Pengalaman Belanja di Luar Negeri Menggunakan Jenius

Maret 07, 2019

Larasatinesa.com - Jadi, saya itu punya kebiasaan sebelum traveling ke Luar Negeri, semua uang  tunai yang saya bawa ditukarkan ke money changer dulu. Begitu pun dengan traveling saya sebelum-sebelumnya. Alasannya sih karena nggak mau ribet aja selama di sana, dan yang terpenting saya harus bisa bertanggungjawab dengan uang yang saya bawa itu-mau-nggak-mau-harus-cukup sampai waktunya saya pulang ke Indonesia. Sudah bisa dipastikan dong saya sama sekali nggak pernah tarik tunai atau pun bayar menggunakan debit selama traveling di Luar Negeri. 

Menurut kamu, cara saya ini praktis nggak sih? 
Pengalaman Belanja di Luar Negeri Menggunakan Jenius | Dokpri
Beberapa hari lalu saya baru aja pulang dari Kuala Lumpur, Malaysia. Ini adalah kali pertama saya menginjakkan kaki di Negeri Jiran. Saya pun nggak nyangka kalau di sana bakalan kalap belanja sampai kehabisan uang ringgit di tengah perjalanan. Baru kali ini saya ngerasa bingung ketika traveling di Luar Negeri. Walaupun teman-teman saya mungkin ada yang masih punya ringgit, saya sungkan banget buat pinjam. Habisnya gimana nggak kalap, KL ini isinya Mall semua. Hahaha!

Baca Juga: Malaysia Trip Day 1: Hello, Kuala Lumpur!

Saya lalu membuka dompet, melihat beberapa kartu ATM yang ada (padahal cuma punya dikit! 😂). Dan pandangan saya tertuju pada debit card berwarna oranye bertuliskan JENIUS. Ya ampun.. kenapa saya bisa sampai lupa kalau punya Jenius! Akhirnya tanpa pikir panjang, saya pakai Jenius untuk bayar-bayar belanjaan saya selama di Kuala Lumpur.

Apa itu Jenius?

Jenius merupakan bagian dari Bank BTPN. Jenius terdiri dari aplikasi dan kartu debit (tidak ada buku tabungan). Selain untuk mengelola kartu debit, di Jenius app kita dapat melakukan aktivitas-aktivitas dalam mengelola keuangan sehari-hari lainnya secara online.

Hello from Kuala Lumpur!
Sudah hampir  2 tahun belakangan saya berkenalan dengan Jenius. Awal mula pakai Jenius sebetulnya hanya sebatas tuntutan pekerjaan. Kantor saya memberlakukan semua pegawai wajib pakai Jenius untuk memudahkan segala keperluan pekerjaan. Tapi setelah tahu banyak sekali kelebihan si ATM oranye ini, saya jadi semakin terbantu.


Kartu Debit Jenius

Bagaimana Cara Jenius Mengelola Keuangan Sehari-hari?
Semua ini nggak lepas dari semua fitur-fitur Jenius yang super keren. Mari saya bahas satu-persatu;

PAY



Send it adalah fitur untuk kirim uang ke perorangan, group, membayar tagihan (listrik, internet, telepon) dengan pilihan menu penjadwalan atau pembayaran berulang. Saya lumayan sering menggunakan fitur ini terutama untuk kirim-kirim hadiah pemenang kuis klien saya dan juga untuk keperluan belanja online shop.



Pay Me adalah solusi untuk menagih uang tanpa sungkan. Kirim permintaan uang ke sesama Jenius menggunakan $Cashtag, atau buat yang belum pakai Jenius bisa menggunakan nomor handphone / alamat email.



Split Bill adalah solusi buat kamu bisa bagi tagihan makan atau bagi uang patungan dengan adil ke sesama Jenius dengan $Cashtag, atau dengan nomor handphone/alamat e-mail ke yang belum pakai Jenius.


Jenius Pay adalah Jenius Pay adalah cara baru bertransaksi online menggunakan $Cashtag sebagai identitas pembayaran tanpa perlu kartu debit atau kredit. Melalui dua langkah sederhana, yaitu request atau mengirim permintaan uang dan pay atau membayar permintaan uang, kamu bisa lebih cepat melakukan transaksi.


e-Wallet adalah fitur dompet elektronik yang bisa kamu top up saldo dengan nominal fleksibel dan menambah/mengatur hingga 10 e-Wallet tanpa langkah panjang. Hayoo siapa di sini yang udah beralih belanjanya pakai e-Wallet? Lebih praktis kan daripada bawa uang tunai?

SAVE

Flexi Saver adalah tabungan fleksibel berbunga setara deposito yang bisa disetor dan ditarik sesukamu. Dengan Flexi Saver, dapatkan bunga 5% p.a. tanpa saldo minimum dan tanpa periode tertentu. Bunga dihitung harian dan dibayarkan setiap bulan.

Dream Saver adalah tabungan untuk tujuan spesifik berbuga 5% p.a yang bisa kamu gunakan untuk mencapai impian seperti traveling ke luar negeri atau membeli gadget baru

Maxi Saver adalah deposito berjangka berbunga hingga 6.5% p.a yang bisa kamu buat, atur, dan cairkan sendiri dari aplikasi Jenius di Smartphone kamu.

CONTROL

In & Out adalah fitur dimana kamu bisa melihat semua transaksi (internal dan eksternal) di Saldo Aktif bisa ditelusuri dengan detail (besar transaksi, kategori transaksi, rentang waktu transaksi, dan tipe transaksi). Kamu juga bisa melihat daftar permintaan uang/pengiriman uang yang sudah dijadwalkan. Bukti transaksi yang ada di fitur ini bisa kamu download dengan format PDF lho bila dibutuhkan.


Notifikasi transfer ke beda bank tanpa biaya admin (nama-nama penerima saya hapus ya)
Card Center adalah fitur untuk mengontrol dan mengelola kartu debit kamu dalam hitungan detik. Agar pengeluaran kamu nggak kebablasan, kamu bebas mengatur saldo kartu sesuai kebutuhan. Lakukan top up untuk menambah saldo dan pilih refund untuk mengembalikan uang ke Saldo Aktif. Kamu juga bisa mengatur limit belanja dan limit penarikan harian untuk setiap Kartu Debit Jenius. Ini berguna banget buat yang lapar mata kalau belanja. Hahaha!

E-Statement adalah seluruh catatan transaksi keuangan yang kamu lakukan di Jenius app maupun Kartu Debit Jenius bisa dilihat dan di-download dari fitur Statement dalam Jenius app. Kamu juga bisa mengirim e-Statement ke e-mail, SMS, atau aplikasi chatting jika dibutuhkan. 

ACCESSIBILITY

Jenius Keyboard merupakan fitur terbaru yang makin memudahkan dari Jenius. Akses Jenius lebih mudah dan cepat tanpa membuka app atau web. Sekarang kamu bisa melakukannya langsung dari keyboard smartphone! Mengirim/menagih uang dan mengirim bukti transaksi bisa dilakukan sambil berinteraksi di aplikasi chatting, tanpa membuka Jenius app. Saat ini Jenius Keyboard baru tersedia untuk Android.

Pengalaman Belanja di Luar Negeri Menggunakan Jenius
Singkat cerita ketika saya kemarin kehabisan uang ringgit, saya langsung pakai Jenius untuk melakukan transaksi berikutnya. Dan ada 2 pilihan cara menggunakan Jenius ketika di Luar Negeri; 

Tarik Tunai ATM di Luar Negeri
Saya akhirnya sadar kalau cara saya buat tukar uang di money changer sebelum traveling itu nggak praktis. Saya seharusnya melakukan tarik tunai dengan Kartu Debit Jenius di Luar Negeri yang tergabung dalam jaringan Visa. Dengan begitu, saya nggak perlu lagi memikirkan berapa banyak uang tunai yang harus saya bawa. Jadi, begitu perlu uang tunai, saya hanya tinggal mencari ATM dengan logo Visa terdekat. Untuk biaya ATM Visa dikenakan 25000 rupiah. Masih wajar kan ya, apalagi kalau ambil tunai di sana rate currency-nya lebih bagus. Saya nggak perlu repot hitung nominalnya lagi, karena nominal yang muncul di ATM adalah currency real time di negara tersebut yang nantinya akan langsung ter-convert ke rupiah di fitur In & Out Jenius app. Bener-bener anti ribet!


Bayar pakai Debit Jenius di merchant berlogo Visa manapun di seluruh dunia
Malaysia dilihat dari sejarahnya merupakan negara yang 30 tahun lebih maju ketimbang Indonesia. Ini juga berpengaruh dengan sistem transaksi perbankan yang dipakai. Di Kuala Lumpur sendiri karena banyak pusat perbelanjaan, semua transaksinya sudah Internasional menggunakan kartu debit. Terhitung 3x saya menggunakan kartu debit Jenius untuk membayar belanjaan saya selama di sana. Caranya sama seperti pada umumnya, bisa gesek, tap, scan atau memasukan kartu ke mesin EDC dengan koneksi jaringan Visa yang kemudian nanti kita tinggal ketik pin ATM-nya aja. Dan yang lebih keren adalah  tidak ada charge tambahan pas melakukan transaksinya. Nominal yang masuk ke Jenius app hanya nominal konversi dari mata uang asing ke mata uang rupiah. Wagelaseh, praktis banget!

Sementara untuk rate currency tiap bank pastinya berbeda-beda. Kalau menurut saya rate currency Jenius ini masih standard, ratenya dekat dengan rate real time pada waktu itu 1 RM = Rp.3527. Semua sudah ter-convert tanpa harus saya hitung lagi. Bisa lihat di fitur In & Out di Jenius app berikut ini.


Pertama kalinya belanja di KL pakai Jenius!


Notifikasi belanjaan dari Jenius app

Rate currency real time

Notifikasi belanjaan selama di KL yang langsung ter-convert dalam rupiah


Belanjaan kedua~

Belanjaan ketiga~

SECURITY
Meskipun Jenius ini nggak punya buku tabungan dan hanya punya aplikasi, untuk masalah keamanannya nggak usah diragukan lagi. Jenius merupakan bagian dari bank BTPN yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Terdapat 3 jenis keamanan yang ada di Jenius app, diantaranya:



Otentikasi 2 Tingkat
Jenius ini punya otentikasi 2 tingkat yaitu PIN dan Password. Gunanya untuk menjaga keamanan dalam mengakses dan melakukan aktivitas financial di Jenius App. PIN untuk masuk ke dalam aplikasi, sedangkan Password digunakan sebelum melakukan aktivitas financial.



Sidik Jari
Jenius app dilengkapi juga dengan sensor fingerprint sebagai keamanan tambahan untuk meminimalisir penyalahgunaan aplikasi. Nah, ini dia yang bikin saya aman dan nyaman menggunakan Jenius app, karena tidak sembarang orang bisa mengakses sebelum ada sidik jari saya. 



Keamanan
Kalau nih sampai kejadian kartu debit Jenius saya hilang, saya bisa blokir atau membuka blokir kartu dari aplikasi untuk mengamankan kartu yang hilang tsb. Saya harap sih ini nggak bakalan terjadi ya. 


Cara Membuat Kartu Debit Jenius

Karena waktu itu saya membuat Jenius kolektif dengan teman-teman kantor (sekitar 10 orang), jadi kami bisa menghubungi staff Jenius terdekat untuk datang ke kantor dan membantu membuatkan akun Jenius. Registrasinya mudah hanya dari smartphone, tanpa ke bank. Prosesnya setiap orang memakan waktu 15 menit untuk memasukkan semua datanya. Cukup siapkan e-KTP dan koneksi internet. Untuk membuat rekening Jenius, kamu nggak perlu punya saldo lho. Setelah semua tahapan selesai, kartu debit akan dikirim ke alamat yang sudah didaftarkan dalam jangka waktu 1-3 hari aja. Lebih mudah, cepat, dan aman ya.

Atau kamu juga bisa datang ke counter Jenius yang ada di beberapa Mall Kota Bandung; Trans Studio Mall, Ciwalk, Paris van Java, dan Paskal 23. 

PS: Saya dong tiap lewat counter Jenius di Mall langkahnya sengaja dilambat-lambatin gitu. Biar kalau ditanya udah punya Jenius apa belum, saya bisa langsung keluarin kartu debit Jenius saya ke staff-nya. Haha!

***

Buat kamu yang mageran ke bank, mau belajar mengelola keuangan, suka belanja online, sedang ingin menabung sungguh-sungguh, sering traveling, dan ingin hidupnya lebih dimudahkan wajib banget punya Jenius. Saya sudah benar-benar merasakan manfaat; menabung, melakukan transaksi transfer, sampai belanja di Luar Negeri menggunakan Jenius semuanya praktis. Beban hidup saya jadi makin ringan semenjak ada Jenius. 😆

Yakin nggak mau punya Jenius juga? 


Cheers,
Nesa

You Might Also Like

110 comments

  1. Wah saya jadi kepikiran bikin Jenius juga Nes, lumayan kan yah bisa belanja di luar negeri, kalau ada yang jastip kan asik bisa transfer ke jenius dan ga usah kita tuker ringgit, mantul ini. Thanks informasinya Nes langsung ku mau apply Jenius ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan pisan kan teh, udah lihat sendiri lah ya kemarin pas di sana. Cuss bikin dulu nanti kita buka jastip haha

      Hapus
  2. ih keren banget udah ada card ini.
    kalo keluar negeri gak pusing deh uangnya cukup apa enggak semuanya tenang kalau ada jenius. fiturnya juga keren dan yang paling kusuka adanya fitur ewallet. bisa pakai kapan aja ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis banget kan mba, emang Jenius mah lengkap dan menyenangkan semua fiturnya haha

      Hapus
  3. BUka rekening di Jenius ini saldo awalnya berapa, Nes?

    BalasHapus
  4. Emang mantep banget ya pakai Jenius. Jalan-jalan juga nyaman dan aman kalau transaksi belanja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju.. penyelamat hidup banget Jenius ini haha

      Hapus
  5. Nesa jalan jalan terus kapan kerjanya???? Sahut spanduk pecel lele samping rumah hahaha tapi suer ya nez amaze sama jenius sungguh memudahkan hidup wkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, teteh juragan harus punya nih Jenius

      Hapus
  6. OMG sepertinya ingin berkenalan lebih lanjut dg Jenius. Kemaren ke SG tumbenan kehabisan tunai tapi nggak bisa debit atau bahkan tarik tunai. Hampir aja bobok di Siloso Beach wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bobok di Siloso berselimut pasir pantai ya kak hahaha, cuss bikin mamtir perlu banget tuh

      Hapus
  7. Wah jenius ini memudahkan kita buat transaksi di luar negri ya jadi mantap buat bikin rekening ini

    BalasHapus
  8. tau jenius dari dulu tapi baru tau sekarang ternyata manfaatnya sebanyak itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah tau kan teh, ayo bikin Jenius :))

      Hapus
  9. Canggih juga ya.. aku baru tau kl jenius ini bagian dr btpn. Dan salut juga btpn bisa secanggih ini juga.. btw banyak euyyy belanjaannya tteh hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, ini mah belanjaan orang da Nis, bukan aku aja :p

      Hapus
  10. Emang cuco banget yah si jenius ini. Aku udah pake 2 tahun dan ngerasain manfaatnya banyak banget. Oke deh noted yah busa leluasa dipake di luar negri

    BalasHapus
  11. Wah, multifungsi juga ya Jenius ini. Kayaknya pak suami kudu punya deh. Secara, dia mah ribeeet. Ke mana2 kalo transaksi kudu ini itu. Termasuk nukar mata uang juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah perlu bikin teh, biar memudahkan transaksi kalau kemana-mana

      Hapus
  12. wah keren banget ya teh..
    memudahkan kita banget, pengen bikin hihi

    BalasHapus
  13. Wah ternyata Jenius bisa dipakai juga untuk bertransaksi di lur negeri ya. Jadi makin tertarik untuk pakai Jenius agar nggak ribet lagi kalo mau nabung, kirim uang atau belanja online :D

    BalasHapus
  14. Jenius memang banyak keuntungannya. Diantaranya ya ini..bebayaran di luar negeri gampang sekali.
    Karena kalau bayar pakai credit card bisa kena surcharge, kalau pakau Jenius yang debit Visa real time hitungannya.
    Jenius beneran Jenius memang yaaak . Sukaaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Dian sudah punya kah? sepertinya udah tau betul yah hehe

      Hapus
  15. Wah, kok jenius banget ya Mbak si Jenius ini? Hehe. Bisa bikin praktis mengelola keuangan gitu. Iya ya, hidup jadi lebih ringan juga kalau kayak gini.
    TFS, Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes praktis Mba, ayo bikin Jenius juga :)

      Hapus
  16. Praktis banged jadinya yaa, jadi pengen bikin jadinyaaa, tp kapan keLN nya yaa 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak harus buat ke LN kok teh, Jenius bisa dipakai buat atur keuangan sehari-hari :)

      Hapus
  17. sekarang bisa belanja pake Jenius di luar negeri ya, sepraktis itu lho ternyata. duh jadi tertarik bikin akun Jenius deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin teh, apalagi teh aie kan sering jalan-jalan juga hehe

      Hapus
  18. Ternyata bisa digunakan di luar negeri juga ya. Baru tahu. Kalau gitu praktis banget ya nggak perlu tukar-tukar valas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, mau lebih praktis di LN belanjanya pakai Jenius aja

      Hapus
  19. I haven’t really use this application before but it looks very versatile. I bet it’s practical and safe to have a transaction abroad right?

    BalasHapus
  20. Wah makin kepengen bikin kayaknya ngebantu banget urusan kita yaaa mbak

    BalasHapus
  21. Sesuai namanya "jenius", segala urusan pun dibikin jenius

    BalasHapus
  22. wah asyik itu dan praktis ya

    BalasHapus
  23. aku juga punya jenius cmn blm ngerti cara pakainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget kalau dianggurin atuhlah :))

      Hapus
  24. Lengkap banget yaa teh.. gaperlu ribet tuker tuker uang kalau lagi hulidey.. kepo nih pe gne bikin juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes prakti, udah jangan kelamaan mikir langsung bikin aja haha

      Hapus
  25. Praktis ya mba, fitur2nya juga banyak. Tapi aku blm punya rekening di btpn...

    Pindahan rekening bank dulu berarti ya, klo mo punya jenius?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, aku pun sebelumnya belum punya BTPN. Nggak harus pindah bank dulu kok. Langsung daftar Jenius itu otomatis udah masuk BTPN :)

      Hapus
  26. Nyesel banget kemarin sy kenapa gak buka rek jenius jg.. Banyak banget kelebihannya. Dan gak potong sana sini. Jiwa mak ngirit saya teriris-iris. Hiks.. *apaan sih

    BalasHapus
  27. maoo ih, bebrapa travelgram yg aku follow juga pake Jenius, sebegitu mudah dan recomanded . tapi ada setoran awal gt ga teh? apa bnr2 bisa 0 saldo awalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sebelum travelgram itu pada promoin aku udah pake Jenius dong :))
      Iya nggak ada setoran awal, saldo 0 bisa bikin Jenius.

      Hapus
  28. walopun rutin traveling, tp jujur aja nes, aku termasuk yg msh kuno, bawa uang tunai :D aku ga suka tarik tunai pake atm krn ada konversi rate dan ada biaya adminnya :p. palingan yg aku pake kalo terpaksa banget CC itupun yg berlogo master. karena kalo dibandingin ama Visa, pasti lbh mahal visa ratenya :D. aku udh bandingin ama kartuku yg visa dan mastercard.

    kmrn ke jepang, aku jg bawa tunai tuh, lumayan gede. tp ga disimpen dlm 1 tempat lah. aku pisah2.. alhamdulillah 11 thn traveling blm pernah kecopetan :p. tp aku akuin utk banyak org, caraku ga praktis. tp memang aku lbh seneng gitu. lbh terkontrol juga. jd mau ga mau, ya hrs cukup. harus stick to the budget. utk emergency, ya aku udh siapin tunai nya juga. Intinya CC aku pake dlm kondisi over dr emergency :p.

    kalo kartu jenius, jujurnya aku punya. tp ga diisi hahahahha. wkt itu bikin ini cm krn bantuin temen supaya dia achieve target aja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Fanny isi aja deh Jeniusnya, sayang kalau dianggurin gitu. Ini asli manfaat banget, apalagi buat mba Fan yang sering ke LN, kepake banget!

      Hapus
  29. wahh baru tahu bisa dipake di luar negeri. wktu umroh aku sampe bawa cash banyak krna katanya pake atm or gesek kena charge mayan gede. install jenius ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah install app nya jangan lupa daftar Jenius ya mba haha

      Hapus
  30. hohoho..mantap niy mbak kartunya, tapi tetap kudu punya uang tabungan buat diisikan di kartu ini kan mbak? hehehehe..baiklah nabung dl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin dulu aja sih mba, karena nggak perlu pakai saldo. Selanjutnya baru deh buat nabung :)

      Hapus
  31. Aku juga pakai Jenius. Awalnya karena mau bikin tabungan buat anak, eh suami nawarin gimana kalau buka tabungan Jenius. Laaahh jadi ketaguhan dong sekarang. Seneng banget! Keuangan jadi lebih teratur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang praktis ya teh ada debit bersama juga buat keluarga. Mantap emang!

      Hapus
  32. Untung ada Jenius ya, jadi acara belanja-belanji di KL bisa lancar tanpa kendala.
    Yang bikin senang itu, transfer ke mana-mana pakai Jenius, gak ada potongannya ya, asyik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, bisa transfer selama sebulan tanpa pemotongan ke rekening manapun, kuota 25x :D

      Hapus
  33. Wah semakin mantap nih aku pengen bikin Jenius, baru tau loh aku ini bisa digunakan di luar negeri. Ini bisa untuk pemakaian semua negarakan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dipakai untuk pembayaran di semua negara yang ada logo Visa ya mba

      Hapus
  34. Cucok banget nih ya dipake untuk segala transaksi, termasuk di luar negeri. Ga perlu pusing lagi cari money changer yang letaknya entah dimana kita tak tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya money changer di airport dan pusat perbelanjaan ada sih mba, tapi males aja gitu. Mending gesek langsung hihi

      Hapus
  35. Nesaaa eeunk..jelonk-jelonk seru ke KL.
    Cakeepp~

    Dan lebih cakepnya lagi...ada kisah bersama si Jenius yang bisa memudahkan segala transaksi selama di LN.
    Amaann...liburan yaa, Nes..
    Berasa di rumah sendiri.


    **ati-ati kecantol bule..hiihii~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya aku tuh udah punya Jenius lama tapi baru ngerti sekarang. Eh.. itu mah gausah dibilangin aku udah kecantol sama babang bule kali teh :))

      Hapus
  36. wah bisa dipakai di luar negeri juga ternyata..
    keren ya...
    wajib punya nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perlu banget buat Mba Yessi yang sering bolak balik LN :)

      Hapus
  37. Aku pakai Jenius juga mbak, paling suka menu saving2nya itu, trus kalau mau bayar2 gak ribet gtu, cukup praktis.
    Wah ternyata bisa dipakai buat bayar2 kalau ke negeri tetangga ya, makasih infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess mba, kalau ke LN praktis tinggal bayar-bayar pakai Jenius aja hehe

      Hapus
  38. Aduh aku ngebayangin mbak yang jalannya melambat di depan counter jenius itu auto ngakak mbak. Bisa2nya kepikiran iseng gitu. Hahaha. Btw, ternyata jenius bisa dipake belanja di luar negri ya, wah semakin praktis aja nih jalan2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya mba suka jadi auto lambat gitu kalau ketemu counter Jenius :))

      Hapus
  39. Aku biasanya tunai mau DLK atau waktu pas ke KL itu alasannya ngeri kalau ada konversi gitu dan lebih ngeri kalau kalap belanja hahaha..

    uda donlod Jenius juga di hp cuman aku males selfie sama KTP-nya jadi belum lanjutin lagi deh menikmati fitur jenius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naha males atuh teh hahaha, sok lengkapin gera moal nyesel punya Jenius apalagi teteh sering DLK dan siapa tau dalam waktu dekat ke LN juga hihi

      Hapus
  40. Jadi pengen pake Jenius nih, soalnya aku belum pake jenius. Kali ajakan nanti bisa jalan-jalan keluar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banget mba punya Jenius, aku sekarang bisa nabung gara-gara Jenius juga haha

      Hapus
  41. Aku to mba kudet banget baru tahu tentang jenius ini. Ya ampun . Tahu banyak manfwatnya aku udah bikin dari dulu ke btpn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kalau Jenius bikinnya nggak perlu ke Bank mba, cukup dari smartphone dan lengkapi identitas. Gampang banget pokoknya.

      Hapus
  42. Eike jadi pengen bikin si jenius ini kaaan.. ah KZL hahahah ntar tambah banyak belanja gegara ini gimanaaa, tanggung jawab neng lilis hahahha XD Enak banget ini kalau pergi2 keluar bisa pake jenius, etapi pasti di Cina mah ngga bisa hahah, wong CC biasa aja kagak bisaa sediiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mih, punya aja we dulu.. Belanja sama Jenius mah bisa di kontrol. Di negara mana aja bisa aja kok mih asal merchant nya Visa :D

      Hapus
  43. Thank you sharingnyaaaa mbaaak, jd pengeen bangeeet punyaa rekening jenius. wajib bukaa nih pas balik indo :) pengen regis dr sini tp no indo udah mati hiks TT

    BalasHapus
  44. Aku juga biasanya bawa uang cash kalau traveling. Pernah juga akhirnya karena mepet sisa cash cuma sedikit akhirnya tarik tunai deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada tarik tunai sekarang pakai Jenius aja mba :D

      Hapus
  45. Syusah buat ga shopping syantik ya sis? Wkwkwkkw. Btw aku udh lama bgt pengen bikin tp wacana mulu deh. Tertarik skaligus kepo bgt nih sama flexi savernya. Biar byk savingnya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aseli nggak kuat sama merchant bacaan Visa di sana sis, kuy bikin nanti kita traveling bareng lagi udah pada pake Jenius haha

      Hapus
  46. Aku juga banyak pake Jenius sekarang. Tapi terutama e-card nya sih, buat mesen tiket sama hotel :D

    BalasHapus
  47. Wah, manfaat banget ya pakai Genius. Aku kemarumin baru tanya tanya ke temen pas mau bayar promot IG tuh, katanya praktis pakai Genius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, mau beralih ke Jenius juga nggak nih kira-kira? Hehe..

      Hapus
  48. Yang menguntungkannya ini karena bisa belanja by debit. Iya selain bisa untuk tarik tunai di ATM ya. Saya pun kalo pergi lebih suka ngitung duit cash untuk selama di sana, tapi ya mana tau ketika lapar mata, haha... Kurs-nya cukup rendah juga ya ketika by debit. Kemarin beli di sini udah di 3.550, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan kan mba, nggak beda jauh kursnya.. memang mantap nih Jenius dibawa kemana-mana hehe

      Hapus
  49. Jadi pengen buka rekening di Jenius, banyak juga ya manfaatnya.

    BalasHapus
  50. PIN kartu sm PIN Yg di aplikasi sama atau beda

    BalasHapus
  51. charge hanya dikenakan jika tarik tunai saja ya mbak ?, selebihnya kalau belanja transaksi pakai mesin EDC gratis. benarkah demikian ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes betul mbak yang dikenakan charge hanya untuk tarik tunai ATM, untuk transaksi mesin EDC merchant VISA nggak ada tambahan biaya lagi.

      Hapus
  52. nah ini informasi yang gw cari thanks

    BalasHapus
  53. Wah makasih banyak infonya mbak. Tanya dong, buat naik transportasi umum (mrt,lrt,bus) di sana bisa langsung tap in pake jenius ga ya? Soalnya klo di singapura udah bisa langsung tap in pake kartu jenius. Kan makin praktis tuh klo bisa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo kak, kalau untuk tap in transportasi umum di KL saya belum coba. Kemarin saya juga baru tau kalau di Singapore ternyata bisa. Mungkin bisa ditanyakan ke CS Jenius buat memastikan :)

      Hapus
    2. Saya pernah baca blog yang bilang klo Jenius bisa dipakai buat kereta bandara KLIA ke KL central dan sebaliknya, tinggal scan ke mesin PayWave, gak perlu antri beli tiket

      Hapus
    3. Thank you kak udah bantu jawab

      Hapus
  54. Mba belanja pakai mesin edc tuh ga perlu setting di applikasi ya? Trus itu saldonya yg ketarik yg di debit card apa e-card?

    BalasHapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe