3 Rekomendasi Money Games Seru Untuk Melepas Stres

Agustus 03, 2023

Larasatinesa.com - Sejak kecil sampai dengan saat ini, saya nggak pernah bisa lepas dari main game. Apa lagi dulu saya sekolahnya di SMK jurusan komputer yang familiar banget sama dunia game ini. Suntuk belajar dikit, pelariannya pasti pacaran main game. Bahkan waktu itu saya bisa sampai saling bertukar game sama teman-teman saya lho. 

Kebiasaan itu juga masih saya lakukan sampai sekarang. Ketika saya lagi jenuh sama pekerjaan yang kebanyakan dilakukan di rumah, pasti ujungnya main game lagi untuk hiburan sekaligus melepas penat. Dan entah kenapa ya, tiap habis main game pikiran jadi berasa re-charge, terus tiba-tiba bikin semangat kerja lagi. Padahal kan main game juga pakai mikir ye. Wkwk. 

source image: unsplash | edited: canva

Terus kalau ditanya game apa yang saya sukai, sebenarnya sederhana aja sih. Saya suka game yang gampang dipahami, tingkat kesulitannya nggak sulit-sulit banget tapi juga nggak mudah-mudah banget, visual-nya menarik, butuh konsentrasi tinggi dan kalau game online yang  bebas akses nggak keganggu sama iklan pastinya. 

MONMAAP, ITU SEDERHANANYA DARI MANA MBAK? 🤣

Dan ternyata ada lho situs penyedia game online gratis yang punya banyak koleksi money games seru yang kriterianya persis seperti yang saya sukai di atas, yaitu mortgagecalculator.org 



Jujur aja pas lihat tampilan situsnya udah langsung mikir berat, saking seriusnya bahas soal keuangan di sana. Tapi ternyata, mereka juga punya simulator game keuangan yang seru-seru banget. Cocok nih buat kamu yang lagi mau ajarin anak-anaknya soal literasi keuangan. 

Untuk permainan yang disediakan di sini banyak banget. Untuk memudahkan, tiap game dibagi menjadi beberapa kategori, di antaranya:

  • Real Estate - Build, Protect, Clean, Or Destroy
  • Money Games - Counting Money & Making Change
  • Cryptocurrency & Financial Speculation Games
  • Farming Simulation Games
  • Grocery Store Games
  • Non-Food Businesses Simulation Games
  • Software Development & Online Businesses
  • Office Politics - Office Fights, Save The Boss & Endless Runner
  • Environmental Games
  • Other Fun Games

Kebayang dong ada banyak banget games yang ada di situs ini. Nggak cuma itu, mereka juga secara rutin update game-game baru demi menjaga situs berkembang dan fresh. Untuk tahu ada game yang baru masuk, bisa cek di halaman utama situsnya ya.

Nah, biar nggak bingung mau main yang mana dulu, berikut ini ada 3 rekomendasi money games favorit saya yang bisa kamu mainkan:

1. Cashier Simulator

Untuk game Cashier Simulator ini fokusnya adalah mengoperasikan mesin kasir di toko kelontong. Kamu diminta untuk menghitung harga item yang dibeli pelanggan dengan mesin tersebut. Setelah mendapatkan total tagihan, si pelanggan nanti akan membayar dengan uang cash atau pun kartu kredit. Jika pelanggan membayar dengan cash, kamu harus memberikan uang kembalian dari mesin kasir. 





Permainan ini kelihatannya mudah kan? Tapi tentu aja dibutuhkan konsentrasi tinggi buat menghitung harga barang yang dibeli, ditambah mata uang yang dipakai adalah dollar yang nggak familiar buat kita. Hahaha, di sinilah letak keseruannya. Untuk mencapai finish, kamu harus melewati 160 tahapan dulu.


2. Tap Supermarket

Tadinya saya pikir Tap Supermarket ini hampir mirip sama Cashier Simulator karena tempatnya di supermarket juga, tapi ternyata beda, guys!



Tap Supermarket adalah game simulasi toko kelontong di mana kamu mengelola persediaan toko kelontong, memeriksa pelanggan, dan menggunakan keuntungan penjualan untuk memperluas produk-produk toko kamu. Jadi kalau ada item yang display-nya kosong, kamu harus klik lingkaran hijau untuk mengisinya kembali. Begitu juga ketika palet pengiriman di gudang stok  kosong, langsung klik aja lingkaran hijau untuk mengisi ulang. 

Game ini tuh jalannya cepat banget, pelanggannya berdatangan terus dan susah untuk di-skip. Mata harus benar-benar jeli lihat keadaan toko yang chaos, termasuk memeriksa pelanggan yang berdiri di antrean kasir dengan mengklik garis kasir untuk membayar. Kalau penghasilannya udah banyak, kamu bisa membeli properti baru seperti rak pajangan untuk memperluas inventaris tokonya. 


3. Cooking Mahjong

Kayaknya ada yang kurang deh kalau situs game online nggak punya permainan tema mahjong.  For your information, saya itu addict banget sama games mahjong. Mau yang versi klasik atau yang udah kekinian saya benar-benar suka sekali. Saya nggak nyangka nih kalau Cooking Mahjong masuk jadi salah satu list di money games situs ini. 



Jadi, Cooking Mahjong ini adalah game menyusun resep yang terinspirasi dari game Mahjong Solitaire. Agak berbeda dari permainan mahjong pada umumnya, kalau yang ini peraturannya kamu harus memilih lebih dari 2 batu untuk menyatukan bahan-bahan dari resep yang harus kamu bisa di bagian atas layarnya. Terlihat gampang, tapi tetap harus teliti sambil mengejar waktu. Permainan ini terdiri dari 25 level dan kamu harus selesaikan semua resep sebelum waktunya habis. 


***


Sebetulnya, masih banyak games lain yang jadi favorit saya di sana. Tapi biar lebih afdol kayaknya kamu harus langsung coba sendiri deh. Untuk mengakses semua game di atas dan yang lainnya  kamu bisa langsung cek: mortgagecalculator.org/money-games/ ya!

Nah, kalau kalian game favorit-nya apa nih? Share yuk di kolom komentar!


Cheers,

Nesa

You Might Also Like

22 comments

  1. Inget money game aku langsung kebayang Monopoli Nes🤣🤣🤣. Ku penasaran sama office game sampe ada intrik poolitiknya segala

    BalasHapus
  2. Cukup menarik ya beragam games yg ada di mortgage calculator. Bermacam permainan berhitung yg memberikan edukasi dgn cara menyenangkan perihal finansial khususnya bagi anak

    BalasHapus
  3. Lumayan asik asik ya games nya kayanya bisa aku jadikan rekomendasi ke anak-anak nih. Tapi ini suka muncul iklan gitu gak mbak games nya?

    BalasHapus
  4. Suka deh dengan games yang kayak gitu. Walopun bohong-bohongan tapi ini bikin kita belajar untuk ngatur keuangan ya. Anak-anakku juga suka. Dulu sering main jadi pemiliki kafe. Mereka jadi bisa ngatur mesti beli-beli mana yang perlu dan tidak. Bagus buat anak-anak. Mengedukasi cara mengelola keuangan.

    BalasHapus
  5. Suka deh dengan games yang kayak gitu. Walopun bohong-bohongan tapi ini bikin kita belajar untuk ngatur keuangan ya. Anak-anakku juga suka. Dulu sering main jadi pemiliki kafe. Mereka jadi bisa ngatur mesti beli-beli mana yang perlu dan tidak. Bagus buat anak-anak. Mengedukasi cara mengelola keuangan.

    BalasHapus
  6. Duh aku juga sukaaaa. Nggak punya pacar akutuh Nes duluu 😅 jadi ngegames udah paling bener.
    Seru ya ini money gamesnya buat refresh bentar dari duniawi

    BalasHapus
  7. Ini game yang aku suka nih, ngak perlu pusing ngabisin memori HP dan ada nilai edukasinya serta bisa dimainkan dari semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, juga cocok untuk meningkatkan literasi keuangan anak.

    BalasHapus
  8. Money game itu seru ya. Saya penasaran dengan cooking mahyong. Selain pengen bisa mahyong, juga pengen ngilangin stress nih...

    BalasHapus
  9. Nah sama banget Nes, akupun klo main game maunya yang sederhana, simpel, gak bikin pening, tapi tampilannya tetep lucu, trus yang seru dan pingin dimainan lagi dan lagi, kalau bisa ada unsur edukasinya jugaa, pas banget kaya money game yg direkomendasikan nih. buat anak2 juga aman kayaknya ya

    BalasHapus
  10. Tap Supermarket dan Cooking Mahjong yang paling menarik perhatianku dan tergugah untuk mencobanya juga nih

    BalasHapus
  11. Aku ga pernah main games, lebih suka main ke alam hihihii. Tapi adekku yang suka main games anteng, tak rekomenin ahh games2 diatas biar tambah variatif. kan lumayan juga buat menghibur tatkala penat dateng. Bagi mereka yang suka ngegames pasti happy pisan.

    BalasHapus
  12. Rekomendasi games di mortgagecalculator dari Nesa banyakan tentang jadi pengusaha ya..
    Jadi belajar bertanggungjawab terhadap uang yang dihasilkan dan bagaimana cara menghabiskannya secara tepat.

    Gemeecc banget sama visualnya yang cimit-cimit.

    BalasHapus
  13. Boleh juga nih rekomendasi game nya apalagi game soal uang kan asik tuh menang gak menang tetap happy

    BalasHapus
  14. Aku main game di sini juga, hoho... Eh yang cashier simulator itu puyeng karena pakai sen. Jadinya aku sebentar aja mainnya. Hahaha... Ga mau ribet.
    Pilihan gamenya buanyaaak jadi bisa gonta ganti cari mana yang menarik.

    BalasHapus
  15. Cooking Mahjong kayanya aku paling familiar. Lumayan sering main Mahjong versi lain sih. Ntar kapan-kapan coba yang ini buat seru-seruan

    BalasHapus
  16. Aku juga lumayan sering main money games mbak ahahaha...seru aja gitu rasanya apalagi kalo jadi kasir,berasa banget jadi kasir beneran. Anakku juga sesekali main gara-gara lihat ibunya main games

    BalasHapus
  17. Auto nyoba nih semuanya, jujur saya bukan termasuk yang suka main games hehe. MAkasih Nesa sharingnya yah, saya langsung ingin main nih haha

    BalasHapus
  18. Ini game cukup seru juga nih apalagi menyusun menu favorit emak emak juga nih banyak game serupa tapi menurutku ini yang paling unik

    BalasHapus
  19. Aku juga penggemar mahjong, Nes. Yang ini unik deh, ga cuma klik 2 batu yang sama yaaa.. gabungan antara klasik mahjong dengan game masak2. Mau aahh nyobain. Ga punya anak kecil lagi yang diajak nge-game, ya udah cobain sendiri aja hehehee...

    BalasHapus
  20. Sambil main game sambil belajar keuangan ya, boleh dicoba nih buat anak-anak

    BalasHapus
  21. Kayaknya game2 sekarang bukannya bikin seneng malah bikin stress,... lebih nyaman game PC jadul dulu kayaknya.

    BalasHapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe