Malaysia Trip Day 2: Batu Caves dan Belanja Oleh-Oleh!

Agustus 24, 2019

Larasatinesa.com - Holaa, akhirnya saya digerakkan juga dari kemalasan ini buat menyelesaikan cerita bersambung perjalanan saya di Kuala Lumpur Malaysia bulan Maret lalu, setelah sebelumnya saya menceritakan kerempongan hari pertamanya di sini.

Hari kedua ini banyak rencana yang akan saya dan teman-teman lakukan. Tapi emang kami semua nggak ngoyo sih buat bisa menjamah tempat sesuai dengan yang tertulis di itinerary. Sebisanya aja, yang penting semua senang. 😙

Malaysia Trip Day 2
Oh ya, sesuai dengan janji di postingan sebelumnya, saya mau review singkat mengenai tempat saya dan teman-teman menginap selama di Kuala Lumpur. Saya menginap di Regalia Suites Apartment Kuala Lumpur.

Review Regalia Suites Apartment Kuala Lumpur
Kami memesan kamar di Regalia melalui salah satu online travel agent yang cukup memudahkan dalam hal pembayaran, kami bisa membayar on the spot ketika tiba di sana. Waktu itu yang memesankan kamarnya Teh Tian. Kami pesan 2 kamar yang cukup untuk 10 orang (pesan untuk rombongan teman lain yang menyusul) dan tanpa sarapan. Setelah pesan dan konfirmasi, kami diberi totalan penginapan selama 4 hari 3 malam adalah MYR 1026 dengan pajak 6%. Kalau dirupiahkan sekitar 3,4jt-an. Cukup murah rate hotel segini dibagi 10 orang.

Regalia Suites Apartment | pic by Traveloka

Kami masuk dari pintu basement ini
Karena kami membayar on the spot, kami harus kontak tuan rumahnya terlebih dahulu. Waktu itu tuan rumahnya mewakilkan ke staff-nya yang bernama sebut saja "Lani" untuk bertemu kami di lobby. Proses administrasinya nggak seperti masuk hotel biasa pada umumnya, kami diwajibkan mengisi form dengan mencatat nama, usia. dan nomor passport. Maklum aja kita ini kan turis ya, bok! Ditambah ada sikon yang kami rempong ngeluarin uang dari dompet masing-masing buat disatukan. Hhh. Setelah urusan check-in selesai, kami langsung menuju kamar ber-tipe suites premier yang ada di lantai 11.

Regalia Suites Apartment ini punya 3 bangunan yang terpisah. Sebagai penandanya, masing-masing bertuliskan Blok A, B, C. Kebetulan kamar saya terletak di blok C. Alasan kami memilih Regalia ini selain rate-nya terjangkau, bisa muat banyak orang, kamarnya luas, bersih, fasilitas kamarnya cukup lengkap, ditambah lagi Regalia punya infinity pool yang punya pemandangan kota yang keren abis! Sebenernya saya udah bawa baju renang ke sini, tapi memang manusia cuma bisa berencana guys, saya masuk angin dong, makanya saya batalin renangnya. Akhirnya cuma jalan-jalan aja sekitar kolam renang sambil lihat pemandangan gedung-gedung tinggi di KL. Pfft.

Selayaknya apartment, fasilitas dapurnya pun lengkap termasuk meja makan, kompor elektrik, microwave, dan kulkas. Oh ya, kemarin juga sempat nanya mesin cuci dan ternyata disediakan. Jaga-jaga aja sih kalau kami kehabisan baju dan terpaksa harus mencuci.

1 bed size king

Tenang aja, kasur, selimut, sama bantalnya banyak kok

TV dan Wifi

Extra handuk~

Jiwa keibuanku bergejolak lihat dapurnya begini. 😂~
Monmaap nggak sempat foto toiletnya dengan jelas. Ini juga fotonya Teh Efi~

Overall, ini apartment almost perfect kalau nggak ada Whats App dari Lani yang tiba-tiba nyuruh kita beberes sebelum waktunya (Anw, kebetulan saya yang nerima WA-nya). Asli, bikin panik! Dia nyuruh kami check-out saat kami lagi asyik jalan-jalan di Suria KLCC, padahal waktu check-out kami itu besok siang. Ternyata dia miss-comm antara dia sama tuan rumah. Sumpah yaa, kzl banget! Oh ya, satu lagi kurangnya.. internet di kamar saya ini kadang nyala kadang mati. Untungnya karena saya kaya raya udah beli sim-card di airport yang unlimited buat sebulan jadi nggak ngefek gimana-gimana sih. Kemarin Teh Tian sama Teh Dydie sempat protes langsung ke tuan rumahnya tentang internet ini. Semoga kalian yang mau menginap di sini kedapatan tuan rumahnya yang sholeh dan sholehah ya. 🙏

Kayak yang saya bilang sebelumnya, Regalia ini salah satu apartment yang terkenal dengan pemandangan infinity pool yang juara banget. Berhubung saya baru ke rooftop besoknya, jadi saya bakalan posting pemandangan kolam renangnya di postingan berikutnya!

Wisata Rohani ke Batu Caves
Hari itu jam 8 pagi, kami udah nongkrong cantik di Stasiun Putra untuk naik KTM Komuter menuju Stasiun Batu Caves tempat pemberhentian terakhir. Ternyata KTM Komuter-nya agak sedikit terlambat. Seperti yang udah saya tulis di postingan part 1, Regalia Suites ini lokasinya deket banget sama Stasiun Putra, cuma tinggal jalan kaki aja.

Nyubuh ya kak
Jangan lupa bayar ya kak kalau mau naik. Kali aja mau manjat buat bisa gratis. 🙄

Masih sepi yaa.. kamu bisa guling-guling di sini guys tapi jangan ketang memalukan bangsa dan negara 😂

Batu Caves Stesyen
Perjalanan naik KTM menuju Batu Caves nggak terlalu lama, terlebih waktu itu masih pagi dan sepi banget. Letak dari stasiun menuju Batu Caves-nya sangat dekat. Keluar stasiun auranya langsung kerasa beda. Wewangian dupa udah tercium di sepanjang jalan pintu masuk Batu Caves. Saya dan teman-teman disuguhi berbagai macam dagangan orang-orang India mulai dari kain saree, aksesories, cinderamata, makanan, dll.

Patung Dewa di sebelah pintu masuk

Love this vibes!💕

Auto keingetan Rahul sama Anjali 🤭

Salah satu cinderamata yang dijual
Batu Caves (Gua Batu), adalah sebuah bukit kapur, yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua, terletak di distrik Gombak, Selangor, Malaysia.Tempat ini dinamai dari Sungai Batu, yang mengalir melewati bukit. Batu Caves juga merupakan nama desa terdekat. Gua ini adalah salah satu kuil Hindu di luar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murugan. Situs ini adalah titik fokus festival Hindu Thaipusam di Malaysia. Ibaratnya nih, kalau umat Muslim punya Mekkah sebagai tempat suci, nah umat Hindu punya Batu Caves. Banyak yang berdoa di sini.

Masuk ke area kuil, saya disambut oleh burung-burung merpati yang jumlahnya banyak banget. Di mana ada makanan, di sana mereka ngumpul. Kalau mau foto sama burung-burung ini, saya saranin kamu beli makanannya dulu biar mereka deketin kamu, sogok dikitlah ya. Haha! Batu Caves ini buat saya, tempat wisata rohani yang ikonik banget di Malaysia. Terlebih sekarang lebih colorful. Jadi semacam tempat wajib dikunjungi selain Twin Tower. Pokoknya kalau kamu belum foto di depan patung Dewa Murugan yang gede keemasan di depan itu, kamu belum ke Malaysia.

Gemas sekali merpati-merpati ini

Love the details ❤️

Udah cukup saya sampai di sini aja naiknya. Bhay! 🤣

Makin siang makin rame!
Untuk masuk ke sini nggak dikenakan biaya. Tapi karena ini tempat suci umat Hindu, kamu wajib pakai pakaian yang sopan menutupi paha sampai telapak kaki. Mbak-mbak bule yang ke sini pada pakai baju tebar aurat aja harus sewa kain dulu sebesar RM 5.00. Sebetulnya ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi selama di Batu Caves, diantaranya: Temple Cave atau Cathedral Cave, Dark Cave, Villa Cave. Kalau saya kemarin cuma ke Temple Cave aja yang merupakan merupakan gua utama yang bisa dicapai dengan menaiki 272 anak tangga. puncaknya kamu dapat melihat pemandangan pusat kota yang indah. Gua ini dijadikan kuil umat Hindu dan dipersembahkan kepada Dewa Muragan. Tapi sayangnya, saya nggak se-effort itu anaknya buat ingin ke puncak. Masih pagi coy, masih banyak yang harus dikunjungi, kalau saya encok gimana? Mending saya minum air kelapa muda aja sambil menikmati pemandangan orang-orang yang makin lama makin banyak datang.

Ahlesan lu Nes, bilang aja mager..

Tante-tante ini yang sewain kain buat menutup auratmu ya girls.

Ternyata rasa kelapa muda di Malaysia sama aja kayak rasa kelapa muda di Indonesia. 😑
PS: Foto-foto di Batu Caves ini udah dipastikan bakalan bocor-sebocor-bocornya. Kalau kamu lihat ada orang yang posting foto di Batu Caves sepi nggak ada orang satu pun di samping kanan-kiri-depan-belakangnya itu berarti dia punya skill edit photo menghilangkan orang-orangnya udah tingkat dewa.

Shopping di Bukit Bintang
It's shopping time! Dari Batu Caves kami naik KTM Komuter ke KL Sentral lalu lanjut menggunakan MRT ke Bukit Bintang. Ini pun setelah melewati perdebatan memilih transportasi umum antar rombongan. Hamdallah tuh sampai juga di Bukit Bintang surganya cewek-cewek belanja.

MRT stesyen Bukit Bintang

Hanya melihatnya dari kejauhan~ 😔
Saya menyusuri beberapa toko yang ada di sini. Macam orang kaya raya gitu deh w keluar masuk toko. Padahal cuma lihat-lihat doang, beli kagak. Kkk. Sampai akhirnya saya dan rombongan masuk ke store-nya Vincci yang nggak pernah sepi dari pembeli. Gilak di dalam tokonya rame banget udah kayak pasar. Tadinya sih saya cuma mau anter teman-teman saya aja, sampai akhirnya pertahanan saya runtuh lihat sneaker warna putih peach. Demi apa w jadi beli sepatu?!

"Jarang-jarang kan beli sepatu di KL, Nes"

Gitu kata syaiton yang ada dipikiran saya.

Puas belanja di Vincci, kami masuk ke dalam Fahrenheit 88 Mall yang berujung mencari skincare lagi. Lumayan nih di sini dapat beberapa yang lebih murah. Kami nggak lama belanja di sini karena udah dilanda kelaparan. Tadinya memang mau cari sarapan di sini kok. Tapi niat sarapannya diurungkan ketika lihat resto sekeliling mahal-mahal banget. Oh ya, kami juga sempat ke food court Fahrenheit 88, udah naik ke lantai paling atas eh masih pada tutup dong. Di sini juga kami nggak menemukan minimarket yang jual makanan siap saji. Andai kemarin kami udah sarapan, pasti shopping-nya bakalan lebih lama dan fokus deh, boro-boro mampir ke Sephora, sist.

Beli Oleh-Oleh di Pasar Seni
Berhubung udah kelaperan banget, saya dan teman-teman memutuskan naik taxi online menuju Pasar Seni supaya cepat sampai. Sebelum masuk ke pasarnya, kami hunting kedai makan dulu. Akhirnya masuklah kami ke Restoran Yusoof & Zakhir yang bisa dipastikan menu di sini semuanya halal.

Menu di sini kebanyakan berasal dari Timur Tengah. Pilihan menunya banyak banget, dan saya akhirnya memilih nasi kandar + chicken naan + telur dadar untuk makan siang waktu itu. Alhamdulillah.. rasanya nggak mengecewakan, nggak salah deh pilih makan di resto ini.

Restoran Yusoof & Zakhir

Buku menu

Chicken Tandori | pic by Ibunya Marwah

Garlic Naan

Nasi Kandar + Chicken Naan + Telor dadar = Punya Nesa! 😍

Nasi Goreng Seafood
Selesai makan saya dan teman-teman langsung menuju Central Market Kuala Lumpur atau yang biasa disebut Pasar Seni. Di pasar ini banyak sekali kios yang menjual berbagai oleh-oleh khas Malaysia mulai dari makanan, minuman, aksesories, dll. Kebetulan kemarin saya ada beberapa titipan cokelat dan kopi jadi saya fokus mencari itu dulu. Setelah semua pesanan didapatkan, saya tinggal beli beberapa yang udah saya incar deh. Oh ya, ada satu toko yang kami datangi kemarin yang ternyata orang Indonesia yang punyanya. Di toko ini juga kami borong banyak sekali oleh-oleh, maklum ya udah mager mau muter-muter pun karena tokonya juga sama semua dagangannya. Lumayan lengkap lho barang-barangnya. Saking banyaknya kami belanja, kemarin owner-nya sampai kasih kami bonus Popo snack. Biar nanti kalau ke sana, bisa belanja di sana lagi. Hahaha.

Monmaap lagi males ngedit ngilangin orang-orang. Kkk.

Nih nama tokonya, jangan lupa beli di sini aja!

Ini punya barengan kok. 😁
Berhubung barang bawaan kami beranak pinak, menimbun belanjaan dari Bukit Bintang nyambung ke Pasar Seni, jadi kami memutuskan buat naik taxi online untuk pulang menuju Regalia.

Baca Juga: Pengalaman Belanja di Luar Negeri menggunakan Jenius

Mampir ke Sunway Putra Mall lagi
Agak-agak lupa sih balik lagi ke sini mau ngapain. Kayaknya sih beli beberapa skincare yang awalnya udah ingin beli tapi masih mikir. Setelah di Bukit Bintang nggak nemu yang lebih murah ya udah deh beli di sini aja. Dasar cewek!! Oh ya, yang pasti sih saya beli makan malam di sini, karena Mall-nya udah mau tutup jadinya take away Burger King aja. Saya juga beli beberapa camilan roti dan yogurt di sini buat bekal besok kalau di perjalanan lapar. Biar nggak salatri kayak tadi. Hahaha.

Saya dan teman-teman balik ke Regalia dalam keadaan kaki cenat cenut dan keringetan karena jalan kaki dari Sunway Putra Mall. Nggak lupa saya bekal koyo buat ditempel-tempel di kaki sebelum menghadapi jalan-jalan esok harinya. 😂

To be continued..

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

92 comments

1. Belanjaan banyak bikin pegel yaaa huhuhu tapi seneng. Duh jd pengen ke KL lagi.

1. Ah teteh mah udah balik lagi ke KL habis nulis komen ini wkwk

Hapus
  2. aku lgs inget2 trakhir kali ke KL yg sampe jalan2 kapan yaaa :D. kok berasa lamaaaa banget :p. kayaknya sih 2017 yg jalan bareng temen2. to wkt itu tangganya blm jd pelangi gini hahahahah..

yaaaa sayang amat ga naik ke atas nes :p. akh naik wkt itu ama suami. dia sambil gendong si kecil, aku sambil bawa belanjaan hahahah. beneran sih itu olahraga yg ga terlupakan. udh mau nyerah, tp suami ksh semangat lagi :D. sampe akhirnya bisa naik. walopuuuun di atas ternyata biasa aja wkwkwkwkwk...

makanya pas dtg bareng temen2, aku ogah naik lg hihihi...

Balasan
    1. Nanti jilid 2 ke Batu Caves lagi dengan waktu yang lebih banyak pastinya mba. Kemarin kan dikejar waktu dan harus ke tempat lainnya makanya ndak sampe ke goanya. Hahaha.

Hapus
  3. Huah kangen KL wkwkwkwkwk, FYI hotel aku ((((belakang)))) Grand Millenium Bukit Bintang lho, kalap juga belanja di Vincci yang pas aku dateng asli lagu murah banget, bukan buat sendiri tapi buat warga kampung wkwkwkwkwk.

Batu Caves naik gak sampai seperempat dan berakhir si Vica main main sama merpati dan jajan es kelapa. Alhamdulillah selama di KL dapat keluarga baru yang siap mengantar kemana kami pergi, tapi tetep sempet cobain LRT nya wkwkwkwkwkk.

Balasan
    1. Wooh asik yaa ketemu Mimi di KL, bener-bener nggak terduga banget emang ketemunya dari kejadian pindah hotel di Singapore. Alhamdulillah jadi kerabat baru di KL yes mba.

Hapus
  4. Kak, aku baru nyadar rasa es kelapa muda di sono sama amanyg di sini -_-"

Balasan
    1. Padahal beda negara yah kak, kok bisa sama rasanya wkwkkw.

Hapus
    2. Makanyaaaa.. ini nggak mungkin bisa sama rasanya, pasti ada sesuatu!!

5. Apartment-nya comfy banget yaa Teh untuk harga segitu worth ih banget
    Jadi pengen ke Batu Caves juga deh keliatannya disana banyak spot foto yang bagus hehe

BalasHapus
  6. balanjaannya banyak wkwkwkk aku juga kalau main gitu ness, kebanyakan jajan sama shoppingnya hahahaa

Balasan
    1. Ini mah belanjaan barengan ci, bukan aku sendiri. Sumpah! :))

7. Adududuhhh, itu chicken naan-nya kok menggoda bangeeettt
    Jalan2 di KL tuh menyenangkan karena harga2 (relatif) murah dan cuaca juga beda tipis dgn JKT.
    Ga sabar nunggu KL series selanjutnya di blog iniiiii
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

Balasan
    1. Udah ada lanjutannya ceritanya mbak, ceki-ceki yaaa..

Hapus
  8. wah traveling KL nya nyenengin banget nih.. komplit... Bikin pengen traveling kesana juga

BalasHapus
  9. Liat gini jd pen banget liburan ke malay lagi deh... apalagi klo brlanja oleh oleh disana murah banget yaa hahaha

1. Hahaha iya.. nanti ke sana lagi habis issue corona

Hapus
  10. Menarik banget ih tempatnya. Banyak tujuan wisata juga ya. Tapi selain tempat wisata aja udah kece banget. Jadi pengen ke KL, tapi belum bisa nabung nih huhuhu

etherealpotato

1. Nabung dulu kak, biar puas mainnya di KL nanti hehe

Hapus
  11. Apartment nya bersih dan affordable ya, btw batu cave kayaknya jadi destinasi yg wajib dikunjungi kalo ke Msia ya

12. Cakeep~
    Nesa selalu bawa oleh-oleh cerita yang seru abis dari travelling.
    Ini yang waktu itu travelling ramerame sama teh Efi dan teh Tian sama Marwah itu yaa...?

Btw,
    Skinkernya beli di Malay, tapi buatan Korea, Nes?

Balasan
    1. Betul yang bareng-bareng sama teteh-teteh itu. Random sih aku beli skincare-nya teh, ada yang produk Korea sama Malaysia juga. Lebih ke lihat harganya. Wkwk.

Hapus
  13. Mba Eny ngakak dong, di statement ternyata rasa kelapa muda dimaksudkan sama kayak di Indonesia wkwk
    Termasuk murah ya kalo buat rombongan gitu mba bisa dicoba hhe

BalasHapus
  14. Deuih, seru pisanlah jalan-jalan ke Malaysia. Batu Caves ini salah satu yang wajib didatengin ya kalo ke sana. Emang keren banget. Lihat di foto aja takjub. Apalagi bisa lihat sendiri ke sana. Semoga kesampaian bisa main ke sana :D

1. Hayu atuh ntar mah ke sana perginya sama Teh Nia juga :D

Hapus
  15. Wah harga hotelnya jadi murah banget ya karena share sama 10 orang. Pingin banget ke my tapi masih nabung dulu nih hihi. Thanks infonya :D

Balasan
    1. Iya ayo nabung dulu aja, biar nanti puas mainnya pas liburan ke sana.

Hapus
  16. Kangen banget ih moto di Batu Caves, aku terakhir kesana Januari 2019 pas bertepatan dengan festival Thaipusam jadi antara seru dan takut-takut gimana gitu.

Balasan
    1. Aku jadi ingin mengagendakan kembali ke Batu Caves tapi pengen yang bersamaan dengan Thaipusam itu.

Hapus
    2. Iya kalau ada festival bakalan beda vibesnya dan akan lebih banyak orang ya mba

17. seru banget ternyata jalan-jalan di Malaysia yaah.. Kalau orang-orangnya ramah juga gak kak? Kadang ada pikiran negatif gt sama negeri seberang :""

Balasan
    1. Ramah sih, tapi nggak seramah orang Indo. Orang Indo mah the best banget lah haaha

Hapus
  18. Menarik! Ulasannya lengkap banget, trus apartemennya pun keliatan nyaman pisan euy

Balasan
    1. ada mesin cucinya juga di apartemen yang kamu tempatin.. asik dong ah... bisa nyuci daleman, baju dll.. jadi pulang-pulang gak bawa baju kotor lah ya minimal hahaha

Hapus
    2. Aku pun tadinya mikir asik bisa nyuci. Tapi pas di sana boro-boro kepikiran pengen nyuci teh, yang ada capek pengen istirahat aja. Hahaha!

19. Jadi pengen maen ke Malaysia lagi tapi maunya gak sendiri en, ngiderin jalan2 dr Batu caves sampe nikmatin nasi padangnya, eh ada satu lagi . nikmatin milo anget ala Malaysia :)

Balasan
    1. Aku nggak sempet tuh nikmatin milo anget di sana :))

Hapus
  20. laaa aku baru tau di batu caves tempatnya banyak wkwkw aku cuma main ke gua utama yang di atas sih dan menurut aku keren wkwk. net time kalo ke sini lg explore deh

Balasan
    1. Aku pun tau juga cuma ke satu tempat doang. Hahaha. Iya harus balik lagi nih agak lamaan ya.

21. Aku kangen jalan-jalan ke Malaysia, karena deka dengan Palembang juga ya

BalasHapus
  22. Itu apartemennya bikin mupeng banget.
    Aku ga pernah apus orang di foto. Kalau bocor ya bocor aja. Ga tau caranya sih hihihi..

Balasan
    1. Dibisikin ama Nesa, kak..
      Ada di salah satu blogpost Nesa di blog ini.

Nesa mah...canggih bet!

Hapus
    2. Hahahaa aku belum nulis caranya di blogpost, kalau mau lihat caranya di channel Youtubeku aja: larasatinesa

23. Yah kenapa nggak sampai goanyaaa? Aku awal tahun depan mau ke sini juga, tapi sambil gendong2 bayi, sanggup ga ya sampai ke goanya? Haha..

Itu tangganya imho bagusan pas masih polos dibanding warna warni gitu deh..

-Traveler Paruh Waktu

Balasan
    1. Challenge banget kak bawa bayi naik sampe goanya.. semoga bisaa yaa..

Karena aku belum pernah ke sana pas belum dicat, jadi menurutku bagusan warna warni hahaha

Hapus
  24. Seru banget nih jalan-jalan ke Malaysia. Kayaknya mesti nabung yang kenceng biar gak abis ke skincare melulu. Hehehe

1. Hahaha nanti kalau udah di sana bawaannya pengen beli skincare juga lhoo

Hapus
  25. kit kat green tea sm millo nugget wajib banget yaaa borong di KL hahaha...
    terkahir ke KL itu batu cave baru mau dicat warna warni jd sebagian ditutup pas gak lama udah berpelangi gitu yaa...kecepetan ke sana :D

1. Hihi balik lagi mba biar dapet vibes colorfullnya

Hapus
  26. Kirain rasa kelapa mudanya bakalan beda, lebih manis, kek,ehhh sama aja,wkwkwkw. Komen gak penting. Btw, aku fokus sama apartemennya ya, yg menurutku murah, bersih, nyaman banget. Buat keluarga juga kayaknya cucok2 aja. Apalagi kalau rame2 gini. Ih, mayan bet.

Balasan
    1. Yaa ini lumayan banget apartment-nya mbak, cocok kalau sekeluarga nginep sini.

Hapus
  27. Ke KL emang menyenangkan sangat yaaa... jalan jalan plus shopping, makanan juga enak enak, unik unik cuma yang ga enak kalo abis makan berat minumnya kok yaaaa es sirop! Jadi bulet deh di sana hahahhahaa

wah ga menyenangkan dong ya nginep di Regalia? Kudu prepare dan sign kontrak yang jelas kalo ke sini mah

Balasan
    1. Sebenernya tergantung host kamarnya sih mba. Kebetulan kita apes aja dapetnya yang begini. Jadi belum tentu kamar-kamarnya fasilitasnya sama. Tapi aku nggak kapok kok hehe.

28. 😆 tebar aurat..
    Rombongan. Ada ibu paus yaa haha..
    Manjat ke atasnya aku pasti nggak shanggup 😂 blm pernah kesitu. Pak suami yg pernah dan yaa emang rame yaa

Balasan
    1. Iyaa sama Ibu Paus mba, seru banget walo nggak manjat sampai atas yang penting gaya aja foto di tangganya wkwkw

Hapus
  29. Waduh bulan Maret baru kelarin sekarang? Hahahaha.. saya pun blm kelar nih perjalanan Juni kemarin. Maklum wanita sok sibuk. Haha... Kmrn saya ga menyentuh batu cave. Cuma ke genting aja. Besok kalau mampir ke KL lagi mau lah ke Batu Cave.

1. Kalau cerita perjalanan mah nggak ada kadaluarsanya mbak hahaha

Hapus
  30. Wah belum pernah Ke Malaysia nih...baca artikel ini jadi kepingin ke Batu Caves, soalnya melihat fotonya keren banget, tangganya warna-warni dan pemandangannya keren banget, Semoga suatu hari bisa trip ke Malaysia bersama anak-anak.

1. Iyaa warna-warni mba bagus kalau foto-foto di sini hehe

Hapus
  31. Jadi inget ke batu caves dulu,, dan emang foto sama merpati itu salah satu kesukaan..cuma geli-geli gimana gitu kalau deketan

1. Hahaha solusinya biar ga ganggu bawa makanan merpatinya mba

Hapus
  32. Ihiiy seru banget day 2. Tooss beb kita cuma sampe bawah aja. Next kalo ke sana lagi pengen nyobain sampe atasnya sih. Kayanya menarik deh buat ke atas (yha kalo ga encok) wkwkkw

btw aga ngakak di bagian yu masuk angin sis.

ngomong2 pavillion sedih ag sempet ke vincci karena mikirnya pas di genting aja. eh ga sempet 2 2nya. kudu banget nih KL jilid 2

Balasan
    1. Hahahaha maklum faktor U sis udah nggak sekuat dulu kalo jalan pasti ada starter pack buat masuk angin. Wkwkwk.

Hayuklah KL jilid 2 sama akohhh :))

Hapus
  33. Aku beberapa kali ke KL belum sempet ke Batu Caves hehehe. Seru memang kalau liatnya

1. Wahh next kalau ke KL diagendakan mba ke Batu Cavesnya hehe

Hapus
  34. Mudah2an bisa ke Malaysia ya teh aku,,, dah ngiri bngt sama postings temen yg ngetrip kesana

BalasHapus
  35. Anak2 d rmh pengen banget jalan2 k malaysia...pengen ketemu upin ipin dan liat menara kembar (petronas) katanya hehe. Khayalan mereka upin ipin itu ada orngnya

36. Seruu cerita liburannya ke KL. Ternyata gak melulu twin tower ya tapi batu cave ini juga jadi ikon. Indah mba colourful gitu bangunannya

Balasan
    1. Iya, masih banyak destinasi lain sih mba. Cuma aku sempetnya ke beberapa aja. Hehe.

Hapus
  37. Irinya aku mbak, dulu aku pernah tinggal di malaysia, tapi enggak sempet mampir di sini. untung aja bisa membaca reviewnya di sini, jadi kehibur dikit deh. hehehe

38. aku waktu ke KL belum main ke Batu Caves
    kayanya harus segera ke sana lagi nih...apalagi ada tiket murah
    hehehehe

BalasHapus
  39. Baru tahu kalau ke Batu Caves harus nutup aurat gitu ya. Malah sampai ada penyewaan kain segala, ide bagus tuh. Jadi para bule terpaksa deh pakai kain itu, hahaha.. lucu juga bacanya

Balasan
    1. Iya harus berpakaian sopan mba, tempat suci Hindu soalnya.

Hapus
  40. eeit, ada es kelapa muda juga di sana yah, btw itu tempat yang ada burung merpatinya. burungnya jina kan mba, bisa kasih makan dan befotoan juga, iya kan. keren deh perjalanannya

Balasan
    1. Jinak-jinak kok mba, mereka ada di tempat suci soalnya hihi..

Hapus
  41. Asyik ya apartemennyanya nyaman, tapi sayang internetnya kurang lancar, padahal kan penting buat update status jalan2 hihi...
    Seru ya belanja di sana, belum pernah, huhu...

Balasan
    1. Mungkin kalau dapatnya kamar lain bisa lancar internetnya teh. Ini gimana host-nya aja sih.

Hapus
  42. Jadi pengen ngetrip ke Malaysia nih. Next ah sambil ajak anak-anak.

BalasHapus
  43. Arghh jadi pengen balik ke malaysia bareng keluarga, aq kesini udah 3 kali tapi cuma sama suami dan sendiri

1. Waah ayo rencanakan ke sini bareng keluarga mba

44. baca" artikel kakaknya jadi pengen kesana hihi

BalasHapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!