Keseruan Bandung Hijab Blogger 1st Meet Up

April 06, 2018

Larasatinesa.com - Awal bulan April ini bener-bener berfaedah banget buat saya. Memutuskan untuk menjadi salah satu member dari Bandung Hijab Blogger (BHB) di akhir bulan Maret adalah hal yang tepat buat saya. Apalagi saya termasuk tipe orang yang dinamis, ingin selalu bersosialisasi, dan tentunya ingin selalu menambah circle pertemanan. Apalagi para member disini adalah orang-orang yang punya satu passion di bidang blogger. Ah saya senang banget bisa ikutan Bandung Hijab Blogger 1st Meet Up di Lazy Lolla Coffee Bar and Eatery Bandung ini.


Bandung Hijab Blogger Member | Foto by @muh_ucup
Sebelumnya mau flashback dulu nih. Saya mulai suka menulis sejak SMP, yang awalnya itu gara-gara saya punya gebetan satu kelas, saya jadi hobi curhat di buku diary deh. Hahaha. Sampai hari ini saya mungkin udah mengumpulkan lebih dari 10 buku diary di lemari. Sedangkan mengenal blog sendiri, saya memulainya sejak tahun 2009. Dulu awal-awal nulis blog masih yang curhat alay-alay gitulah, saya ngalamin lho nulis kata-kata lebay, dan nulis huruf gede kecil yang bikin lelah itu 😂. Tapi ya kalau nggak begitu dulu saya mungkin nggak akan belajar gimana caranya menulis diblog. 


The Invitation
Seiring berjalannya waktu, kira-kira di pertengahan 2016 saya memutuskan untuk kembali aktif ngeblog. Mungkin banyak yang nggak tahu bahwa alasan saya ngeblog lagi itu karena saya mengalami goncangan hidup di tahun sebelumnya yang saya nggak bisa ceritakan ke banyak orang. Inspirasi menulis kemudian banyak berdatangan dari cobaan yang saya alami. Menulis blog saya jadikan sebagai self healing yang membuat hidup saya menjadi lebih baik dan syukur-syukur bisa bermanfaat buat orang banyak. Alhamdulillah.. perjalanan blog saya lancar sampai saya bisa menulis postingan ini.

Bandung Hijab Blogger 1st Meet Up dibuka oleh Rara Febtarina yang merupakan Founder dari Bandung Hijab Blogger. Rara mengungkapkan semua visi dan misi dari adanya komunitas BHB ini. Diharapkan semua member bisa saling share pengalaman menulis, saling memotivasi, dan tentunya sama-sama belajar agar tetap konsisten menulis blog. Teman-teman yang bergabung disini nggak dikhususkan buat yang udah punya blog aja kok, yang punya passion bidang menulis pun bisa banget ikutan.






Oh ya, kemarin di acara Bandung Hijab Blogger 1st Meet Up banyak yang tanya sama saya, gimana caranya saya bisa memulai menjadi blogger, gimana caranya menentukan niche (kategori blog), gimana caranya menentukan gaya bahasa, gimana caranya agar dapat job dari ngeblog, dll. Jujur aja saya belum pro-pro amat jadi blogger, masih jauh malah. Menulis blog hanya hobi sampingan saya aja karena saya memang suka menulis. Jadi saya punya prinsip, ngeblog itu jangan dijadikan beban, ngeblog itu buat senang-senang ajalah yaa. 

Bukan maksud menggurui nih, berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk memulai ngeblog bagi pemula, diantaranya:

1. Jangan Takut Salah
Menulislah semua yang kamu inginkan, tanpa paksaan, tanpa tuntutan. Jangan selalu membandingkan tulisan sendiri dengan tulisan blogger lain. Saya sih nggak pernah biasain baca tulisan orang sebelum nulis blog. Baca-baca boleh, tapi jangan jadi beban, jadiin referensi aja. Kamu akan berkembang seiring jam terbang nantinya. Just remember: kamu itu punya keunikan masing-masing yang nggak semua orang punya. Be your self!

2. Buat Gaya Bahasa Sendiri
Hampir mirip sama point no.1, intinya menulislah dengan bahasa yang kamu inginkan. Mau casual, mau resmi, whatever. Jangan takut nantinya nggak ada yang baca tulisan kamu, karena sesungguhnya nggak semua pembaca punya selera yang sama. Gaya bahasa kamu yang nantinya akan menuntun kearah mana segmen usia pembacamu.  

3. Menentukan Niche (Kategori) Blog Sendiri
Kamu sukanya nulis tentang apa? Fashion? Beauty? Travel? atau tentang Food? hmm atau malah semuanya? Kamu bisa tentukan niche dari apa yang kamu sukai. Karena saya kebetulan suka sama semuanya alias gado-gado, jadi saya memutuskan untuk menjadi Lifestyle Blogger. Kalau kamu perfeksionis mah bolehlah masing-masing niche dipisah jadi 1 blog. Hihihi..

4. Menentukan Mau Menulis Apa
Ini nih yang susah-susah gampang, apalagi kalau cewek mah moddy-an banget. Saya kalau bingung mau nulis apa, yang saya lakukan adalah staycation ke hotel. Hahaha. Eh yang gampang aja deh, perhatiin sekitar misalnya bahas tentang make up yang udah di punya, bahas tentang hobi; DIY, resensi buku, habis nonton drama korea terus mau ditulis sinopsisnya juga bisa, bisa juga kamu habis belanja dari pasar terus diceritain experiencenya selama di pasar. Ah pokoknya yang daily life gitu bisa banget buat dijadiin tulisan. Oh ya, playlist lagu yang kamu dengerin tiap hari pun bisa ditulis di blog lho.

5. Join Komunitas & Event Blogger
Ini bagian terpenting selama kamu ngeblog. Gabung di komunitas blog bikin kamu nambah teman, pengalaman, ilmu, dan referensi menulis blog. Salah satu komunitasnya ya Bandung Hijab Blogger ini. Ada banyak banget event dan job yang dishare oleh komunitas blogger. Nggak usah ngerasa minder ya, karena nggak semuanya yang ada di komunitas ini blogger-blogger yang pro kok, banyak yang kayak saya dan kamu. Dari komunitas-komunitas inilah jadinya kamu belajar untuk menjadi blogger yang profesional. Tapi nggak usah jauh-jauh ngejar profesional dulu deh, yang penting kamu dianggap 'ada' dulu aja rasanya udah seneng banget. Yang penting harus pede dan aktif. 


Left to Right: Nesa, Amy, Rara, Risyda, Ghina, Lintang, Maiza, Uci, Lizzy, Nisa
6. Ikut Lomba Blog
Ini pengalaman banget, di awal-awal mulai ngeblog saya sempat ambisius ingin mengasah kemampuan menulis saya lagi (sikonnya udah lama vakum nulis blog). Saya dengan pedenya ikutan salah satu lomba blog nasional yang diadakan oleh pemerintah daerah Pangkalpinang - Bangka Belitung waktu itu. Saya pun berusaha semaksimal mungkin sampai titik darah penghabisan buat nulis artikel tersebut, sampai akhirnya tulisan saya masuk ke 20 besar tulisan terbaik. Alhamdulillah.. Walaupun saya hanya dapat juara hiburan dan tulisan saya dibukukan dengan 19 orang lainnya, setidaknya saya bisa memotivasi diri ke depannya untuk tetap semangat ngeblog dan ikut lomba menulis lainnya. Segitu juga dulu mah saya udah bangga banget! 😂


Sebvvah karunia dari Tuhan YME 😂
FYI, saya udah merasakan banyak manfaat dari ngeblog. Ngeblog juga udah jadi ladang rejeki buat saya. Saya nggak menyangka, dari yang cuma senang-senang doang lalu bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Yakin nggak mau ngeblog? 

Kalau kamu udah konsisten menulis diblog, rejeki itu yang bakalan mencari kamu kok. 😉

Anyway.. Thanks to Rara yang udah mengizinkan saya gabung di Bandung Hijab Blogger. Semoga komunitas ini semakin berkembang silaturahminya, makin banyak yang mau belajar tentang dunia blog, dan semakin banyak ilmu dan manfaat yang bisa dishare di komunitas BHB ya.
Monmaap lagi irit senyum karena pabila ku tersenyum akan menjadi landasan udara yang lebarnya se-endonesa. Trims.
Untuk yang mau gabung di Bandung Hijab Blogger kayak saya, syaratnya gampang kok. Kalian nggak harus punya blog dulu, asal punya passion nulis blog. Kita sama-sama belajar ya disini. Yuk daftarin diri ke no dibawah ini ya:

Join: 081312076764 (WA)
Email: bandunghijabblogger@gmail.com


Member Card Bandung Hijab Blogger
Dear Bandung Hijab Blogger Member, sampai ketemu di event selanjutnya ya!

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

49 komentar

  1. Bener nes, join komunitas blogger. Cocok.

    BalasHapus
  2. Wohooo, senang sekali bisa ketemu Teh Nesa dan sharing bareng! Sampai ketemu di event event selanutnya Teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang juga bisa ketemu Nisa, semangat nulisnya ya! :D

      Hapus
  3. terima kasih ya bu nesa udah hadir, makasih udah bagi ilmunya, next jadi suhu tetap boleh kali ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semacam pegawai tetap yah buk Founder hahaha

      Hapus
  4. Wah keren, sukses selalu ya 😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mamih hayu gabung atuh hehe

      Hapus
  5. Mbak Lilis meuni paling depan wkwkwkwk, anw seneng banget klo mampir ke sini tuh selalu merasa dapet suntikan semangat baru *eaaa

    Btw itu singkatan komunitas nggak bisa sembarangan sebut ya, berabe nanti wkwkwkwk.

    ANW kapan kita bolang lagi? ? ????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling depan karena paling tua :))
      Waduu mending nyebutnya nggak usah disingkat hahaha
      Nanti ngebolang lagi di Thailand ya Mba. Trims.

      Hapus
  6. Ngeblog memang mengasyikan ya... seneng nih ngumpul2 kayak gini, tapi anak muda semua ya.. kalau tth kyknya ketuaan xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah nggak juga, teteh juga bisa gabung kok

      Hapus
  7. Aku juga suka nulis diary banget dari SD, ga tau udah ada berapa tapi yang lama aku buang-buangin karena ga suka aja liatnya!! Tanpa liat pun masih kebayang-bayang kok buku yang pernah dijadiin diary dan tulisan-tulisan ngeselin di dalamnya. Wkwkwk.

    Duh join ga yaaaa XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha lebar kali Fir dibuangin gitu kan bisa nostalgia ke alay-an jaman dulu, seru tau :))

      Nggak usah kebanyakan mikirnya cuss daftar haha

      Hapus
  8. Serunya ada d kota gede itu bisa gabung banyak komunitas. duuhh pengen sihhh ikutaa. harus pindah Bandung dulu nih Kak Nes? wwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini makanya pindah ke Bandung aja kaliii

      Hapus
  9. Subhanallah jadi semangat lagi nih nulis blog kaya teteh, banyak banget hal2 yg kiga dapat dri nulis syukron teh udh menginspirasi dan semangatnya buat nulis blog lagi 😘😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sama-sama, hayuk sama-sama semangat buat konsisten nulis :D

      Hapus
  10. Suka sama idenya si cantik Rara, I know that Bandung Hijab Blogger, maju teruus, semangat menyebarkan kebaikan yg bermanfaat, sukses ya BHB

    BalasHapus
  11. Wah, aku banget dari jaman dulu sukanya nulis diary yang make gembok tea geuning Nes, trus isinya tentang gebetan kakak kelas yang ganti terus setiap minggu bhahahaha

    Sukses terus yah buat Bandung Hijab Blogger!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngalamin aku yang pake gembok juga hahaha, wagelaseh gebetannya tiap minggu ganti, aku mah satu wae hahaha

      Makasih teh Erry :")

      Hapus
  12. Saya udah join beberapa waktu yang lalu. Tapi sayang waktu acara 1st meet up kemarin, saya gak bisa datang. Ada acara lain. Mudah-mudahan pertemuan berikutnya bisa ikutan, deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sayang banget teh, sampe ketemu di event selanjutnya ya :D

      Hapus
  13. Membernya kinyis-kinyis dan dedek-dedek gemes semua ya, Nes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh mamah-mamah gemes juga ada kok, tapi kemarin banyak yang nggak ikut :D

      Hapus
  14. Sayang banhet gabisa hadir kemarin di acara pertamanya BHB. Semoga lain kali bisa ikutan dateng jugaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai ketemu di event selanjutnya ya teh :)

      Hapus
  15. setuju sama poin-poinnya mbak yang disebutin di atas,
    jika fokus dengan passion yg kita miliki, insyaallah rejeki ngalir
    kesimpulannya (y)
    Makasih ya mbak utk sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya sama-sama mbak, aku juga masih belajar hehe

      Hapus
  16. Geulis pisan yak blogger bandung tea

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa ca aja nih Bunda Bang Ale :)))

      Hapus
  17. Nesa makasih banyak sharing ilmunya di acara kemarin, bermanfaat sekali bagi aku yang baru mau mulai nulis .. semoga bisa silaturahmi lagi di lain waktu ya .. love , Lizzy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama teh, hayuk ah belajar nulis bareng.
      Sampai ketemu di event selanjutnya :D

      Hapus
  18. Wah saya cowo .. boleh ikutan gabung gak :) hihihi

    Biar jadi imam


    Sukses trus ya buat komunitas Bandung Hijab blogger

    BalasHapus
  19. Sukses buat komunitas Bandung Hijab Blogger...
    tak hanya cantik-cantik nan kekinian, tapi juga berwawasan luas.
    Salut ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga bisa menyebarkan manfaat yang lebih banyak lagi :)

      Hapus
  20. ketjee beuuut suhu teteh ini .. kereen :)
    tolong ajarkan aku ngeblog dengan baik .. ehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sama-sama masih belajar, ayo belajar terus :D

      Hapus
  21. Teeeeh tulisannya bagus, inspiring, teteh keren dan hebat banget tapi kalo boleh saran, jangan terlalu banyak pengulangan kata saya teh hehe. Semoga next event kita bisa ketemu lagi yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bhayk dek Intan, saya akan menggantinya dengan "Aku" :)))

      Hapus
  22. Tulisin kisah cinta aku dong qaqaaa, buatin cerbung genrenya misteri tapi hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh aku ndak bisa nulisin kisah cinta orang kaka, kisah cinta aku sendiri aja gitu.. hahaha

      Hapus
  23. Itulah kenapa saya betah ngeblog termasuk bergabung di komunitas. Banyak manfaatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerasa banget ya mba, jadi nambah-nambah pengalaman dan ilmu :)

      Hapus
  24. Seru banget, nyesel ih nggak bisa hadir :(

    BalasHapus

Hi, terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe