kan

    BalasHapus
  31. duuuhhh, hotelnya mevvah banget sis. kaya di drama drama korea yaaaaa. Langsung merasa butuh staycation deh, langsung buka traveloka aja deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa pengen punya kamar kayak gini sih, tapi dipikir-pikir nggak usah deh capek ngepelnya. :))

      Hapus
  32. Bener nih kemarin aku sempet Juga pesan hotekt lewat Traveloka bintang 4 cuma,, hampir sama persis ya langkah2nya, intinya traveloka lengkap nama2 hotel rekananya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak semua langkah pesan hotelnya di Traveloka, bedanya dari bisa difilter bintang berapa.

      Hapus
  33. MashaAllah kak, kamar dan fasilitas di dalamnya oke banget. Aku jadi ingat-ingat pernah gak ya aku nginep di hotel bintang lima.. Btw kemarin aku ikutan traveloka epic loh, walau gak dapat bintang lima tapi suka banget sama harganya yang murah..

    Apalagi aku juga beli voucher makan di Traveloka Xperience dengan harga murah banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banget emang si Traveloka ini kalau lagi ada promo ya mbak.

      Hapus
  34. Wkwkwk aku selalu minta beresein itu makanan minuman yg bayar di kulkas dll. Kalau gak berabe anak-anak dikira punye dia mateklah aku air aqua 25rebeng 😂😂😂😂

    Tapi emang enak ya pesen traveloka. Cepet ga pakai tipu2 tiba2 ada biaya tak terdugah tak kusangka dan tak kukirah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gilss aqua 25rb hahahaha!

      Bener memang si Traveloka mah yang ditunjukin udah rate asli, nggak pake biaya ina ini inu. Hehe.

      Hapus
  35. hotel bintang lima udah pernah sih, tapi jarang...kalo empat ke bawah sering..hehehhe...

    anyway aku juga nonton Hotel Del Luna, mba....salah satu drama korea yang aku tonton tanpa skip..hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya favorit aku juga Hotel Del Luna. Mewah banget itu mah hotelnya walopun gaib. Wkwkwk.

      Hapus
  36. Biasanya aku tuh kalo mau nginep ke hotel bintang 5 suka bawa bathboom sendiri soalnya mereka sedianya salt doang kurang heboh menurutku hahaha... aku nginep di trans luxury isinya cuma berendem bareng anak.. hahaha sampe lupa ga ke playground.. biasa juga pake traveloka yang bayar di hotel lebih murah drpada booking langsung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener-bener dimanjakan sama fasilitas ya mbak kalau nginep di bintang 5 tuh.

      Hapus
  37. Berdasarkan pengalaman bintang 3-5 sama2 aja ya..gak terlalu banyak bedanya. Tapi yang pasti variasi menu breakfast terus snack di kulkas itu yang bikin beda. Sama bintang 4 dan 5 punya alternatif kamar mandi bathtub. Lainnya sofar sama aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, tips-tips yang ditulis memang udah general untuk hotel bintang apa aja. Karena udah hampir sama semua fasilitasnya.

      Hapus
  38. Byuh byuh
    Hotelnya elegan sekali
    Yang bukan pemula saja excited apalagi yang beneran pemula saat mau pesan ya hehehe

    BalasHapus
  39. Boleh banget nih tips persiapan menginapnya. Tapi aju sudah pernah sih menginap di hotel berbintang 5

    BalasHapus
  40. saya belum pernah nginep di hotel bintang 5..
    mudah2an gak norak ya kalo tiba-tiba dapet voucher gratis nginep di hotel bintang 5.. hihihi..

    btw, aku juga selalu pesen hotel pakai traveloka, enak, lebih murah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha nggak bakalan norak kok mbak, kan udah baca postinganku wkwkwk.

      Hapus
  41. Tulisannya berasa ditujukan buat saya. Secara gitu sayanya belum pernah nginap di hotel bintang lima. Ihhiikss.. Alu simpan nih tulisannya kak,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soon bisa nginep di hotel bintang 5 ya mbak. Aamiin.

      Hapus
  42. Kebayang kalau bawa handuk hotel, langsung penuh tasnya. Hahaha. Sekarang booking hotel makin mudah, ya. Pilih Traveloka karena sekarang sering kasih diskon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha yang ada malu-maluin bawa handuk hotel mbak.

      Hapus
  43. Traveloka andalan banget sih, baru aja selesai staycation di salah satau apartemen kewl di Jakarta Selatan ^^

    Kalau mau liburan ke Hotel bintang 5/6/7 juga enak wkwkwkwk gak ada biaya tersembunyi lagi dan semuya transparan.

    Jadi pengen ke The Papandayan niiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha bintang 10 aja sekalian mbak. Ayo dong makanya business tripnya kalo ke Bandung nginep di Papandayan.

      Hapus
  44. Baca blog ini jadi inget vlog Saai Halilintar yang bobo d presidental suite. Heuuu. Makasih infonya teh bisa jadi referensi aku pas nanti udah jadi Nia Ramadhani. Mwah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kkk. Untuk aku udah latihan jadi Nia Ramadhani. Etapi aku nggak mau jadi dia denk. Mau tinggal di LN aja. Hahaha!

      Hapus
  45. plaing pentig hotel itu harus nyaman ya, bintang 5 sih sepertinya pasti nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah diragukan lagi kenyamanan bintang 5 mah mbak hehe

      Hapus
  46. Staycation di hotel bintang 5 itu memang menyenangkan, umumnya fasilitasnya udah lengkap banget dan pelayanan nya juga bagus. Dengan traveloka bisa cari opsi hotel yg sesuai keinginan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mbak, bisa filter hotel-hotel yang kita inginkan kalau di Traveloka.

      Hapus
  47. Saya belum pernah nginep di Hotel bintang 5, paling mentok Hotel bintang 3 hehehe. Eh siapa tau abis baca ini bisa kesampean Aamiin :D

    BalasHapus
  48. belum pernah menginap di bintang 5 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Habis baca ini nanti nginep di bintang 5 kak. Aamiin.

      Hapus
  49. Kaya aku doonk, Nes..
    Pulang-pulang selalu bawa sandal hotel, bhahahha~
    Ga cuma sendal siik...kalo di cek, tas aku pasti penuh ama inventaris gratisan dari hotel.
    Pan lumayan yaa...kaya shampoo, shower gel ama lotion bisa dipake pas anak-anak ada kegiatan berenang dari sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalau sendalnya bagus dibawa pulang. Kalau nggak ya bhay aja. Sama sikat gigi hotel juga sering aku bawa buat sikat sepatu di rumah. Wkwkwk.

      Hapus
  50. Aq jg pesen hotel pake traveloka lebih mudah dan simpel banget, liat postingan ini jadi pengen nginep dihotel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, Traveloka memang memudahkan dan ratenya udah harga asli.

      Hapus
  51. Kalau check in saya mah suka late terus haha pernah late nya sampe hampir sehari. Padahal bener enaknya sejam sebelum biar busa foto2 dulu yah dan menikmati welcome drink.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sayang pisan kalau late check in teh. Tapi kalau emang sebelumnya ada kegiatan yang nggak bisa ditinggalin sih mau gimana ya.

      Hapus
  52. ckckck...saya mbatin. kapan yaaa punya kesempatan nginep di hotel mewah begitu. ruang tamunya kayak kediaman raja, coba. bathtub nya ya ampuuuun... mauuuj

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera bisa nginep di hotel bintang 5 ya mbak.

      Hapus
  53. Nah, tipsnya bermanfaat banget nih buat saya yang memang belum pernah masuk di hotel berbintang 5. But benar juga nih sekali-kali bolehkah staycation di tempat nyaman kayak gitu😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya ini tipsnya sama aja buat menginap di semua hotel kok mbak.

      Hapus
  54. Waah bener banget kaak jangan sampai kita melakukan hal norak di hotel bintang 5 🤣 next bikinin post tentang travel essential dong kak XD

    BalasHapus
  55. Aduh aku jadi inget juga pas pertama kali menginap di hotel.berbintang, kuncinya pakai kartu ya, saya bingung buka pintunya gimana? Akhirnya nunggu temen sekamar datang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi untung temennya tau ya mbak cara bukanya. Kebayang nggak ngerti dua-duanya pasti bengong. Hahaha!

      Hapus
  56. Sejak ada traveloka, pesen kamar hotel jadi lebih mudah ya, kak.. Anyway, hotelnya kelihatan nyaman sekali! 😍💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyaman dong kak, tipe kamar paling tinggi nih di Papandayan :))

      Hapus
  57. hotelnya instagramable banget karna pakai marble ya jadi kesannya mewah, anyway aku juga suka pakai traveloka xperience untuk nyari info tempat wisata dan nyari voucher diskon hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan terkesan mewah lagi mbak, ini mah emang sengaja mewah tipe sama fasilitasnya. :D

      Hapus
  58. Pasti senang banget bisa nginep di hotel bintang 5. Betah banget meski di dalam hotel.

    BalasHapus
  59. Salah satu aplikasi yang nggak tergantikan sama app sejenis lainnya ini kalo aku mba, apalagi skrg fiturnya makin banyak aja

    BalasHapus
  60. kalau hotelnya kayak gini, kayaknya gak rela kalau cuma nginep 1-2 malam yaa, beneran desain dan fasilitasnya bagus-bagus banget :)

    BalasHapus
  61. Ruang tamunya mevvah sekali Nes, bisa foto2 ala anak Sultan euy disana, Duh jadi ingin nabung dulu biar bisa staycation di hotel mevvah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa diniatkan nabung dulu ya teh, siapa tau di tengah perjalanan nabung ada yang nawarin nginep gratis. Aamiin.

      Hapus
  62. blm banyak yg aku rasain kalo bintang 5 :D. kebanyakan jg dibayarin kantor pas outing hahahaha. pernah trans luxury bandung, intercontinental dan fairmont (kalo ini dpt gratisan abang ipar yg ga mau pake kamarnya hahahah)

    yg pasti aku sukanya krn toiletriesnya beneran baguuuus. yg mana biasanya aku males pake punya hotel. tp kalo di hotel2 di atas, merknya aja udh mahal punya :D. sayaang ga dipake hahahaha. mana selalunya dpt free laundry 2 potong perhari biasanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini nih yang udah sering banget nginep di hotel bintang 5 pasti pengalamannya banyak. Hahaha! Pokoknya hajar semua yes mbak fasilitasnya. Rugi kalau nggak dicobain udah mihil-mihil nginepnya.

      Hapus
  63. Salah satu yang paling ditunggu ketika nginap di hotel adalah sarapannya, apalagi kalau buffet dan buanyak pilihan macamnya. Puas makan sampai kenyang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi kalau nginepnya beberapa hari ya mbak, menu sarapannya bisa beda-beda tiap hari hehe.

      Hapus
  64. Belum pernah nginep di hotel bintang 5, subhanAllah fasilitasnya ga nyagka, kamar mandinya bikin betah, bakalan berendam lama😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bisa setengah hari ya diem di kamar mandinya doang saking pewe nya

      Hapus
  65. Bagus ya Mbak hotelnya. Aku sudah beberapa kali nginap di hotel bintang 5, tapi yang paling berkesan adalah di Four Seasons Jakarta karena kamarnya cantik banget, luas, dan makanannya enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kalau hotel bintang 5 mah udah nggak perlu diragukan lagi ya mbak fasilitasnya. Hehe.

      Hapus
  66. Kamar mandinya emang keren luas banget ya, hihi. Suka dengan viewnya. Btw saltok ama PV Mbak yang tinggi banget. Wah ternyata udah ngeblog sejak 2009 salut!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm ini tuh aku sempet vakum juga mbak, PV ini nggak seberapa buat yang udah nge-blog 10 tahunan mah hehe

      Hapus
  67. Hihihi... kamar mandi nya ya Allah mbak.. guedeeeee 😁 mana ada tv nya. Hahaha... Bakalan lama tuh dikamar mandi pasti wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha bener mbak, mandi sambil menikmati city light yaa.. sultan banget deh.

      Hapus
  68. Wow mewahnya haqiqi hehe. Jadi ingat pertama Kali nginap di hotel Bintang 5 saat mahasiswa lolos konferensi nukkir sebagai oemakalah paper. Senangnyaaa haha apalagi makanannya beragam banget jenisnya. Maklum mahasiswa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi pengalaman yang berkesan ya mbak menginap di hotel bintang 5 buat pertama kalinya.

      Hapus
  69. Hotel bintang 5 fasilitasnya keren banget. Tentunya barang bawaan juga sesuaikan berapa hari nginepnya, kalau pun hanya 1 hari 1 malam ya ga banyak2 juga bawaannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, yang nggak perlu nggak usah dibawalah ya.. secukupnya aja.

      Hapus
  70. pewe banget nginep di hotel bintang 5.. kayaknya perbedaan yang paling mencolok tuh di kamar mandi dan layanan spa haha asik banget bisa mandi sambil nonton tv.. adem dan seger trus jadinya lupa waktu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa iya kamar mandinya on point banget kek kamar mandi rumahnya Tao Ming She wkwkwk

      Hapus
  71. Daku naksir sama ruang nonton keluarga..serasa banget berada di rumah karena luas. Jadi nginep di sana bener bener bisa relaksasi dari pekerjaan alias beneran liburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli mbak, kayak keluarga sultan kalo nonton bareng di sini hahaha

      Hapus
  72. Salfok sama hotelnya kak haha. Btw, traveloka andalan ku banget nih buat booking macem-macem dari pesawat, kereta sampe hotel. Apalagi kalau lagi ada diskon, duh seneng banget aku tuh hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yhaa memang salah satu yang aku suka juga si Traveloka ini banyak promonya.

      Hapus
  73. Traveloka memang membantu banget, ya, Mba, untuk memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Ikutan takjub sama kamar mandinya, jadinya betah dong ya istirahat aja di hotel, fasilitasnya pun lengkap begitu. Sebanding dengan harga yang dibayarkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, aplikasi booking hotelnya memang memudahkan banget Traveloka ini.
      Hahaha iyaa ini kamar mandinya aja lebih gede dari kamar aku di rumah :))

      Hapus
  74. Busyet banget ini hotelnya keren mantap.
    pengen nginep juga aku mba di situ hahahah semoga ada rejeki

    BalasHapus
  75. Ruang tamunya bagus banget, MasyaAllah. Kalau presidential suite emang super keren yah. Anak-anak saya pasti suka tuh berendam di kamar mandi sambil nonton tv 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah pasti diem terus di hotel terus room tour berasa kamar sendiri :))

      Hapus
  76. Kamarnya enaken banget ka hihi jadi mupeng juga mau menginap disini juga.. memang ya sebelum travelin gitu perlu banget mempersiapkan semuanya dengan baik, salah satunya booking hotel, nah traveloka ini aplikasinya mudah banget dan ngebantu banget, apalagi bagi pemula.. ngga bikin ribet sih menurutku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak penting banget ya cari info review tentang hotelnya dulu. Minimal tau peraturan hotelnya dan udah kebayang apa yang harus dilakukan selama di sana.

      Hapus
  77. kereennnnnnnnnnn, bagus banget dah yaampun. mana sekarang semuanya udah dimudahin lagi aplikasinya user friendly. tinggal nabungnya ajanih harus lebih semangat hahaha. bagus kak kusuka gemes-gemes banget ruangannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, siapapun bisa nginep di hotel kok sekarang karena ada aplikasi yang memudahkan.

      Hapus
  78. wah baiklah kakah infonya, aku pernah alami norak norak bergembira saat mau masuk kamar kuncinya pake kartu ditempel sampe aku frustrasi taunya cuman tempel doang duh untung saja ga ada yang melihat :D

    BalasHapus
  79. Aku pernah nginep di The Papandayan ini tapi sama teman-teman, kamar yang kita tempatin sama persis kayak kamarmu ini. Jadi kangen nginep disana deh, enak disini kalau aku bilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah iya kah mbak? Bisa jadi di bawahnya tipe PS ini yaa. Soalnya kalau PS nggak bisa buat umum. Tapi cuma pejabat dan artis-artis penting aja yang bisa booking.

      Hapus
  80. saya pernah staycation di hotel bintang 5
    itu karena ada undangan
    dan memang menyenangkan banget pelayanannya
    pengin lagi sih meski bayar sendiri
    apalagi sekarang ada traveloka xperience yang memudahkan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kak, fitur-fitur Traveloka semakin banyak dan memudahkan ya.

      Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe