Balada Kuis Hunter

April 13, 2017

Larasatinesa.com - Perkenalkan, nama saya Nesa, pekerjaan saya saat ini adalah Social Media Officer disalah satu digital agency yang based-nya ada di Jakarta. Kalau kalian mau tau, jobdesk saya itu sebenernya gampang-gampang susah. Nih saya ceritain ya..

Banyak orang bilang pekerjaan sebagai Social Media Officer itu enak, kerjanya cuma online-ngetweet-update doang kemudian digaji besar. Pfft. Mungkin dari luar keliatannya emang gitu, nggak bisa disalahin juga sih. Dulu nih sebelum saya kerja jadi socmed, saya juga mikirnya gitu, shay.. Lalu kemudian semua berubah setelah negara api menyerang 😂

Sebagai socmed officer newbie, saya harus beradaptasi dengan segala pekerjaan yang selain berhubungan dengan klien, saya pun harus berhubungan 'baik' dengan netizen (sebutan pengguna internet) yang budiman. Kali ini saya mau ngomongin pengalaman saya 'jaga' salah satu aktifasi (kuis) yang sempat diadakan oleh brand klien saya.


Balada Kuis Hunter | source : pixabay
Berhadapan dengan orang banyak secara maya harusnya bisa lebih santai sih ketimbang ketemunya di depan layar. Saya hanya perlu menjawab semua pertanyaan, kritik, saran, pujian bahkan makian dari netizen. Sebagai mbak 'admin' or 'mimin' yang mewakilkan brand yang ditangani, saya harus bisa menjawab dengan bijaksana, nggak boleh emosi, sabar, banyak mengelus dada Ben Barnes dan jawaban masih harus ada soft selling dari product brand klien.

Lalu apakah ngana pikir jawabin pertanyaan netizen di socmed itu nggak pake dipikirin dulu?!

Semua jawaban wajib dipikirin dulu ya. Iya.

Karena.. Salah jawab sedikit aja bisa berabe, bisa bikin klien marah-marahin saya, yang mengakibatkan boss negur saya, kemudian saya dikutuk jadi batu akik karena jadi mimin durhaka.

Seiring perjalanan kuis berlangsung, kadang ada aja sekelompok 'oknum' kuis hunter yang hobinya cari-cari kesalahan brand. Mereka ngamuk-ngamuk mempermalukan w sebagai mimin yang ndak becus. W tau banget mereka ini hanyalah orang-orang nggak bisa nerima kekalahan. Biasalah cari perhatian tapi jadinya berujung menjatuhkan. Netizen belum siap pemirsah..

Berikut beberapa tipe-tipe kuis hunter 'rese' yang pernah menghantui hidup w selama menjadi mbak mimin :

1. Males Baca / Males Cari Tau / Males Scroll Timeline Socmed

" Min, cara ikutan kuisnya gimana? Syarat ketentuannya gimana ya? "

Pertanyaan ini diulang 1000000x dengan orang-orang yang berbeda.


Kalo ngomong w udah berbusa...

Sent : " Info kuis dan syarat ketentuannya bisa dilihat di link bit.ly//xxx berikut ini ya. Terimakasih " 

Draft : YA AMPUN MZ MB.. SEBELUM KUIS DIMULAI JUGA SEMUA CARA-SYARAT-KETENTUAN UDAH DI PUBLISH DARI JAMAN FIRAUN. PADA MANJA DEH GAMAU BACA!

2. Drama

" Min, aku sedih banget karya aku kalah, padahal aku udah berusaha sekuat tenaga bikin karyanya. Aku udah nggak punya kesempatan lagi ya min? Pokoknya aku sedih banget 😭 "

Auk ah elap...

Sent : " Halo kak, masih bisa ikutan di periode berikutnya ya. Terimakasih "

Draft : HALO KAK, SEMUA YANG IKUTAN PUN SUDAH BERUSAHA SEKUAT TENAGA TAPI MEREKA NGGAK LEBAY TUH. HMM.. MAU DRAMA SEGIMANA JUGA KAKAK NYA NGGAK AKAN DIMENANGIN JUGA KOK. HEHE..

3. Provokator

" Min, gimana sih kok yang dimenangin karya nya kayak gitu? Nggak sesuai banget sama peraturannya!! Saya cuma ngingetin sama yang admin tulis di peraturannya! "

kemudian bermunculan balajaer yang lainnya dibawah komen tersebut yang berbunyi :

" Nah iya, makanya aneh, gue juga heran ini penilaiannya kayak gimana! Kuisnya nggak bener emang! "

" Iya nih, tadinya mau ikutan juga tapi setelah tau yang menangnya nggak fair gini, jadi males gue! "

" Admin tolong ya disebutkan kriteria pemenang dilihatnya itu dari aspek apa, tolong dijelaskan!! "

Padahal kebanyakan yang komen tersebut adalah orang-orang yang nggak ikutan kuisnya..


Aww.. atuut..

Sent : " Halo, pemenang yang dipilih merupakan keputusan mutlak dari pihak juri ya. Terimakasih "

Draft : PERMISI... FOR YOUR INFORMATION : 1. YANG BIKIN PERSYARATAN ITU : SOCIAL MEDIA STRATEGIST, 2.YANG NULIS CONTENT PERSYARATAN ITU : CONTENT WRITER, 3. YANG MILIH PEMENANG ITU : KLIEN, 4. YANG UPLOAD SEMUANYA ITU : SOCIAL MEDIA OFFICER A.K.A MIMIN. TRIMS.

4. Caper (Cari Perhatian)

" Mimin yang baik hati, tolong menangin karya saya dong, please banget ya min, please.. hehe "

Repeat 100000x

" Min karya saya paling pertama muncul di explore instagram, saya pasti jadi pemenangnya kan min? Iya kan? "

Dan ada lagi kuis hunter yang di tiap postingan yang baru di-upload dia komen memuji-muji produk klien secara brutal bin lebay kemudian memanggil w dengan sebutan 'minsay'. Ya.. namanya juga usaha kepengen dilirik biar menang. huvt.


Im sorry..?

Sent : *read doang*

Draft : WOYY YANG MILIH PEMENANG BUKAN W TAPI KLIEN ATUHLAH 😭

5. Marah Nggak Jelas

" Min, kok karya saya nggak menang sih? Padahal karya saya ini menurut saya paling bagus dan nggak dibuat-buat, bukan karena saya nggak menang loh ini, saya betul-betul kecewa sama pihak anda yang tidak menghargai sebuah karya seni. Pokoknya saya kecewa berat !!"

#kemudianbengong #kemudianjedotinpalaketembok


Situ okeee?

Sent : " Halo, pemenang yang dipilih merupakan keputusan mutlak dari pihak juri ya. Terimakasih "

Draft : YA TUHAN INI ORANG CONGKAKNYA NGGAK KETULUNGAN. BERASANYA DIA PALING PERFECT SEDUNIA, PADAHAL BANYAK KARYA YANG LEBIH BAGUS DARI DIA. KALAH MAH KALAH AJA SIH. JAUHKAN HAMBA DARI TEMAN-TEMAN YANG SEPERTI INI. AAMIIN. 

Baru 5 tipe aja udah begini ya. So far, sejauh ini makin banyak aja orang-orang 'ajaib' yang komen nggak berfaedah atau cuma mau cari sensasi biar jadi thread alias booming di kolom komentarnya. Kok rasanya dejavu gini ya, ini hampir setipe deh sama customer yang nyebelin di online shop yang pernah saya ceritain dulu. Oh ya, kadang saking menggebu dan panasnya saya buat bales-balesin komen netizen, kadang saya sering lupa waktu. Tau-tau udah hari udah gelap aja, maklum di kantor saya belum punya jam dinding nih. Hahaha!


***

Intinya begini, kalau mau ikutan kuis atau lomba apapun, saya cuma mau bilang kalian nggak usah terlalu nafsu dan kepedean pengen menang. Ikutan lalu lupakan. Namanya juga iseng-iseng berhadiah kan? Kalau menang syukur, nggak menang yaudah nggak usah baper, masih banyak kesempatan di kuis yang lain. Yang diseriusin cukup hubungan kita aja, mz..  

Jadilah kuis hunter yang smart, bikin karya yang bagus sesuai dengan apa yang brand inginkan, jangan ngeresein orang, dan berlapang dada kalau ndak menang kompetisi. Karena kalian harus ingat, adminnya bukan robot yang bisa jawab-jawabin pertanyaan dengan otomatis, melainkan kami manusia biasa yang juga punya perasaan. Saya sama brand ibarat satu kesatuan, jadi kalau ada yang haters yang nyerang, saya juga jadi ikutan kesel. Tapi atas dasar ke-professional-an saya nggak bisa kayak gitu karena saya harus sabar lahir dan bathin.
Terlepas dari itu semua, i love this job so much, social media is my passion, then.. masih ada netizen yang waras kok, yang ngebelain mimin. Alhamdulillah..😂. Dari sini saya belajar : mau kamu baik atau bukan orang jahat sekalipun, bakalan ada aja yang nggak suka sama kamu.

That's a lyfe!


Cheers,
Mbak Mimin Nesa  

You Might Also Like

62 comments

  1. Emang harus dibaleskah kakah?asa hoream ih ngabales nu kararitu :p

    BalasHapus
  2. Hahahah untunglah akuma bukan Quiz hunter yang rewel, kalo gasuka ya gausah ikutan lagi hehe

    BalasHapus
  3. hahaha lucu lucu ya kriteria nya. tapi ya kita yang adain emang kudu sabar

    BalasHapus
  4. Kak, kok kamu gitu sama aku kak.. aku kan udah bela2in ngasih coklat kak.. kok aku ngga dimenangin sih kak.. :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cokelat doang mah cepet abis, voucher belanja kek gitu :))

      Hapus
  5. Sabar mba, emang kita2 kuis hunter terlalu napsu jd suka ga sabaran. Hihi. Sukses buat jobnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itung-itung belajar sabar dari sini ya mba, hehe makasih :D

      Hapus
  6. Wkwkwkwkkw... Ya ampuun nesa, memang segitunya yaaa tipe2 mereka ini??? Aku jujurnya amat sangat jrg ikutan kuiz, krn udh pesimis ga bakal menang jg wkwkwjwk.. Tp ga sampe jd gila trs merongrong si mimin kuiz sih :p. Itu jawaban2 draftmu sukses bikin ngakak deh :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha serius mba, ini kejadian nyata dan aku alamin sendiri, pelajaran banget ya mba jadinya :))

      Hapus
  7. Sebagai mantan quiz hunter aku cuma mau bilang Mbak, Eh ada yg sampe segitunya ya? wkwkwkwk

    BalasHapus
  8. Hahahaha, benar banget semua yang ditulis Nesa, yang pernah daku alami saat menjadi admin:)
    yang paling bete itu kalau di-DM berkali-kali, ngerusak mood banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Indah mimin senior berarti ya hihi..
      Emang iya, kitanya harus bisa kontrol emosi ya mba, gatau emang butuh info apa caper doang yang berkali-kali nanya tuh :))

      Hapus
  9. Ngahaha nah itu habis ikutan lalu lupakan. Menang syukur, nggak menang ya udah. Etapi da aku mah bukan kuter. Cuma sesekali ikutan bhahaha. Harus banyak sabar ya teh Nes kalau jadi mimin hehehe. Ternyata jawaban draftnya begitu xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mah sebenernya anaknya sabar udah dari SD, tapi netizen kadang bikin esmosi jivva jadi aja bikin draft :))

      Hapus
  10. Wah bener banget, mbak. Kebetulan aku juga ngadmin dan mengalami hal-hal yang serupa. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga diberikan kesabaran selalu ya Kang hahaha

      Hapus
  11. Ya ampun, baca postingan ini bikin aku kangen sama kerjaan jadi Mimin sosmed.hehe. semangat nes, emg netizen skg lebih semangat nge bully doang daripada ngasih komen positif. Sering2in aja ngelus dada Ben Barnes nya. *eh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woaah mantan mimin juga ya teh hihi,
      Netizen sekarang itu suka minta lebih #halah
      Iya untung ada babang Ben yah jadi ku bisa setrong :))

      Hapus
  12. Hahaha..Jadi pengen ketawa mbacanya ��

    BalasHapus
  13. blogpost paling awesome buat BW malem ini XD

    paling sering nemuin dan bikin jengkel itu yg nomer 1 mbak. saya mikirnya, apa pada ngga baca caption? apa pd ngga baca di s 'n k di gambarnya? haduh!

    nah mungkin yg bagian no 3 itu harus ada komunikasi yg jelas biar ngga ada miskom antara Soc-Med Strategist, Content Writer, sama Klien. jadi pas pengumuman bener2 sesuai sama s 'n k :) *saran aja sih mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalo pengumuman pemenang itu biasanya klien full yang nentuin kak, malah kadang suka melenceng dari S & K karena pesertanya yang mendingan cuma itu dan yang lain lebih nggak memenuhi SK wkwk.. Kami cuma bisa rekomendasiin, yang berujung ndak dipilih juga sama kliennya, klien adalah raja yha :))

      Hapus
  14. Hwahahah kemarin hampir aja tuh masuk ke agency based di jakarta jadi social admin juga.
    Eh tapi udah keterima di perusahaan lain.

    emang lah ya orang mah cuma bisa sawang sinawang, bahasa jawanya dari liat enaknya aja gitu. Wkwkwkwkwkw.

    Tugas mimin sebenernya cuma upload dan nerima saran dan keritik memamng karena mungkin ya bukan mimin yan memutuskan. Tapi ya gimana, sarana buat ngomong ya disitu. Mau gak mau mimin yang ngerasain yah hahahaa


    Tapi ya gitu lah. rejeki gak bakal kemana sih.
    Sebagai kuis hunter yang gak pernah menang, saya mah pasrah.

    Tapi pernah sebel juga sama kuis yang syaratnya berabe, eh yang menang ternyata cuma gambar tangan megang produk dengan caption super pendek. Wkwkwk
    *eh kk ngeluh lagii

    Btw semangat kakaaaak :D
    I know how you feel karena pernah jadi mimin event olahraga ikatan alumni wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah padahal kalo nerima agency jadi sama dong kerjaan kita kak :))
      Iya semua jawaban itu udah diatur dari klien.. Meskipun ku ingin maki-maki netizen rasanya, tapi tetep nggak boleh hhh

      Nah, kalo syarat dan pemenang juga bukan agency yang nentuin, tapi klien. Aku sama team cuma rekomendasiin aja, selebihnya klien yang pilih. Tapi ya gitu, kalo ada yang ndak terima protesnya sama mimin :(

      Hapus
  15. Hihi ternyata ada-ada aja ya kelakuan kuis hunter itu

    BalasHapus
  16. KAlau misal ga dibales gimana min? wkwkwk eh min saya juga ga pernah menang deh min wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sih aku read doang teh, karena klien yang suruh. Banyak yang caper deh sama mimin cuma kepengen dibales doang.. sekali bales terus aja nanya geje. kurang perhatian emang netizen :))

      Hapus
  17. Di kantor saya ada tuh yanh quiz hanter. rezekinya moncer banget krn prnh ke jepang , brazil bahkan umroh dr menang kuiz. ngak taunya dia pnua email ada kali 50 biji kerjasama ama suamianya, iparnya, adeknya, ibunya buat ngeLike kuiz yg di ikutin. Pantesan menang mulu ya satu RT dilibatkan hahahha. Saya paham tuh kl jd admin harus banyak2 sabar mbak, kdng mereka sengaja bikin kita emosi hahhahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gilaak niat banget itu mah mbak, hidupnya dari kuis nyata adanya. Dan hoki pula hahaha.. keluarganya juga dukung hahaha..
      Iya kadang kompetitor juga sih suka nyamar mancing emosi :))

      Hapus
  18. Wah jadi tau pekerjaan Nesa sekarang. Ada serunya juga ya, Nes. Iya kalau yg namanya ngomong, apalagi mesti menjaga nama baik ini itu, kudu hati2 gerakkin jempol. Kalau urusan diri sendiri mah, makian pun enteng aja lemparnya, hahahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya mbak jadi socmed officer itu harus sabar, nggak boleh marah, nggak boleh sakit hati, dan nggak boleh nyinyir.. Hahahaa latihan yah buat diri sendiri :))

      Hapus
  19. harus smart ia kalau ikut kuis apapun, termasuk hunter ... heee
    sekarang jadi tahu macem aneh-anehnya ... wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, serba salah sih kak, kalo smart semua nanti mimin nggak ada kerjanya #apaan :))

      Hapus
  20. Jadi tahu pekerjaannya mba minsay. Kok jadi lebay ya. Sabar mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sabar kok mbak, karena kerjaan ini sumber rejekiku :D

      Hapus
  21. Baru tahu sampe sebegitu dramanya orang mau menang kuis. Sy sih bener kata mbak Nesa, Ikuti dan lupakan :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak mas! drama bukan cuma di sinetron doang :))

      Hapus
  22. wah baru tahu aku, oh begitu toh. perlu kesabaran ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak, sabarnya harus seluas samudera mbak #halah :))

      Hapus
  23. kocak banget neesss.. wakaka.. sabar ya jenk..

    BalasHapus
  24. Wkwkwk, segitunya kah dunia kuter. Aku jarang sih ikutan kuter. Paling lomba blog, itu juga jarang hehehe.
    Semangat, Nesa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalopun ikutan jangan gitu ya teh, mimin lelah :))

      Hapus
  25. LOL pisan baca draft komennya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dari lubuk hati terdalam draftnya teh :))

      Hapus
  26. Hahaha aku berasa ingin tertawa tapi ga tega, ini yang menghibur cara penyampaian dan ilustrasi gambar gif yg diselipin diantara paragraf. Duh, nasib mimin harus sabar lahir batin. Semangat terus ya Nesa. :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketawa aja teh, mimin ridho da ini tuntutan profesi hahaha.. Untungnya invisible yah :D

      Hapus
  27. Dari semua itu...ada yang nyangkut dihati gaak, Nes...?
    Hahhaa....
    kali-kali ngrayunya maut...lalu chating dan chating dan berakhir pada kopdar lalu ke pelaminan. Upps!

    **Nesa anak kecil #masihpolos #jangankotoriNesa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha nggak ada. Kebanyakan alay-alay kurang kerjaan sih teh.
      Ya manalah tau mereka kalo adminnya itu akoh :))

      Hapus
  28. Hihihi... Pada 'ngegemesin' bgt ya :D

    BalasHapus
  29. Hahahaha... Aku baca part 2 dulu. Baru ke sini. Wkwkwkk... Ajaiiib :)))))

    BalasHapus
  30. Ben Barnes!!!! Yampun kakaaaaaaaa xD
    kaka nih korban Narnia juga kah? /nangis betapa dulu jatuh sedalam"nya sama Skandar Amin Casper Keynes /????

    Demiapa ngakak banget banget sama pemilihan foto"nya xD
    paling guling" sama yg auk ah gelap wwkwkwk xDDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah iyes Ben Barnes pacar akoh :))
      Iya mbak harus totalitas, karena foto-fotonya memang mewakili ekspresi perasaanku :))

      Hapus
  31. Wazek wazeek asik banget dah ini postingannya. Kewl! Haahhaa mangat mbak mimin. Btw w jadi pengen bikin balada event hunter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mimin semangat selalu karena ngurusin ginian pan dibayar sist hahaha.. cuss bikin dong, ku juga ingin tau ceritanya :))

      Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe