Sejarah Nama Neisia Larasati

September 05, 2017

Larasatinesa.com - Dulu sewaktu saya lahir, Ibu dan Ayah saya sama sekali belum menyiapkan nama untuk saya. Pas udah ada wujudnya dalam bentuk bayi yang lucu barulah kepikiran buat namain saya. Saya jadi bingung, sebenernya mereka ini niat nggak sih menghadirkan saya ke dunia ini. Padahal saya anak pertama. Harusnya kan excited gitu, hahaha!
SWAG baby circa 1991 😂
Menurut cerita dari Ibu, dulu banyak calon nama bayi yang akan diberikan pada saya, si bayi yang lucu (1) ini. Sedikit info, saya lahir dari kedua orang tua berbeda suku, yaitu Jawa-Batak. Ada banyak perdebatan kecil yang terjadi sebelum keluarga memberikan nama untuk saya. Karena yang Batak itu Ibu saya, jadinya saya nggak bisa pakai marga. Kalau bisa juga paling margasatwa #iyaininggakpenting.

Akhirnya terpilihlah 3 pilihan nama untuk saya yang belum mengerti apa-apa pada tahun 1990 itu.

1. Elisabeth : Ini serius, Om saya pernah mengusulkan nama ini di depan semua keluarga. Alasannya karena orang-orang Medan itu namanya spektakuler #halah. Tapi seiring perkembangan wajah dan pertumbuhan badan saya yang nggak ada bule-bulenya, barulah saya mengerti kenapa nama tersebut nggak jadi dikasih ke saya. Sekian.

2. Roosita : Ini nama pemberian Nenek. Klasik banget ya namanya, semacam nama kembang desa yang diperebutkan oleh ((( Pria-Pria Rupawan ))) di film-film jadul #SukaSukaMuLahNes. Tapi orang tua saya kurang sreg karena mungkin dulu udah tau nama ini bakalan dipakai sama kakaknya Ipin dan Upin.

3. Larasati : Nama ini sebenernya udah lumayan ngehits di era 90an. Ini adalah nama pemberian Ayah saya. Larasati sebelumnya udah populer banget dalam tradisi pewayangan Jawa. Sementara, Larasati dalam bahasa Indonesia, artinya jauh lebih dalam. Karena nama ini Jawa banget, Ayah saya memutuskan untuk pakai nama ini agar kelak saya menjadi anak yang Laras Hati nya. Udah kebukti kan ya? #eaaa

Lalu karena nama Larasati dirasa kurang cukup (yaiyalah), Ayah saya kembali mencari nama depan yang cocok untuk si bayi lucu (2) anaknya yang lahir pada bulan Juni ini. Dari sekian banyak nama yang ada di dunia, Ayah saya kembali memilih nama yang pasti bikin orang-orang tau dimana Negara tempat saya lahir, Indonesia. Mungkin karena jiwa Nasionalisme Ayah saya ini tinggi makanya tercetuslah nama 'Neisia', supaya menjadi doa saya bisa mengharumkan Negara Cipamokoland saya kelak. YHA!

Baca Juga : 150 Fact About Me

Karena saya nggak mau nantinya kebingungan cari nama bayi buat anak saya, saya yang visioner ini udah menyiapkan nama untuk calon anak saya kelak 😂. Walaupun belum berkeluarga nggak ada salahnya dong untuk menyiapkan itu dari sekarang. Jadi kan nanti saya tinggal kasih nama belakang bapaknya doang gitu. Ya kan? 😝. Hahaha! 

Gini-gini juga saya udah pernah nyumbang nama yang sekarang di pakai ke adik, sepupu bahkan ponakan saya lho.. #ProudAunty. Dan bukannya ingin sotoy atau gimana nih, karena banyak teman saya yang udah punya anak juga, dan beberapa ada yang bingung untuk kasih nama anaknya, saya mau kasih tips singkat memilih nama bayi :

1.  Mengunjungi situs nama bayi atau membeli buku nama-nama bayi. Insya Allah banyak inspirasi dan bisa mencari makna yang baik.

2. Beri nama bayi yang tidak menyulitkan dia saat udah besar nanti. Menyulitkan itu bisa bermacam-macam, misalnya :
- Kepanjangan : Kasian nanti kalau ujian, lembar nama di kertas jawabannya ndak cukup atau kelamaan nge-buletin nama. Hhh.
- Susah di sebutkan dan di tuliskan : Ini kejadian sama kerabat teman saya, dia dan suaminya udah 3x ganti akte kelahiran karena nama anaknya selalu salah penulisan. Lelah kan jadinya bolak balik urus ke Dukcapil. Bukannya nggak boleh kasih nama anak yang unik, tapi harus dipikirin juga uniknya nggak boleh berlebihan.
- Memancing bully-an : Saya pernah nemu tuh yang namanya : Satria Baja Hitam, Anti Dandruff, Saiton, Tuhan, dan lain sebagainya. Udah besar jadi bahan bully, apalagi se-Endonesa, kan kasian :(
- Pikirkan juga nama panggilan : Jadi orangtua nggak boleh egois, nama udah keren-keren pun harus dipikirin juga nama panggilannya. Coba diucap berulang, aneh atau nggak panggilannya.

3. Cari inspirasi nama dari seseorang / tokoh yang istimewa bagi kamu dan pasanganmu. Barangkali ada yang berjasa dihidup kalian, boleh disematkan di nama anaknya sebagai penghormatan. Asal jangan kasih nama mantan aja sih..

4. Minta pendapat keluarga atau teman dekat untuk punya alternatif nama yang lain. Coba diresapi dan diucapkan, enak nggak kira-kira dengernya nanti kalau manggil anaknya. Banyak ide kan jadi makin seru.. pusingnya 😆

Pada dasarnya semua bayi yang lahir ke dunia adalah kado untuk Ibu dan Ayahnya. Jadi pemberian Tuhan ini harus diberi penghargaan sebaik-baiknya di dunia, dimulai dengan kasih nama yang baik maknanya. 

Ah, ca aja nih Neca...

PS : Btw.. walaupun nama saya singkat : Neisia Larasati. Tapi banyak juga yang suka salah tulis nama saya jadi : Nesya, Neisa, Naisa, Nesia, Esia, Mesya, Meisa, Meisia, Melissa, Raisa, bahkan Pevita (Iya yang terakhir w ngarang aja..) 

Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua ya, gaes 😂

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

23 komentar

  1. Bagus say nama kamu, semoga menjadi wanita yang lurus hatinya aamiin, semoga bisa cepet kasih nama baby sendiri aamiin

    BalasHapus
  2. Iya euy, dlu aku belum nemu konsultan nama bayi... jadi aja masalah pernamaan kuserahin ke suami. oiya Aku juga punya cerita perdebatan ngasih nama ke anak, Nes. hahaha

    BalasHapus
  3. Oh ternyata Neisia nya itu dari Indonesia ya. Aku baru tahu loh. Btw, sekarang bisa loh kalau buat nama bayi konsultasi dulu dengan konsultan pembuatan nama bayi. Biar namanya bagus dan maknanya baik.

    BalasHapus
  4. tandanya mba Neisia asli Indonesia heheh saya suka namanya kok mba.

    BalasHapus
  5. Keren ih namanya, ternyata indonesia banget :)
    kalau saya kebantu sama mesin nama bayi di situsnya melinda hospital :D

    BalasHapus
  6. Denger neisia jadi inget esia, apakah ada hubungannya? wkwkwkkw

    BalasHapus
  7. Jadi menilik nama sendiri nih :'
    kepanjangan.......memicu salah tulis..........absen terakhir.
    Phew, untung udah selesai masa ujian nasional nya xD

    Keren ya namanya NEISIA gitu kak xD
    wah jadi punya tanggung jawab moral.......
    ngapalin UUD ._.

    BalasHapus
  8. Nesaaaaaa... Duh, aku tuh selalu terhibur setiap baca tulisanmu. Entah karna sense of humor aku selalu on jadi gampang terhibur anaknya.hahahaha

    Nama yang diusulin sama om dan nenek oke juga, tapi emang paling pas pemberian ayahanda yah. Semoga nama yg disematkan menjadi doa yang baik.

    Tips untuk kasih nama anak boleh juga, persiapan aku kalo mau melahirkan lagi ga perlu pusing. Hehehe

    BalasHapus
  9. Nice sharing Nes. Jadi merasa lebih kenal Neisia. Udah lama nggak baca postingan selain review produk.

    BalasHapus
  10. Nesa generasi 90an niih...uda gak jaman nama-nama tipe Putri, Dewi, dkk.
    Nama-namanya mulai go internasional.
    Jiiaa~~
    Semoga pengharapan orangtua yang disematkan di nama Nesa bisa diijabah Allah.
    In syaa Allah...aamiin.

    BalasHapus
  11. hah kamu teh batak, nes? wah hahaha teu kabeungeutan. ada marga dong?

    BalasHapus
  12. Saya selalu suka nama dari dunia pewayangan

    BalasHapus
  13. Kenayang ih kl Nesa namanya elizabeth hihihi.. atau roosita, ahiiw... larasati cocok, kayak model jaman dulu yg ayuuu banget itu

    BalasHapus
  14. Kenayang ih kl Nesa namanya elizabeth hihihi.. atau roosita, ahiiw... larasati cocok, kayak model jaman dulu yg ayuuu banget itu

    BalasHapus
  15. ngga bisa bayangin kalo nama kak nesa jadi elizabeth XD

    BalasHapus
  16. Nama adalah doa. Semoga selalu laras hati. Aamiin.

    BalasHapus
  17. Wah, baru tahu deh sejarah nama Nesa. Terutama bagian yg susahnya itu. Neisia. Bagussss... :D

    BalasHapus
  18. Neisia ternyata dari kata Indonesia ya..? Memang agak sulit dalam pengucapannya, rada pabeulit kata orang Sunda,mah. Etapi mungkin karena saya belum biasa ya... kayaknya memang lebih mudah manggil Nesa aja, deh hehehe...

    BalasHapus
  19. Gemess amat lihat foto waktu kecilnya. tapi aku selalu suka nama LARASATI :) bagussssss..

    BalasHapus
  20. Raisa Larasati kayanya lebih cocok, ya. Hihihiiiiii...

    BalasHapus
  21. Suka sama namanya.. Larasati, Indonesia pisan.

    BalasHapus
  22. Titip salam buat Elisabeth & Roosita yak XD

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe