Culture Shock Liburan di Bangkok (Part 2)

Maret 06, 2024

Larasatinesa.com - Berhubung ini adalah postingan lanjutan dari yang sebelumnya, (((alangkah baiknya))) kamu baca dulu postingan part pertamanya: Culture Shock Selama Liburan di Bangkok. Singkatnya, ini adalah cerita bersambung saya soal culture shock selama liburan di Bangkok Thailand tahun 2023 lalu. 


Oke, lanjut juga buat nomornya ya..

7. Gampang Cari Makanan / Minuman Halal

Di Thailand, khususnya di Bangkok cukup mudah mencari makanan dan minuman halal. Apa lagi kalau kamu stay di area wisata kayak saya di Pratunam. Kamu pasti bakalan menemukan logo halal besar yang ada di resto / kedainya.

Hanya saja, nggak semua yang direkomendasiin sama influencer itu beneran halal yagesya. Soalnya saya dan teman-teman kemarin sempat tuh ke kedai makanan yang udah dapat Michelin Star (awarded to restaurants offering outstanding cooking) dan direkomendasikan sama influencer (dan dia berhijab) tapi ternyata non-halal karena peralatan masak yang digunakan sama mereka itu walau pun kita pesannya ayam tetep aja dipakai barengan dengan masak pork. Jadi, buat memastikan mending sebelum masuk ke kedainya kamu tanya dulu deh.

Pelajaran: nggak semua resto yang viral, antriannya panjang, di review influencer dan udah dapat michelin star itu bisa kita makan. 

Terus kalau kamu cari makanan dan minuman kemasan yang ringkes-ringkes aja, kamu bisa ke minimarket Seven Eleven (Sevel) yang kalau di sini mah udah kek Alfamarit / Indoruwet ada di mana-mana. 

Mostly selama di sana saya makannya seafood. Karena emang lumayan banyak yang jual menu ini di street food. Favorit saya tom yum udang + salmon salad (WAGELASEH INI ENAK DAN SEGAR!). Untuk rasa makanannya beragam, ada yang enak banget ada yang biasa aja. Tapi beberapa kali saya notice sambal mereka yang asam - pedas ini sama sekali nggak pedas. Dan  makanan mereka nggak banyak micin kayak di Indo. 😅

For your information, untuk makanan cepat saji kayak MCD atau KFC di sana ternyata non halal juga yes. Jujur saya baru tau setelah pulang dari sana dan udah 3x makan MCD. Agak menyesal, tapi kan kita semua sama-sama nggak tau. Kirain aman-aman aja, secara comfort food yang udah pasti enak dan di Indonesia pun halal. 

8. Bangkok Panas Banget!

Kalau kamu ke Bangkok, wajib pakai outfit yang nyaman buat dibawa jalan-jalan, kalau bisa yang bahannya tipis-tipis aja dan menyerap keringat. Terus selama di sana, wajib banget ke mana-mana bawa sunscreen dan re-apply. Suhu panas Bangkok itu bisa sampai 40 derajat lho!  Saya ke sana pas banget Bangkok lagi panas-panasnya antara bulan Maret-Juni.  Nggak lupa bawa kipas portable juga ke mana-mana biar tetap merasakan kesegaran di sela-sela jalan-jalan. Dan kalau udah ngerasa panas banget, mending melipir ngadem ke mall aja, secara di sana banyak mall-nya. 

Kalau kemarin teman-teman saya bawa payung anti UV biar nggak kepanasan. Tapi ujungnya nggak dipakai juga sih karena ribet bawanya. Sekian. 🤣

9. Ganja di Thailand Legal

Jangan kaget ya kalau di sini kamu akan menemukan banyak toko-toko yang menjual ganja. Bahkan disekitaran Pratunam tempat saya nginap kemarin aja ada beberapa toko yang saya lewati.  YesThailand telah melegalkan penanaman dan konsumsi ganja sejak Juni 2022 yang mana ini juga bisa dikonsumsi sama para traveler yang sedang berkunjung ke sana. Dan yang menjual ganja ini nggak cuma berbentuk toko, ada juga cafe dan bahkan resto. Kalau kamu tau, di sana tempat yang jual ganja ini sangat-sangat aesthetic dan warna warni. Hahaha!

Menurut sumber yang saya baca, buat membeli ganja ini juga ada aturannya. Si pembeli harus memberikan tanda pengenal untuk bukti kalau usianya udah di atas 20 tahun. Untuk lebih jelasnya googling sendiri aja deh ya. Berat banget ini bahasannya kayak beban hidup. 😂

Nggak pada ngeuh lewatin salah satu store-nya

10. Sistem Transportasi yang Terintregasi

Salah satu hal yang paling saya sukai di Bangkok adalah sistem transportasinya yang sudah terintegrasi. Mengingat Bangkok tuh kota yang padat, pasti nggak jarang juga banyak kemacetan. Tapi walau pun begitu, transportasi di sana ini super lengkap dan teratur banget. Transportasinya ada Airport Rail Link (ARL), BTS Skytrain, MRT Subway, bus umum, kapal-kapal / boat di sungai Chao Phraya, ada juga tuk tuk dan kamu juga bisa pakai ojek / taxi online. 

Sebenarnya kalau kita ngikutin petunjuknya ini gampang kok buat naik transportasinya. Hanya aja memang nama-nama tempatnya bikin siwer dan lagi-lagi komunikasi yang jadi kendala. 

Selama di sana saya ada naik tuk tuk, boat, ARL, MRT dan bus umum. Yaa.. walau pun mostly kita naik taxi online sama tuk tuk karena ngejar ke banyak tempat dalam sehari. Saya sama teman-teman juga sempat kok ngalamin kecepetan turun bus yang berujung jalan kaki hampir 10 menit ke tempat tujuan. Tapi nggak apa-apa, seru jadinya. Hahaha!

Oh ya, yang saya takjub taxi online di sini entah kenapa mobilnya pada mewah-mewah banget woy! Driver-nya ini kayaknya old money yang lagi gabut aja deh. Ini pengamatan sotoy ya.. 🤣

Tapi anehnya pas lihat review di aplikasinya. Punten ini mah mau julid dikit, orang Thai ini kok pada pelit-pelit banget kasih rating ojol. Saya hampir nggak pernah lihat rating driver taxi sana bintang 5 kayak di Indonesia tuh, kebanyakan 4.7 atau 4.8. Ada masalah apa sih? Perasaan mereka enak nyetirnya dan jarang yang nyebelin. 😶

11. Hati-Hati Scam dan Copet

Walau pun saya bilang selama di sana ngerasa aman mau pulang jam berapa pun, even saya sempat laundry di sana pulang tengah malam bukan berarti saya bisa nyantai banget Kita tetep harus waspada dan hati-hati sama kemungkinan-kemungkinan terburuk, di kota sendiri aja kalau ke mana-mana kudu waspada, apa lagi ini negara orang. 

Jadi, emang udah banyak banget berita seliweran di FYP Tiktok kalau di Pratunam Market banyak copet yang modusnya nyilet tas pengunjung. Terus ada lagi kasus scam hipnotis yang sering terjadi di depan minimarket Sevel. Modusnya: nanya orang mana, mata uangnya apa terus kalau dari baht segini tuh bisa jadi berapa rupiah yang ujungnya bikin kita keluarin uang dari dompet. Pelaku tuh kebanyakan lebih dari 1 orang dan mereka bukan asli orang Thai, melainkan imigran. Terus kenapa orang Indonesia ini jadi sasaran mulu ya? Karena orang Indonesia ini udah terkenal ramah ke mana-mana. Dahlah, yang extrovert kalau di Bangkok pura-pura dulu aja jadi introvert dulu kali ye.. 

Dan satu lagi, banyak juga nih driver tuk tuk / mobil nakal yang buka jasa antar tapi mereka menipu customer-nya. Bilangnya mau diantar ke mana, eh malah diajakin ke tempat wisata antah berantah yang sepi banget. Terus mereka juga nggak segan minta bayaran lebih mahal dari sewa biasanya. Rata-rata yang begini tuh pada nggak sadar lho mereka kena scam. Jadi, saran saya sebelum sewa kendaraan, mending riset dulu di mana tempat sewa yang terpercaya. 

Dan alhamdulillah, selama seminggu di Bangkok masih dilindungi dan dipertemukan dengan orang-orang yang baik walau pun mereka nggak bisa bahasa inggris, tapi bisalah kalau bahasa tubuh. 👌

***

Kira-kira gitu deh culture shock selama di Bangkok. Ini saya lagi mikir ada lagi nggak ya? Kalau ada mau lanjut part 3 gitu. Mungkin kalau saya sebulan di sana bakalan banyak banget deh point-nya. Ih, mau dong sebulan di Bangkok nggak bekerja cuma jalan-jalan aja. Hahaha. 

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Thailand, saya ikhlas kok sering bolak balik sana. Tahun ini semoga bisa balik lagi ke sana dan explore kota lainnya! 😆


Cheers,

Nesa

You Might Also Like

19 comments

  1. Kangeeeeen baca tulisanmu 😍😄.

    Bangkok itu memang ngangenin kok. Mau seperti apapun kotanya, aku juga ga keberatan bolak balik kesana. Mungkinnkrn makanannya enak2 kali yaaa.

    Aku pun blm pernah ngerasain scam di sana nes, kalo vietnam naah baru 😂.

    Kalonttg cuac, kapok dtg maret-agustus . Panasnya Bangkok ga wajar di bulan itu. Aku pernah datang april, pulang dari radang tenggorokan parah sampe demam.. Makanya sejak itu kalo ke bangkok pasti dec-januari.

    Ini ada plan ama kakak ipar mau tahun baruan di bangkok. Lagi nunggu tiket promo aja 😄

    BalasHapus
  2. Suhu Bangkok sampe 40 derajat.. udah kaya di Arab ya. Panas bgt berarti. Pernah liat juga nih youtuber yg lagi wisata ke bangkok dicopet..kirain Indonesia doang banyak copet 😂

    BalasHapus
  3. Thailand tuh terlihat sumpek dan ramai kotanya tapi transportasi umumnya keren yaa..hanya nggak tahan panasnya ituu.. bawaannya pengen ke mal berlindung hihi

    BalasHapus
  4. Kalo aku suka ama Ratu Sirikit karena cantik dan adem gituu wajahnya.

    Ngeri kalo ada scam dan copet ya. Jadi kalo ke sana kudu ama bodyguard ehh maksudnya ama temen yg jago bela diri biar aman?

    BalasHapus
  5. yang review makanan, saya juga suka gak langsung percaya gitu aja review influencer. Pasti akan cari review pembanding. Sama baca juga review-review di Gmaps. Saya penasaran dengan McD dan KFC. Kenapa di sana gak halal?

    BalasHapus
  6. Emang paling aman pilih seafood aja ya...
    waduh sekelas KFC dan McD pun, jaringan internasional, di sana juga non halal. Jadi walau franchise skala internasional, nggak bisa langsung sembarangan masuk dan makan di situ ya mbak, karena udah beda negara, jadi kebijakannya juga beda

    BalasHapus
  7. Kangen Bangkok... Aku tuh pengin banget ke Bangkok, lebih ke kangen sama makanannya di sana sih. Wah ternyata panas banget ya bisa sampai 40 derajat, ini sih kudu bawa kipas angin yang leher itu ya heheheee...

    BalasHapus
  8. Makin penasaran dengan Bangkok setelah baca ceritamu. Aku ke Thailand pernah sehari doang PP itu bertahan hidup pakai bahasa tubuh, hahaha... alhamdulillah ketemu orang baik, lihat aku sesama muslim jadi mau antar ke tujuan. Nah trus baca cerita rawan scam di Bangkok, ga boleh kelihatan ngang ngong... kudu tegas ya dan sok iye daripada kena tipu.

    BalasHapus
  9. Jadi banyak ke up di twitter yaa.. tentang scam dan pelecehan di luar negeri.
    Tapi memang sebaiknya perginya gak sendirian gitu kali yaa, Nes..
    apalagi yang belum pernah sama sekali ke kota tersebut.

    Kendala bahasa ini memang lumayan rumit.
    Jadi kudu cerdas menyiasatinya nih.. Nessa pinter banget deh.. 😉✌🏻

    BalasHapus
  10. Selama ni bayanganku susah cari makanan halal di thailand ternyata ga juga ya. Tapi tetep lebih baik dicek lagi ya langsung ke restonya. Kalo diluar negeri tu biasanya fair sih kalo ga halal ya dia bilang ga halal. Beda sama di kita hiks

    BalasHapus
  11. jadi siapa yang kasih status halal itu ya? apakah ga ada MUT (Majelis Ulama Thailand hehehe) atau lembaga apalah yang bertugas utk ini? Kalau non-muslim sih kadang tahunya, asal ga berbahan non-halal, maka halal. Saya juga belakangan lho taunya kalau alat yang dipake masak juga ga boleh sama.

    BalasHapus
  12. Aku sering baca tentang Bangkok, banyak yang ektrem di sana ya, termasuk ganja yang bisa legal, makanan hewan yang ajaib-ajaib pun legal. Tapi seru deh buat jalan-jalan, apalagi di sana bajunya bagus-bagus ya, sampai viral jastip Thailand

    BalasHapus
  13. Belum pernah ke Bangkok huhu tapi suami udah beberapa kali ke sana dinas kantor. Iya bener mencari makanan halal gampang krn ternyata muslim melayu juga banyak di sana yaa. Wah aku baru tahu kalau ganja dijual terang2an, weh gitu tu turis ada yg manfaatin kesempatan itu gak yaaa :P
    Publik transportasinya bagus, sepertinya Jkt gak kalah cuma kurang merata dan nyambung ke sarana2 umum lainnya aja di sini kyknya yaaa hehe.

    BalasHapus
  14. Aku di Manila saja pun mengalami
    Makanya sering ke 7Eleven buat cari Mie haha
    Daripada nyari makanan lain yang maish was was

    BalasHapus
  15. Aku sudah baca yang bagian 1. Yeeeayyy. Aku sudah senang saja kalau ada banyak makanan halal. Eh ternyata ada noted gede ya. Sudahlah balik ke kebiasaan lama kalau tempat asing makan ikan, seafood atau salad ikan. Daripada was-was. Aku paling gak telaten kalau komunikasi sama orang yang gak bisa Bahasa Inggris hehehe. Makasih banyak info soal alat transportasi di saya ya Mbak. Aku lebih senang naik kendaraan Umum kalau lagi jalan-jalan.

    BalasHapus
  16. Di mana pun, pasti ada yaaa yang suka modus penipuan gitu, apalagi klo tau kita bukan orang lokal. Memang kudu waspada huhuuu...

    Makasih ya untuk informasi tentang makanan halalnya. ternyata memang harus teliti dan mending nanya untuk mengetahui halal beneran atau enggak gitu ya. Nah, itu McD dan KFCnya kenapa ga halal, Nes?

    BalasHapus
  17. sistem transportasi di Bangkoksdh terintegrasi ya. mirip lah kyk jekardah saat ini

    BalasHapus
  18. Wah banyak juga ya culture shock di Thailand. Tapi iya sih, ke mana-mana pasti ada aja nemunya. Btw, belom baca nih aku yang part 1. Cus ke sana ah. Kepengen tahu apa aja. Tapi untuk gampangnya makanan halal, kakakku pernah cerita. Dia jadi sering ke sana salah satunya karena itu katanya.

    BalasHapus
  19. Ganja sebebas itu ya di sana ya sampe yang aku notice tuh ada pedagang roti/martabak yang viral di Bangkok dan gerobaknya bener2 sebrangan sama toko dengan logo "Cannabis" gedhe banget terpampang nyata. Tapi tetep wishlistku bisa ke sana buat visit temen yang kerja di sana.

    BalasHapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe