Work From Bali: First Impression & Culture Shock Tinggal di Bali

September 23, 2022

Larasatinesa.com - Hai, apa kabar? Udah lama banget nih saya nggak curhat di sini. Bukan karena sengaja belum ada lagi job nulis blog sih, tapi kemarin banyak sekali yang harus saya lakukan dan bereskan. Padahal ini cerita udah lama banget ingin saya tulis, beberapa teman juga bilang ingin tahu experience apa yang saya dapatkan selama saya Work From Bali (WFB) kemarin. Jadi, inilah saatnya!😆

FYI, saya WFB dari Feb-Apr 2022, jadi saat menulis ini, saya udah balik lagi ke Bandung ya. 

Bingin Beach, Uluwatu, Bali Indonesia

Why Work From Bali?

Simpel aja ini alasannya, karena seumur saya hidup belum pernah menginjakkan kaki di Bali. Haha! Sekalinya ke Bali langsung 2 bulan. 😂

Terus saya juga di Bali mau healing. Ini bukan healing ala anak-anak gen-z yang pergi ke tempat wisata hits gitu ya. Definisi healing saya ini beneran ingin merasakan tenang jiwa dan pikiran dari burn out-nya saya selama 2 tahun menghadapi pandemi. 

Saya merasa, ini saat yang tepat untuk bertanya kembali sama diri sendiri tentang apa yang benar-benar saya inginkan ke depannya. 


First Impression About Bali

*Disclaimer dulu ya, jadi apa yang saya tulis di bawah ini merupakan sudut pandang saya sebagai pendatang yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Bali. Kurang dan lebihnya harap dimaklum. 

***

Saya pertama kali sampai di Bali dengan perasaan antara takjub dan masih ribet urusan kerjaan (karena saya baru cuti besok harinya). Habis landing, saya langsung cari tempat untuk weekly meeting karena hari itu memang jadwalnya. Untungnya Bali 1 jam lebih awal dari Bandung, sehingga saya ada waktu untuk sekadar tarik napas, duduk di tempat nyaman dan pesan minuman segar. Pilihan saya waktu itu Starbucks yang ada di pintu kedatangan domestik. Bukan karena sok-sok-an ini mah ya, saat itu saya cari yang terdekat, ternyaman dan biar gampang di notice orang aja. Karena saya juga sembari menunggu kedatangan sepupu saya yang hari itu juga berangkat dari Medan menuju Bali. Buat yang tahu saya nggak suka kopi, tenang aja di sini saya pesan menu lain kok.🤣


Oh ya, Bali saat itu cuacanya agak gloomy sehabis hujan. Pesawat saya aja becek pas parkir kemarin. Walau cuacanya mendung, hawa di sini panas. Saya sempat foto juga tepat di tulisan berwarna merah "Bali Island of Paradise" yang iconic itu. Kurang afdol kayaknya kalau belum foto di situ, secara ini first time gitu loh! Kelar meeting dan melepas kangen sama sepupu, saya akhirnya pulang menuju indekos (punya sepupu) yang ada di sekitar Umalas - Kerobokan.

Saya datang ke Bali tepat beberapa hari berdekatan dengan Hari Raya Nyepi. Menurut teman yang orang Bali, mendung dan hujan baru akan berhenti setelah Nyepi nanti. 

***

Bali buat saya yang pendatang adalah salah satu tempat bersahaja. Warga lokal di sini masih menjunjung tinggi nilai adat istiadat dan budaya. Saya kagum sih akan hal ini. Di zaman yang udah modern gini, orang Bali masih pegang teguh identitasnya. Ini bisa jadi salah satu daya tariknya Bali di mata dunia. 

Ketara banget pas di sini toleransi perbedaannya tinggi. Lebih tepatnya, orang-orang di sini cuek alias nggak tertarik dengan urusan orang lain, apalagi urusan agama. Mereka ramah sama semua orang.  

Di sisi lain, Bali juga surganya orang untuk bersenang-senang. Entah kenapa malam hari di sini tuh rasanya panjang banget! Vibes Bali tuh bikin mager, bawaannya ingin leyeh-leyeh terus. That's why lah ya cocok jadi tempat liburan atau honeymoon yaa. 

"Culture shock selama di Bali ada nggak, Nes?" 

Banyak! Secara beda banget sama di Pulau Jawa, di antaranya:

1. Beberapa hari di Bali saya merasa waktu terasa begitu cepat. Tiba-tiba udah pagi, siang, sore, malam aja. Maklum anak WIB pindah ke WITA ya begini jadinya deh. 

2. Di sini panas banget sepanjang hari, saya bahkan bisa kuat mandi malam pakai air dingin (yang sebenarnya nggak dingin-dingin banget). Pernah juga sih hujan, tapi nggak sedingin di Bandung juga. Btw, airnya di sini rasanya asin. Kkk.

3. Jangan kaget kalau di sini banyak anjing liar. Orang-orang Bali sangat friendly sama binatang. Nggak heran banyak anjing liar yang badannya besar dan sehat karena banyak yang kasih makan. Kamu pasti pernah lihat konten-konten yang berseliweran di social media orang Bali naik motor bawa anjing banyak? Itu tuh nyata, anjingnya di sini pada pintar + gemesin. Yaa.. walau ada aja yang galak mah tiba-tiba menghadang depan motor terus ngejar. Sampai saya sering menemukan selebaran anjing hilang yang pemiliknya bisa kasih reward sampai jutaan rupiah kalau si anjingnya ketemu. Benar-benar sesayang itu mereka.  

Kayaknya, saya hampir nggak pernah lihat kucing di sini. 

Anjing salah satu teman di sana, mau nyebutin namanya yang kearifan lokal sekali tapi rasanya nggak tega takut menyinggung. 😂

4. Orang-orang di sini bisa sebebas mungkin mengekspresikan dirinya. Malah saya merasa para pendatanglah yang terlihat lebih banyak gaya dibanding warga lokalnya sendiri. Sepertinya, Bali jadi tempat oknum-oknum tersebut buat menemukan jati dirinya. Tapi ada beberapa part waktu saya di Bali menemukan orang-orang lokal dari luar Bali yang pamer kekayaan di sini. Mereka ingin terlihat mencolok di antara yang lain. Sorry to say, antara malu lihatnya sama norak aja sih, kayak kurang cocok aja buat menyombongkan itu di sini. 

Anehnya, dari lihat gaya-gaya orang yang 'flexing' ini, saya udah bisa nebak mereka dari kota mana aja. Hahaha!

5. Bule-bule di Bali suka sekali bawa motor N-Max, mau dia laki-laki atau perempuan. Sampai saya lihat di forum Bali Jobs, Canggu Community pun banyak yang cari motor tersebut untuk tamunya yang mau datang. Karena mereka butuh kendaraan yang juga pas buat postur  badannya.  

Ternyata kata sepupu saya yang udah bertahun-tahun tinggal di Bali, bule-bule yang ke sini tuh merasa senang banget bisa naik motor dengan bebas. Karena di negaranya mereka nggak bisa kayak begitu. Mereka bisa dengan nekat sewa motor bahkan di hari pertama datang padahal belum bisa bawanya lho. Mentalnya beda sih ya. 

Saya bahkan pernah lihat bule couple naik motor tapi tangan yang nyetirnya masih gemetaran. Yakin banget dia baru mulai belajar hari itu. Hahaha antara kasihan sama ingin nyemangatin!

Dan bagian yang menyenangkan adalah tiap pergi keluar pemandangan jalannya enak banget lihat bule lalu lalang pakai motor. Berasa bukan di Indo nggak sih? Etapi mereka itu nggak suka pakai helm sama masker. Wkwk.

6. Cuma di Bali, lihat artis atau orang terkenal lainnya biasa aja. Saya kemarin ada ke salah satu beach club di Seminyak (sebut saja Desa Potato Head 😅) dan menemukan beberapa artis dan TikTok-ers yang di socmed-nya udah famous banget, tapi ketika di sini mereka tak ada bedanya dengan kita yang hanya manusia biasa. Yang lucu, di antara beberapa artis tersebut ada yang star syndrome, ingin banget di notice orang-orang kalau dia artis. Saya sampai ingat dia ngomong apa untuk bikin orang-orang di sana pada ngeuh sama keberadaannya. Hahaha. Tapi pada kenyataannya, lebih banyak yang nggak peduli sih. 😂

Jadi, mending biasa aja seperti orang-orang normal pada umumnya. Yang benar-benar artis rasanya nggak ada yang kayak gitu deh, pasti fans-nya yang bakalan nyamperin duluan. Hihi.

7. Lumayan sering dengar cerita kalau banyak bule yang jatuh di jalanan pintas Canggu yang terkenal itu, jalanannya kecil hanya cukup 1 mobil dan kanan kirinya sawah. Sepupu saya bilang, jalanan ini udah di aspal bagus berkat kumpulan biaya orang-orang sana karena memang selalu meresahkan bule-bule yang 'nyungsep' jatuh ke sawah. 

Tell me you're in Canggu without telling me.. 

Nah, suatu hari pas saya lewat sini, jalanan tuh macet banyak motor yang antri. saya habis pulang kerja dari cafe sama sepupu saya yang pasti kita di situ lagi ceritain soal banyak yang jatuh. Depan saya ada bule cowok sendirian pakai N-Max. Posisinya lagi diam tuh semua jalan dikit-dikit, pas lagi ngerem itu motor bule yang di depan tiba-tiba jatuh kayak tisoledad gitu bahasa sundanya. Orangnya jatuh tapi untungnya nggak sampai lompat jauh ke sawah. Asli kita di situ shock. Kalau kita nggak ngerem udah dipastikan bakalan ikut jatuh. Di situ banyak yang nolongin si bule, dia nggak ada luka parah, cuma kelihatan dia awkward dan malu banget. Rasanya ingin qu antarkan dia pulang ke rumahnya sambil bilang: "MANA YANG SAKIT BANG, SINI W OBATIN..". Kkk. Eh, doi masih muda lho, mana ganteng lagi. Oke, yang ini too much information. 🤣

8. Selama di Bali kemarin rambut saya rontok parah dong! Entah karena cuacanya, airnya atau emang stres sama kerjaan 😂. Saya sampai takut botak lho. Saya sempat ganti sampo dan beli produk hair treatment rekomendasi teman. Tapi sampai saya pulang tetap masih rontok.  

9. Good news-nya, selama di Bali saya nggak pernah jerawatan. Bener-bener minim pakai skincare di sini. Jangan tanya kenapa, saya aja masih nggak paham. Alhamdulillah nggak sering-sering jajan skincare, karena beli online tuh ongkirnya mahal kalau dari Jakarta. Btw, kulit saya juga berubah warna jadi agak kecokelatan lho, tapi saya malah happy sama perubahan ini. Saya jarang dandan pula selama di sini. Karena nggak ada yang peduli juga. Wahaha!

10. Oh ya, buat yang mau menetap lama di Bali dan akan sering main ke pantai, kamu sebaiknya bawa / beli dulu sandal jepit yang proper. Saya kemarin beli sandal brand lokal Bali dan awet sampai sekarang. Saya bawa dia ke mana-mana selama di sana, bahkan ke cafe pun saya pakai. Memang sesantai itu #balilyfe tuh. Nggak ada yang bakalan ngelihatin penampilan kamu dari atas sampai bawah di sini mah.  

11. Cuma di Bali, jualan bensin eceran ditaruhnya di botol bekas Vodka. HAHAHAHAH!

12. Berhubung lidah saya ini Bandung banget yang mana di sini jajanan banyak jenisnya dan gampang ditemuin, tapi pas di Bali susah banget nyari jajanan yang cocok di lidah. Even makan bakso aja belum nemu yang pas. Saya sempat tuh nyoba sempol, cilok, batagor, tipat (ini sejenis kupat tahu kalau di Bandung) dan siomay sana tapi kurang maknyus juga. Karena emang di sini kan surganya healthy food, makanya jarang tuh nemu seblak, cimol, basreng, dan teman-teman micin lainnya. 

Satu-satunya jajanan sehat dan enak yang saya beli selama di sana wqwq

Btw, saya nggak sempat nyoba makanan-makanan terkenal turis di sini kayak nasi pedas, nasi tempong dll, karena tiap minggu saya sama sepupu belanja ke pasar buat masak sendiri di rumah. Sepupu saya hobi dan jago masak lho, apalagi masakan khas Medan. Sampai pernah suatu hari saya beli makanan sehat di aplikasi ojol, lalu besoknya dia re-cook makanan itu dan rasanya lebih enak hahaha! 

12. Bali itu banyak tempat sakral, jadi sebagai pendatang wajib banget untuk 'permisi' di mana pun berada mau apa pun keyakinan kita. Ini sih kayaknya nggak perlu dikasih tahu lagi ya, karena udah seharusnya kita saling menghargai dan menghormati kebudayaan orang lain. 

13. Di tempat tinggal saya Umalas - Kerobokan nggak ada terlihat angkutan umum kayak bus atau angkot gitu. Kalau di Denpasar sih ada katanya. Transportasinya kebanyakan pakai ojol atau sewa motor. CMIIW ya buat yang tinggal di Bali.

14. Parkir di minimarket nggak bayar karena kang parkirnya emang nggak ada yang tiba-tiba muncul pas mau pergi kayak di Bandung. 🤣


***

Ternyata lumayan panjang juga saya cerita. Hehe. Tinggal 2 bulan aja udah berasa nge-blend jadi warga lokal. Mungkin kalau lebih lama lagi saya bakalan menemukan banyak hal baru lagi. Jangan-jangan nanti saya jadi lancar ngomong logat Bali. Hahaha. 

Kalau ditanya, ingin balik lagi apa nggak. Ya pasti balik lagi lah. Masih banyak yang ingin saya lakuin, dan masih banyak juga tempat yang belum saya datangi. Saya malahan ingin punya rumah or vila di Bali suatu hari nanti, biar kalau liburan atau barangkali nanti pindah ke sana udah punya tempat tinggal sendiri. 😇

Masih banyak yang mau saya ceritain, soal apa aja kebiasaan-kebiasaan dan apa aja saya lakukan selama di Bali dipostingan berikutnya ya!


Cheers,

Nesa

You Might Also Like

32 comments

  1. Seketika kangen bali hahaha, Juli lalu ngerasain WFB aja enak banget padahal cuma beberapa hari aja and YES no more make up kecuali meeting online sama klien aja hahaha. Stay di Sanur dan merasa waktu jauh lebih lambat, semoga soon bisa kesana lagi atau bahkan pindah ke Bali ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum sempat ke Sanur, pengen deh lihat sunrise di sana sambil sepedaan. Soon aku wujudkan keinginanku ini.

      Hapus
  2. Berarti pas aku ke Bali awal Maret, kamu masih di Bali ya nes? Tau gitu ketemuan 😄..

    Eh air nya asin apa yg di daerah pantai aja kali Yaa? Soalnya aku kan stay di daerah atas, Krn cari lokasi dingin, dan airnya sih ga asin Yaa. Normal aja, malah dingin... Tapi aku nginep semalam di Sanur, cuma ga merhatiin airnya asin atau ga 🤣. Bisa jadi rambut rontok parah Krn air tadi kali Yaa..

    Dulu aku benci bali. Krn panas , walopun tau ada tempat sejuknya. Trus di tambah pas masih kerja di bank yg trakhir, outingnya itu selalu ke baliii, padahal dept lain pada ke NTT, NTB, Lombok, Medan, Makasar, kenapa laaaah dept ku always Bali 🤣🤣🤣🤣.terus Bali nya daerah pantai selaluuu, makin lah sebel.

    Tapi jadi suka Bali kayaknya sejak Maret kemarin wkwkwkwkwkw. Bisa jadi Krn Ama suami, dan lokasi yg kami eksplor yg atas semua 😄, makanya kepalaku ga mumet kena panas wkwkwkwk.

    Eh iya sih kalo soal makanan, aku kurang cocok kalo utk makanan daerah lain, kayak nasi Padang, siomay, bakso dll. Tapi kalo makanan khas Bali nya aku sukaaaa . Pengen banget ke Bali lagi, tapi ntr naik mobil nes, trus ajak anak2.mereka udh pengen ke waterbom Bali soalnya. Waterparknya seru...beda Ama yg JKT 🤣

    BalasHapus
  3. Seru amat cerita Work from Bali-nya, mbak Nesa :D Dua bulan di Bali rasanya sudah menyatu dengan masyarakatnya ya. Kebudayaan dan kulinernya nempel terus dong hehehe. Semoga suatu hari nanti mbak bisa tercapai cita2 punya rumah di Bali ya aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konon, bukan kita yang memilih Bali, tapi Bali yang memilih kita untuk stay di sana.

      Hapus
  4. Belum pernah ke Bali, sekalinya ke Bali 2 bulan. Mantap betul itu. Jadi punya pengalaman baru dan akhirnya ngerasain kebiasaan-kebiasaan di Bali ya Nesa. Kalo sampe punya cita pengen punya rumah di Bali, berarti udah rasa sukanya sama Bali udah dalam

    BalasHapus
  5. Wah seru banget bisa tinggal di Bali sampai 2 bulan sih Neees!
    Terus jadi-jadi siapa tuh artis yang kena star sindrom dan pengen banget di-notice ama kita2 tuh! Siapaaaa! spill atuhlah plis! *sobat ghibah yang sangat tertarik dengan berbagai gosip*

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHA! Kalau gosipan selalu menarik yaa.. Ada deh aku inget banget muka-mukanya :))

      Hapus
  6. Waaahhh aku jadi kangen bali kannn, duh pengen kesana. Banyak banget culture shock selama di Bali. Tapi jujur, hal yang paling aku senengin selama di Bali adalah, aku jadi apa adanya. Kayak gak pake makeup to much, baju apa aja gak ada yang komentarin.. duh, jadi pengen geret koper kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, di sana nggak ada yang ribet kita mau kayak gimana pun. Mungkin itu salah satu yang bikin aku betah.

      Hapus
  7. dan aku terakhir ke Bali itu kayaknya 2016 dah hahahah udah cukup lama juga ya ternyata belum kembali ke sana lagi. so, it's better work from Bali or from Bandung?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keduanya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing teh. Kalau Bali jauh lebih tenang tapi cemilan enaknya nggak sebanyak di Bandung hahahaha

      Hapus
  8. Nesaaaaa tak cariin kemana taunya emang lagi ga nulis nulis aja yaa!
    Bali is always lovely. Aku dulu ke Bali sampe bosen, eh giliran sekarang jadi kangen ga kesampaian juga! Beklah nanti ke Bali isekeluarga insya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk males aja sih nulisnya padahal foto dan video udah numpuk.

      Hapus
  9. Waw lama juugaa 2 bulan. Setelah itu gak kepikiran untuk menetap aja di Bali yaa? ahaha
    Aku juga road trip ke Bali hampir 2 minggu sama anak-anak tahun lalu. Itu sih rasanya masih pengen berlama-lama di Bali, 2 minggu masih kurang yaa, tapi teteup gak mau menetap sih, karena memang beda budaya banget.

    and iya, anjingnya ituuu gede-gede banget. di sana aku jadi belajar untuk gak panik kalau ada anjing. secara dari kecil sebetulnya takut banget sama anjing. selama di Bali mah, wah anjing mau gonggong-gonggong kenceng, asalkan kita santai aja jalannya mah dia juga gak ngejar. bener2 teori kalau tetap tenang, dia gak akan ngapa2in tuh ternyata bener.

    BalasHapus
  10. sama dong, di Tangerang juga kitu kayak Bandung, pas keluar baru deh abang parkirnya suka muncul :)) jadi work from Bali tinggal sama sepupu ya Nes. Aku nunggu foto kerja depan pantai tadi pas baca judulnya. Berarti down to earth ya penduduk aselinya, yg pendatang malah terlihat lebih gegayaan :D aku jg mau punya 1 aja rumah heheuu di sana tapi yg di daerah sunyinya #hadehbanyakminta

    BalasHapus
  11. Seruuuu bgt ceritanyaaaaa
    Aku dah lama ngga ke Bali euy

    Trakhir tahun 2008 masaaaaa
    Kapan2 mupeNg k Bali ama kluarga

    BalasHapus
  12. Molly pingin banget pergi ke bali. Tapi poin yg doggy itu agak bikin keder soalnya molly takut doggy hahaa.. -_-

    BalasHapus
  13. Healing yg sebenar2nya nih mbak 2bulan di Bali pasti bisa mengembalikan kondisi tubuh jd prima lagi dan hati bahagia

    BalasHapus
  14. Norak ya hari ge'ne saya belum pernah ke Bali. Selalu saja ada halangan berlibur ke sana. Seru-seru cerita WFH nya. Doggy memang liar di Bali ada teman saya juga yang bercerita. Next aku agendakan untuk kesana

    BalasHapus
  15. Hahaha ngakak banget sih baca cerita culture shock ini. Aku pun belum pernah ke Bali. Sekalinya ke Bali, cuma transit doang. LOL. Itu seriusan bensin ecerannya pakai botol vodka? Aaahahha, mau ketawa mulu bacanya dari awal sampai akhir.

    BalasHapus
  16. Seru juga work from Bali ini ya mbak
    Memang kalau ada di tempat yang baru, kita kadang mengalami culture shock

    BalasHapus
  17. Kalau ngobrolin saat mendung di Bali jd keinget masa kecil pas ke Bali tuh mendung berkabut, sampai skrng aku ingat.
    Aku lama tak ke Bali, pas dewasa ini blm pernah ke sana lg, mugkin jg bakalan banyak kagetnya krn dengar2 skrng makin banyak obyek wisata bagus.
    Seneng ya bisa merasakan WFB work from Bali :D
    Kalau ke sana tu barat lathan utk hidup di LN yg minoritas muslim, belajar nahn2 gak jajan gtu juga yaa kyknya hehe

    BalasHapus
  18. Auto puas ya maak 2 bulan di Bali.bisa mengitari Bali dan brlanja yg murah di pasar.

    BalasHapus
  19. Ngakak bacanya. Apalagi pas ada turis tisoledat, hahaha...
    Waktu saya ke sana pun emang cari makan yg enak menurut lidah sendiri susah. Mana bawa anak, akhirnya restoran cepat saji saja yg lagi lagi dikunjungi.
    Tapi semua itu, Bali emang menyenangkan ya

    BalasHapus
  20. Semoga terwujud punya rumah atau bisa tinggal di Bali atau rencana balik laginya ya Mbak Nesa
    Memang gegar budaya biasanya pas baru-baru..tapi setelah 2 bulan pasti merasa istimewa
    Aku pernah 8 tahun tinggal di Bali, kuliah lanjut kerja..dan serasa kampung halaman keduaku ini. Dan minggu depan aku mau Bali lagi...yeayy!

    BalasHapus
  21. NESAAA..
    Fixed! Kamu kudu punya alasan ke Bali lagi siih.. Uda seru banget ceritamu selama WFH dari Bali.

    Untuk yang orang Bali ini cuek dengan ketenaran dan kenorakan lainnya, ini aku setuju banget. Abang-abang Super Junior dan beberapa orang Korea seneng banget ke Bali. Karena seberapapun padat jadwal mereka, gakkan kaya di Jakarta yang sampai dikejer sampai ke hotel. Mereka bahkan sama-sama antri buat dapetin makanan bareng Abang Ojol.
    Savage gatuu..??

    BalasHapus
  22. Dulu, first impression saya tentang Bali adalah wah kok kota-kota di sini bersih ya. Rapi dan tertata. Saat jalan-jalan seputaran Legian jarang banget orang lokal. Bule semua.

    BalasHapus
  23. awesome! walau ini healing karena pandemic, di sisi lain bisa wfh sampe 2 bulan di pulau orang pun karena pandemi, hehe.
    ku ikut bahagia karena jarang pakai skincare tapi kulit baik-baik aja, mungkinkah karena suasana hati pun berbunga-bunga?

    eh soal bule naik motor itu aku pernah mengalami juga. Teman bule, baru kenalan di hostel di sulawesi udah berani boncengin aku naik motor. Ga mungkin aku yang nyetir karena badan dia gede (keturunan afrika-eropa). Dia ngebut dong, happy bisa ngebut gini karena di negaranya sangat banyak aturan soal SIM dan kecepatan.

    BalasHapus
  24. Beneran deh Bali tu sangat mendukung buat kita kerja dengan nyaman.. Apalagi buat healing.. paket komplit dah Bali.. Wajib diulang nih work from Bali

    BalasHapus
  25. Kyaaa baca ini jadi kangen Bali, aku juga pengen ajak anakku ke Bali wkwk belum pernah ke Ubud, btw sepanas2 di Bali mah happy ya byk pemandangannya dan pas kesana emang kita juga makan padang deh heheu sama dehh pengen punya rumah di Bali, atau punya rumah 3 di Bandung di kontrakin biar bisa tinggal di Bali setahun dia tahun gt

    BalasHapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe