Permainan-permainan tahun 90an yang bikin kamu auto kangen!

November 20, 2021

Larasatinesa.com -  Jujur aja, saya merasa bersyukur banget jadi generasi 90an karena bener-bener bisa menikmati masa kecil saya seutuhnya. Rasanya saya tumbuh dengan baik. Kenapa saya bisa bilang gitu? Alasannya, dulu waktu saya kecil, saya tuh nggak kekurangan asupan lagu anak-anak, jajanan tradisional, tontonan kartun sampai dengan permainannya. 😁

Terus hari ini random banget, tiba-tiba kangen banget mainin permainan 90an! Nggak bisa dipungkiri, permainan lawas angkatan tahun kelahiran saya banyak banget jenisnya. Dan kali ini saya mau inget-inget lagi permainan apa yang paling sering saya mainin waktu dulu. 


1. Congklak

Congklak adalah salah satu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklaknya.

Nah, kalau saya dulu punya papan congklaknya dari kayu terus bijinya pakai kerang. Congklak ini cukup mudah dicari, karena banyak dijual di pasar tradisional dulu. Kalau sekarang di e-commerce juga banyak yang jual. 

source: pinterest

Cara mainnya: permainan ini dimainkan oleh 2 orang yang masing-masing punya 7 lubang kecil dan 1 lubang besar yang saling berhadapan. Untuk menentukan siapa yang mulai di awal dilakukan dengan suit. Permainan congklak selesai kalau udah nggak ada biji congklak yang berada di lubang kecil yang artinya semua biji terkumpul di lubang besar milik masing-masing pemain. Jadi pemenang permainan ini ditentukan berdasarkan jumlah biji yang terbanyak.

Btw saya biasa main congklak dulu sama tetangga saya yang seumuran. Biasanya kita main sore-sore pulang sekolah atau pas ada waktu luang. Walau mainnya cuma berdua, tapi seru banget!


2. Ular Tangga

Diambil dari Wikipedia: Ular tangga adalah permainan papan untuk anak-anak yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa kotak digambar sejumlah "tangga" atau "ular" yang menghubungkannya dengan kotak lain. Permainan ini diciptakan pada tahun 1870. Legend banget!

source: sketsabaru

Cara mainnya: pemain memulainya di kotak pertama dengan bidaknya dan secara bergiliran melempar dadu. Bidak tersebut kemudian dijalankan sesuai dengan angka dadu yang muncul. Kalau pemain sampai di ujung bawah sebuah tangga maka pemain bisa langsung naik ke tangga yang lain di atasnya. Tapi kalau pemain mendarat di kotak yang ada ularnya, maka pemain harus turun ke kotak bawah sesuai dengan arah ular tersebut. Pemenang dari permainan ini adalah pemain yang pertama mencapai kotak finish (paling ujung kiri atas).

Seiring perkembangan jaman, permainan ini  sekarang udah ada versi online-nya lho.  Siapa nih yang suka main ular tangga?


3. Monopoli

Kayaknya monopoli ini paling populer jaman saya dulu. Monopoli adalah permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan. 

Monopoli ini cocoknya dimainkan oleh 4 orang. Kebayang nggak tuh heboh dan serunya. Tiap main ini tuh bener-bener harus bisa nyusun strategi sebaik mungkin biar bisa menguasai dunia. Paling favorit punya komplek benua Eropa, Afrika sama Australia. Mahal soalnya! Haha.

source: unsplash

Cara mainnya: setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, terus kalau bidaknya mendarat di petak yang belum dimiliki oleh pemain lain, dia bisa membeli petak (komplek) itu sesuai harga yang tertera. Tapi kalau petak itu sebelumnya udah dibeli pemain lain, berarti ia harus membayar pemain itu uang sewa yang jumlahnya juga sudah ditetapkan oleh kartu panduan tiap komplek negara.


4. Solitaire

Jadi, dulu itu permainan ini hanya ada di PC (Personal Computer). Dan tahu nggak dulu itu kalau ada orang yang di rumahnya punya komputer pasti dibilang orang kaya. 🤣 Nah, saya kebetulan belum kaya dari kecil nih, jadi dulu seringnya main Solitaire di rumah sepupu karena dia punya komputer. Hahaha. 

Oke fokus, mari bahas Solitaire. 

Solitaire adalah sebuah permainan kartu yang dirilis oleh Microsoft sebagai layanan bundle untuk sistem operasi Windows 3.0 tahun 1990-an tersebut ternyata memang lahir dari rasa bosan. 

Kelihatannya permainan ini gampang ya. Tapi sebenernya Solitaire ini sejenis permainan yang mengasah kemampuan berpikir kita lho. Buat yang kangen main Solitaire, saya mau rekomendasiin situs yang menyediakan permainan ini namanya solitaire.org

Di situs ini kamu akan menemukan 6 game utama yaitu Klondike, Freecell, Spider, Pyramid, Tripeaks, dan Golf. Di antara semua game tersebut, saya paling sering memainkan Klondike dan Spider.

Klondike Solitaire atau yang dikenal dengan klasik Solitaire. Game ini buat saya paling mudah dipahami dari pada jenis yang lain. Di sini ada 2 tingkat kesulitan yang bisa kamu coba: mudah (1 kartu yang dibuka) dan normal (3 kartu yang dibuka). 




Misi dari permainan ini adalah untuk menumpuk kartu ke dalam urutan. Urutan ini didasarkan pada setelan dan peringkat. Untuk urutan kartunya harus diselang-seling warnanya hitam-merah secara berulang-ulang.  Misalnya, kartu akan ditumpuk King, Queen, Jack, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1 (AS) tanpa campuran.

Di sini saya bermain dengan waktu dan strategi. Walau udah sering memainkannya, bukan berarti saya udah jago, kadang saya juga stuck berujung mengulang permainannya dari awal lagi. 

Spider Solitaire, hampir mirip dengan yang klasik cara mainnya. Pada game ini kamu bisa coba level: mudah, sedang dan sulit. Buat coba-coba sih mainin aja yang mudah dulu.

Cara mainnya: mengumpulkan tiga belas kartu dari suit, dalam urutan menurun dari King ke Ace. Setelah satu set penuh tiga belas kartu dirakit, kartu itu dibuang.



Misi dari permainan ini ini adalah untuk menumpuk kartu ke dalam urutan. Urutan ini didasarkan pada setelan dan peringkat. Untuk urutan kartunya bisa selang-seling warna atau hanya satu warna. Disesuaikan dengan level mode-nya.  Misalnya, kartu akan ditumpuk King, Queen, Jack, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, 1 (AS) tanpa campuran.

***

Huwaaa.. jadi makin kangen deh!

Jadi, di antara semua permainan di atas yang mana nih favorit kamu? Atau kamu punya rekomendasi permainan lainnya? Share dong.


Cheers,

Nesa





You Might Also Like

62 comments

  1. Aku kenal gim komputer ini zaman udah kuliah, sih. Juh banget umur kita, ya. Tapi emang semua permainan di atas ngangenin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya kita seangkatan apa yaaa....hehehe... iya udah kenal game itu pas jaman kuliah. Tetep dong semua game tadi ngangenin, membawa kita ke masa2 manis dulu, elaahhhh :))

      Hapus
    2. Walaah mbak-mbak senior, aku waktu tau permainan ini jaman SD hehe.

      Hapus
  2. Semua permainan ini aku sering mainin ah indahnya, kalau solitaire sendiri dulu pas Uwa punya komputer di rumah zamannya kelas 3 SD bah antrian mengular demi main ini wkwk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. asiknya ya kakak zaman dulu semua permainan emang seru dan bikin senyum2 kalau mengenang permainan ini

      Hapus
    2. Meni sama teh, aku ge numpang main di rumah uwa da komputernya ada di kamar sepupu aku haha

      Hapus
  3. Mainan aku semua waktu kecil nih mbak, aku anak 90an juga. Hihii Aku dulu suka main karet, benteng-bentengan, bola bekel, krambol, ludo, dll Duh jadi kangen :')

    BalasHapus
  4. Baca ini jd flashback ke masa kecil dmn masalah terberat hanya PR yang belum dikrjakan wkwkwk, anyway itu si solitaire masih smoe skrg sih klo laptopnya g ada palikasi apa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah aku nggak merhatiin, coba nanti cek laptopku haha

      Hapus
  5. Sampai sekarang permainan permainan itu masih aku jalankan atau mainkan mba. Seru apalagi main ama keluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, permainan jadul masih seru sampai sekarang

      Hapus
  6. Semua permainan ini emang permainan masa kecil dan udah kumainkan nih. Apalagi Solitaire itu kayaknya selalu ada di setiap komputer orang-orang wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang permainan bawaan mbak. Udah kerjasama microsoft-nya.

      Hapus
  7. Masa pandemi kemarin, anak-anak super bosen kak Nes..
    Jadi pada minta board games tuh..
    Alhamdulillah,
    Kini ada game online, malah lebih hemat lagi yaa..tinggal buka website solitaire.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul teh, praktis banget kalau mau main tinggal buka situsnya.

      Hapus
  8. Hobi banget main solitaire nih dulu, tapi ya gitu deh. Stuck melulu, kadang belum habis kartunya, tapi ga bisa-bisa nyelesaiin hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kalau udah stuck langsung new game sih aku :))

      Hapus
  9. aku suka semuaaa mba hehehe... itu yang namanya congklak aku suka bawa juga karena bisa jadi hiasan khas Indonesia yang keren jugaaa

    BalasHapus
  10. Congklak, ular tangga sama monopoli sampai sekarang masih saya mainkan dengan anak. Apalagi kalau pas sedang ke kebun, kan ga ada sinyal di sana jadilah permainan ini yang kami jadikan keseruan sambil menunggu suami dan pekerja lainnya. Yg belum pernah main justru Solitaire ini. Seru juga sepertinya kalau mencoba ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru memang permainan jadul tuh belum kepengaruh sama gadget.

      Hapus
  11. Semua kusukaaaaa hahaha :) Congklak dll memang permainan tradisional ya. Kalau solitaire memang sudah ada di PC waktu itu kan. Seru banget kalau udah main solitaire. Maunya menaaang terus. Ngerjain tugas sekolah kalau bete jadi relaksasi dengan permainan yang satu ini deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya mbak jadi game bawaan PC nya, cuma dulu aku belom mampu beli PC jadi ngikut main di rumah sodara walaupun pahamnya agak lama wkwk

      Hapus
  12. Favorit aku congklak! Waktu SD suka banget main congklak sama teman dan seru juga jadi belajar atur strategi biar menang.

    BalasHapus
  13. Aku dulu paling suka main ular tangga mbak. Seneng kalau pas dapat tangga, dan meringis kalau ketemu ular dan harus meluncur turun. Puas banget kalau bisa ada di angka 100.

    Setelah kenal komputer, paling suka main solitaire, karena simpel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ular tangga tuh paling puas kalau udah geser temen yang ada di angka yang sama. Wkwkw.

      Hapus
  14. Mainanku jaman kecil semua nih...ya ampun jadi nostalgia. dulu kalau main solitaire suka rebutan ama ibuku. Ibu sampai sekarang juga masih sering mainin solitaire tuh, katanya biar nggak gampang pikun jadi harus ngelatih otak pakai game,

    BalasHapus
  15. Ahaaa, ku kangen sama permainan masa kecil yg selalu ngangenin ya Nes.
    Legend banget, dan emang Sik oisan mainninnya.

    BalasHapus
  16. Waah permainan aku semua tuh mba. Monopoli, ular tangga, congklak, ludo, hihi banyak banget permainan anak 90an. Solitaire tuh zaman aku ngerjain skripsi jadi selingan main biar nggak stress ngurusin skripsi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh ludo belum kesebut, seru juga ya mbak.

      Hapus
  17. iya, aku dulu senang banget main game di Solitaire ini mbak
    Sampai sekarang juga sesekali aku memainkannya
    Emang asik main Solitaire ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih, kalau jenuh pelariannya main solitaire.

      Hapus
  18. Ngangenin memang permainan 90-an ya...aku beli lho, congklak, monopoli dan ular tangga saat pandemi...Mau ngenalin anak-anak permainan menyenangkan jaman dulu
    Juga syukurnya ada Solitaire yang kini bisa mudah banget dimainkan, dulu mesti ke rumah teman yang punya komputer segede gaban hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah seru mbak, sekalian kenalin mainan jadul ke anak-anak ya biar nggak bosen main game online terus.

      Hapus
  19. aku dulu, masih kecil emang doyan main, tapi mainan tradisional, paling keren ular tangga, itu pun minjam atau palingan punya teman, maklum gak punya uang buat beli. kangen sekarang tuh kalo bisa mau main karet ama teman2 dulu, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya main karet, tapi aku nggak terlalu bisa sih mainnya, cuma seru aja lihat yang main apalagi temenku ada tuh cowok ikutan main karet :))

      Hapus
  20. Aku masih suka main monopoli nihh halu jadi holkay hihi ingat solitaire jadi ingat komputerku zaman sekolah, zaman jebot hihihihi.. Kangen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha legend emang solitaire dari jaman windows 95

      Hapus
  21. Kapan itu aku ngajak anakku main game tetris. Dan kata anakku kok gampang banget sih mainnya hahaha. Jadi kangen masa kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha anak sekarang memang luar biasa gamenya penuh tantangan semua yaa

      Hapus
  22. Huhu iya banget, kangen deh main mainan2 itu. Udah lama gak main. Tapi kalo solitaire sih masih main. Ada ya di internet kayak di Solitaire.org ini

    BalasHapus
  23. Anak sekarang kalau diajak main congklak ngerti gak ya cara mainnya, heheheheee… Tapi kalau solitaire tuh sampai sekarang tak lekang oleh waktu ya. Ini jadi permainan saat killing time.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main solitaire tuh semacam kayak mecahin masalah yang rumit ya, puas banget pas kartunya habis haha

      Hapus
  24. MONOPOLI dulu mainan fave aku dan keluarga - terus alm Bokap suka scrabble - terus hobi juga solitaire

    aneh ya permainan ini kok didesain biar ga bosan apa gimana ya ... aku sih sekarang main plant vs zombie yang versi awal! Aku ga bosan bosan mainnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plant VS Zombie juga kesukaanku sampe muka zombie nya tuh khas banget sampe sebel liatnya wkwk

      Hapus
  25. Aku main Solitaire pas udah kerja. Kan kudu pakai komputer. Dulu gak punya. Pas sekali main, eh ketagihan, hahaha. Jadi kangen buat main lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama, dulu perasaan yang punya komputer tuh udah berasa sultan banget nggak sih :))

      Hapus
  26. Memang permainan anak 90an ini sangat menyenangkan yaa..
    Penuh dengan canda tawa bersama tema karena interaksi bersamanya kuat. Jadi inget drama Reply the series.

    Namun, nostalgia dengan bermain di Solitaire, pasti bisa membangkitkan semangat kebersamaan kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaman udah berubah ya teh, sekarang mah lebih banyak yang main game online daripada offline. Padahal offline lebih seru interaksi sama orang lain.

      Hapus
  27. Jadi kangen sama permainan permainannya.. sampe ga mau pulang dulu kalo dah main monopoli sama temen, rela datang jauh jauh hahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bener, ada masanya emang nggak pengen pulang dari rumah temen :))

      Hapus
  28. semua permainan di atas sudah pernah aku mainin dong. hihi. kira-kira anak generasi alpha tahu nggak ya sama permainan congklak atau ular tangga dan monopoli ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, mungkin sekarang kalau pun tau game offline-nya semacam kartu UNO kali yaah, sisanya game online.

      Hapus
  29. Permainan congklak, ular tangga dan solitaire ialah permainan kesukaanku dari dulu. Sampai sekarang yang masih sering saya mainkan ular tangga dan solitaire di waktu senggang. Apalagi pas lagi pusing-pusingnya pulang kerja, suka menyempatkan untuk ngegame solitaire biar otak rada adem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, lumayan yaa hiburan tipis-tipis disela kerja.

      Hapus
  30. Semua permainan yang diulas udah pernah dimainkan waktu kecil sampai remaja, nah yang main kartu online ini kayaknya baru deh buat saya. dulu main kartunya ya secara fisik, enak kalau udah bisa online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya main kartu di PC udah bisa dari dulu.. cuma dulu PC nya aja yang belom punya wkwk.

      Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe