Liburan Sambil Fangirling ke Bangkok Bareng Traveloka

Januari 07, 2023

Larasatinesa.com -  Kalau ditanya tahun ini ingin liburan ke mana, jawaban saya udah pasti ke Bangkok! Nggak kerasa udah 4 tahun berlalu sejak saya menginjakkan kaki pertama kali di sana. Rasanya sih sama aja ya, kayak nginjak aspal dan tanah pada umumnya apalagi lihat orang-orang sana yang nggak ada bedanya sama di Indonesia. Lah, terus apa dong spesialnya? Tentu aja vibes Bangkok yang tiap hari berasa dikasih ujian kehidupan. 😌

Yaa.. gimana nggak diuji, dulu saya pernah bareng teman-teman pesan makanan di salah satu restoran cepat saji. And you know what? pas datang lihat menu-nya semua pakai bahasa Thai dan staf restorannya kagak bisa bahasa inggris sama sekali. Rasanya udah pengen tantrum aja di tempat, tapi ingat kalau lapar udah di ujung tanduk. Akhirnya kami semua melatih ketangkasan diri masing-masing untuk melakukan bahasa tubuh ke staf-nya, yang akhirnya bikin dia paham maksudnya. 

PADAHAL KAN TINGGAL PAKAI GOOGLE TRANSLATE AJA. πŸ˜‚

EMANG DASAR CEWEK SUKA NYUSAHIN DIRI SENDIRI! HHHH.

Bangkok Vision Board 2023

Sebenarnya keinginan untuk balik lagi ke Bangkok ini udah saya rencanakan sejak 2020 yang lalu. Tapi berhubung saya adalah tulang punggung dari 5 anabul saya yang harus dicukupi kebutuhannya, ditambah saya juga nggak tajir-tajir banget kayak Alshad Ahmad yang punya kebun binatang sendiri di Bandung, dan terlebih lagi di tahun 2020 itu tiba-tiba aja pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia, keinginan itu jadi meluap gitu aja seperti janji-janji manis agency yang nanyain ratecard, udah sampai tukeran kontak dan deal harga dia tiba-tiba ngilang gitu aja. Pfft.

Jadi karena saya belum ada rencana traveling ke mana-mana, waktu itu saya fokusin aja dulu dengan mencari sugar daddy cuan yang banyak buat mendanai liburan saya pas nanti pandeminya udah kelar. Saya optimis banget waktu itu kalau pandemi bakalan cepat berlalu, tapi kenapa kok tiba-tiba udah 2 tahun aja!

Padahal sih, kalau mau nekat saya bisa aja liburan pas lagi pandemi. Apalagi kerjaan saya juga mendukung karena masih work from home saat itu. Tentunya dengan membawa banyak persyaratan yang agak pricey (antigen, PCR, karantina, dll), dan yang lebih menantang lagi liburan sambil bertaruh nyawa kalau-kalau nanti terpapar virusnya di traveling place. COY AMIT-AMIT COY!


Dari sekian banyak tempat, kenapa harus Bangkok?

Because I love Bangkok so much!

Sebelumnya kalian udah pada tau dong pemerintah Thailand tahun lalu mengumumkan berganti nama ibukota dari Bangkok jadi Krung Thep Maha Nakhon? Panjang dan susah nyebutinnya yee, apa lagi kalau pakai cengkok Thai. Sebenarnya ini tuh nama aslinya kok dan nggak ada yang berubah kalau buat orang sana. 

Negara yang dijuluki dengan Negeri Gajah Putih ini punya daya tarik sendiri di mata saya dan dunia karena hanya di sanalah terdapat gajah putih yang disucikan oleh mayoritas penganut kepercayaan di negara Thailand. Hampir 95% penduduk Thailand beragama Buddha, nggak heran kalau  di sana juga banyak kuil / pagoda yang bisa dikunjungi. 

Nggak tau kenapa waktu dulu saya ke sana yang cuma 4 hari 3 malam aja kok rasanya senang banget dan belum apa-apa udah ada rencana ingin balik lagi aja. Padahal ya Bangkok itu puanasssnya pol! Mungkin karena suasana mirip sama di Indonesia, jadi saya ngerasa aman aja gitu kayak jalan-jalan di rumah sendiri. 

Terus, negara ini tuh biaya hidupnya masih tergolong murah. Bisa dipastikan nih semua yang ada di sana masih terjangkau sama saya yang traveling-nya masuk ke tipe setengah ransel setengah koper. Ibarat ukuran baju masuknya ke size M kali ya tengah-tengah. YHA.. BEBAS. 

Saya bisa bilang salah satu alasan yang bikin betah di Bangkok adalah kulinernya. Karena lidah Indonesia ini emang susah dihilangkan ya, dari negara-negara ASEAN yang udah pernah saya kunjungi (padahal baru Malaysia sama Singapore doang. Pfft.) cuma makanan Thailand yang pas di lidah saya. Rasanya pengen eksplor kulinernya lebih banyak dan lama lagi nanti. 

Satu hal lagi yang bikin saya kagum sama Thailand adalah masyarakatnya yang sangat mencintai rajanya yaitu Alm Raja Bhumibol Adulyadej yang telah wafat tahun 2016 silam. Ini tuh bisa kelihatan dari banyaknya baliho yang ada di beberapa sudut kota. Cuma di Thailand saya bisa lihat the real seorang pemimpin yang begitu disegani, dihormati bahkan ditangisi kepergiannya selama 30 hari masa berkabung oleh rakyatnya. Selama 70 tahun bertakhta banyak banget kontribusi raja yang membuat masyarakat puas akan kinerjanya, salah satunya memperhatikan hak dan kesejahteraan para petani di sana. Nggak heran kan kalau beras Khom Hom Mali dari Thailand jadi beras terenak sedunia. 


Belum Puas di Liburan Sebelumnya

Jadi, di liburan saya ke Bangkok sebelumnya itu saya pergi bareng travel agen. Karena waktu itu adalah first time saya ke sana, jadi saya mau cek ombak dulu alias PDKT sama negaranya. ECIYEE. Ternyata nih kalau liburannya pakai jasa tour gini ada plus-minus nya lho..

Plus:

1. Tinggal bawa diri aja, semua udah diatur sama pihak travel 

2. Banyak tempat yang bisa dikunjungi

3. Dipilihkan hotel dan resto yang nyaman

4. On time, nggak ada ceritanya tuh skip-skip itinerary

5. Dapat pengetahuan seputar Thailand dari tour guide yang super helpful dan mereka bisa Bahasa Indonesia. 


Minus:

1. Nggak bisa bebas menentukan tempat yang ingin dikunjungi ya, bestie. YA MENURUT NGANA?

2. Nggak bisa berlama-lama di tempat wisata karena waktunya terbatas. Seharian itu bisa non stop jalan dari jam 8 sampai jam 10 malam. Kebayang encoknya kan?

3. Harus saling tunggu-tungguan. Kalau ada rombongan yang belum kumpul di meeting point, kita wajib tungguin mereka. Ini tuh jelas aja merugikan buat yang on time. Udah orang lain yang bikin telat, eh kita yang kena imbasnya. 

4.  Ada beberapa tempat yang bikin kita para peserta tour mikir: "Ngapain sih ke sini? Buang-buang waktu aja. Mending ke tempat lain aja yang lebih berfaedah". 

Setelah bertanya ke tour guide-nya ternyata emang tour ini kan konsepnya kerjasama antara pemerintah Indonesia dan Thailand, jadi memang tujuannya pun untuk membantu memajukan perekonomian negara terutama di bidang UMKM-nya. Jadi, di sela-sela tempat wisata yang kami kunjungi, kami juga mampir ke beberapa tempat yang merupakan UMKM di sana. Beberapa yang dikunjungi waktu itu ada tempat budidaya madu dan lebah, toko perhiasan, dan toko produk herbal. Biar sekalian beli juga buat oleh-oleh gitu.

Gini suasana tour-nya

Ini bus yang antar kami selama di Bangkok - Pattaya

Ingat nggak waktu jaman sekolah ada tour ke Yogyakarta juga pasti kita diselipkan berkunjung ke toko kerajinan dan oleh-oleh? Nah, itu tuh sama juga konsepnya. Bingung juga sih yang ini mau dibilang minus atau nggak. Tergantung persepsi masing-masing aja yes. Dengan kata lain, kalau nggak mau diatur, balik ke nomor 1. 

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya tadi, perjalanan pertama kali saya selama di Thailand sangat berkesan. Makanya saya jadi ingin balik lagi ke sana dengan liburan cara saya sendiri. 


Street Food & Night Market

Jujurly, banyak yang ingin saya lakukan selama liburan di Bangkok. Emang udah kayak orang penting aja si Nesa ini, padahal sibuknya dibikin sendiri. Pfft.

Kurang lengkap kayaknya kalau nggak mencicipi beragam makanan street food dan night market di Bangkok ya. Nah, liburan nanti jadi kesempatan saya buat eksplor kuliner di sana. Karena makanan yang disajikan udah pasti otentik rasanya. Udah gitu harganya juga murah-murah. Bahkan beberapa street food di sini juga udah pernah masuk Netflix Asia lho. Ada yang pernah nonton?


Pasti kamu mikir saya bakalan coba juga makan kalajengking goreng di pasar malam? Tentu saja.. NGGAK! Bayanginnya aja udah ngeri, apa lagi saya itu anti sama cowok Scorpio #EHGIMANA 🀣

Udah bukan rahasia umum ya kalau di Thailand kita bisa menemukan berbagai camilan ekstrem kayak serangga, kalajengking, ulat sagu, telur semut merah, kecoak, tarantula hingga cacing sutera yang udah siap disantap. 

Kebayang saya makan gituan, kemudian upload di socmed, viral, dihujat netizen, berakhir dicoret dari kartu keluarga. Sekian kisah hidupku. πŸ™ƒ

Karena saya muslim, jadi saya mau cari kuliner yang halal aja. Nggak sulit kok menemukannya di sana, bahkan minimarket kayak Seven Eleven aja banyak makanan halal. Yang pasti Mango Sticky Rice, Tom Yam dan Thai Tea nggak boleh terlewatkan!


Explore dunia Jastip (Jasa Titip)

Setuju nggak kalau Bangkok itu surganya belanja?

Bahkan kayaknya orang-orang lebih tertarik untuk belanja dari pada ke kuil-kuilnya deh. Terbukti dari banyaknya traveler yang membuka bisnis jasa titip ini. Buat yang belum tau, jastip adalah usaha untuk menawarkan dan menjual suatu barang yang dibeli dari kota atau negara lain. Ada banyak barang yang ditawarkan untuk jastip ini, mulai dari kosmetik, camilan, skin care, fashion, perintilan kesehatan, dll. 


Biasanya saya traveling emang selalu beli oleh-oleh sih, tapi itu lebih untuk diri sendiri dan keluarga. Nah, di liburan kali ini, saya mau coba untuk buka jasa titip ini untuk pertama kalinya. Nantinya barang-barang yang saya temui bakalan saya unggah di seluruh media sosial. Kalau banyak peminatnya kan lumayan banget nih. Sambil liburan, sekalian cari cuan!  

Tapi sebelum saya melakukannya, tentunya saya harus mencari banyak insight biar jastip ini nggak mengganggu liburan pribadi saya. Dari mulai menyiapkan hari khusus untuk belanja, cari info menentukan harga jastip, siapin gadget dan kuota internet memadai untuk proses transaksi, harus bisa tawar menawar harga barang, bawa koper yang cukup, dan memperhatikan biaya bea cukai.

Siapa tau nih, jastip yang saya mulai nanti bisa lanjut jangka panjang, terus jadi bisa bolak balik   Bangkok deh. 

JASTIPNYA SILAKAN QAQAQ.. 😌


FANGIRLING!

Siapa nih yang suka nonton film atau lakorn alias drama Thailand?

Kalau saya awalnya sih cuma coba-coba nonton film horor Thailand, eh kok lama-lama jadi ketagihan.

NGAPA JADI KEK WAWANCARA PENJUAL BAKSO BOR*K YEE WAK? 🀭

Saya ingat pertama kali nonton itu film judulnya Shutter. Asli itu seram banget sampai kebayang-bayang itu setan naik ke pundak saya. Wkwk. Hingga akhirnya berlanjut sampai sekarang nonton film dan drama series lainnya yang berbeda genre, yang ternyata nggak kalah seru lho sama drama Korea.

Dari banyaknya film dan lakorn yang udah saya tonton, saya jadi notice sama beberapa aktor dan aktrisnya kayak Chantavit Dhanasevi, Davika Hoorne, Baifren, Urassaya, Mew Suppasit, Win Metawin, dan saya juga sempat nonton series yang dibintangi Tangmo Nida yang wafat tahun lalu. Asli sedih banget waktu tau berita kepergiannya yang memilukan itu. Rest in love, Ceceh Claudia. πŸ™

Terus yang mana nih favorit kamu, Nes?

Dulu sih saya suka sekali sama Mario Maurer gara-gara film Crazy Little Thing I Called Love dan Jandara (spoiler: ini film dewasa ya adik-adik tunggu 17+ dulu kalau mau nonton) terus sekarang juga lagi on going series-nya yang judulnya Bad Romeo, tapi monmaap nih seiring waktu standar saya udah berubah. Saya sekarang lebih suka yang muda-muda kayak Bright Vachirawit dan Luke Voyage. Kalau kamu udah pernah baca postingan saya di sini, pasti ngerti deh kenapa adik Bright jadi idola saya sekarang.

Fangirling: julukan bagi para fangirl yang sedang melakukan aktivitas yang menyangkut tentang idolanya. 

Sawadee kha.. Ganteng-gantengnya akoh 😍

Pokoknya nanti di sana, saya mau berkunjung ke GMM Grammy Building, kantor management dari aktor-aktor yang saya sukai di atas. Walau pun saya kagak tau jadwal mereka ada or nggak nantinya. Tapi mungkin nanti saya bisa janjian dulu sama contact person mereka yang ditulis di bio instagram-nya. 

Kira-kira kayak gini simulasinya..

Saya: "Halo P'Toey a.k.a manager P'Bright, saya Nesa perwakilan dari agency Indonesia. tolong disiapkan artisnya ya buat ketemu saya sekarang ya. Ini lagi otw GMMTV sekarang naik tuk tuk biar cepet."

Manajer: "SIAPE ELU WOY!"

Yang penting usaha aja dulu atau minimal beli merchandise-nya buat penanda udah pernah ke sana. Tapi maunya sih ketemu, foto bareng, terus dinner di cruise gitu. WAH NGELUNJAK NIH ORANG!

Oke, nggak apa-apa. 

Selalu ingat aja prinsip fangirling yang udah ditanamkan sejak dini:

image source: twitter

Oh ya, saya tuh kadang ngiri sama orang-orang yang nggak sengaja ketemu artis ketika lagi di mall. Ini tuh sering kali terjadi di sana. Dan kebetulan juga saya nanti masukin beberapa list mall di Bangkok untuk saya datangin. Siapa tau beruntung ya wak ada nyempil tuh si Luke kek atau Bright kek di sana. Atau boleh juga deh kalau ketemu Dew, Win atau Nani siapa pun pokoknya temenin (((teteh!))). 🀭

Cuma satu yang saya hindari di Bangkok ini. Tanpa mengurangi rasa hormat, punten ini mah jangan sampai saya ketemu Nanno dari Girl From Nowhere. Nggak dulu pokoknya. Thank you for nothing. πŸ™


Rencana Liburan ke Bangkok Bareng Traveloka

Di liburan kali ini, saya nggak bakalan sendirian. Saya ditemenin sama Ifa, teman saya yang tinggalnya di Bogor. Kami tuh jarang ketemu, tapi selalu keep in touch. Seru banget kan sekalinya ketemu langsung traveling ke Bangkok. Btw, dulu juga kami ke Bangkok barengan berempat salah satunya ada Ifa. 

Uti, Nesa, Ifa, Yuni di Asiatique the Riverfront

Jadi, dulu emang kami berdua yang menggebu ingin balik lagi ke Bangkok karena punya visi dan misi yang sama yaitu, jastipan! Hahaha. Dan akhirnya ketemu juga nih waktunya. Rencananya kami bakalan 6 hari 5 malam di sana di tanggal 27 Februari 2023 s/d 4 Maret 2023. Sengaja pilih tanggal ini supaya nggak mepet banget sama bulan Ramadan yang pasti bakalan banyak campaign. Eh. 

Demi liburan kami yang berfaedah, kami udah menyusun segala rencana dan perintilannya dalam sebuah dokumen rahasia. Tapi jadi nggak rahasia juga sih karena saya mau share semua itinerary-nya di sini. Jujur ini tuh bukan liburan untuk healing kayak orang-orang, melainkan lebih untuk foya-foya kepuasan diri sendiri aja. Hhh.

Dan.. buat liburan yang anti ribet dan lancar jaya ini, saya pakai platform travel kesayangan saya, Traveloka. Kayak yang udah kita tau, banyak fitur-fitur dan kemudahan yang ditawarkan oleh Traveloka. Mulai dari membeli berbagai jenis kebutuhan perjalanan, objek wisata dan resto, bayar tagihan bulanan hingga check-in secara online, semua bisa kamu lakukan di aplikasi ini. 


Itinerary Liburan ke Bangkok 6 Hari 5 Malam

Day 1: Leyeh-Leyeh Day - 'Cek Ombak' 

Perjalanan ini dimulai dengan rute penerbangan CGK-DMK. Nah, di sini saya dan Ifa udah booking pesawat via Traveloka. Untuk pesawatnya saya pilih pergi dengan Batik Air dan pulang dengan AirAsia. Untuk Batik Air harganya udah termasuk bagasi 20 kg, sementara untuk Airasia harga yang tertera hanya harga koper cabin, jadi nanti pulangnya saya akan nambah bagasi lagi sekitar 20-25 kg karena bisa dipastikan barang bawaan saya makin banyak. 



Total Pesawat PP + Bagasi (pulang): Rp. 3.735.285,-  / orang

Sampai di Don Mueang International Airport, saya langsung menuju counter sim card yang ada di sana untuk menukarkan pesanan saya dari Traveloka dengan sim card lokal sana. Kali ini saya pakai provider DTAC. Deja vu banget dulu juga pakai sim card ini, belinya sama tour guide saya  di Bangkok waktu itu. Hahaha! Sinyalnya lancar jaya nggak ada trouble selama di perjalanan. 


Harga Sim Card: Rp.91.400,- / 8 hari

Nggak lupa saya juga ambil uang baht di ATM, karena mostly transaksi di sini kebanyakan cash. Dari bandara, saya dan Ifa bakalan naik bus A3 yang ongkosnya cuma 20 THB menuju hotel kami Leela Orchid Hotel di Pratunam yang tentunya udah kami booking online via Traveloka. Karena kami berdua, jadi patungan bayar hotelnya. Terus yang bikin senang, di bawah hotelnya ada tempat pijat gitu. Kaum jompo kayak kita sih relate banget!

Rate Leela Orchid Hotel (5 malam): Rp. 2.999.995,-

Sampai di hotel, kami kayaknya mau leyeh-leyeh sebentar sambil menyadari kalau kami udah satu udara sama adik Bright. WKWKWK. Habis itu lanjut mandi atau siap-siap mencari makanan sore / malam karena pasti kami lapar. Kami sengaja pilih hotel di sini soalnya super strategis sama pusat perbelajaan kayak Platinum Mall, Pratunam Market, Central World dan masih banyak lagi. Udah bisa dipastikan pilihan makanannya pun banyak. Oh ya, hari ini juga kami mau cek ombak dulu ke tempat-tempat tadi buat tau situasi kondisi kalau jadi jastiper gimana. Sekalian foto-foto barang yang berpeluang besar buat jadi bahan jastip.


Day 2: Temple Day & Mall Hoping

Hari kedua saya dedikasikan untuk wisata kuil / candi di sini. Kami rencana mau start dari jam 8 pagi untuk sarapan lanjut pergi ke Wat Arun dan Wat Pho. 

Sebenarnya saya dan Ifa dulu udah pernah ke Wat Arun, tapi nggak sempat ke Wat Pho. Kali ini saya balik lagi demi liburan yang lebih mindful. Nah, setelah puas menikmati Wat Arun, saya mau ke Wat Pho dengan menyebrang naik kapal. 


Pas udah agak siang, saya mau melipir dulu ke Asiatique The Riverfront untuk makan siang dan jajan mango sticky rice. Lagi-lagi tempatnya bikin nostalgia karena dulu saya juga pernah ke sini tapi pas malam. Kayaknya nih hari kedua semacam napak tilas deh. Di sini banyak cafe lucu, wahana permainan, toko merchandise, dan tentunya banyak pilihan makanan. 

Setelah itu, saya mau lanjut ke Siam Paragon untuk berkunjung ke SEA LIFE Bangkok Ocean World yang tiketnya udah saya pesan di Traveloka. 


Harga Tiket SEA LIFE Bangkok Ocean World: Rp. 450.900,-

Puas lihat dunia laut saya kayaknya mau mampir dulu ke Siam Square karena ada tempat yang mau saya datangi dan Central World yang cuma beda jembatan doang sama Siam Paragon. Biar sekalian gitu walau pun cuma lewat nggak beli apa-apa yang penting kan udah pernah ke sana. 

Dan hari ini ditutup dengan beli makan malam street food yang ada di depan Platinum Mall atau beli di Sevel yang terdekat dari hotel. 


Day 3: Aesthetic Day

Kenapa saya namain hari ini aesthetic? Karena emang hari ini destinasi kami adalah tempat-tempat aesthetic biar sekalian bisa bikin konten: "A Day in My Life Edisi Bangkok Trip Hari Ketiga." Hahaha! 

Perjalanan dimulai dari jam 9 pagi untuk sarapan di Go-Ang Pratunam Chicken Rice. Kemudian menuju Gump's Ari yang merupakan community space yang tempatnya super aesthetic! Di sini nggak cuma bisa foto-foto instagram-able aja, karena ada cafe, resto dan barber shop juga. 

Lanjut ke tempat berikutnya yaitu ICONSIAM. Jadi, ini tuh katanya pusat perbelanjaan terbesar di Asia. Karena letaknya ada di tepi Sungai Chao Phraya, jadi untuk menuju ke sana, saya nanti harus nyebrang menggunakan kapal ferry gratis. Menarik banget kan? 

Puas dari Iconsiam, saya lanjut ke tempat di mana inilah jawaban dari segala doa-doaku di sepetiga malam. Hhh. Akhirnya tercapai juga ke GMM Grammy Building aaakkkk! Nggak akan saya sia-siakan kesempatan ini untuk berdiam diri. Saya harus aktif dan tajamkan penglihatan demi peluang bertemu adik-adik kesayangan teteh. Kan nggak ada yang tau juga, kali hari itu ditakdirkan buat ketemuan Bright atau Luke atau dua-duanya sekalian. Nanti kalau beneran ketemuan, saya janji bakalan pamer. 🀣

Habis heboh fangirling enaknya ngadem dong. Nggak jauh dari GMMTV ada taman yang katanya sih bisa buat healing sejenak sambil ngeliatin para couple yang pacaran (to much information deh), namanya Benjakitti Park. Di sini kita bisa piknik ala-ala sambil nunggu sunset. Kayaknya sebelum ke sini saya mau beli beberapa camilan dulu deh biar (((khusyuk))).

Malam hari ini ditutup dengan cari makanan di Jodd Fair. Lihat dari review orang-orang sih tempatnya asik banget, banyak tenan berbagai makanan di sana dan yang halal juga banyak. Sekalian ingin tau nih sensasi makan di night market ala orang lokal kayak gimana. 


Day 4-5: Shopping & Jastip Day

Ini dia hari yang ditunggu-tunggu sama saudara-saudaraku sebangsa dan setanah air! Di hari keempat dan kelima ini saya bakal puas-puasin belanja untuk keperluan pribadi dan jastip. Tempat yang mau saya kunjungi itu of course, Chatuchak Weekend Market.


Sebelumnya saya udah pernah ke Chatuchak ygy, cuma dulu waktu belanjanya terbatas dan belum sempat jastipan. Di sana kan luas dan tenannya buanyaak banget, jadi kayaknya harus seharian gitu deh muterin tempatnya. Oh ya, saya udah pernah cerita soal belanja di Chatuchak di sini. Dulu saya pernah beli kaos "I LOVE BANGKOK" di sini. Apakah sekarang udah berubah jadi "I LOVE KRUNG THEP MAHA NAKHON?". 

Marilah kita buktikan nanti. 

Selanjutnya, saya juga ke beberapa tempat perbelanjaan kayak Platinum Mall, Pratunam Market, Central World, Big C Supercenter, & Tofu Skincare. 


Dan di antara kedua hari ini juga saya mau melipir ke King Power Mahanakhon Skywalk untuk merasakan sensasi jalan-jalan di atas salah satu nampan kaca terbesar di dunia di ketinggian 310 meter dari lantai 78. Di sana saya mau ambil banyak foto dengan pemandangan kota Bangkok 360ΒΊ. Lihat dari review-nya tuh takjub sekaligus berasa uji nyali. Vibes-nya udah kayak girl boss pemilik gedung yang koleganya keluarga Paramaanantra di sana. Btw, itu nama keluarganya Bright yang paling tajir di film F4 Thailand. Wqwq.


Harga tiket King Power Mahanakhon SkyWalk: Rp. 114.700,-


Day 6: Persiapan Pulang ke Indonesia

Hari terakhir di Bangkok ini saya akan pakai untuk beres-beres barang bawaan pulang. Saya udah nggak mau diribetin sama pesanan jastip lagi. Pokoknya udah ingin tenang.

Setelah semuanya siap, saya langsung menuju bandara untuk penerbangan DMK-CGK. Ini pasti mellow deh rasanya, secara Bangkok udah punya ikatan cinta emosional sama saya. Semoga didukung semesta yaa bisnis perjastipan ini, biar saya bisa balik lagi dan lagi ke Bangkok. Goals-nya sih ke Bangkok tuh udah kayak beli minyak ke minimarket gitu. Atau mungkin buat eksplor tempat lainnya di Thailand kayak Krabi, Phuket, Hua Hin, dll. 

YUK BISA YUK.


***

Nong nooch village - Pattaya

Sungguh padat yaa itinerary-nya. Hahaha!

Berharap aja pas saya di sana cuacanya cerah dan mendukung untuk jalan-jalan. Soalnya mau sewa pawang hujan lokal sana kagak ngerti ngomongnya pakai bahasa Thai. Kkk.

Terlepas nanti semua tempat bakalan sempat kami kunjungi atau nggak, yang jelas saya senang banget bisa menuangkan rencana liburan yang sesuai dengan suara hati saya. (((Niscaya))) nggak bakalan menyesal dan berkesan banget traveling ke Bangkok kali ini. 

Jadi, berhubung masih awal tahun 2023, udah saatnya juga buat ikutin suara hati untuk traveling dengan cara kamu #LifeYourWay bareng Traveloka!


Image source: 

  • Traveloka app
  • Pixabay.com,
  • Pexels.com 
  • Unsplash.com
  • Flickr
  • timeout.com/bangkok/
  • Dokumentasi pribadi

Cheers,

Nesa

You Might Also Like

64 comments

  1. Neeeessss, didoain btr bisa ketemu Ama adek2 gemeesh nyaa yaaaa 🀣🀣. Kocak banget sih πŸ˜….

    Duuuh tapi memang itu para lakiiik cakeeep beneer dah πŸ˜„. Sampe skr aku blm tergoda sih Ama drama2 Thailand. Mikir aja, ini list Drakor udah sampe ratusan yg blm ditonton, apa kabar kalo nambah Thailand 🀣🀣.

    Tapi Thailand buatku negara fav di Asean yg ga bosan2 aku datangiiiin ❤️❤️❤️. Kalo kesana aku prefer Des atau Januari, secara suhunya agak sejuk. Pernah DTG di bulan Juli, pulang2 aku LGS radang tenggorokan saking panasnya 🀣🀣.

    Inget bangeeet pernah juga kesana bareng temen, dan kami eksplor kotanya dari pagi Ampe tengah malam. Kakiku udh ga tau rasanya, serasa copot 🀣

    Tapi selalu puaaaaas , apalagi ditambah barang2nya super murah, makanan enak ya nes 😍. Itu yg bikin kangen memang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkw aamiin, makasih loh mbak fanny buat doanya.
      Kalau kata aku sih mending nonton filmnya dulu daripada series-nya nanti pusing sendiri.
      Aku dulu pergi bulan November dan puanas banget, tapi kayaknya sih bakalan panas terus di sana hahaha!
      Iyaa, makanannya salah satu yang bikin kangen.

      Hapus
  2. Waaah Bangkok juga salah satu wishlist negara ASEAN nih. Iya banyak banget yang buka jastip ya kalau dari Bangkok. Pertama kali dapat oleh oleh dari Bangkok tahun 2006 pas suami dinas ke sana.

    Eh baca artikel ini malah baru tau kalau nama ibukota Thailand bukan Bangkok lagi. Yg baru susah banget ya pelayanannya. Lebih mudah Bangkok deh kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, kesian anak SD kalau ujian ditanya ibu kota Thailand jawabannya panjang terus harus bener lagi nulisnya haha

      Hapus
  3. Semoga beneran jadi ke Bangkok. Ntar kalau buka jastip kabar-kabar ya. Pengen nitip make up ama skincare. Kalau ada pernik lucu, aku jg mau😍😍

    BalasHapus
  4. Wah, kece bener nih agenda traveling ke Bangkok, mbak Nesa :D Lumayan lama ya 6 hari 5 malam, bisa berkeliling ke berbagai destinasi dan mencoba kulinernya plus membeli oleh2 nanti bisa buka jastip hihihihihi. Memesona banget ya suasana Bangkok, bikin yang udah pernah ke sana kepengen balik lagi :D Untung ada TRaveloka, andalan pelancong yang memudahkan sekali soal tiket pesawat, hotel, dan sebagainya. Mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya sih belum puas mbak dulu tuh karena kurang lama dan kurang bebas hahaha

      Hapus
  5. Inget Thailand inget Konser NCT 127 yang jadi heboh Karena panggungnya deket dan antara fans sama idol gak ada jarak.

    Sungguh malu banget pas NCT Konser di Indo dan Kita rusuh sampek konsernya dipaksa berenti.

    Jadi dari sini Aku mulai belajar sama NCTzen Thai, gimana cara di notis bias, hahaha... Engga diink..jadi fans yang disayang SA idol. Pengen kan di mention sama idol kalok mereka tuh kangen dateng ke Indonesia gitu..


    Memang Thailand sesederhana dan sesopan itu ya, Nes..

    Semoga 2023 bisa balik ke Thailand lagi, Nes. Dan bisa buka jastipan, hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tau aku dong soal ini karena emang aku bukan fans NCT haha. Nice info teh.
      Nanti ya tungguin bulan depan aku buka jastipan. Hehe.

      Hapus
  6. wah mbak, baca ini jadi makin pengen ke Bangkok juga, ahaha. aku juga udah punya keinginan ke negara ini, tapi belum ada kesempatannya (dan belum searching2 juga bisa ke mana aja). bisa dicontek nih itinerarynya, hehehe

    BalasHapus
  7. Yuk bisa yuk, insyaallah bisa mbak. Jalan-jalan ke Bangkok, yang namanya ternyata sudah ganti jadi lebih susah dan lebih panjang. Insyaallah bisa juga nih pas jalan-jalan di mall nya ketemu, papasan sama artis thailand. Bisa dapat barang-barang jastip dengan harga murah pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHAHA!
      Semoga doa mbak Nanik didengar. aamiin

      Hapus
  8. napa cowok Scorpio #ehhhh, hahaha.
    Aku belum pernah ke Bangkok, cuma dengar cerita pak su aja. Katanya panas tapi makanan masih terjangkau lah ya bener kayak Indonesia gitu. Amiin moga bisa ke sana lagi yes. Itu foto terakhir geulis pisan semesta pun mendukung..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHAHA ADA DEH :))
      Itu foto di Pattaya langitnya aku edit sih karena aslinya mendung. Maap loh kalo tertipu. Wkwk.

      Hapus
  9. Aku blom pernah nih ke Bangkok, tahun lalu ada conference ke Bangkok, jelang2 hari H izin gak keluar dan diminta hadir virtual aja, huhuhu padahal uang pingin nyobain food streetnya Bangkok hehe. btw sekarng banyakan backpacker yg prefer ke Bangkok drpd ke Singapur katanya yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangkok lebih murah sih dari pada Singapore untuk makanannya. Dan menurutku Singapore itu kebanyakan rasa makanannya kurang nampol, beda sama Bangkok yang pas di lidah.

      Hapus
  10. Kalau ke Bangkok tuh juga banyak makanan murah dan souvenir yang dijual dengan harga terjangkau. Enak kalau pakai jasa tour jadi ngebantu tanpa ribet pas mau jalan jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada plus minus-nya mbak pakai jasa tour. Buat yang nggak mau ribet sih cocok.

      Hapus
  11. Wah, Mbak harus tanggung jawab nih. gara-gara baca ini jadi pingin ke Bangkok juga, Mau cepat-cepat ubah list yg keliling pulau Jawa menjadi jalan-jalan ke Bangkok. Gimana dong? Soalnya menggoda banget terutama bagian belanja barang murah dan makanannya yg enak-enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, Bangkok surganya belanja. Yang hobi shopping pasti kalap deh.

      Hapus
  12. Seruuuu bin kocak banget aseliik
    Ngikik mulu eikeh bacanyaaa
    Aku baru sekali k Bangkok. Acara Priceza. Yap, kuliner dan shoppingnya enaakkk, cuma kudu Hati2 ama sopir taxi banyak scam d sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dijauhkan sama yang aneh-aneh di sana nanti

      Hapus
  13. Waah soal jastip, mau jastip jajanan kalau jadi nih haha, Ada salah satu asinan mangga dari sana yang enak sekali. Pas nyari apa di Indonesia ada ternyata gak ada, pernah pesen sejenis eeehh rasanya jauh huhu.
    Btw sekarang drama Thailand juga tak kalah bagusnya dari drakor yaa. Aktor2nya pun bening2. Semoga kesampaian mengunjungi agensi2 aktris di sana mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangganya tuh emang beda, Mbak. Kuning semua warnanya dan manis-manis.
      Makasih loh buat doanya, semoga dikabulin ntar ya :p

      Hapus
  14. Karena aku juga pecinta drama dan film Thailand, so pasti masukin negara ini ke liat impian. Mungkin bakal ambil ke kota lain, bukan jalan di Bangkok. Meski secara kultur hampir sama kaya Indonesia, tetap kudu banyak persiapan ya. Untung ada Traveloka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama mbak, aku pun kalau udah puas di Bangkok bakalan melipir ke kota lainnya, tenang aja. :))

      Hapus
  15. yaa sapa tahu beneran bisa kerja sama yaa karena bawa nama agency dari Indo, hihi ...
    Kalau aku penasaran ke Thailand area utara seperti Bangkok. Pernah dulu ke Hat Yai aja, sehari PP ketemu orang lokal ramah-ramah walau ya gitu waktu pesan makan nge-blank ga bisa baca menunya, LOL. Ternyata orangnya bisa bahasa melayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wqwq padahal ngaku-ngaku yaa, gimana weh caranya biar bisa ketemu hahaha.
      Banyak kok yang bisa bahasa Melayu di sana termasuk tour guide aku dulu.

      Hapus
  16. Belum pernah main ke Bangkok nih. Padahal di sana banyak juga ya destinasi yang cakep-cakep dan surganya buat jastipan.

    BalasHapus
  17. Akuuu juga sukaaa streetfood di bangkok dan keramainnya pd mlm hari....
    Pengeeen mlipir transit bangkok sambil jajan thaitea dan tomyam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda emang sensasinya nyobain thai tea dan tom yam di negaranya sendiri

      Hapus
  18. Wah have a nice traveling day in Bangkok yaa, semoga terwujud impiannya bertemu gak sengaja dengan Nani, atau Bright atau Luke. Udah lama gak nonton drama Thailand, jadi gak ngikutin serialnya sekarang.

    Iya juga sih kalo ikut tour gitu, ada aja destinasi yang kayaknya nggak bakal dipilih kalo jalan sendiri. Apalagi ada Traveloka, udah ada pilihan mau kemana, tinggal pesan tiket tempat wisatanya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak sengaja ketemu adalah goals aku, kali aja si Luke lagi jajan di Sevel gitu. Hahaha!

      Hapus
  19. Kalau mau liburan emang harus cari cuan ya mbak, bukan sugar daddy, haha
    Karena suka nonton film dan drama Thailand, jadi pengen ke Thailand juga ya mbak

    BalasHapus
  20. aku masukin berkunjung ke Bangkok juga ah dalam listku. Baca artikel ini jadi pensaran kalau ke Bangkok bisa main kemana aja nih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal aku udah nulis itinerary detail di atas lho mbak :))

      Hapus
  21. Wah, keren ini itinerary nya. Komplit dan disusun dengan matang. Pakai aplikasi Traveloka sepertinya semua jadi lebih mudah, ya. Tinggal klik sana sini, jadi! BTW, kalau jadi ke Bangkok, eh, Thep Maha Nakhon, boleh sekalian ikutan, ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komplit dong karena emang mau ke sana bulan depan hahaha

      Hapus
  22. Semoga kesampaian yaaa rencana liburan lagi ke Bangkok. Menarik banget untuk ditelusuri kembali, ya tempat-tempatnya, ya jajannya. Seru klo bisa fangirling sesuai rencana tuh.

    BalasHapus
  23. Duh duh aku pernah ke Bangkok beberapa tahun lalu dan pengen balik lagi saking berkesannya kota ini, sayangnya nggak tahu aktor dan artis Thailand jadi nggak bisa nyegat pas papasan di depan kios sticky rice MANGO huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, selain nama mereka yang susah disebutin, mukanya juga hampir mirip-mirip sih jadi susah bedain. Yang gampang tuh kalau ada yang blasteran kek Bright sama Luke di atas :))

      Hapus
  24. Wah aku juga pengen ke Bangkok sekalian beli berasnya wkwk emang ya beli tiket pesawat dan Hotel pasti di Traveloka, sekarang sering beli tiket playground karena di Traveloka lebih murce hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow mantap beb, ntar diliat ya berasnya siapa tau bisa jastipin :))

      Hapus
  25. Astaga aku ngakak dbagian ketemu artisnya mba.. wkwk.. aku sendiri gak tll tau artis Bangkok. Taunya malah cm Nanno..hahaha *ketawa jahat ala nanno

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk perasaan nggak enak ya denger ketawa si Nanno :))

      Hapus
  26. Yuk bisa yuk aku ikut doain moga2 kesampean ya. Emang klo jalan2 ke negara ASEAN budgetnya mayan terjangkau ya . Kursnya ga jauh beda ama Rupiah.
    Kebayang sih bakalan puas wiskul ya soalnya makanan Thailand emang enak1 bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau banget puas-puasin wiskul di sana nanti hehe

      Hapus
  27. seruuuu pisan nih yang jalan rame - rame dengan besties. Memang asyik ya mba bisa traveling bareng dan explore banyak tempat serta pengalaman seru. Enjoy the trip

    BalasHapus
  28. Salah satu wish list jalan-jalanku kalau anakku udah gedean dikit adalah thailan, KL, dan SG. Keinginan itu makin menggebu habis baca postingan kamu nes, jadi pingin segera terbang kesnaa

    BalasHapus
  29. Wishlist banget bisa jalan jalan nih, lama juga ya mbak travellingnya. Berasa ikut jalan jalan virtual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, nanti kalau udah ke sana bikin postingan lagiii

      Hapus
  30. makin pengen ke bangkok, destinasinya banyak banget yang bikin mupeng kak, aku belum pernah ke bangkok jadi makin2 deh pengen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak, mumpung masih awal tahun, rencana aja dulu hehe.

      Hapus
  31. aaaaa seru banget nih, udah lama pengen liburan dan menjelajah street food nya bangkok akutuu, semoga tahun ini bisa kesampean hehehe

    BalasHapus
  32. Sampai saat ini film Shutter masih jadi film horor paling horor versi aku. Mana kita kan kerjaannya poto poto yakhaaan, kebayang nggak sih pas lagi foto2 terus setannya muncul. Aku belum pernah ke Thailand tapi ibuku pernah ke sana selama 3 bulan karena kebetulan Tante lagi tugas di sana (diplomat) di Pattaya. Emang seru ya negaranya, bahasanya juga unik. Anyway kalau aku dapat kesempatan ke sana kayanya bakalan ngendon di tempat jual makeup dan skincare deh sekalian buka jastip. Wkwwkk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha selain Shutter ada Alone satu lagi, sampai di remake banyak versi tuh.
      Kak Tya cocok nih buka jastip makeup sama skincare, pasti semangat banget deh belanjanya :))

      Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe