#ExploreJogja: Itinerary Wisata Seharian di Yogyakarta

Mei 19, 2019

Larasatinesa.com - Kayaknya saya paling sering nulis tentang Yogyakarta di blog ini. Apa pindah aja gitu ya? Hahaha! Jadi ini adalah postingan yang sengaja saya rangkum dari dua kali perjalanan ke Yogyakarta dalam rangka kerja rasa liburan tipis-tipis bulan lalu bareng Alka, teman saya. Tenang.. kali ini postingan itinerary saya nggak bakalan bahas tempat mainstream kok. Beberapa tempat mungkin bisa dijadikan alternatif kalau kamu bingung mau ke mana lagi selama di Yogyakarta. Ini tempatnya masih sekitar Kota kok. Sebenarnya sih saya inginnya bisa ke pantai, tapi karena ini dibayarin kantor dan harus melakukan beberapa pekerjaan, saya ngikut aja. Segini juga bersyukur bisa nyempetin jalan-jalan.. 😁

Berikut rekomendasi itinerary wisata di Yogyakarta:

1. Tempo Gelato
Ini sebenarnya adalah tempat paling mainstream sih yang kayaknya sekarang wajib mampir kalau ke sana. Sebelum ngebolang, pagi-pagi habis sarapan di hotel, saya langsung ke sini. Bukan apa-apa nih, soalnya Tempo Gelato suka penuh pengunjung, saya takut nggak kebagian oksigen dan tempat duduk pas di sana. Yaudah deh habis sarapan (sengaja jaim nggak makan banyak), saya jalan kaki menuju Tempo Gelato yang ada di Jalan Prawirotaman. FYI, kemarin saya menginap di Adhisthana Hotel yang lokasinya cuma beda gang aja sama Tempo Gelato. Surprisingly, karena datang di low season jadi  nggak banyak orang. Horee! Oh ya, Tempo Gelato sekarang udah bertambah cabangnya. Kemarin saya menemukan Tempo Gelato di sekitaran Jalan Taman Siswa Yogyakarta. Jadi total sekarang ada 3 cabang: Prawirotaman, Taman Siswa, & Kaliurang. Terserah kamu enaknya mau nongkrong di mana, rasanya mah sama aja kok. YHA MENURUT NGANA?? 😂

nom..nom.. nom..

TEMPO GELATO, IL TEMPO DEL GELATO
Jl. Prawirotaman 1 No.43,
Brontokusuman, Mergangsan,
Kota Yogyakarta, Indonesia. (Beside Aglioo Pizza & Pasta.)

2. Pasar Beringharjo
Ke Pasar Beringharjo emang enaknya pagi-pagi sekitar jam 10an. Lagi-lagi ini karena saya nggak mau berdesakan lalu jambak-jambakan rebutan baju sama orang-orang. 😂 Mana Jogja kan hawwt banget! Kalau bukan karena titipan daster Ibu, saya sih nggak akan ke sini. Hahaha. Sebelumnya saya pernah beli daster juga di Hamzah Batik (dulunya bernama Mirota Batik) yang lokasinya persis di seberang pasar, cuma harganya memang agak lebih mahal dari yang di Beringharjo. Karena kemarin saya fokus beli daster doang, pas udah dapat langsung keluar pasar. Kebetulan perut udah keroncongan juga akhirnya memutuskan buat makan sate kere + es dawet dulu. Oh ya, saya juga sempat beli tas rotan bulat yang nge-hits itu. Kalau beli di Beringharjo harganya bisa murah banget sis, saya dapat 80rb buat ukuran sedang. Belinya di luar samping pasar yang seberangnya ada ATM center-nya, ini yang jualnya ibu-ibu, lupa nih nggak saya fotoin. Beliau jual paling murah di antara yang lain. Tas ini kalau di online shop itu bisa sampai ratusan ribu lho harganya!

Pada ngapain sih nih orang-orang pada datang ke sini 😂

Yang wajib kalau ke Pasar Beringharjo!
Pasar Beringharjo
Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan,
Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

3. Hayati Specialty Coffee
Ke sini atas permintaan klien. Saya meeting di sana, janjian jam 10-11 pagi. Katanya kedai kopi ini famous banget di Yogyakarta. Terbukti sih pas bikin instastories beberapa teman yang orang Jogja nge-reply. Hahaha. Sayang kemarin saya nggak pesan kopinya karena udah kenyang banget habis sarapan. Saya cuma pesan Ice Lhycee Tea aja sama icip-icip cemilan yang dipesenin klien. Kkkk. Tempatnya cozy, ada indoor dan outdoor, kemarin situasinya banyak yang kerja sama ngerjain tugas kampus di sini. Habis meeting nggak lupa buat foto-foto dulu deh. Norak emang orang Bandung nih kalau ke Jogja. Hahaha.

Ini bukan lagi baca buku menu yha~

Mz-mz barista di Hayati Specialty Coffee

Alka lorem ipsum pun bahagia di sini~
Hayati Specialty Coffee
Jl. Demangan Baru No.7,
Demangan Baru, Caturtunggal,
Kec. Depok, Kabupaten Sleman,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Instagram: @hayaticoffee

4. Situs Warungboto
Untuk menuju ke sini, saya sempat nyasar dibawa driver taxi online-nya. Nama-nama tempat di sini tuh pada bukan nama tunggal alias cuma ada satu. Macam Pasar Beringharjo itu ada 2 tempat. Nah, saya pas mau ke sini malah diantar ke komplek perumahan Warungboto. Hahaha. Jadi pelajaran banget nih sebelum pesan taxi online harus kroscek dulu alamatnya bener apa nggak ke mbah Google. Tapi akhirnya sampai juga sih, untung aja Mas driver-nya baik hati. (FYI aja di Yogyakarta driver taxi online itu pada ramah dan sopan-sopan banget, belum pernah nemu yang jutek).

Ceritanya udah sampai nih, terus saya sama Alka teman saya bingung masuknya lewat mana. Tempatnya tuh dari jalan raya kelihatan tapi ada pagar kawatnya. Di depannya ada tempat parkir dan tempat makan. Masa iya nih orang-orang yang ke dalam harus manjat pagar? Kayaknya ada deh 5 menitan saya sama Alka nggak jelas di depan. Kami lihat lho orang-orang yang udah ada di sana ketawa-ketawa ngakak bahagia lagi foto-foto. Masa gitu aja w harus nyerah nyari jalan masuknya. Dan ternyata masuknya dari gang kecil yang ada di sampingnya. Gustii nu Agung.. lainna titadi jalan. 😂

Info tentang Situs Warungboto

Kabel listriknya emang gengges banget

Nona berbaju hitam~

Lokasi Situs Warungboto ini terletak diantara pemukiman warga, untuk menuju ke sana emang w harus jalan ngelewatin rumah warga dulu. Situs Warungboto ini jadi hits banget semenjak muncul di foto pre-wedding nya putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Sekarang jadi makin rame deh.

Situs Warungboto memiliki nama asli Pesanggrahan Rejawinangun. Pesanggrahan ini memiliki fungsi sebagai rumah peristirahatan keluarga kerajaan yang dirancang dengan kolam dan taman. Situs ini sebenarnya hanyalah berupa reruntuhan dan puing bangunan yang kurang terawat sebelum direnovasi. Kalau yang suka wisata sejarah kayak saya mah pasti bakalan suka banget ada di tempat kayak gini. Meskipun cat-catnya memudar dan banyak noda, tapi jadi bikin tempat ini vintage banget. Oh ya, ini tempatnya free nggak ada biaya tiket masuk. Buruan ke sini sebelum nanti bayar, guys! 🤣

PS: Sebelum masuk ke Situs ini, kalian akan menemukan rumah warga sekaligus warung, dan dia punya speaker gede banget buat pasang back sound lagu dangdut. Hmm mantap nggak tuh? Oh ya, di warung tsb kalian juga bisa charge handphone, bayar Rp.5000 sepuasnya! Hahaha!

Situs Warungboto
 Jl. Veteran No.77, Warungboto,
Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta,
Daerah Istimewa Yogyakarta 55164

5. Sindu Kusuma Edupark
Salah satu tempat yang kemarin udah saya tandain untuk dikunjungi adalah Sindu Kusuma Edupark. Ini taman bermain sih, enaknya sama keluarga kalau ke sini. Saya ke sini karena ingin naik bianglalanya doang karena katanya jadi salah satu yang tertinggi di Indonesia. Walaupun saya keliatan baik-baik aja pas naik, tapi sebenernya saya panik lho. Hahaha! Tempat wisata ini masih belum ramai orang-orang, jadi enak banget dipakai buat foto-foto. Saya udah pernah review Sindu Kusuma Edupark di sini ya.

Berdoa dulu sebelum naik bianglala 😂
Sindu Kusuma Edupark
Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati,
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284
Open Hour: 9.30 AM s/d 23.00 PM
Instagram: @skedupark
More Info: kusuma-edupark.com

6. Kedai Kebun Forum
Waktu itu ke sini nekat aja, habis dari Sindu Kusuma Edupark itu Alka ngajak nongkrong sebelum pulang ke Bandung. Langsung googling spontan dong tempat mana yang enak buat nongkrong di sekitaran dekat hotel tempat kami menginap. Dan ketemulah Kedai Kebun Forum.

Kedai Kebun Forum (KKF) adalah ruang seni alternatif di Yogyakarta yang dikelola secara independen oleh seniman, terdiri dari Galeri, Ruang Pertunjukan, Bookstore, dan Restoran. KKF adalah komunitas kecil yang didirikan untuk usaha belajar dan pengkajian, dalam rangka membangun kepekaan terhadap setiap gejala perubahan sosial, melalui kesenian. Selama ini seluruh aktivitas di Kedai Kebun Forum dibiayai oleh restorannya.

Saya bisa bilang Kedai Kebun ini salah satu hidden gems yang cozy banget di Yogyakarta karena punya beberapa keunikan fasilitas yang jarang ada di cafe lain, diantaranya;

1. Tersedia menu makanan vegetarian dan tanpa MSG. Ini nih kemarin pesanan saya dan Alka. Mohon maaf ya lupa namanya apa pokoknya nggak jauh-jauh dari Mie namanya. 😂Btw, yang seru dikasih free cemilan keripik juga dong.

Free keripik non MSG
2. Restoran Kedai Kebun adalah beranda Kedai Kebun Forum Art Space.

3.  Desain arsitekturnya modern kontemporer menggunakan struktur baja, relasi ruang per ruang terbuka, dengan tata pencahayaan dan sirkulasi udara alami. Tersembunyi dibalik pohon beringin yang berusia lebih dari 21 tahun. Unik banget nggak tuh?

4. Terdiri dari 2 lantai dengan kapasitas 45 kursi

5. Lantai 1 bersebelahan dengan ruang pamer, banyak yang seru di sini. Ada CD musik, piringan hitam, t-shirt dan berbagai merchandise karya para seniman Yogyakarta.

6. Lantai 2 bersebelahan dengan ruang pertunjukan dan memiliki teras yang terbuka, nah saya kemarin nongkrong di teras atas sejuk banget banyak pohon, sambil lihat pemandangan rumah sebelah yang gedong kebangetan kayak rumahnya Tuan Muda Tao Ming Tse!

7. Tersedia 2 toilet yang bersih dan nyaman yang berada di lantai 1.

8. Free Wifi

9. Harga makan minum komplit termurah sekitar Rp. 35.000,-

Kalau saya sih betah di sini, apalagi Alka yang anaknya artsy banget. Kkk. Kemarin saya menghabiskan waktu di sini dari sore ke malam, pas langit lagi cerah, dan sunsetnya kece banget huwoo..

Cotton candy sky~

Bookstore & Gallery

Bagian paling vintage di sini. Tapi nggak boleh dipegang ya majalah-majalahnya.. 😂
Kedai Kebun Forum
Jl. Tirtodipuran no. 3 Yogyakarta
Java Indonesia 55143
Phone/ Fax : + 62 (0274) 376 114
Instagram: @kedaikebunforum
Website : www.kedaikebun.com

Hayoo, pada mupeng ke mana? Atau kamu punya tempat rekomendasi lain yang seru juga di Yogyakarta? Yuk share di kolom komentar!

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

101 comments

1. Lah, saya baru tau kalau anaknya pak jokowi foto prawedding di situ. Wkwkwk

BalasHapus
  2. jalan-jalan ke yogyakarta mah gak cukup jalan-jalan 1 minggu soalnya banyak banget destinasi wisatanya apalagi kulinernya.
    puasa-puasa ini gagal fokus liat gelato icecreamnya.

3. Kedai kebun Forum tempat yang unik, bikin betah

BalasHapus
  4. dari semua yang kaknes sebut aku cuma pernah ke tempo gelato doang wkwkw
    bingung kalo mau ke jogja mah banyak tempat yang pengen dikunjungiin XD

1. Kuy ke Jogja bareng, mumpung deket kan kamu sekarang dari aku hahaha

Hapus
  5. asyik niy teh referensinya..anak sulungku kmrn request ngajak jalan2 khusus ke jogja..ntar bisa buat list buat family trip niy..mksh teh

BalasHapus
  6. Waah senangnya sekalian liburan bisa ya..btw fotonya teh nesa bagus2 mulu dehh, suka liatnya..

7. Bisa jadi referensi liburan panjang nanti nih keren

8. No 3 noted ah kalo ke jogja lagi kudu mampir. No 1 dan 2 udah pasti mampir sih yanh laennya belom. Jogja memang selalu ngangenin dan kota paling pengen terus dikunjungi selain bandung hehw

9. Owlaaahh, Tempo Gelato banyak tho cabangnyaaaa
    Pantesan kapan hari aku lewat jl Taman Siswa kok nemu Tempo Gelato jugaaa, kirain udah nyampe Prawirotaman :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

1. Yups, udah banyak cabangnya.. makin kaya raya hahaha

10. Duuhh jadi pengen ke Yogya lagiii....ga bosen2 yaaa 😍

BalasHapus
  11. Duh tempatnya kece2. itu ngubek pasar beringharjo bisa seharian sendiri deh kayaknya hahaha...

1. Iya mba, cocok banget buat yang mau belanja batik buat dijual lagi wkwk

Hapus
  12. Paling pengen ke warungboto sama naik bianglala. Kirain warungboto tuh area bagian belakang taman sari. Mirip2 sih...

Salam manis,
    Artha

1. Nggak mbak, jauh taman sari sama situs warungboto tempatnya wkwk

Hapus
  13. Aku beberapa kali ke Yogya dan belum pernah ke kedai kebun nih. Tertarik ama buku bukunya. It list aku selli coffee soalnya berteman sama owner-nya si mas Wisnu. Itu kan lokasinya persis seberang Adhistana hotel.

Semoga ke Yogya lagi aku ubeg ubeg destinasi wisata ini ya.. thankyouuuuu infonya

Balasan
    1. Aku dua kali nginep di Adhistana tapi cuma lihat Sally Coffee doang ndak pernah mampir :)))

Hapus
  14. Wah iya nih, ternyata banyak tempat yang belum pernah dengar/tahu namanya. Biasanya kalo ke Yogya udah bingung duluan mau kemana. Masa ke situ lagi ke situ lagi hehe. Thank for sharing ❤

BalasHapus
  15. Ih masa, dari semua tempat yang ada di atas, aku cuma baru ke Pasar Beringharjo aja. Huhu... kurang gaul nih aku di Jogja. Semoga kesampaian deh main lagi di Jogja dalam waktu yang gak cuma 1-2 hari aja. Kepengen atuhlah ke semua tempat yang disebutin Nesa :D

1. Nah iya teh 2 mingguan lah cocok liburan di Jogja nyaa hehe

Hapus
  16. Mau dong ke tempo gelato dan kedai kebun forumnyaaa.. Itu pasar bringharjo jadi cakep gitu ya depannya?

Balasan
    1. Aku gatau sih mba dulunya gimana jarang merhatiin, setau aku depannya emang gitu sih wkwk

Hapus
  17. Ternyata banyak juga tempat wisata menarik di tengah Kota Yogyakarta, yang belum pernah saya kunjungi. Selama ini kalau gak ke kraton, malioboro ya ke Pasar Bringharjo.

Balasan
    1. Segini juga aku masih banyak teh yang belum dikunjungi. Alesan banget sih ini biar balik ke sana terus hahahaa

Hapus
  18. ahhahahahahahah langsung aku pap ke temenku dong, baristanya Hayati yang tinggi itu mas Rifa'i dan aku suka bgt kopi disitu. Ini itenerarynya gak ada agenda ketemu aku gitu ceu wkwkw

1. Mas Rifai itu banyak fansnya yaa wkwkwk
      Kalo ke Jogjanya lama mari bertemu yaa

Hapus
  19. Wah udah lama ngga ke Jogja, banyak yang seru ya, pengen ke Tempo Gelato lagi dan Kedai Kebun, kayanya asyik duduk-duduk disitu..

1. Ih iya banget mba, bikin hidup selow duduk-duduk di kedai kebun hahaha

Hapus
  20. Yogyakarta emang ngangenin banget dan banyak banget yang bisa dijelajahi. Hahaa kabel di situs warung boto kudu ditanam aja tuh, underground gt

BalasHapus
  21. gemes sama kedai-kedainya teh!
    besok-besok mau nimbrung ke sana ah kalau lagi escape ke jogja. tapi emang bener teh, jogja tuh mau kayak gimana pun g bakal ngebosenin!

22. Kedai kebun forum, menarik banget ini. Harus disempatkan ke sana kalau pas ke jogja.
    Biasanya sih yang wajib dikunjungi kalau ke jogja itu pasar beringharjo hehe

BalasHapus
  23. Noted semua itinerary nya Nes, insya Allah nih pengen cepet2 ke Yogyakarta pengen foto2 disana hahaha

24. Pengen dong ice cream Gelatonya 😍

25. tempatnya emang cozy tapi reportasenya ini yang bikin kereeennn sampai tumpeh tumpeh

Sukses Nez

BalasHapus
  26. Saya ini parah banget ya, tinggal di Yogya tapi malah baru tahu Tempo Gelato. Yang Kedai Kebun Forum juga belum pernah kesana.

Tinggal di yogya, masih berasa "turis" saja saya ini, sangat banyak tempat di Yogya yang belum saya kunjungi.

Balasan
    1. Hihi gpp mba, masih banyak waktu. Bisa kapan aja. hehe.

27. Pengen banget ke tebing2 itu bagus tempatnyaa😭😭

28. Pengen banget nyobain gelato itu, tapi setiap ke jogja selalu ga sempet:(

Balasan
    1. Sekarang makin banyak cabangnya jadi mending cari yang terdekat biar sempet :))

Hapus
  29. Tetiba langsung ceklist in mana aja yg belom ak kunjungin terutama situs warungboto ya ampun terlewatkan olehku. Mantep ya teh Nes kalo liburan k Jogja,daku tak pernah bosan hehe

Balasan
    1. Iya buruan ke sana, udah makin rame lho sekarang :))

Hapus
  30. Suka main ke Jogja, tapi ku belum sempat ke pasar beringharjo, next deh kalau kesana lagi, sekalian ke Situs Warungboto.

1. Ayo mba jangan dilewatkan pasar beringharjo sama situs warungboto

Hapus
  31. Aku sering banget ke JOgja tapi belum pernah ke WArung Boto dan Kedai Kopi Forum. Pengen foto-foto cantik deh di kedua tempat itu. Kalo Tempo Gelato sih sering, tiap ke Jogja pasti nyempetin mampir karena enak gelatonya

BalasHapus
  32. Mupeng semua udah lama euy aku ga ke Yogya, pengennya sih jalan-jalan sama keluarga :)

33. Siap dicontek nih itinerary-nya. Kadang suka bingung klo ke Jogja mau kemana aja. Malah akhirnya cuma nongkrong di cafe ga kemana-mana. Ternyata masih banyak banget temoat bagus yang belum pernah aku kunjungi.

34. Pasar Beringharjo doooonk. Andalan sejati

Balasan
    1. Tapi pas ke situ sih aku lebih ngincer makan satenya dari pada beli batik hahaha

Hapus
  35. wah aku belum pernah ke situ warungboto nih, bakalan jadi tempat yang bakalan aku datengin kalau kesini nanti

BalasHapus
  36. Yg warungboto baru tau. Kayak tamansari ya sekilas mah, cuma ga ada air aja heuheu

37. akutuh belum pernah ke Taman Sari loh, padaha beberapa kali ke yogya hahhaha.. mamaci anak gadis sholehah buat itinerary wisata yogyakartanya

Balasan
    1. Teh, padahal aku ga bahas Taman Sari loh di sini :))))
      Semoga bisa segera ke Jogja yaah

Hapus
  38. Asik euy kerja nya bisa sambil halan halan. Hehehe.

Nah kan, jogja emang vanas kan? Kata orang jogja segitu mah ga panas cenah 😂

Oh itu situs warungboto ya, kirain aku tamansari loh, hahaha. Lucu tempat nya vintage gitu ya

Balasan
    1. Kalo orang Bandung ke Jogja mah pasti kepanasan da biasa dingin atuh teh ahahah

Lucu tempatnya serius, dan masih gratis. Buruan ke sana teh :))

Hapus
  39. Baca tulisan ini, aku sadar masih banyak tempat wisata di Yogya yang belum aku datangi. Padahal udah lima kali ke Yogya. Hihii. Makasih iternarynya mbaa :)

BalasHapus
  40. Adeuuuh, ngiler deh sama Gelatonya. Kenyang kayaknya satu cone juga. Minta gelatonya aja yang banyak. Sluuuurp :)))

1. Emang nggak boleh dilewatin teh ke Tempo Gelato mah

Hapus
  41. Tempo Gelatto ini semacam kunjungan wajib kalau ke Jogjakarta ya, karena sayapun demikian kalau kesana pasti wajib banget. Sama satu lagi kalau buat saya itu Warung Bu Ageng.

1. Wah jadi penasaran juga mba sama Warung Bu Ageng

Hapus
  42. Pas naik bianglala donya gimana, Nes?
    ((ketemu jodo...gitu?))
    hehehe...maap, maap, Nes...ngisengin kamu...kangen soalnya sama keceriaanmu, Nesa.

Balasan
    1. Menatap majalah Hai tuuh...pasti bikin kamu mikir "Ini siapaa..?"
      Hahha...secara itu majalah bukan era kamu banget kan, shaay...

Suka banget sama foto Nessa yang cotton candy sky.
      Jadi inget sama adek Suho.

2. Hahahaha, dek Suho cocok berarti ya sama aku? Eaaa
      Tapi sumpah aku naik bianglala deg-degan hayoo.. deg-degan kali aja bisa lihat jodohku dari atas :)))

43. Jalan-jalan di Yogyakarta rasanya gak akan bisa satu hari, ya..
    Banyak sekali tempat wisata dan kuliner enak yang bisa kita kunjungi.

1. Versi aku mah kayaknya 2 minggu cukup teh hahaha

Hapus
  44. Wah, meskipun orang Jogja saya ada yang belum pernah mengunjunginya lho... Bahkan baru pertama kali dengar... Yaitu hayati coffee... Saking banyaknya tempat ngopi di Jogja. Besok mau ah nyoba... Tfs mb...

Balasan
    1. Waah ayo manfaatkan selagi tinggal di sana mba. Iyes itu Hayati hits banget :))

Hapus
  45. Duh jd kangen Yogya. Kalau k Pasar Beringharjo wajib hukumnya. Sedangkan makanan lbh suka nyari yg tradisional hehe.
    Wah aku blm pernah nih ke Warungboto mbak, udah tua sekali ya bangunannya mirip2 sumur yang di belakang Taman sari. oga2 bisa balik Yogya tahun ini...

Balasan
    1. Mirip tapi nggak terlalu besar kayak Tamansari. Dan masih gratis :))

Hapus
  46. Kedai Kebun Forum sungguh menarik hati. Itu di komplek perumahan atau gimana ya?
    Selama di Yogya malah aku cuma main ke Taman Pintar soalnya bawa anak. Ga tahu ada Edupark dengan bianglala tinggi-tinggi sekali.

Balasan
    1. Iya di komplek perumahan gitu si Kedai Kebun, nggak terlalu bising juga tempatnya mba. Jadi nyaman.

Hapus
  47. Huwaa rugi deh Mbak baru segitu, next ditunggu lagi liburan ke Jogja-nya yaa 😄😄

Balasan
    1. Iyaa, maklumlah ya buruh korporate mah harus pengajuan cuti dulu baru bisa liburan

Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!