Rencana Liburan ke Jepang 2019 (Tokyo-Kyoto-Osaka)

April 25, 2019

Larasatinesa.com - Dulu bisa dibilang saya ini kurang begitu tertarik sama Jepang. Mungkin karena Jepang punya sejarah menjajah Indonesia yang meskipun sebentar tapi sangat membekas. Hahaha! Tapi ini nggak lama kok, semua berubah semenjak saya nonton film-film Studio Ghibli karya Hayao Miyazaki. Mendadak pertahanan saya jadi lemah. Sumpah.. semua film Ghibli itu keren, saya suka banget Spirited Away, Only Yesterday, & My Neighbor Totoro. Dan dari situlah saya jadi ingin banget ke Jepang.


Rencana Liburan ke Jepang 2019 (Tokyo, Kyoto, Osaka) | source: unsplash
Semenjak Jepang kasih kebijakan visa waifer untuk Warga Negara Indonesia dengan E-Passport, jadi banyak banget tuh temen-temen saya yang sering berlibur ke Jepang. Wagelaseh, kalau udah dipermudah gitu, saya saya juga mau dong traveling ke sana.

Jadi, kalau ke Jepang kamu mau ke mana aja, Nes?

Karena saya anaknya nggak mau rugi, sayang kalau ke Jepang cuma ke Tokyo doang. Jadi saya mau sekalian berkunjung ke Kyoto dan Osaka.

Berikut daftar tempat-tempat yang akan saya kunjungi selama di Jepang nanti!

Tokyo
Hari pertama ini saya bakalan berkunjung ke Shibuya dan nggak bakalan ngelewatin moment menyebrang di Shibuya Crossing yang diklaim jadi persimpangan tersibuk di dunia karena setiap menitnya dilewati oleh ratusan orang. Saya bayanginnya aja udah pusing banget, tapi penasaran sih. PR-nya adalah saya harus cari penginapan sekitar Shibuya yang merupakan pusat Kota Tokyo.


Shibuya Crossing | source: unsplash
Nggak jauh dari Shibuya Crossing, saya akan mampir ke Monumen Hachiko yang terletak di depan Stasiun Shibuya. Seperti yang kita tau, Hachiko adalah nama seekor anjing yang setia menunggu pemiliknya bahkan selama bertahun-tahun setelah pemiliknya wafat. Kisah ini diabadikan sebagai simbol kesetiaan yang tulus oleh warga Jepang. Dan inilah yang jadi daya tarik para turis mengunjungi Monumen Hachiko.


Hachiko Statue | source: lonelyplanet
Berikutnya saya bakalan melanjutkan perjalanan ke Tokyo Metropolitan Government Building yang berada di kawasan Shinjuku. Gedung ini punya observatorium di lantai 45 yang dibuka untuk umum dengan tiket gratis. Dari atas sini nantinya saya akan melihat pemandangan kota Tokyo.


Shinjuku | source: unsplash

Akihabara | source: unsplash
Setelah itu dari sore ke malam saya masih akan menjelajah kawasan Shinjuku dan Akihabara. Menurut beberapa teman yang udah ke sini, suasana malam di Akihabara lebih bagus ketimbang siang. Banyak hiasan lampu kerlap-kerlip dan banner pertokoan yang bikin suasana malamnya jadi cantik banget. Dan katanya, kalau mau beli alat-alat elektronik (yang semuanya lengkap, asli, nggak ada yang KW) saya wajib ke Akihabara karena memang pusatnya. Hmm.. racun juga nih.. 😂

Hari selanjutnya saya nggak bakalan melewatkan berkunjung ke Museum Ghibli, mau ditempatkan di hari ke berapa pun, pokoknya ke Museum Ghibli ini wajib. 😆 Museum Ghibli letaknya di Mitaka yang masih di Tokyo.


Ghibli Museum Mitaka | source: boutiquejapan

Totoro | source: boutiquejapan
Oh ya, mungkin saya akan mampir juga ke kantor Line Tokyo buat bertemu sama Teh Sekar, salah satu teman blogger yang 2 tahun belakangan pindah domisili dan bekerja di sana. Semoga bisa ketemu ya, Teh. Hihi.

Nah ini nih yang hukumnya wajib (lagi): Tokyo Tower. Tokyo Tower merupakan maskot kota Tokyo. Dari atas towernya kita bisa melihat city view Tokyo. Untuk masuknya kita harus membeli tiket terlebih dahulu dan harus sabar karena antriannya panjang banget. Oh ya, katanya sih waktu terbaik mengunjungi Tokyo Tower pas sunset. Tapi buat saya mau kapanpun waktunya, Tokyo Tower tetap menawan. 

Tokyo Tower at sunset | source: unsplash
Hari berikutnya mau ke agak luar kota, ke kawasan Fujisan menuju Kawaguchi Lake untuk bisa melihat Gunung Fuji dari dekat.  Di Danau Kawaguchi ada beberapa spot yang menjadi tempat populer untuk mengamati Gunung Fuji, salah satunya adalah sisi utara Danau Kawaguchiko. Nah, untuk bisa dapat pemandangan Gunung Fuji yang bagus, baiknya saya sebelum pergi harus memperhatikan prakiraan cuaca di Jepang. 

Dan buat hari berikutnya saya akan mengunjungi beberapa tempat lagi di Tokyo seperti Ueno Park, Odaiba, Sensoji Temple di Asakusa, dll.


Kawaguchi Lake + Mount Fuji | source: unsplash
Kyoto
Ada 2 tempat yang ingin sekali saya kunjungi di Kyoto. Pertama Fushimi Inari, kedua Arashiyama Bamboo Grove. Tapi sebelum berkunjung ke kedua tempat tersebut, saya mau sewa Kimono biar afdol terasa banget kearifan lokalnya. Kapan lagi pakai Kimono di Negara asalnya?


Fushimi Inara Taisha | source: unsplash
Fuhsimi Inara Taisha, merupakan kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang. Kuil ini merupakan kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari. Kuil utama (honden) terletak di kaki Gunung Inari, dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter. Tempat suci ini menjadi sangat terkenal di Kyoto karena pernah menjadi tempat lokasi shooting film Memoir of Geisha. Saya mah udah dipastikan seneng banget ada di sini, karena kuilnya penuh dengan warna oranye favorit saya. 

Selanjutnya saya akan ke Arashiyama. Arashiyama berada di ujung barat Kyoto, terselip di sepanjang kaki Pegunungan Arashiyama (yang berarti "Pegunungan Badai"). Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Kyoto. Arashiyama adalah distrik wisata paling penting kedua di Kyoto. Penuh dengan kuil dan tempat pemujaan, tetapi objek wisata paling terkenal adalah Arashiyama Bamboo Grove. Saya tertarik banget ke Arashiyama Bamboo Grove ini karena melihat tempatnya yang cantik banget, bisa dilihat aura tempatnya sejuk banget bikin pikiran jadi fresh.

Arashiyama Bamboo Grove | souce: insidekyoto

Osaka
Kalau di Osaka, tujuan saya mau ke Universal Studio Japan dan Osaka Aquarium aja. Sebetulnya saya bisa aja ke Disneyland Tokyo, tapi nggak tau kenapa nih saya lebih tertarik ke sini. Eits.. bukan buat foto di bola dunia Universal-nya aja lho ya kayak waktu di Singapore 😂. Beli tiket masuk juga dong karena saya mau berkunjung ke wahana Harry Potter yang hits banget itu, yang-semua-bangunannya-benar-benar-dibuat-mirip-seperti-Hogwarts.


Universal Studios Japan | source: fastjapan
Nah.. kalau di Osaka Aquarium saya mau melihat berbagai binatang laut yang nggak bakalan kejangkau sama saya yang nggak berani nyelam ke laut. Hahaha. Dan pastinya saya ingin melihat langsung binatang lucu favorit saya; Penguin karena di Indonesia mah nggak ada. Haha!

Oh ya, kalau pecinta belanja dan kuliner kayak saya pasti harus mampir juga ke Dotonburi karena di sini saya bisa melakukan berbagai macam hal mulai dari belanja sneakers, naik perahu wisata, dan mencoba jajanan street food. Takoyaki yang paling hits ada di Osaka lho!

Osaka | source: unsplash

Naik perahu wisata di Osaka | source: unsplash
Kayaknya sih segitu dulu plan itinerary-nya, bukan nggak mungkin bakalan nambah lokasi lagi sih. Tapi yang paling penting menurut saya dari semuanya adalah persiapan tiket pesawat ke Jepang. Untuk urusan tiket pesawat saya bakalan serahkan pada ahlinya Traveloka.

Traveloka adalah online travel agent terbesar dan terpercaya di Indonesia yang menyediakan layanan pencarian dan pemesanan tiket pesawat secara lengkap. Hanya dengan mengakses Traveloka melalui desktop, mobile web maupun aplikasi mobile di smartphone, kamu bisa menemukan rangkuman hasil pencarian harga tiket pesawat secara cepat dan aman, dengan jaminan harga termurah dan tanpa biaya tambahan apapun setiap harinya. Jadi tiap harga yang tertera di aplikasi itu sudah all-in with tax.





Berhubung saya berlibur ke Jepang nggak cuma di satu kota, jadi lumayan ribet kan tuh untuk urusan tiket pesawatnya. Untuk memudahkan para customer-nya Traveloka akhirnya punya layanan Multi-City Flights.


Apa itu Multi-City Flight?

Multi City Flight (Penerbangan Multi-Kota) merupakan layanan aplikasi Traveloka yang memungkinkan kamu membeli tiket pesawat ke banyak kota dengan sekali pencarian dan pemesanan. Dengan tiket pesawat Multi-kota, kamu bisa menjelajah kota-kota yang berdekatan maupun yang jauh sekalipun, yang semua dalam satu pesanan. Asik banget nggak tuh, udah pesannya tiketnya mudah, bisa sekali booking / sekali pesan, bisa ke banyak destinasi lagi!


Multi-City Flights
Berikut adalah 3 jenis perjalanan yang bisa kamu lakukan dengan Tiket Pesawat Multi-city:

Mampir Sejenak

Kalau kamu tertarik untuk jalan-jalan dulu sebelum sampai ke destinasi tujuan, mungkin kamu bisa mampir di Tokyo-Kyoto beberapa hari kayak yang saya rencanakan sebelum melanjutkan pernerbangan ke Osaka. 

Lihat Kota-Kota Sekitar

Kalau kamu punya kebiasaan senang menjelajah seperti saya, pesat tiket pesawat Multi-city untuk keliling Jepang dari Tokyo ke Osaka, jelajah kota sekitar lewat darat. Yups, kota Kyoto sangat sayang dilewatkan sebelum terbang kembali ke Osaka.

Cari Petualangan Baru

Sama halnya dengan menjelajah, mencari petualangan baru sewaktu liburan emang penting. Bukan nggak mungkin misalnya saya tiba-tiba ingin ke Sapporo baru akhirnya ke Osaka. Dengan tiket pesawat Multi-city, penerbangan saya dari Tokyo - Sapporo - Osaka akan lebih mudah diatur dengan sekali booking.

Mengapa harus pesan tiket pesawat Multi-City di Traveloka?


Banyak Kota, Satu Pencarian
Cari tiket pesawat ke berbagai kota dengan sekali pencarian. Cukup masukkan rute kamu, lalu pesan tiketnya sekaligus dalam satu ID pemesanan!

Menjelajah Lebih Luas

Kamu bisa mampir sejenak dengan menjelajah kota-kota sekitar, dengan begitu kamu bisa memaksimalkan perjalanan dalam hal waktu & anggaran.

Bagaimana cara memesan tiket pesawat Multi-City di Traveloka?
Kini, pemesanan tiket pesawat Multi-city telah tersedia di Traveloka. Dalam satu situs atau aplikasi ponsel resmi dari Traveloka, kamu bisa memesan tiket pesawat untuk beberapa kota sekaligus. Cara pemesanan layanan ini sudah pasti sangat mudah, hanya dengan beberapa ketukan jari di layar ponsel atau papan ketik kamu sendiri, caranya:

1. Buka aplikasi Traveloka kamu lalu pilih menu "Flights" yang ada di atas sebelah kiri.





2. Setelah masuk ke "Search Flights" lalu cari menu "Multi-city" yang ada di sebelah kiri berlogo 2 pesawat.


3. Isi detail penerbangan pertama kamu. Isi rute dan tanggal keberangkatan penerbangan pertama. Lakukan langkah yang sama untuk detail penerbangan kedua kamu, dan jangan lupa isi jumlah penumpang dan kelas penerbangan kamu.




4-5-6. Lihat jadwal dan harga penerbangan untuk setiap rute. Pilih penerbangan yang terbaik untuk kamu. Di sini saya sudah memilih maskapai penerbangan pertama saya dari JKT-TYOA dan penerbangan kedua saya dari TYOA-OSAA. Semuanya dipesan dalam satu pesanan dan satu kode booking. Setelah itu muncul harga penerbangan saya lalu lanjutkan untuk pembayaran.    



7. Isi data penumpang lalu pilih metode pembayaran. Pastikan untuk menyelesaikan pembayaran dalam batas waktu yang ditentukan ya!

8. Setelah pembayaran dikonfirmasi, e-ticket beserta kode booking kamu akan dikirim via email.  Pemsanan pun selesai.



Selain ke Jepang, kamu juga bisa pesan tiket pesawat Multi-city ini ke berbagai kota di Negara-Negara lain, atau mau di Negara sendiri juga bisa kok. Nggak salah deh kalau Traveloka jadi aplikasi favorit saya saat ini. Semuanya jadi serba mudah dan efisien.  

Jadi, kalau kamu dikasih kesempatan buat ke Jepang, mau berkunjung ke mana aja? Share dong, siapa tau bisa traveling bareng! 🙈

Cheers,

Nesa

You Might Also Like

55 comments

  1. Ingin liburan ke Jepang jadinya, kuy ah Nesa rencanakan heheh kita liburan bersama lagi

    BalasHapus
  2. Wahh..kupengen juga bisa halan2 ke jepang pake multi citi flights nya traveloka. Btw itu initerary tuk brp hari ya nes? Banyak juga ya hehe alias siap2 rogoh kocek yg dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa...
      Kalau ke Jepang, berasa semua jadi mahal. Hhahaa...
      Padahal barang-barangnya itu loo...unik dan cantique.

      Hapus
    2. Itinerary-nya kurang lebih semingguan sih teh. Mungkin kalau budgetnya ada bisa lebih hahaha

      Hapus
  3. mupeengggg ......pingin banget ke Jepang

    trus jalan-jalan diantara bunga sakura yang bermekaran :D

    BalasHapus
  4. Huaaaaa jepang. Salah satu destinasi wisata impianku juga. Aamiin, semoga kita bisa segera menginjakkan kaki di negeri sakura itu. :)

    BalasHapus
  5. Pernah ke Tokyo tapi transit doang. Pengen lagi ke sana tapi byat liburan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah gitu teh. Sekalian liburan selanjutnya dong yaah..

      Hapus
  6. asik euy next halan-halanna ke Jepang neng Lilis makin sibuk hahaha

    btw aku baru tahu nih traveloka multycity jadi pengen install traveloka lagi nih biar makin asik buat travelling

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga pengen neng Lilis ke Osaka apalagi ke wahana Harry Potter seru pastinya

      Hapus
  7. mantul neng Lilis makin sibuk aja nih rencana liburannya ga kaleng-kaleng hahaha..btw aku baru tahu nih fitur multi city traveloka jadi pengen install lagi traveloka deh

    BalasHapus
  8. Wuih ko bisa samaan kita yah, rencana Akhir tahun ini aku juga ada rencana liburan ke jepang nch,,.

    BalasHapus
  9. Waktu ke Jepang beberapa tahun lalu, aku pingin juga Nes...ke Tokyo Tower...
    Karena uda dekkeet banget (menurut kaka).
    Tapi kata bliau, TOkyo Tower gak ada apa-apanya...gausa yaa..

    Dddank~

    Akhirnya,
    gagal.

    Dan aku hanya ke Hiroshima, karena rumah kaka di sana.
    Hiiks~

    Sempet ke Harajuku juga siih...tapi aku gak menikmati, soalnya barangnya menurutku weird.
    ((selain mahal jugak...huhuu~))

    BalasHapus
  10. Tontonannya sama, Nes, studio ghibli dan film favoritnya sama huhuhu jadi kangen film-film studio ghibli, tapi yang pengen ke Jepang malah anakku, Fathan, katanya mau ketemu Ultraman Geed, aya-aya wae nya

    BalasHapus
  11. Akutu sering banget denger soal Studio Ghibli. Dan makin penasaran buat nonton. Akutu juga punya impian keliling Jepang :D

    BalasHapus
  12. Wow jadi pengen menikmati sakura, main ke museum Gibli dan Doraemon juga nih, semoga kita dipermudah buat traveling kesana ya nez aamiin

    BalasHapus
  13. aku sih masih dalam tahap blm begitu tertarik dengan Jepang, tapi kalau kesana pgn ke danau kawaguchi dan gunung fuji yang keren banget...

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  14. Banyak banget ya tempat menarik yang bisa dieksplor di jepang... Seru2, jd pengen juga... Asyik ya bisa pesan multi city flight di traveloka... Praktis banget...

    BalasHapus
  15. Aku kalo ke Jepang, pengen pas musim Sakura mengembang. Biar romantis. Bisa bobogohan sama si dia. Udah lama gak bobogohan romatis begitu. :D

    BalasHapus
  16. Lengkap banget nih review-nya. Jepang itu meski negaranya kecil tapi luar biasa ya majunya.

    BalasHapus
  17. Fitur multy city ini aku barutauu, helpful banget buat yg suka transit2 pas liburan ataupun kerja nih. Bisa mmapir sejenak kan mayan yak yg penting nginjekin kaki dan poto2 sembari menikmati suasana kotanya tipis2, hehe

    BalasHapus
  18. Jepang slh satu negara yg pgn bgt aku datengin, mudah2an kesampean menginjakkan kaki ke jepang, amin

    BalasHapus
  19. Waaahh, Traveloka ada fitur Multi-City? Kereenn buangeettt!
    Aku mau dooong ke Jepang! Pengin ke Museum Doraemon dan destinasi yang Nesa sampaikan di artikel ini. Mauuuk semuaaaa!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  20. Wah kapan yah bisa jalan-jalan ke jepang, sebenarnya udah sering sih mantau harga tiket siapa tahu dapat yang murah tapi balik lagi harus menyesuaikan dengan liburan anak biar liburannya menyenangkan, tapi yang jelas kepingin banget ke Osaka hehehe.

    BalasHapus
  21. Saya dulunya juga kurang suka Jepang. Tapi semenjak saya membaca dan menonton Conan, saya jadi berangan-angan untuk ke Jepang. Terlebih lagi suami saya pecinta Jepang dari dulu. Ya sudah, saya juga makin ingin berkunjung ke sana.


    Sekarang di Traveloka ada menu multi city. Semakin memudahkan kita yang akan traveling dan perlu transig.

    BalasHapus
  22. Aku pengen jalan2 tokyo juga.. Mau nabung juga.. Biar bisa liat keindahan tokyo

    BalasHapus
  23. Amiin.. ah cakeep smua destinasinya. Totoronya gemas ya nes, mau dibawa ajaa rasanya huhu. Jadi ada multi city ya, keren traveloka ya. Makin gampang aja mau liburan 😁

    BalasHapus
  24. Wah wawasan tentang Jepangnya udah komplit banget teh. Jadi semangat ngumpulin pundi2nya. Seruu semuanya! Aseli. Jadi kegambar kalau nanti mau ke Jepang juga bisa manfaatin banyak waktu. Kepengen banget yang universal studio japan di Osaka berasa di Hogwart ketemu Harry Potter, Ron & Hermione 😍

    BalasHapus
  25. Sama mbk, saya juga lagi merencanakan liburan ke Jepang nih. Tapi kayaknya belum tahun ini deh. hee
    Semoga rencana kita sama-sama tercapai y mbk. hihi

    BalasHapus
  26. awalnya saya juga sama Nes ga tertarik sama Jepang, karena pernah jadi penjajah Indonesia kali yah hehe. Tapi setelah liat seliweran foto temen2 yang berkunjung ke Jepang kok saya jadi mupeng juga gitu, kuy ah ke Jepang

    BalasHapus
  27. Wah kebalikan sama aku mba. Sejak kecil pengin liat Jepang. Saya tuh kenal Jepang lewat serial tv OSHIN. Saya suka sama kehidupan mereka yang etos kerja dan teguh menjaga budaya.

    BalasHapus
  28. Toss mbak.....saya juga kalau ke Jepang pengennya ke 3 kota itu, Tokyo, Kyoto, Osaka. Kayaknya emang 3 kota itu yang mainstream buat dikunjungi turis yg pertama kali ke Jepang ya mbak :D

    BalasHapus
  29. Duhhhh...Jepaaaang. Dulu pernah ngebet bgt sekolah di sana. Sampai persiapan bahasa segala. Akhirnya pasrah karena ga tega ninggal ibuk. Skrg pengin banget jalan-jalan aja deh ke sana.

    BalasHapus
  30. Baca postingan ini jadi tambah pengen ke Jepang. Salah satu impian saya nih. Pengen jalan-jalan ke Jepang. kemana aja hayuk lah. Yang penting ke Jepang. Ngebet banget aku yak hahaha.

    BalasHapus
  31. Jepang semuanya lebih mahal tapi untuk mainan second kualitas masih ok dan harganya miring, suamiku kmrn ke jepang beli mainan robot

    BalasHapus
  32. Waaah Jepang,, mau banget lah kalo suatu saat nanti bisa kesana, mampir ke studio Gibli. Aku juga suka film-film nya.

    BalasHapus
  33. Aaaa Jepangg
    aku pengen bisa ke sana juga mbak
    Aku dulu tertarik untuk ke Jepang karena suka nonton Naruto
    Kenal sama mamas, terus dikenalin sama My Neighbour Totoro itu, jadi kepengen deh kapan2 bisa traveling ke Jepangnya, uwuuuuuu

    BalasHapus
  34. Saya juga awalnya kurang tertarik sam Jepang, tapi lama-lama sering lihat pemandangan keren di sana jadinya luluh juga hati mulai kepincut ingin traveling ke sana. Yang paling saya ingin kunjungi ya Gunung Fuji dan Arashiyama.

    BalasHapus
  35. saya belum pernah ke Jepang. Tapi saya memasukkan monuman Hachiko ke daftar yang mau saya kunjungi juga kalau main ke Jepang. tepengaruh filmnya..haha

    BalasHapus
  36. Jepang negara kedua setelah jerman yg aku mo kunjungi teh,, suka bngt sama suasana, bngunan disana, pake traveloka juga bust Cari tiket n klo stay

    BalasHapus
  37. Ke Jepang wajib banget ya ke Fushimi Inara Taisha dan Tokyo Tower. Gak afdol lah mun teu ka dinya mah. :D

    BalasHapus
  38. Aku 2 minggu lagi akan mampir ke Tokyo otw ke New York City. Udah punya list panjang yang mau dinikmati hehe

    BalasHapus
  39. Sejak mengenal kisah hachiko..semakin pengen mengunjungi Jepang. Selain indah pemandangannya,budayanya juga menarik.
    Apalagi sekarang bisa diatur secara online sebelumnya, dengan traveloka misalnya. Aiih pengennya

    BalasHapus
  40. ku pernah foto di Arashiyama versi Jakarta. Hahaha ...
    kalau berkunjung ke 3 kota besar di atas butuh berapa lama ya?

    BalasHapus
  41. Dari dulu punya impian pergi ke Jepang. Sama ya kita. Baca postingan ini liat banyak tempat menarik di Tokyo. Mesti banget beneran ngerancang dan nabung buat ke Jepang.

    BalasHapus
  42. Jepang tu negara favorit anakku waktu kecil...skrg dia pengwn s2 nya di sana..mdh2an aja atuhlah ...😁😁 aamiin

    BalasHapus
  43. waktu ke jepang yg pertamakali, aku lgs book pesawat dr website maskapainya. tp yg kedua kmrn, ku pesen dr traveloka :). dpt murah utk maskapai malaysian airlines.

    tp aku ga nyaranin kalo dr tokyo ke osaka dan kyoto naik pesawat sih. jelas lbh mahal. dan lama sbnrnya. krn naik shinkansen bisa lbh cepet, dan naik bis bisa lbh murah :). aku sndiri lbh milih beli JRPASS pas dj sana supaya bisa ke kota2 lain naik shinkansen.

    dan usahain jgn cm kyoto dan osaka nes :). coba jelajah daerah utara ato ujung selatan jepang. utara cthnya aomori, sendai, itu cakep2 bgt. ato sekalian ke hokkaido kalk mau liat penguin yg dibebasin, bukan dikandangin. aku thn dpn bakal ke jepang lg, dan kmungkinan mau eksplore hokkaido ;)

    BalasHapus
  44. Kak, selama di Jepang pernah pake m-card/x-card dr Jenius ngga? Kira-kira worth it ngga ya pake Jenius di Jepang. Aku rencana mau kesana Oktober besok dan tertarik dgn penawaran Jenius yg bisa pake Yen.
    ditunggu jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo, aku belum jadi berangkat ke Jepang. Diundur jadi 2020. Tulisan ini tentang rencana ke Jepang. Untuk Jenius setau aku memang bisa pakai Yen. Tapi belum tau apakah bisa dipakai untuk transaksi di sana.

      Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe