#ExploreJogja: Wisata Sejarah ke Istana Air Taman Sari Yogyakarta

Desember 14, 2018

Larasatinesa.com - Saya kayaknya nggak akan pernah bosan deh kalau diajakin traveling ke Yogyakarta. Tahun ini saya bersyukur bisa balik lagi ke Kota Gudeg ini, yaa walaupun urusan kerjaan tapi seenggaknya saya bisa liburan tipis-tipis. 

Tahun lalu, ada salah satu tempat bersejarah di Yogyakarta yang tiba-tiba jadi hits gara-gara dipakai foto pre-wedd oleh putri orang nomor satu di Indonesia, yaitu Bapak Presiden Jokowi. Mbak Kahiyang dan Mas Bobby sempat melakukan foto pre-wedd di Taman Sari Yogyakarta. Sumpah fotonya sederhana tapi mantul, Indonesia-nya dapet banget! Saya yang beberapa kali pernah ke Yogyakarta aja nggak ngeuh kalau Taman Sari sebagus itu. Beruntung nih akhirnya saya bisa berkunjung ke sana.

Umbul Binangun, Taman Sari Yogyakarta

Istana Air Taman Sari terletak di Jalan Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan Yogyakarta. Pada mulanya Istana Air Taman Sari dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1758-1765 dengan tujuan menjadikannya sebagai tempat rekreasi untuk para keluarga kerajaan. Namun selain menjadi tempat rekreasi, tempat ini juga merupakan benteng pertahanan yang sudah berdiri sejak zaman dahulu. Sekarang Taman Sari telah menjadi salah satu tempat wisata sekaligus cagar budaya sejarah yang telah dilestarikan dan dirawat oleh pemerintah setempat.

Saya sampai di Taman Sari sekitar pukul 8 pagi dan masih tutup. Haha. Tampak banyak turis lokal maupun asing yang menunggu loketnya buka. Untuk biaya masuknya murah banget cuma Rp.3000,- /orang, kalau kamu bawa kamera mirrorless atau DSLR tinggal nambah Rp.3000,- lagi. Saya sama teman-teman sengaja datang pagi supaya agak sepi, tapi ternyata malah sudah ramai. FYI guys, kalau kalian bingung dan butuh penjelasan berbagai tempat di sini nggak perlu khawatir, karena ada guide yang siap menemani. 



Dan supaya nggak bingung, saya kasih panduan bagian-bagian Taman Sari yang wajib kamu datangi:

1. Danau buatan yang ada di sebelah barat
2. Umbul Binangun (bangunan yang ada disisi sebelah danau buatan)
3. Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati
4. Pemandian memanjang dari Umbul Binangun sampai Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, merupakan danau dengan pulau buatan serta jembatan gantung dan kanal
5. Lorong Masjid Bawah Tanah (lorong ini instagram-able banget!)
6. Masjid Bawah Tanah (tempat favoritnya para wisatawan)


Lorong Masjid Bawah Tanah
Sebelum traveling, saya biasanya hunting dulu tiket pesawat murah. Walaupun ke Jogja kali ini bisa dikatakan perjalanan dinas (yang dibayarin kantor. Haha!), tapi kan lumayan juga kalau saya bisa dapat tiket pesawat promo. Hihi. Dan saya pun nggak sengaja cek tiket pesawat ke Jogja di website PegiPegi. Wihh.. nggak nyangka lagi banyak promo dong.


Tampilan fitur cari tiket pesawat di website atau aplikasi PegiPegi


Mau cara gampang? Nih udah langsung muncul kalender + harga tiket pesawatnya
Tara... langsung muncul deh maskapai + jadwal penerbangan yang tadi udah kita pilih tadi. Selanjutnya tinggal ikutin stepnya. 


Saya suka sama aplikasi PegiPegi ini karena memudahkan saya untuk memesan semua kebutuhan traveling. Selain untuk pesan tiket pesawat, PegiPegi juga menyediakan fitur pesan tiket kereta api dan juga hotel. Bener-bener praktis. Oh ya, ada lagi fitur yang bikin gemas. Karena tujuan saya ke Yogyakarta, PegiPegi dengan baiknya memberikan info seputar Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, Informasi umum, sampai ke Tips Bepergian di Yogyakarta.


Info Bandara Tujuan

Info ini berguna banget!

Cek Promo Bulanan~


Terus nih, kalau kamu ngerasa takut ketinggalan info tiket pesawat promo, jangan sedih.. PegiPegi langsung tuh kasih info promo bulanan, kamu tinggal klik aja buat kepoin bulan-bulan promonya, siapa tahu bulan kamu ulang tahun ada promo. Hihi.. 

Gimana? Udah pada kangen Jogja belum, nih? 


Cheers,
Nesa

You Might Also Like

30 comments

  1. Kangen banget! Nanti kalo ke Jogja pengen deh main ke Taman Sari 🤗

    BalasHapus
  2. Sangat disayangkan, tidak mampir ke sini waktu ke Jogja kemaren :(

    BalasHapus
  3. Wihhh kereenn.. kalau ke Jogja lagi kabar2 nesa, nanti saya bantu explore jogja :)

    Saya pemuda jogja, yang sering ke Bandung :))

    BalasHapus
  4. next time pengen traveling ke jogya juga nih. harus banyak traveling di tahun 2018 hihihi biar awet muda

    BalasHapus
  5. Ortuku tinggal di dekat Jogja, tapi aku belum pernah ke Tamansari ini hiks

    BalasHapus
  6. aku udah berapa kali ya bolak-balik ke Yogya,
    tapi tetep aja masih banyak tempat yang belum sempat didatangi!
    -__-"

    BalasHapus
  7. Iya nih, penasaran dengan Tamansari. Waktu ke sana cuma ke lorong mesjid bawah tanahnya aja & keliling perkampungan sekitar situ.

    BalasHapus
  8. Aku udah beberapa kali ke Jogja dan belum pernah ke Taman Sari. Pengin banget ke sana hiks

    BalasHapus
  9. Serasa jadi putri keraton deh saat di taman ini hehehe

    BalasHapus
  10. Tiketnya murce nih dengan tempat sebagus itu. Aku beberapa kali ke keraton malah belum pernah ke Taman Sari.

    BalasHapus
  11. Belum pernah kesana. Pengen deh coba ke istana air Yogya 😍

    BalasHapus
  12. Wah, di Taman Sari juga banyak tempat yang bisa disinggahi ya. Aku kira cuma itu aja tuh, yang danau aja. Noted deh buat nanti main kalo ke Jogja.

    BalasHapus
  13. Kenapa bawa kamera mesti bayar ya? Hehehe

    Pegi-pegi lumayan nih harga promonya memang lebih murah

    BalasHapus
  14. Aku belum pernah ke Taman Sari. Ahhhh, cantik banget tempatnya ya. Even bangunan lama tp ttp indah.

    BalasHapus
  15. Udah kangen! Wkwkwk. Jogja emang gak abis-abis buat dijalan-jalanin. Walo udh beberapa kali ke sana, mau da balik lagi :D

    BalasHapus
  16. Terakhir ke Jogja waktu hanimun, itupun cuma numpang lewat doang, soalnya tujuannya ke Magelang.. hehe. Next ah mau ke jogja pake pesawat biar cepet nyampe

    BalasHapus
  17. Fotonya bagus-bagus teh, bikin pengen kesana jadinya hehe

    BalasHapus
  18. Pake pegi pegi emang selalu ada promo ya teh

    BalasHapus
  19. Wahh informatif banget mba.. kebetulan emang lg pngen ke jogja... Mksh y mba

    BalasHapus
  20. Makasih buat referensi tempat wisata kerennya. Ga mesti jauh-jauh pulak.

    BalasHapus
  21. Waktu main ke Yogyakarta aku belum sempet kesini padahal disini kita bisa main sambil belajar sejarah yaa ditambah disana banyak spot foto yang kece hehe

    BalasHapus
  22. Pegi pegi salah satu yg nawarin hotel atau tiket dengan harga termurah dibandingin yg lain mhehe jadi ingin liburan..cocok nih akhir taun:)

    BalasHapus
  23. Padahal ampir tiap taun ke jogja tapi jujur deh aku belom pernah mampir k taman sari.. explorenya malah yang jauh-hauh semua heheh

    BalasHapus
  24. Aku belom pernah main ke Taman Sari. Kalo ke Jogja, mainnya ke tempat belanja. Ihiks... payah ya. Nanti kudu kayaknya ke sana. :)))

    BalasHapus
  25. Jogja memang mantuuul buat dikunjungi tiap liburan tehnes haha. Aku bahkan gapernah bosan, apalagi pas adikku kuliah do Jogja, udah deh jadi ada alasan piknik tipis2

    BalasHapus
  26. Aih megah ya. Aku yang di Jogja malah belom pernah ke sini huhu

    BalasHapus
  27. Jadi pengen ke yogya pake pegi pegi biar murmer hihi

    BalasHapus
  28. Aku jadi pengen ke JOgja lagi mba. Aku nggak sempat explore banyak di Taman Srai tapi cukup tuh buat foto fotoan :)

    BalasHapus
  29. Kangeen banget secara dulu sempat tinggal lima tahun di kota ini. penuh kenangan masa dewasa muda dan tahun pertama pernikahan. BTW, selama lima tahun di Jogja, saya malah belum pernah ke Taman Sari. Baru singgah ke sini tahun 2014 dulu. Hehehe..

    BalasHapus

Hi, terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe