Tentang Kue Keranjang, dan Segala Pernak-Pernik Imlek

Januari 27, 2019

Larasatinesa.com - Ketika Imlek datang, banyak warga keturunan Tionghoa yang menyambutnya dengan suka cita. Saya yang walaupun bukan keturunan Tionghoa turut merasakan vibes-nya, karena banyak teman-teman saya yang merayakan. Saya sering lihat ada yang mendekorasi rumah dengan berbagai ornamen Imlek, ada juga yang menyajikan kue keranjang khas Imlek (kesukaan saya nih!) untuk disantap bersama keluarga. Kue ini memang tidak pernah absen pada setiap tahun baru Imlek. Rasa yang manis dan legit serta kenyalnya memiliki makna tersendiri bagi para etnis Tionghoa.

Tentang Kue Keranjang, dan Segala Pernak Pernik Imlek 

Ternyata, kue yang ini bertekstur lengket dan kenyal ini punya arti makna yang dalam yaitu; persaudaraan tetap erat. Lalu rasa manis yang ada di kue ini menandakan suka cita menyambut tahun yang baru. Tahukah kamu bahwa selain kue keranjang, masih banyak lagi pernak-pernik Imlek yang harus kamu persiapkan untuk menyambut tahun baru China nanti. 

Ketika menjelang tahun baru Imlek, para warga keturunan Tionghoa mulai bersiap untuk mendekorasi rumah, pergi ke klenteng dan mempersiapkan segala pernak-pernik Imlek. Berbekal pengetahuan dari beberapa teman keturunan Tionghoa, saya sebutin nih ya beberapa pernak pernik perayaan Tahun Baru Imlek:

1. Angpao
Angpao ini jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti amplop merah. Warna merah ini bagi masyarakat Tionghoa dipercaya bisa mengusir roh jahat. Angpao sendiri biasanya diberikan oleh orang tua ke orang yang lebih muda seperti anak, keponakan atau tetangga. Bagi yang memberi angpao, ini bermakna memberi rezeki, sedangkan penerimanya sebagai pembawa keberuntungan. Buat teman-teman, saya nggak keberatan lho kalau mau kasih angpao ke saya. #LHO? πŸ˜†


source: unsplash

2. Kue Keranjang Khas Imlek
Kue ini merupakan kue khas yang biasanya hanya disajikan satu tahun sekali ketika menjelang Imlek. Kue keranjang khas Imlek ini dicetak dengan cetakan berbentuk keranjang sehingga dinamakan kue keranjang. Kue ini berbentuk bulat, yang mana berarti keluarga yang menikmatinya di saat malam Imlek bisa selalu berkumpul bersama. Sementara itu, teksturnya yang kenyal menandakan kerja keras serta keuletan.


source: dokpri
3. Pohon Mei Hua
Sejujurnya saya baru tahu kalau pohon yang sering saya lihat namanya Mei Hua bukan bunga sakura. Mei Hua dalam bahasa Indonesia berarti bunga yang cantik. Karena saking cantiknya, bunga ini sampai dijadikan bunga nasional oleh Negara Tiongkok. Oleh sebab itu, bunga ini menjadi pernak-pernik wajib ketika perayaan tahun baru Imlek. Karakteristik dari bunga pohon Mei Hua ini yaitu berwarna merah muda dengan aksen putih. Pohon ini melambangkan kesejahteraan dan kebahagiaan. 

4. Barongsai
Barongsai ini merupakan atraksi yang selalu ditampilkan bersamaan dengan tari naga. Barongsai ini dipercaya bisa mengusir roh-roh jahat. Pada jaman dulu, orang-orang membuat barongsai untuk menakuti hewan buas, karena kebanyakan hewan takut dengan singa. Barongsai sendiri biasanya dimainkan oleh pelatih kungfu yang melibatkan 2-3 orang. Waktu kecil sih saya takut kalau lihat atraksi barongsai, apalagi bagian si barongsai kedip-kedip tuh.. agak serem ya.. Tapi pas tahu di dalamnya ada orang sih jadi B aja. Hahaha.  

5. Lampion
Ketika berjalan di sudut sudut kota saat menjelang perayaan Imlek, pasti banyak lampion Imlek yang bergelantungan. Lampion ini digunakan masyarakat Tionghoa sebagai simbol pengharapan. Oleh sebab itu, mereka selalu menggantinya setiap satu tahun sekali. Penggunaan lampion sendiri sudah ada sejak lebih dari 200 tahun sebelum masehi untuk penerangan. Saya jadi ingat pas jalan-jalan di Chinatown malam-malam, cantik banget pemandangannya penuh sama lampion.


laterns | source: unsplash

6. Petasan
Petasan tidak hanya hadir ketika Ramadan aja, saat Imlek pun juga penuh petasan. Jaman dulu petasan digunakan oleh para petani di Tiongkok untuk mengusir hewan-hewan yang mencuri hasil panen mereka. Dan kini tradisi itu masih berlanjut sampai sekarang.

source: unsplash
Demikianlah pernak-pernik Imlek yang harus kamu siapkan untuk merayakan Imlek bulan Februari nanti. Kalau kamu nggak punya cukup waktu untuk membelinya secara langsung, saya saranin buat memanfaatkan internet untuk berbelanja online. Nah.. sekarang kan udah ada marketplace Bukalapak yang menyediakan berbagai item untuk Imlek. Di sana juga banyak menyediakan kue keranjang khas Imlek, lampion Imlek, pohon Imlek, dan lainnya. Belanja di Bukalapak, terjamin aman dan mudah transaksinya. Selamat  merayakan Imlek ya, teman-teman! πŸ˜†

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

45 comments

  1. Q belum pernah coba, jadi penasaran deh beb btw klo mau ngasih angpao ke gen gen aja ya beb hahah

    BalasHapus
  2. Ternyata semua ada maknanya ya. Saya mah naksir punya Mei Hua. Selain cantik, artinya juga bagus. Hehe

    BalasHapus
  3. Karena pemilik warung dekat rumah adalah engko yang merayakan imlek, jadi setahun sekali kami dikirimin kue keranjang. Suamiku suka klo digoreng, sementara aku suka dimakan gitu aja.

    BalasHapus
  4. Ih, aku suka banget kue keranjang. Tapinya langsung dimakan aja gitu. Menurut temenku yang Imlekan, katanya kudunya digoreng dulu. Dulu zaman mama dagang di pasar, tiap Imlek selalu banyak. Temen-temen Tionghoa pada ngasih. Jadi inget masa kecil deh kalo ngomongin kue keranjang.

    Aku juga suka kue bulan alias moon cake yang ada di foto di atas itu. Enaaaak. Dulu pun kalo Imlek, banyak di rumah Sekarang suka beli. Di supermarket banyak. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara-gara Nesa, aku jadi beli deh kemaren kue keranjang dan kue bulan. Enaaak. :D

      Hapus
  5. Wah jadi lapar lihat penampakan kue keranjang. Jadi ingat si adik dulu kerja di bank swasta jadi kalau pas imlek bawa kue keranjang banyak dari nasabahnya.
    Jadi kangen rasanya. Kepoin Bukalapak dulu ah..kalau gitu

    BalasHapus
  6. Meriah banget ya kalau Imlek, senang lihat pertunjukan barongsainya bareng bocah..

    BalasHapus
  7. Kalau mau imlek gini selalu ingat waktu di Hongkong, euforianya masyaAllah di sana. Apalagi dapet kebagian angpau, seneng banget lho mba hahahah dulu dapet 500rb dari bos

    BalasHapus
  8. Imlek dah dekat. Biasanya aku dapat kue keranjang dari teman yang rayakan. Enak dan sering dapat Jeruk juga.

    BalasHapus
  9. Oh iya sebentar lagi imlek ya. Biasanya kalo imlek aku main ke tempat teman yang merayakan dan pulangnya dikasih angpao hehe

    BalasHapus
  10. Baru kmrn pergantian tahun, eeehh bentar lagi imlek. Ornamen2 imlek jg dah mulai banyak dmn2, khususnya di mall2 :D
    Wah yg merayakan imlek kini dengan mudah bisa mendapatkan kebutuhannya di bukalapak ya mbak?

    BalasHapus
  11. Mei Hua itu nama salah satu sepupu bundaku. Orangnya Cantiiikkkk banget. Cocok sama namanya. Iya, bundaku peranakan cina juga πŸ˜„

    BalasHapus
  12. Si ucul lagi heboh banget pinginliat barongsay dong gegara papanya lagi dinas ke cina. Alhamdulillah sebentar lagi imlek, jadilah ke cina cabang central park aja dah, hahaha.

    BalasHapus
  13. Tetiba jadi kangen wkwkwkwkwk, anw moon cake lebih cucok sih di lidah gie *eaaa klo kue keranjang yang masih fresh dan kenyal olekah kalau yang agak keras lbh suka digoreng.

    Sama, dulu juga Miehua dikira bunga sakura wkwkwwkk maklum pengetuan saat itu belum bertambah.

    Angpao/Hongbao cuma boleh dikasih sama yg udh keluarga, jadi walau udah dewasa ttp dapat angpao kita πŸ˜†

    Makin mellow kan makin deket Imlek, apa ikutan pulkam ke Wuhan ya wkwkwkwkk πŸ˜‚

    BalasHapus
  14. kalau imlek yang sering keliatan di sini itu angpao sama petasan dan pesta2 imlek di jalanan yang ada barongsai dkk
    tapi untuk kue2nya aku belum pernah cobain satupun

    BalasHapus
  15. udah mau imlek, bakalan warna merah dimana mana nih. seringnya dapet kue keranjang, tapi belum pernah beli sendiri kue keranjang nih hehe. nanti bisalah ya , cari cari di bukalapak

    BalasHapus
  16. Coba coba aku juga mau dilempar angpao mah hehehe. Kalo aku masih kerja di bank swasta pasti lagi seru2nya nih kantor dihias nuansa imlek. Cuma ya ga ada barongsai haha

    BalasHapus
  17. Teh kok kue keranjang yang suka aku dapet beda ya kata rekanan bisnisku yang itu mooncake yang aku suka dapat yang kaya dodol suka digoreng hihi.apakah mooncake bahasa keren dari kue keranjang itu?hihihi ikut senang buat teman teman yang merayakan imlek hihi

    BalasHapus
  18. Gak kerasa ya bentar lagi imlek. Pernak pernik imlek udah banyak yang jual.

    Imlek bagiku sama dengan musim hujan. Bahagia kalau pas imlek hujan. Katanya rejeki tahun ini bakalan deras kayak hujan. Hehe.

    BalasHapus
  19. Baru tau aku tentang kue keranjang dan pohon mei hua. Tapi kalau barongsai entah kenapa seneng banget liatnya. Meriah meriah seru.

    BalasHapus
  20. Aku di Pagarsih mah banyak tetangga Chinese malahan kalau di peta park itu suka ada Festival mooncake belum lagi di China town deket rame Anak-anak suka ikutan nonton soalnya seru atraksi barongsai sama kembang api juga petasan yang paling suka nya sih hujan nya yang awet pas imlek. Soalnyabbikin adem, Eh tapi hujan itu kan berkah ya bukan hanya di kepercayaan Chinese tapi Muslim juga sampai kudu berdo'a Allohumma Shoyiban Nafi'an...

    BalasHapus
  21. kemeriahan yang membawa kebahagiaan bagi semua orang yah itulah suasana imlek

    BalasHapus
  22. Ternyata banyak ya pernah-pernik merayakan imlek dan setelah membaca blog teh nesa ini aku baru tau makna-maknanya tersebut, termasuk kue keranjang kue yg selalu aku nanti-nanti ketika imlek dtg ink enak bangetπŸ˜†

    BalasHapus
  23. Hmmm ini ilmu bgt teh isi nya.. sejujurnya aku baru tau klo itu smua ada maknanya.. wahh thx y teh

    BalasHapus
  24. Wahhh bentar lagi palentin dong, apanih yang harus dipersiapin juga wuehehe

    BalasHapus
  25. Dulu ortu suka dapet kue keranjang dari rekan kantor, sekarang sich udh lm g mkn krn sbnr ny krg suka yg giung, hihii...

    BalasHapus
  26. Kami sekeluarga suka bingits nonton barongsai yang energik kadang muncul dengan atraksi _ atraksi yang di luar dugaan pokkoke senaang

    BalasHapus
  27. Aku baru tahu kalo pohon kyang ada bunga sakura nya itu Mei Hua, nice info teh Nes :)

    BalasHapus
  28. Aku juga suka dikasih angpao sama diajak makan-makan, HAIL CHINESE FOOD!
    Mungkin bunganya beda nama aja sesuai negara kak, tapi varietasnya sama.

    BalasHapus
  29. keseruan imlek yang kurasakan adalah ngajak kiddos nonton barongsai mbak hehehehe

    BalasHapus
  30. aku kangen ama keluarga tmpat aku homestay pas kuliah kalo udh imlek. krn mereka kel chinese, jd aku lbh srg ngerayain imlek drpd lebaran. apalagi ga prnh pulang. awal2 aku sempet shock nes. pas imlek aku ga boleh beres2 apapun. kamar juga ga boleh. krn itu hrs dilakuin sehari sebelumnya. trus jam 12 petasan ga berehenti 15 menit full hahahahaha.. seru sih. cm yg paling kaget, pas balik kuliah, di meja makan ada babi utuh tp udh di bakar, cuma tinggal di potong2. kepala msh ada. malamnya setelah petasan, mereka mulai deh motong2 :D. paginya aku diksh cobain makanan tp yg ga ada babi. mereka tahu aku ga bisa makan begitu. walopun sbnrnya ttp aja ga bisa akh makan krn perlatan makannya kan campur. cuma ya sudahlaah yaaa :D. seru sih kalo imlek. kue keranjang aku ga doyan. tp nth napa ibu kos ku enak bikinnya. digoreng pake telur. enak banget.

    moon cake mereka jg lbh enak. ada yg isian telur asin. aku suka banget yg rasa itu

    BalasHapus
  31. Bagi masyarakat Tionghoa segala sesuatu harus ada maknanya memang, saya sendiri pun masih takjub dengan makna di balik setiap benda atau tradisi yg ada di budaya sendiri ini :D makasih sudah mengulas ini, mba (:

    BalasHapus
  32. wah semuanya terlihat enak ya.. jadi ngiler deh. huhuh

    Would you like to follow each other? If the answer is yes, please follow me on my blog & I'll follow you back.

    http://www.okcheori.com

    BalasHapus
  33. Kue keranjang dulu suka ada juga di rumahku ketika Hari Raya Idul Fitri, emang enak rasanya, kesukaan para orang tua juga sih hahahaha. Dan aku suka sama matanya barongsai yang kedip-kedip itu hahahahaa.

    BalasHapus
  34. bukalapak juga lagi ngadain promo besar-besaran kan. ini nih yang paling saya suka. wkwkwk
    imlek, banyak diskon. hehehe

    BalasHapus
  35. Aku plg suka kue keranjang di goreng pake tepung.... Hhhmm nyaammii

    BalasHapus
  36. saya koq ya ngiler lihat kue keranjangnya :D walau gak merayakan imlek tapi dulu ortu punya teman yang merayakan imlek dan suka dikasih dodol cina :D sekarang sih sudah enggak :D

    BalasHapus
  37. Wah..saya juga baru tahu kalau namanya mei hua.. Yang paling mengesankan dr imlek tu pertunjukan barongsainya. Apalagi di jogja sering digelar pekan budaya tionghoa untuk menyambut imlek..

    BalasHapus
  38. Selama ini kl imlek suka dpt kue keranjang sama angpaunya aja. itupun udah bikin hepi πŸ˜€πŸ˜€

    BalasHapus
  39. Wah imlek gini banyak kue keranjang di supermarket, ku jadi ingin hehehe. Seru ya kalau Imlek ada barongsai dan penuh warna merah, meriah.

    BalasHapus
  40. wah kue keranjang selalu dapat tiap tahunnya

    BalasHapus
  41. Kue keranjang yang menjadi ciri khas Imlek, dan jeruk hehe

    BalasHapus
  42. Kue keranjang tuh enak banget yach

    BalasHapus
  43. belom pernah nyoba kue keranjang kayaknya, tapi tiap imlek pasti dapet dodol dari temen yang chinese di kantor. ku suka dodol gorengnya & tahun ini dapet limpahan dodol duren hahaha mayaan :D

    BalasHapus

Hi, terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe