Menjaga Silaturahmi Setiap Hari di Bulan Ramadan Saat Pandemi

Mei 13, 2020

Larasatinesa.com - Nggak kerasa ya, udah masuk bulan Ramadan lagi. Mungkin karena udah 2 bulan ini saya work from home jadi kadang suka lupa hari. Sumpah.. suasana Ramadan kali ini jauh berbeda dengan Ramadan tahun-tahun sebelumnya karena adanya pandemi COVID-19. Banyak hal-hal yang nggak bisa saya lakukan seperti; buka puasa bersama dengan keluarga besar, tarawihan di masjid, ngabuburit beli takjil di pasar kaget, window shopping ke Mall, buka bersama bareng teman-teman di resto favorit, dan yang paling bikin bete adalah nggak bisa mudik! Beruntungnya jaman sekarang teknologi udah canggih. Jadi untuk sementara, kita silaturahmi setiap hari memanfaatkan teknologi dulu. Walau terpisah jarak, kita tetap bisa ramai sepi bersama di rumah masing-masing.

 

Menjaga Silaturahmi Setiap Hari di Bulan Ramadan Saat Pandemi


Ngomongin soal mudik nih. Saya sebetulnya udah berencana bakalan mudik tahun ini ke kampung halaman Ibu saya di Kota Medan. Saya rindu sekali sama Nenek dan saudara-saudara saya di sana karena udah bertahun-tahun lamanya nggak silaturahmi. Sekitar bulan Februari lalu, saya hampir aja membeli tiket pesawat untuk rencana mudik saya waktu itu. Maklum aja cari tiket Bandung-Medan yang lagi promo itu nggak gampang, dan menurut saya ini udah telat banget buat berburu tiket promo. Singkat cerita, karena waktu itu saya saling tunggu-tungguan sama adik saya yang masih galau mau ikut atau nggak, akhirnya saya belum jadi beli tiket juga dong. Sampai akhirnya wabah COVID-19 masuk ke Indonesia pada bulan Maret lalu, saya udah pasrah aja ketika pemerintah mengharuskan untuk social distancing, physical distancing, sampai ke kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Rencana mudik saya tahun ini gagal total. Kebayang dong nyeseknya kalau kemarin saya jadi beli tiket. Huhu. 


Perasaan saya campur aduk. Antara ingin marah, kesal, bercampur sedih. Belum pernah saya merasakan bulan Ramadan cuma berdiam diri di rumah aja dengan segala kecemasan kayak gini. Sampai-sampai saya nggak mau lihat berita tentang perkembangan pandemi di Indonesia dong. Dan kerasa nggak sih dengan adanya kebijakan physical distancing bikin kita jadi nggak bisa bersilaturahmi satu sama lain selama bulan Ramadan ini? Kalaupun ketemu harus jaga jarak minimal 1 meter. Bukan apa-apa sih, semua bertujuan untuk menjaga kesehatan masing-masing. Tapi sebagai umat muslim udah seharusnya kan kita selalu menjaga hubungan silaturahmi dengan sesama. Hanya mungkin cara silaturahmi saat ini sedikit berbeda, yaitu cukup memanfaatkan teknologi yang kita punya. Jaman sekarang orang-orang kan nggak bisa hidup tanpa gadget. 


Caranya gimana, Nes? 


Nih, saya kasih tau cara-cara sederhana yang bisa dilakukan untuk tetap menjaga #SilaturahmiSetiapHari di bulan Ramadan saat pandemi COVID-19:

 

Mengirim Pesan Melalui Social Media

Menurut saya cara ini adalah yang termudah untuk tetap bersilaturahmi dengan teman-teman. Saya bisa mengirimkan ucapan "selamat berpuasa" ke semua teman-teman saya sekalipun jarak mereka jauh dari jangkauan. Mengingat saat ini semua orang menggunakan social media seperti; Whats app, Line, Telegram, Instagram dan lain sebagainya, cara ini paling efektif untuk bersilaturahmi di tengah pandemi COVID-19. Oh ya, di semua social media yang saya sebutkan tadi juga bisa membuat group yang dapat memudahkan saya untuk ngobrol dengan teman-teman tertentu. Akan lebih mudah bila komunikasinya langsung di group ya. 



 

Video Conference dengan Teman-Teman

Buat yang lagi jalanin Work From Home (WFH) kayak saya, pasti udah nggak asing lagi dong sama video conference. Video conference adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan. Saya sering melakukan video conference untuk keperluan tertentu, misalnya untuk meeting dengan klien, brainstorming dengan team, atau sekadar kangen-kangenan dengan teman-teman. Video conference ini cukup membuat saya merasa senang karena saya bisa melihat teman-teman saya dalam keadaan sehat di rumahnya masing-masing. Dengan begitu komunikasi saya dengan teman-teman tetap terjaga kan?  



Saling kirim Parsel Ramadan

Sebetulnya kirim-kirim parsel ini udah biasa dilakukan walau bukan di bulan Ramadan ya. Kegiatan mengirimkan parsel juga bisa memperkuat silaturahmi antar kerabat terdekat selama harus menjaga jarak karena COVID-19. Saya nggak perlu repot untuk keluar rumah untuk mengantarkan parselnya, karena sekarang banyak jasa antar online yang tetap beroperasi dan akan mengantarkan parsel kita ke tempat tujuan. 

 

Ngabuburit Live Instagram dengan Teman

Buat kamu yang suka banget berbagi sesuatu entah itu tips, DIY, motivasi, tutorial dll, nggak ada salahnya untuk melakukan live instagram selagi menunggu waktu berbuka puasa. Kamu juga bisa mengajak teman untuk ngobrol bareng sambil bertukar pikiran dengan apa yang sedang kalian bahas. Live instagram ini juga bisa mengundang orang-orang untuk menonton dan berinteraksi dengan melontarkan komentar. Kalau yang kamu ditampilkan adalah hal yang positif, udah pasti yang nonton pun akan senang karena mendapatkan insight baru. 

 

Buka Bersama Online

Sejujurnya yang paling saya kangenin saat Ramadan ini adalah kegiatan buka puasa bersama teman-teman. Dari teman-teman sekolah hingga teman-teman kerja. Karena saat ini untuk bertatap langsung langsung sangat tidak memungkinkan, maka memanfaatkan video conference adalah solusinya. Kamu tetap bisa mengadakan buka puasa bersama, meskipun via online. Menurut saya ini adalah cara unik untuk mengobati kerinduan berkumpul dengan teman-teman. Kamu juga sekalian bisa share menu-menu berbuka apa aja yang akan disantap.Untuk bisa video conference, kamu bisa memakai jenis-jenis platform seperti Google Meet, Zoom, Google Hangout, dll. Meskipun #dirumahaja masih tetap bisa #SilaturahmiSetiapHari dong.

***


Untuk bisa melakukan 5 cara di atas. Tentunya saya butuh jaringan internet yang kuat. Berhubung saya nggak ada Wifi di rumah, saya hanya mengandalkan kouta internet dari provider yang saya gunakan. Semenjak WFH ini saya emang butuh banyak sekali kuota demi memenuhi tuntutan pekerjaan dan tentunya demi bisa silaturahmi setiap hari juga. Beruntung saya udah pakai IM3 Ooredoo sejak lama, eh udah sejak jaman sekolah kayaknya sih. Hehe. 


Mungkin kamu penasaran, kenapa saya bisa bertahan pakai IM3 Ooredoo udah bertahun-tahun lamanya. Ini nih alasannya..


IM3 Ooredoo Memahami Penggunanya

Demi memberikan semangat untuk para penggunanya, IM3 Ooredoo berinovasi melakukan kolaborasi dengan 4 musisi ternama Indonesia yaitu, Baskara Putra (Hindia), Kunto Aji, Yura Yunita dan Sal Priadi yang menciptakan anthem berjudul "Ramai Sepi Bersama". Lagu ini menjadi penyemangat sekaligus reminder kita semua bahwa apapun yang terjadi, tidak ada yang lebih penting dari silaturahmi meskipun jarak memisahkan. Wagelaseh, ini mah musisi favorit saya semua!




Jujur aja, pas saya lihat TVC sama liriknya ini mengandung bawang alias bikin hati tersentuh banget. Gimana nggak baper ya, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah kita menjalani Ramadan yang berbeda akibat pandemi COVID-19. Semua gerak kita serba dibatasi dan pastinya kita tidak bisa melakukan ritual Ramadan seperti biasanya. Yang bikin sedih tuh pas lihat bagian nggak bisa lebaran dan sungkeman ke orangtua. Haduuu.. mewek beneran! Tapi diliriknya juga kita diajak untuk optimis kalau semua ini pasti akan berlalu, cepat atau lambat. 

Dan yang menarik adalah untuk pertama kalinya, seluruh proses pembuatan TVC IM3 Ooredoo ini dibuat remote dari rumah masing-masing talent maupun kru produksi untuk mematuhi aturan physical distancing. Dengan hanya mengandalkan kuota dan koneksi untuk berkomunikasi lewat platform chat, video call, dan email selama proses produksi. Nggak nyangka deh banget hasilnya bisa sekeren dan se-menyentuh ini.

 

Saya tambah salut sama IM3 Ooredoo karena seakan memberikan secercah harapan kalau kita bisa melalui semuanya bersama-sama. Nggak salah kan jadi provider terawet yang saya pakai sampai saat ini. Kampanye ini menunjukkan bahwa yang terjadi saat ini tidak akan menghalagi kita untuk berkolaborasi dan tetap bisa menciptakan karya positif meskipun dilakukan secara virtual melalui social media dari rumah masing-masing dengan dukungan paket Freedom Kuota Harian IM3 Ooredoo.



Silaturahmi Setiap Hari dengan Freedom Kuota Harian IM3 Ooredoo

Untuk bisa tetap #SilaturahmiSetiapHari di tengah physical distancing ini, IM3 Ooredoo meluncurkan paket terbarunya yaitu paket Freedom Kuota Harian untuk mendukung aktivitas internet harian yang dijalani. Seperti yang udah saya sampaikan di atas, saya sedang melakukan WFH dan butuh hiburan dari internet sebanyak-banyaknya demi tetap waras dalam situasi ini.



Keunggulan dari Paket Freedom Kuota Harian:


Kuota Besar

Kamu bisa menikmati kuota besar 28GB dengan harga terjangkau dengan benefit kuota utama 1GB / hari. Kalau saya pribadi udah membagi-bagi kuota ini sbb: 1 GB untuk kirim pesan silaturahmi ke kerabat terdekat, 1GB untuk work from home, 1 GB untuk nonton Youtube, 1 GB untuk social media, 1 GB untuk video call bukber online bareng teman-teman, dsb. 


Dapat digunakan 24 Jam!

Kuota dapat digunakan untuk internetan selama 24 jam di semua jaringan, kapanpun!


Pulsa Save

Nggak perlu takut lagi pulsa kesedot ketika kuota harian habis. Kamu masih bisa internetan nyaman dan pulsa tetap aman!



Paket ini dapat diaktifkan melalui *123# atau melalui aplikasi MyIM3. Perpanjangan paket otomatis pun berlaku selama pulsa mencukupi. Oh ya, setiap pembelian paket Freedom Kuota Harian ini kamu juga udah berdonasi sebesar Rp.2000,- untuk membantu menanggulangi COVID-19.


***


Jangan sampai keterbatasan ini membuat kita semua lupa untuk bersilaturahmi dengan orang-orang tersayang ya. Justru dengan adanya pandemi ini kita jadi semakin memaknai arti orang-orang yang hadir dihidup kita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap bisa #SilaturahmiSetiapHari dengan mengandalkan teknologi yang kita punya. Keadaan ini hanya sementara kok, semua akan membaik pada waktunya. Tetap jaga kesehatan dan semangat berkarya meskipun #dirumahaja ya, teman-teman! 

 

Cheers,

Nesa

 


You Might Also Like

88 comments

  1. Akupun udah kayak streeeees banget skr ini nes. Keluar rumah cuma utk kantor Ama sebulan sekali beli kebutuhan rumah di supermarket. Udah itu doang.

    Kantor ttp buka walopun gantian WFH seminggu2 Ama temen, Krn bank ga bisa tutup kan.

    Dan kalo ngebaca apapun yg terkait traveling ya, akh jd mellow sendiri tauk. Td aja liat IG nya Qatar airways yg prepare terbang ke Brazil, aku mewek dong, saking pengennya jalan2 hahahahahaha. Kmrn baca ttg solo dan Medan, lgs sedih juga, dan pengeeeeeen banget bisa ksana. Covid bener2 ngerubah semuanya ya :( . Tp 1 sih yg aku jadiin pelajaran banget, betapa pentingnya emergency cash :). Aku bersyukur gaji masih full, thr dan uang cuti msh full dibayar. Jd budget emergency cash belum terganggu. Ga kebayang kalo itu ga ada, gaji di stop, thr apalagi, mati sih :(. Makanya kasian Ama orang2 yg income-nya harian, mereka pasti sangat terimbas :(

    Indosat udh aku pake sjk kuliah :D. Dulu milih ini Krn dia yg paling bgs paket SMS nya :p. Krn ada paket SMS gratis ke smua nomor dulu. Krn aku memang LBH suka messaging drpd nelpon, jd jelas aku LBH pilih Indosat. Sampe skr ttp msh pAke. Nomorku aja udh lama banget sampe aku jadiin paska bayar skr ini. Biar ga repot isi pulsa hahahaha.

    Tp aku sempet sebel juga Ama Indosat, Krn srg kali sinyalnya ga stabil bahkan lemah kalo sdg di luar Jawa. Pas aku ke Medan, Aceh, Sibolga apalagi, ampuuuuuun Ama sinyalnya dia. Cuma merah yg nyala. Trus aku prnh mau order gojek pulang kantor, sinyal dia metoong dooong :(. Mau nlpon suami jg ga bisa. Untung ga jauh2 amat dari rumah, tp lumayan 3 km aku jalan kaki. Kesel sih itu.

    Tapi gimana dong, ga bisa ganti nomor juga :p. Udh telanjur cinta juga, dan nomor ini udh terdaftar kemana2 hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu sama banget dong aku juga kalau lihat postingan traveling suka sedih. Gimana mbak Fanny nih yang lebih sering traveling yaaa.

      Ohh bener mbak kalau bank emang harus tetep buka ya.

      Kalau udah kesayangan sih susah pindah nomor ke yang lain. Insya Allah sekarang sinyal Im3Ooredoo semakin kuat mbak.

      Btw mbak, kalau pandemi berakhir mari kita ketemuuuuu :))

      Hapus
  2. Internet dan social media lumayan jadi penghibur ya. Masih bisa terasa Kita connected dengan lainnya. Kalau enggak, entah apa jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa semua orang jaman sekarang butuh banget internet mbak

      Hapus
  3. Aku ngebayangin buka puasa online kayak gimana tuh ya, seru kali ya sama temen2 :D
    Suka gak inget sama gadget kalo jam buka puasa sangat2 hectic di rumah sama anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sempat kemarin bukber online. Seru banget mbak.

      Hapus
  4. KAlau gada kuota hancur sudah wfh, hehe. Lumayan banget itu tarif internet im3ooredoo bisa bikin silaturhami online makin lancar. Kerja juga pasti bebas emosyi karena konek kenceng yah Nes. Soal parcel lebaran bener banget itu kayaknya banyak yang mencoba menggantikan kedatangan fisik dengan hampers untuk menjaga kesehatan besama namun tetep jaga silaturahmi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya Mbak Nia, butuh banget jaringan internet yang bagus. Biar kerjaan dan silaturahmi tetep lancar. Untung sih dapat dukungan kuota dari im3ooredoo.

      Hapus
  5. Di masa-masa pandemi seperti sekarang ini, koneksi internet yang mumpuni diperlukan banget ya. Karena hampir semua aktivitas, kerja, sekolah, kuliah dilakukan secara online. Anakku tiga, semuanya aktivitas online, ribet banget kalau koneksinya ambyar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Makpuh, saat seperti ini wajib punya kuota besar dengan jaringan internet yang stabil. Insya Allah semua aktivitas lancar selama di rumah aja.

      Hapus
  6. Gak berasa malah Ramadan sudah mau selesai tapi pandemi masih aja belum hilang ya hiks. Untuk silaturahmi bersama keluarga biasanya kami melalui video call atau chat di grup makanya butuh banget koneksi yang stabil ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, yang penting koneksinya bagus biar bisa silaturahmi walau virtual.

      Hapus
  7. Bener nih mbak, jangan sampe keterbatasan ini menghalangi silaturahmi kita ya. Apalagi kalo uda di dukung jaringan internet yg kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mbak, yang penting silaturahmi tetep lancar walau di rumah aja.

      Hapus
  8. Belakangan semakin sering komunikasi ama keluarga lewat kontak tlpon. Kangen mau ketemuan tapi gimana emang jaraknya emisahkan dan juga ada wabah begini ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sementara virtual dulu ya silaturahminya huhu

      Hapus
  9. Iya kudu kenceng internetnya ya apalagi meeting online dan live IG, aku juga pakai Indosat, Alhamdulillah puas.

    BalasHapus
  10. Setuju banget mba. Zaman sekarang emang kita udah gak bisa jauh dari internet.

    Hp bukan sekedar untuk bergaya tapi sudah menjadi kebutuhan. Apalagi dalam keadaan kaya gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, masih bisa manfaatin teknologi disaat kayak gini ya.

      Hapus
  11. Zaman jarak memisahkan begini, mau tak mau semua serba online ya Mba. Aku aja ngerasain kuota data hp abisnya kayak minum air saat berbuka puasa. Pakai IM3 banyak untungnya nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa gpp kuota habis banyak yang penting kerjaan sama silaturahmi lancar.. Etapi kalau pakai Im3Ooredoo hemat sih :))

      Hapus
  12. kalau jaringan lancaar insya Allah silahturahmi selalu terjaga yaa mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah nggak salah pilih provider sih mbak hehe

      Hapus
  13. Efek pandemi yang berdampak secara menyeluruh ke aspek kehidupan. Semua kena efeknya, physical distancing menjadi salah satu cara utk mencegah penyebaran covid, artinya semua hal harus dikondisikan sdengan mengatur jarak aman, dengan WFH. Artinya butuh koneksi internet utk mendukung pekerjaan secara WFH, Alhamdulillah pekerjaan bisa berjalan lancar di saat pandemic ini. BBegitu juga silaturahmi semoga tetap terjaga setiap hari karena situasi belum memungkinkan utk mudik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah pakai Im3Ooredoo kerjaan sama silaturahmi virtualnya lancar mbak

      Hapus
  14. Tahun ini rasanya nano nano ya..untungnya saya pakai IM3 juga. Internetan lancar, bisa komunikasi tanpa kendala

    BalasHapus
  15. Iya ya, di masa pandemi gini, sinyal yang kuat dan anti boros beneran jadi kebutuhan kita banget. Apa-apa online ya soalnya. Meeting dan kelas online pun jadi sarana untuk upgrade diri dan komunikasi selama dirumahaja gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah masih bisa tetap produktif ya mbak, memang penting banget punya kuota besar saat-saat gini.

      Hapus
  16. Fredom kuota hariannya bikin mupeng deh, bikin silaturahmi setiap hari jadi bukan masalah lagi.
    Terlebih di masa pandemi sekarang ya, internet itu udah jadi barang yang penting banget.
    Semuanya butuh kuota internet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, jaman sekarang semua butuh internet dan jaringan yang kuat :)

      Hapus
  17. Kalau aku selama ini tetap ngantor tapi yang bener-bener ngefek itu perbedaan suasan ramadan. Huhu, kangennya kumpul langsung bertatap muka dengan keluarga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, gpp sabar dulu ya kita. Semoga segera berlalu pandemi ini.

      Hapus
  18. Asyik banget ya dirumah saja terbantu dengan memiliki kuota yang full support untuk kerja dan silaturahmi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kalau sedia kuota besar kerjaan dan silaturahmi lancar selama di rumah aja.

      Hapus
  19. Wah untung belum jadi beli tiket ya. tapi mungkin kalau beli tiket bakal direfund full sama pihak maskapai karena udah ditutup emang kan bandara itu. Meski jauh, yang penting bisa tetao silaturahmi via internet hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak untung belum beli tiket pesawat hehe. Bener, bisa tetep ambil hikmahnya masih bisa silaturahmi online.

      Hapus
  20. Bener banget kak.. Im3 mah provider andalan dari jaman sekolah hehe.. sampe sekarang masih murah aja harganya.. alhamdulillah jadi bisa silaturahmi terus setiap hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yaa bisa ngobatin rindu keluarga yang jauh

      Hapus
  21. Jujur sedih banget sekarang ini nggak bisa silaturahmi langsung tapi bersyukur ada teknologi memudahkan. Sering banget sih gunain video call, biar terasa lebih dekat.
    Ini paketannya murah meriah terjangkau kantong ya. Jdi, mau silaturahmi online pun kapan saja bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak mau gimana lagi ya, tapi harus tetep bersyukur berkat teknologi masih bisa silaturahmi tiap hari walau virtual.

      Hapus
  22. Aku belum pernah bukber online sih. Tapi, lihat orang-orang pada bukber online kayaknya seru. Hehe kalo lagi begini emang yang penting ga putus silaturahmi lah yaa, apalagi urusan internet mah sekarang udah aman. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru mbak bukber online hehehe.
      Aman internetan mah selama pake IM3Ooredoo.

      Hapus
  23. Alhamdulillah ya mbak masih bisa silaturahmi walaupun nggak bisa mudik tahun ini. Puas2in tiap hari vcall ama orang tersayang...sama keluarga, teman, sahabat, dan semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, masih bisa ambil hikmahnya ya.

      Hapus
  24. kondisi kaya gini emang harus siap sedia kuota yaa, soalnya ngandelin wifi dirumah sering banget putus putus nyaaa, sedih banget hihihi,

    BalasHapus
  25. Kuota harian masih bisa jalan karena ada pulsa save. Jadi aman ya silaturahmi setiap hari, vcall maupun zoom. Aku pun pakai IM3 Ooredoo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman banget pokoknya mbak mau internetan sepuasnya pakai Im3Ooredoo mah

      Hapus
  26. Ramadhan kali ini, untuk pertama kalinya semuanya serba online, menjaga silaturahmi pun via online melalui media sosial, pesan singkat, ataupun video call. jadi kuota is a must ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, wajib sedia kuota besar selama di rumah aja nih.

      Hapus
  27. Untung banget IM3 Ooredoo ngeluarin paket Freedom Kuota Harian yang kece banget ini yaa. Jadi meskipun berjarak, tetep bisa silaturahmi setiap hari

    BalasHapus
  28. Ramadan kali ini memang beda namun ada banyak hikmah yang bisa diambil ya Nes, insya allah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, semoga segera berlalu ya pandemi ini.

      Hapus
  29. Pake im3 dari jaman SMA, emg paling ramah di kantong ya, tpi sinyal ya jadi menyesuaikan..moga lebaran bisa lancar koneksinya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh aku udah pake dari SMP malah hahaha. Favorit banget emang Im3Ooredoo ini.

      Hapus
  30. Sedih banget tahun ini gabisa kemana-mana, mau mudik juga gabisa padahal kangen banget sama nenek di kampung😭. Semoga keadaan makin membaik biar bisa pulang kampung pas liburan tahun baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku pun kangen nenekku :(

      Semoga ya semua segera berakhir. Aamiin.

      Hapus
  31. tetep jaga ielaturahmi meski dalam kondisi pandemi seperti ini ya mba, dan memang berasa banget intensitas telepon atau video call dengan keluarga terdekat dan teman-teman jadi lebih sering, bahkan hampir tiap hari kalau sama keluarga. mengerti banget ya Im3ooreedoo ini memberikan kemudahan buat pelanggannya ngasih harga yang sangat terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, makanya harus sedia kuota besar selama di rumah aja nih. Untung sih dapet dukungan kuota Im3Ooredoo ini.

      Hapus
  32. Gegara pandemi sekarang tiap minggu cuma bisa ketemu virtual sama ortu 😐. Untung ada teknologi dan kuota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mbak, manfaatkan teknologi dulu aja ya.

      Hapus
  33. Hihi seru juga, Nes buka puasa bareng secara online, jadi teuteup bisa buka puasa barengan walaupun jauhan, internet memang mesti lancar dalam kondisi di rumah aja, butuh hiburan banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget teh, aku kemarin bukber online sama temen-temen kantorku. Hehe.

      Hapus
  34. Keren banget sih Indosat bisa buat TVC yang online kaya gitu, semoga kita juga tetap bisa bersilaturahmi setiap hari ya <3 sehat terus mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya TVC nya keren banget! Aamiin, makasih banyak Tiara <3

      Hapus
  35. Tetap bersyukur di masa saat sekarang ini ya kak, apalagi kita masih bisa tetap terhubung dan bersilaturahmi dengan keluarga via online kapan saja dan dimana saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, tetep bersyukur masih bisa vidcall nih mbak.

      Hapus
  36. Aku baru tau kalau Nesa kampung halamannya Medan. Kok ga ada logat-logat bataknya, Nes?
    jadi pengen mewek yaa, Nes...lebaran kali ini ga bisa pulkam, hanya bisa bertemu via online.
    Tapi semoga Mama sehat-sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha yang batak Ibu aku teh makanya nggak bisa bahasanya :))

      Aamiin teh, semoga sehat-sehat semua keluarga kita ya.

      Hapus
  37. Oh baru tahu ternyata orang Medan kakah kirain asli Bandung Raya 😁 untunglah ga jadi beli tiketna kabayang marpaung paung dah krn corona melanda..untunglah ya teknologi makin keren silaturahmi bisa jalan terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibuku yang orang Medan teh. Hehe.
      Iyaa walau gajadi mudik bisa vidcall dulu buat silaturahmi.

      Hapus
  38. Gak pernah kebayang sih bakalan menjalani ramadhan seperti sekarang ini, karena biasanya rajin mengadakan buka puasa bersama keluarga tapi sekarang harus ditahan dulu. Nah mengakali rasa kangen aku juga biasanya melakukan video call bersama keluarga, untuk membunuh rasa kangen terutama sama mamah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak sama sekali nggak pernah terbayang ya. Ambil hikmahnya aja, sementara bisa vidcall dulu buat silaturahmi sama keluarga jauh.

      Hapus
  39. Aku belum pernah nuh ngabuburit dan buka bersama online, soalnya udah rempong di rumah. Buka bersama keluarga. Alhamdulillah banyak cara untuk bersilaturahim meskipun ga bisa keluar rumah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iya mbak Alhamdulillah ya masih bisa silaturahmi tiap hari walau virtual.

      Hapus
  40. Zaman sekarang silaturahmi bisa dilakukan secara virtual ya mbak. Video call saja udah cukup, apalagi di saat pandemi begini yang mengharuskan kita untuk lockdown diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes mbak, sementara virtual dulu silaturahminya. Sedia kuota yang banyak!

      Hapus
  41. Sampe bosan dirumah aja ya gak sii. Mana udah mau lebaran gimana ini kebayang gak si asing nya seperti apa ramadhan kali ini huhu:(

    Ku berdoa semoga ramadhan taun depan sudah normal, dan pandemi ini cepat berakhir aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa :(
      Tapi mau gimana lagi, semua harus dihadapi dengan sabar. Semoga segera berakhir pandeminya. Aamiin.

      Hapus
  42. Sebenarnya aku mulai betah di rumah aja karena memang ga beda jauh dengan rutinitas sebelum pandemi yaitu ibu rumah tangga. Tapi lama-lama mulai bingung juga mau ngapain lagi yaa selama fase ini. Alhamdulillah kecepatan koneksi yang jangkauannya luas bisa membantu kita silaturahmi virtual yaa mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama mbak, aku pun dah mulai bosen. Tapi emang tiap hari harus ngulik hal-hal yang baru biar dapet inspirasi. Semangat ya buat silaturahmi virtualnya!

      Hapus
  43. Kuota 1GB/hari emang cukup besar jg ya jd puas mau pakai internet untuk apa aja.

    BalasHapus
  44. Bener mba, aku juga pakai im3 oreedoo sinyal ya kenceng banget apalagi pas video call idul fitri kemarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak silaturahmi tetep lancar..

      Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe