[REVIEW] Indonesian Fashion Blogger Gathering Bersama Ethica

01.52.00

Bandung, Sabtu 17 September 2016
 
Semalam, hujan mengguyur kota Bandung hingga dini hari. Hujannya awet bener deh, sampai bikin saya males gerak untuk keluar rumah. Tapi ketika saya ingat kalau harus menghadiri event  Blogger di salah satu kedai ngehits di Kota ini, saya langsung beranjak mandi dan mempersiapkan segalanya demi nampak kece hari ini. Gimana nggak ingin tampil kece disana, karena saya akan menghadiri acara Indonesian Fashion Blogger Gathering yang diselenggarakan oleh brand fashion muslimah kenamaan Ethica gitu loh. Bisa bayangin dong acaranya akan seperti apa? Pasti seru banget deh.

Goodie Bag Ethica : Fashion and Friends
Kebetulan saya adalah hari itu datang sendiri dan sudah janjian bertemu dengan teman-teman komunitas dari KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger) yang belum pernah saya temui sebelumnya. Saya sebetulnya newbie, asli belum kenal siapa-siapa disana. Ah saya suka sekali escape begini. Saya bertekad untuk mendapatkan teman baru sebanyak-banyaknya.   

Ex Banner Ethica di depan Venue

Bersama dengan teman-teman | pic by : raisahakim
Saya sampai di venue yang tak lain adalah IN and OUT Eatery Bandung sekitar pukul 9 pagi. Setelah registrasi, saya pun berkumpul dengan teman-teman komunitas saya di meja sayap kanan depan. Ihiy!

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, penyelenggara acara ini adalah Ethica, sebuah brand fashion muslimah kenamaan di Kota Bandung. Dengan mengusung slogan Fashion and Friends, Ethica hadir untuk memenuhi Trend Fashion Muslim berbagai kalangan, mulai dari anak, remaja, dewasa dan keluarga. Ethica dulunya adalah Re-Branding dari Salsa Kids (2007), Salsa Clothing (2010) yang kemudian disempurnakan menjadi Ethica. Ethica merupakan toko online busana muslim besar yang menyediakan berbagai model bajumuslim terbaru.

Perkenalan dengan perwakilan-perwakilan Komunitas Blogger
Indonesian Fashion Blogger Gathering Bersama Ethica kali ini mengusung tema “Fashion Revolution in Digital World”. Acara dibuka dengan kehadiran dua orang MC yang masih unyu-unyu nan kondang di seantero Bandung raya, ada Deden Delicious dan Wildan Halwa yang mengemas acara menjadi semakin kocak. Acara ini dihadiri kurang lebih 50 orang blogger, termasuk saya salah satunya yang beruntung. Acara pertama dibuka dengan perkenalan dari beberapa perwakilan komunitas blogger yang hadir. Sempat bikin ngiri sih karena belum apa-apa, beberapa perwakilan ini langsung diberikan hadiah berupa scraf dengan cuma-cuma oleh Ethica. Oh yaa, saat acara berlangsung kami nggak hanya mendengarkan, tetapi juga mengikuti live tweet di twitter dan share foto moment gathering di instagram, yang nantinya diakhir acara juga akan ada hadiahnya. Duh.. mupeng banget rasanya kalo udah bagi-bagi hadiah gini..

Kemudian acara pun dilanjut dengan sambutan dari Bapak Asep Mulyadi yang adalah Owner dari Ethica. Bapak Asep menerangkan bahwa fashion itu bukan hanya untuk menutupi tubuh saja, fashion pun harus mempunyai suatu yang mempunyai nilai dan mendatangkan ketakwaan bagi pemakainya. Dengan adanya brand Ethica yang merupakan dari kata “Etika” ini, diharapkan kedepannya semua fashion harus beretika. Kemudian owner menjelaskan tentang posisi blogger dan fashion yang begitu erat kaitannya dengan strategi terhadap citra dan mempengaruhi peradaban bangsa. 

Sambutan Owner Ethica, Bapak Asep Mulyadi
Indonesia kedepannya akan menjadi pusat fashion yang punya nilai spiritual, ketika bicara fashion yang bernilai spiritual, pasar Indonesia yang benar-benar berpeluang karena memiliki produk-produk yang berkualitas. Pengembangan produk bukan hanya dari bisnis saja, lagi-lagi pak Asep menekankan peran blogger yang turut andil untuk mengembangkannya. Menurutnya, ketika seorang blogger menuliskan tentang bisnis online ini, maka tulisan beretika pun akan memperpanjang nilai hidup, sekaligus menjadi pengetuk pintu rahmat. Kata-kata owner Ethica ini begitu menyejukkan sekali. Selain menulis, kita juga bisa dapat pahala ya..

Ethica membuka kesempatan untuk peluang usaha menjadi agen dan reseller. Saat ini sudah ada 124 agen besar dan reseller yang sudah tersebar di seluruh Indonesia. Banyak brand yang sudah dikembangkan oleh Ethica, Ethica memfokuskan fashion muslim untuk kalangan remaja dan dewasa. Jangan salah lho ya, semua material brand Ethica ini berkualitas, no abal-abal, dan selalu up-to-date di tiap tahunnya. Beberapa kategori busana dari Ethica seperti Kagumi dan Ohya series bisa menjadi pilihan untuk berbagai gaya. Dan kerennya lagi saat ini Ethica sudah mempersiapkan berbagai pilihan busana untuk trend fashion muslim 2017 nanti.

Sambutan dari owner selesai, acara dilanjutkan dengan intermezzo, para MC bertanya siapa saja yang hari itu memakai cincin lebih dari satu cincin, dia akan mendapatkan hadiah. Semua orang pun memeriksa kedua tangan masing-masing secara serentak. Satu hadiah scraf cantik pun meluncur ditangan teman satu komunitas saya dengan perolehan cincin terbanyak dijarinya. Tau gitu saya pakai cincin banyak-banyak deh sebelum pergi, walaupun imitasi sih.. hahaha!

Acara berlanjut kembali dan kali ini ada narasumber pertama yang akan memberikan materi, ada Mas Teuku Ikhsan Syaban atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jhon Beben Patrol Jr, yang merupakan perwakilan dari Marketing Manger Ethica. Adapun materi yang dibahas adalah mengenai Digital Winning Bisnis
Narasumber pertama Mas Beben, Marketing Manager Ethica
Era digital saat ini adalah era dimana manusia menjadi lebih dimanjakan dengan teknologi. Dan saat ini dunia sedang mengalami transformasi era, dimana harus disikapi dengan cara yang bijak. Banyak cara yang dapat digunakan sebetulnya, tentunya harus positif agar bisa bermanfaat, mengingat bahwa lebih dari separuh penduduk Indonesia adalah pengguna aktif internet dan paham mengenai fashion.

Kemudian Mas Beben menjelaskan tentang beberapa perubahan era yang mempengaruhi dunia bisnis, diantaranya; agraris, konsep, informasi, industri dan Online / Afiliasi. Lalu ada pula ZMOT (Zero Moment Of Truth) yang merupakan hal utama yang mempengaruhi era digital masa kini. Dan era digital inilah yang akan terus menerus merubah peradaban bangsa. Jadi intinya dengan berbisnis fashion ini kita sudah manfaatkan era digital yang sedang berkembang-kembangnya. 

Tak lama setelah materi dari marketing Ethica berakhir, acara berlangsung riuh dengan games seru yang diadakan oleh MC. MC meminta kami semua maju untuk mendapatkan hadiah. Nggak mikir panjang deh saya langsung maju #bancihadiah , kami didepan yang kira-kira ada 10 orang itu main games hitungan dengan rules tiap kelipatan 3 dan 5 diganti menjadi ‘eo’ dan ‘uu’, dan tau nggak ajaibnya saya menjadi satu-satunya peserta yang bertahan dan memenangkan games. Yang paling asyik adalah ketika panitia bilang saya boleh pilih hadiah sesuka hati saya. Yauwis saya ambil yang bentuknya besar aja.. Hahaha.. 

Alhamdulillah *sujud syukur*

Acara berlanjut, kali ini akan diisi dengan narasumber ‘guest star’ yang dihadirkan. Ada Rimma Bawazier yang merupakan Fashion Designer Muslimah sekaligus Model yang akan memberikan materi mengenai perkembangan hijab saat ini. Saya sih udah nggak asing sama Kak Rimma ini, pemilik salah satu brand busana muslimah Indonesia ini sebelumnya sempat saya temui di perusahaan tempat saya bekerja dulu. Design-design baju yang Ia rancang udah nggak perlu diragukan lagi mengingat jam terbang Rimma sudah cukup lama didunia fashion. Nggak salah dong kalau akhirnya Ia pun diundang untuk mengadakan pameran busana muslim bersama designer-designer Indonesia ternama lainnya di New York bulan Agustus kemarin. Keren yaa..
Para MC dan Rimma Bawazier
Rimma bercerita bagaimana awalnya Ia memulai kariernya, dimulai menjadi model lalu  mencoba menjadi designer muslim sampai akhirnya menjadi seperti sekarang ini. Ia pun mengatakan bahwa Indonesia berpotensi menjadi kiblat fashion muslim dunia karena banyak sekali designer Indonesia yang kreatif. Percaya atau tidak, busana muslim Indonesia adalah yang paling bisa diterima oleh muslimah dunia. Orang-orang Amerika sebetulnya lebih menyukai design yang simple and ready to wear, makanya mereka sangat mengapresiasi karya-karya designer Indonesia. Tak heran booth Indonesia sewaktu di New York kemarin di serbu oleh warga Amerika yang penasaran.
Sesi Tanya-Jawab bersama Rimma Bawazier
Menurut Rimma yang juga merupakan salah satu pendiri Hijabers Community ini, bahwa trend hijab saat ini adalah hijab syari yang modis. Berbagai kreasi hijab yang sudah berkembang ditiap tahun ke tahunnya pun merupakan bukti bahwa hijab sudah bisa menjadi trendi. Kemudian Rimma pun memberikan beberapa tips mix and match berhijab untuk kami semua. Baginya hal yang terpenting dalam berbusana muslim adalah percaya diri. Ketika sudah percaya diri kita pun akan nyaman memakai busana yang dikenakan tanpa harus khawatir salah kostum. Dan yang paling saya senang dari Rimma pada saat Ia mengatakan bahwa baginya tidak ada saingan dalam bisnis busana muslim ini, semua sama-sama sedang mencari berkah di jalan Allah dan Ia menganggap semua adalah sahabatnya. Kak Rimma ini orangnya positif banget deh..

Yeay bagi-bagi hadiah!
Sudah terkesima dengan semua cerita pengalaman dari Rimma Bawazier tadi, bagi-bagi hadiah pun berlangsung kembali. Kali ini ada undian door prize yang masing-masing nomornya sudah dibagikan saat registrasi. Sayang kali ini saya kurang beruntung. Tapi turut senang karena hampir semua teman-teman dari komunitas saya dapat hadiah. Yeaay!

Mbak Rere memberikan ucapan terimakasih kepada seluruh blogger yang hadir
Sebelum acara usai, Mbak Rere selaku PR & Marketing Communications dari Ethica mengungkapkan kesan-kesannya pada acara yang diselenggarakan ini. Mbak Rere mengucapkan banyak terima kasih pada kami semua yang sudah hadir dalam acara Indonesian Fashion Blogger Gathering Bersama Ethica ini. Ia pun berharap nantinya acara ini akan terus berkelanjutan, kalau bisa pun sesering mungkin. Karena blogger saat ini sangat punya pengaruh besar dalam dunia bisnis online.

Done.. Gathering pun berakhir. Tapi kami masih punya voucher lunch senilai 50 ribu rupiah dari Ethica lho.. sebelum kami pulang ke rumah masing-masing, kami ramah tamah dulu sambil makan siang. Kesempatan sekali bagi saya yang masih anak bawang ini untuk bisa akrab sama saudara-saudara baru disini.
Part of Indonesian Fashion Blogger Gathering with Ethica
Thankyou Ethica for having me. Sukses selalu untuk bisnisnya, semoga makin banyak disukai, makin banyak agennya, dan membawa berkah untuk semuanya. Dan.. semoga saya diberi kesempatan untuk silaturahmi lagi dengan Ethica nantinya ya.
Untuk yang ingin belanja, tertarik menjadi agen, dan info lainnya tentang Ethica dapat menghubungi :

Facebook : /EthicaOfficial
Instagram : @ethica.id
BBM : 5B0BFCEE
Line : cs_ecthica
Whats App : 087821470838
Email : customer@ethicafashion.com



Cheers,

Nesa


You Might Also Like

24 komentar

  1. Eleh eta naon mba? hadiah gedenya ko ga diceritain hahaha...
    Acaranya seru sayang banget aku ga bisa datang semoga next bisa dan kenalan sama teteh2 keren dari KEBBdg ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran hadiahnya apa yaa teh hayoo hahaha
      Iya semoga nanti bisa kopdar yaa :D

      Hapus
  2. Isi hadiahnya apa nes? Wakakak kepo :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hadiahnya headphones superbass gede teh yang kalo dipake main games suaranya menggelegar seluruh Bandung :))

      Hapus
  3. Acara serruu dan serru...
    Heehe...seneng banget emak emak kl diajak beginian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya teh, ketagihan dong.. Semoga makin banyak acara serupa gini yaa hihi

      Hapus
  4. Tema yang diusung pas banget dengan era kekinian. Salut sama kegiatan ini. Semoga banyak menginspirasi muslimah untuk berhijab dengan lebih oke lagi.

    Oh iya, Mbak, mohon izin ya, baru saja sy follow blog ini, makasih yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas busana muslimah lagi berkembang pesat hehe..
      Wah iya sama2 terimakasih mas sudah follow dan mampir juga :D

      Hapus
  5. Senang bisa kopdar bareng Neisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga senang bisa kopdar sama Teh Tian.. Nanti kopdar lagi kita ya teh :D

      Hapus
  6. Balasan
    1. Aku sih kapan aja bisa, jeng nya aja tuh yang sibuk mah hahaha

      Hapus
  7. Aaaak salah tulis... *buat komen baru*

    Neisia, akhirnya kemarin bisa kenalan langsung ya, walaupun nggak sempet ngobrol-ngobrol.
    Acaranya seru juga ya ternyata, mbak Rimma cantik banget aslinya *_*

    swingingpadma.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh haloo ini teh Sekar yaa .. Iyaa nanti kopdar seru selanjutnya kita ngobrol-ngobrol ya teh hehe
      Seru dong, moga nanti ada lagi :D

      Hapus
  8. Halo salam kenal Neisa..
    Kemaren ketemu langsung yaa di acara Ethica, senengnyaa!!

    Aku suka pake scraft ohya yang kemaren dapet, pasmina panjang, gampang di lilit2 plus enak di bentuk bahannya eeaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai teh nchie, aku juga seneng bisa ketemu teteh yang ngehits sebandung raya ini.. Hihi

      Beruntungnya dapat scraf dari Ohya .. Kemarin aku dapet hadiahnya yang lain sih hahaha #iri

      Hapus
  9. Hwahh... beruntung skali bisa ikutan gathering IFB mbak, aplagi sma brand Ethica :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mbak dikasih kesempatan sama Ethica utk ikutan. Semoga nanti Ethica adain juga dikota mbak yaa.. Aamiin

      Hapus
  10. Sampai ketememu dievent selanjutnya nesaaaa :* :*
    Dunia sempit yaaa, hihihihi. Tetiba ketemu di komunitas, hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii bodor ya..
      Sampai ketemu lagi teh Amy :*

      Hapus
  11. Seneng banget ya kalo bisa ketemu temen di event gitu :D hehe

    BalasHapus
  12. Hihi seru banget ya next time pengen nih ikutan gathering hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. PEngen dong di ajak kalau mau ikutan hehe

      Hapus
    2. AJak ajak ren kalo ada yang ngajak :D

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe