Dari 3 Wanita The Penthouse Kita Belajar...

Maret 26, 2021

larasatinesa.com - Anyeong yeorobun! Ada yang nonton The Penthouse dari season 1 sampai sekarang season 2? Kalau gitu kita sama, sama-sama ngebul otaknya mikirin prediksi ending ceritanya. Mana nanti berlanjut sampai season 3 pula. Mulai mendekati kayak sinetron Tersanjung emang nih. Hahaha!

Tapi kali ini saya nggak akan capek-capek mikirin ending-nya karena itu tugasnya writer-nimFor your information, writer-nim nya bernama Kim Sun-Ok ini ternyata yang nulis drakor The Last Empress.  Spesialis banget dia nih yang bikin cerita ngeselin-tapi-bikin-betah-nonton. πŸ˜…


Sebagai penonton yang bisanya cuma komentar doang, saya mau bahas habis-habisan pembelajaran yang bisa diambil dari drakor The Penthouse yang semakin meresahkan dan membagongkan ini.

" Nes, emang belajar apaan sih dari The Penthouse, perasaan isinya kagak ada bagus-bagusnya itu drakor? "

Buanyak banget! Terutama dari 3 tokoh wanita utama di drakornya. 

*Disclaimer: monmaap buat yang belum nonton The Penthouse, postingan ini mengandung spoiler yang tidak akan nanggung-nanggung. 


Tentang Drama Korea The Penthouse: War in Life

The Penthouse: War in Life merupakan drakor genre drama yang menceritakan tentang kehidupan di sebuah apartemen mewah dengan 100 lantai berlokasi di Gangnam yang memiliki suasana yang tegang di antara penghuninya dengan beragam latar belakang. Mereka adalah kalangan elit yang lahir dari masyarakat kelas atas yang ambisius, masing-masing berusaha untuk mencapai puncak dengan berbagai cara, baik dalam kekayaan, status, maupun pendidikan anak-anak mereka. Bisa dibilang drakor yang bikin darah tinggi ini ceritanya gabungan dari drakor Sky Castle dan The World of Married.  

Monmaap salah server.. | source: instagram

Ini baru poster yang bener..


Kasta kekayaan penghuninya dilihat dari seberapa tingginya letak penthouse yang dimiliki.  Jadi, semakin ke lantai atas, semakin tinggi derajat kekayaannya. Jujurly, pas pertama kali lihat Hera Palace, saya kepikiran beli 1 unit di lantai 97 buat investasi. Tapi niat itu langsung diurungkan setelah liat kelakuan bapak Joo Dan-Tae yang dari season 1 sampe sekarang masih aja kek dakjal. Sekian. 

***

Drama Korea ini berfokus sama 3 pemeran utama wanitanya. Yang menurut saya pribadi mereka ini semuanya punya pesona masing-masing. Siapa aja mereka? 

Seojin-Suryeon-Yoonhee

1. Shim Su-Ryeon (Lee Ji-Ah) 

Shim Su-Ryeon yang akrab disapa "Bunda" ini yang memang udah kaya raya dari lahir sampai-sampai w aja mau banget dijadiin anak asuhnya. Su-Ryeon adalah seorang wanita elegan dari kelas atas, bisa dibilang doi itu ratunya Hera Palace. Suaminya adalah Joo Dan-Tae (Uhm Ki-Joon) yang biasa kita sebut J&T. kkk. Dia adalah seorang pengusaha yang sukses dalam bisnis jasa pengiriman barang bidang real estate, walaupun cara berbisnisnya dengan menghalalkan segala cara. Sumpah jahatnya mengerikan! Pasangan ini awalnya emang harmonis banget rumah tangganya dan disegani banyak orang. Tapi itu nggak berlangsung lama kok. Akhirnya bunda tau kelakuan suaminya di belakangnya. 

Cantik bgd kek w *digampar yang baca*

Dari ketiga pemeran wanita utama yang ada di The Penthouse, cuma bunda Shim Su-Ryeon yang paling waras. Nggak cuma soal kecantikannya aja karena dia adalah Lee Ji-Ah, tapi begini alasan-alasannya..


Baiknya konsisten

Sadar nggak sih yang baiknya paling konsisten di sini cuma bunda? Season 1 dia lewatin dengan jadi orang baik, lemah lembut nan elegan ke semua orang. Dan bahkan di awal-awal dia masih bisa percaya sama lakiknya yang sok kecakepan itu. Btw konteks baiknya bunda ini nggak berlaku sama orang-orang yang udah jahatin dia, ya. Saking baiknya, jadi nggak kelihatan mau bales dendamnya gitu. Yaa.. walaupun pada akhirnya nasibnya berujung tragis. Sampai-sampai banyak penonton yang menyayangkan ngapa si bunda dibikin matik sih? siapa yang akan membela kebenaran dan kebajikan lagi nanti di sana? 😩

Bunda jadi Na Ae-Gyo


Ternyata di season 2, dia hidup lagi dengan karakter baru bernama Na Ae-Gyo yang kayaknya itu sebenernya masih Shim Su-Ryeon versi badass yang mau balas dendam (lagi). Jadi emang bener ya The Penthouse ini diadaptasi dari sinetron Indonesia yang kalau pemeran utamanya meninggal, pasti bakalan hidup lagi. Entah itu dibikin hilang ingatan, atau dijadikan pemeran baru. SUKA SUKA LO AJA DAH WRITER-NIM

.... DEMI ALEK KAGAK NGAPA-NGAPA. 

... W TETEP NONTON KOK. πŸ˜…


Sayang sama anak-anaknya

Kalau ditotal, anaknya bunda di sini ada 4 orang. Anak pertama ada Joo Hye-In (Na So-Ye) yang diketahui anak dari suami pertama, padahal anaknya waktu lahir dituker sama J&T karena sebel sama suami pertamanya bunda. Anak bunda yang asli namanya Min Seol-Ah (Jo Soo-Min), dia terpaksa harus tinggal serba kekurangan di panti asuhan. Lalu ada lagi si kembar Joo Seok-Kyung (Han Ji-Hyun) dan Joo Seok-Hoon (Kim Young-Dae). Kalau si kembar mah bener-bener diurusin bunda dari kecil, ya walaupun mereka ini sering kurang ajar karena merasa bukan anak kandungnya bunda. Tapi si bunda tetep aja sayang sama mereka berdua. 

Foto bunda bareng keluarga tercinta ~

Shim Su-Ryeon ini sosok ibu yang fair, dia akan menegur anaknya kalau memang anaknya bersalah. Dan dia nggak pernah membanding-bandingkan anaknya dengan anak tetangga kayak emak w. Wkwk.  

Nganu.. kok perasaan ada yang janggal di foto keluarganya bunda tadi.. 

Cuma perasaan w aja keknya.




Tegar dan kuat

Sebenernya miris lihat jalan hidupnya bunda Su-Ryeon di The Penthouse ini. Udahlah suami pertamanya dibunuh, anaknya dituker waktu lahir, suaminya si J&T selingkuh, pas udah tau anak kandung yang asli malah meninggal depan mata dia, lalu pas usaha balas dendam dia juga ikutan terbunuh. 

Yaa.. walaupun pada akhirnya dia hidup lagi di season 2 dengan teori writer-nim yang asdfghjklndwadawaukahgelap. πŸ™ƒ

Paling sakit tuh pas tau Min Seol-Ah adalah anak kandungnya. Eh pas-pasan dia lihat dengan mata kepalanya sendiri kalau anaknya jatuh didorong orang dari atas gedung Hera Palace. Karena ngalamin beberapa kali kehilangan ini yang bikin Su-Ryeon bertahan. Di tengah kesedihannya, dia tetap tegar dan kuat. Malah nyusun strategi buat cari tau siapa pembunuh anaknya. 


Pinter

Kenapa saya bilang bunda pinter? Ya jelaslah.. karena bunda nyusun rencana bales dendamnya dengan rapi dan nggak kelihatan sama sekali di depan suaminya yang (((sholeh))) banget itu. Beruntung bunda bisa kerjasama sama Logan Lee (Park Eun-Seok) yang merupakan kakak angkatnya Min Seol-Ah. Dari sini saya belajar, kalau orang baik akan menemukan partner yang se-frekuensi juga. 

Mungkin penyesalan dalam hidupnya bunda adalah ketemu orang macam si J&T ini. Kalau di Indonesia ini ada orang kayak J&T udah pasti dia bakalan jadi bahan santet orang-orang yang sakit hati sama dia! 🀣

Pesan untuk YTH bapack J&T:  


2. Cheon Seo-Jin (Kim So-Yeon) 

Berasal dari keluarga kaya yang punya Cheong Ah Group. Karena didikan keras ayahnya, Seo-Jin jadi wanita yang ambisius, emosian, dan nggak mau kalah yang terbukti dari sejak sekolah dia bikin luka saingannya waktu kompetisi. Belum lagi ngerebut pacar temennya (yang jadi suaminya sekarang), sampai berlanjut ke ngiri sama Su-Ryeon dan ingin merebut Hera Palace.


Suaminya Seo-Jin adalah Ha Yoon-Cheol (Yoon Jong-Hoon). Ia adalah seorang kepala ahli bedah di rumah sakit umum dan pria yang ambisius tapi-akhirnya-jadi-suami-yang-terabaikan. Btw Seo-Jin ini jadi pemeran terlaknat kedua versi on the spot karena berselingkuh dengan J&T. Hobinya Cheon Seo-Jin marah-marah sambil banting-banting barang. Titip aja pokoknya jangan ketemuin dia sama tante Marie Kondo. Jangan pokoknya. πŸ˜‚

Seo Jin selalu ditekan untuk jadi yang terbaik oleh Ayahnya. Makanya dia jadi ibu-ibu yang egois dan nyuruh anak semata wayangnya si Ha Eun-Byeol (Choi Ye-Bin) buat jadi yang terbaik juga kayak dia. Nggak heran jadinya Seo Jin ini menghalalkan segala cara demi mendapatkan apapun yang dia mau. 

Gitu ceunah..


Sampai di sini, kira-kira ada nggak yang baiknya dari Cheon Seo-Jin? 

*masih mengamati*

*masih mikir*

Season 1 bolehlah kasih Seo-Jin bahagia dulu. Tapi season 2 dia kena karmanya habis-habisan. Dari situ akhirnya kelihatan  sisi lain dari seorang Cheon Seo-Jin.


Sayang anak

Sebenernya Seo-Jin ini sayang banget lho sama anaknya, hanya saja caranya bikin Eun Byeol depresi sampai melotot-melotot kek kartun Larva gitu. #emaap πŸ˜‚ Anaknya ini dipaksa buat jadi yang terbaik dan nggak boleh mengecewakan seperti dia dulu. Padahal dia tau kemampuan anaknya masih kalah jauh sama saingannya. Klimaks-nya si Eun-Byeol ini kena mentalnya, makanya dia hampir gila dan suka kepikiran buat bunuh diri. Di season 2, rasa sayang Seo-Jin ke anaknya semakin diuji. Seo-Jin sampai rela mempertaruhkan nyawanya demi nyelametin anaknya yang kelakuannya ajaib ini. Tapi kan emang buah jatuh nggak jauh dari pohonnya. 

Curahan hati Eun-Byeol pada emaknya:


Nggak mau direndahkan orang lain

Karena berasal dari keluarga yang terhormat, Seo-Jin ini tipe cewek keras yang nggak mau direndahin oleh siapapun termasuk sama suaminya sendiri. Ia berusaha sekuat tenaga mempertahankan yayasan Cheong Ah peninggalan Ayahnya dari tangan-tangan licik yang mau ngerebut yayasan. 

Orang kaya mah gini ya.. yang direbutin yayasan, sementara w di sini sering rebutan kulit ayam sama adek w... 😢

Foto keluarga Seo-Jin sebelum J&T menyerang

Terlihat kuat tapi rapuh

Kelihatan dong dari penampilannya, Seo-Jin ini high class banget dan selalu terlihat tampak tenang. Padahal itu cuma kamuflase aja buat nutupin segala ketakutan dia kehilangan reputasinya atas perbuatan-perbuatan jeleknya sendiri. Dia sering kok dihantui rasa bersalah kalau udah sendirian sampai nangis bombay dan as always banting-banting barang. Terus ujungnya merasa nggak ada yang bener-bener mencintai dia gitu. 

Padahal dia sendiri self love-nya kagak ada. Makanya ikutan webinar-webinar motivasi deh, jangan nyanyi muluk yang dipikirin. 


3. Oh Yoon-Hee (Eugene) 

Yoon Hee adalah seorang single parent yang berasal dari latar belakang keluarga miskin. Dia bekerja keras untuk kesuksesan anak semata wayangnya yang bernama Bae Ro-Na (Kim Hyun-Soo). Ro-Na ini dari pengamatan saya, kerjaannya cuma jadi beban orang tua karena nggak sadar diri ingin sekolah di Cheong Ah dan selevel dengan anak-anak yang tinggal di Hera Palace. Dari situlah awal drama ini dimulai. 

Karakternya Yuni (panggilan akrabnya) ini sebenernya baik, cuma gampang banget kebawa suasana karena trauma sama masa lalunya yang penuh ketidakadilan, jadi kalau dia mabuk, bisa nggak sadar bunuh anak orang gitu.  Egimana? 😢

Yuni dan Ro-Na si beban orang tua

Yoon-Hee ini saingannya Seo-Jin dari jaman sekolah. Soal prestasi Seo-Jin kalah dari Yoon-Hee, tapi soal kekayaan jelas Yoon-Hee kalah. Kejahatan Seo-Jin ke Yoon-Hee dari dulu udah terpapar kok, dari rebut piala kompetisi, sampai ke rebut pacar. Emang yaa.. yang selalu ada kalah sama yang punya uang. Miris emang! Tapi akhirnya mereka dipertemukan kembali saat anak-anak mereka masuk sekolah seni Cheong Ah. 


Pekerja Keras

Kesamaan karakter 3 wanita di drakor ini tuh semuanya sayang anak. Terbukti dari Yoon-Hee yang sampai rela buang harga dirinya memohon di depan yayasan demi Ro-Na diterima di sekolah seni Cheong Ah. W sampai eneg banget lihat si Ro-Na kalau udah marah-marah ke emaknya maksain keadaan sampai emaknya kerja keras buat ngabulin permintaannya itu. Belum lagi masalah lain, kadang si Ro-Na ini ngeyel dan semaunya sendiri. Demen banget bikin emaknya nangis. Hih. 

Dalem hatinya Yoon-Hee:


Yoon-Hee ini seorang ibu yang usahanya gila-gilaan banget sih. Doi kerja banting tulang demi anaknya bisa hidup enak. Walau rintangannya banyak banget, Yoon-Hee nggak pernah nyerah. Sampai akhirnya dia berhasil bawa Ro-Na tinggal di Hera Palace lantai 45.   


Rendah Hati

Walau udah tinggal di Hera Palace, Yoon-Hee tetap jadi wanita yang rendah hati. Dia bukan kacang yang lupa sama kulitnya. Dia nggak peduli sama omongan-omongan miring orang di sana. Malah dia jadi semakin percaya diri buat balas dendam ke Seo-Jin. Di sini Yoon-Hee akhirnya  jadi bestie-nya bunda Su-Ryeon. Walau udah BFF (best friend forever) banget tapi mereka nggak sampai tuker-tukeran diary  kayak saya jaman SD sih. Pasti kalian nyesel deh udah baca kalimat sebelumnya. πŸ˜—


Mau Mengakui Kesalahan

Alur cerita drakor ini tuh bener-bener nggak bisa ditebak. Setelah banyak teori-teori yang mengungkap siapa pembunuh Min Seol-Ah di Hera Palace yang besar kemungkinan kalau nggak J&T yang bunuh, ya pasti si Seo-Jin. Ternyata writer-nim menetapkan kalau Yoon-Hee lah yang dalam keadaan mabuk nggak sengaja dorong tuh anak sampai meninggoy. 😩

GUE KE WRITER-NIM


Singkat cerita, akhirnya semuanya terungkap. Persahabatan antara Yoon-Hee dan Su-Ryeon pun hancur karena si Yoon-Hee masih denial alias nggak mau jujur. Semua baru bener-bener terungkap setelah Su-Ryeon meninggal. Yoon-Hee masuk penjara karena dijadikan kambing hitam atas pembunuhan Su-Ryeon, sekaligus membayar hukuman atas kematian Min Seol-Ah. Yoon-Hee akhirnya ngaku ke Ro-Na dan Logan kalau dia yang dorong Min Seol-Ah waktu itu. Pusing dah tuh semua yang nonton!🀣

Cakepan gini nggak sih rambutnya?

PS: Jujur aja nih, saya tertarik nonton The Penthouse gara-gara ada Eugene. Eik fans berat mamahnya Ro-Hee sama Ro-Rin ini dong! Eugene dulunya member S.E.S yang merupakan visual K-POP pertama dari SM Entertainment. Definisi makin tua makin cantik.  


***

Kalau diposternya ada 2 wanita lagi yang tinggal di Hera Palace, emaknya Min-Hyuk sama emaknya Jenny. Tapi mereka ini hanya sebagai pemanis, buibu karakter pemberi ice breaking di tengah kejamnya kehidupan orang-orang kaya di sana, tukang pansos dan tukang bergunjing. 

Padahal kan..


Jadi semua emak di sini anak-anaknya pada sekolah di sekolah yang sama yaitu Sekolah Seni Cheong Ah. Heran w, dari sekian banyaknya seni, anak-anak Hera Palace ini ngapa harus ambil jurusan nyanyi seriosa semua? Kek nggak ada seni yang lain aja. Padahal mereka juga bisa pilih masuk SMK jurusan IT kayak w, lulus bisa langsung kerja gitu lho. Pokoknya dianggap bergengsi banget deh jadi penyanyi seriosa ini. Jadinya kan pada rebutan piala festival tuh buat tiket masuk Universitas Negeri Seoul. Gara-gara perjomplangan status sosial inilah awal mula pembunuhan seorang anak bernama Min Seol-Ah terjadi di Hera Palace. 


Saya nih kalau jadi salah satu anak Hera Palace, nggak bakalan mau jadi penyanyi kek mereka karena udah terlalu mainstream. Mending saya jadi influencer aja, bikin channel TikTok isinya a day in my life review makan kepiting 30 juta, unboxing brangkas tabungan dari kecil, sampai nge-prank patung Hera Palace. Dijamin nggak bakalan ada saingan.  

Serah lo deh, Nes.  🀣


Dari The Penthouse kita belajar..

  • Kalau jadi orang kaya itu nggak seindah yang dibayangkan. Walau enak punya uang banyak, tapi masalah akan tetep ada dan masalah orang kaya itu ternyata lebih rumit. Etapi saya mau sih kalau jadi kaya raya, asal nggak tinggal di Hera Palace aja nantinya. Kkk.
  • Ketiga karakter wanita di atas memang nggak ada yang sepenuhnya sempurna, namun hal-hal baik dari mereka bisa saya jadikan inspirasi. 
  • Jangan mudah percaya sama orang lain.  Udah paling bener percaya sama patung Hera Palace aja.
Patung Hera Palace be like:


  • SMK tetep jadi pilihan yang terbaik buat sekolah, nggak banyak drama, paling juga banyak praktikum. 
  • Mendidik anak itu prakteknya susah banget ya. Jadi reminder buat saya kalau nanti punya anak. 
  • Jangan pernah menggantungkan kebahagiaan sama orang lain. Mau sampai kapanpun kita nggak akan bisa bahagia selama kita nggak bahagiain diri sendiri dulu. #jreng
  • Kesenjangan sosial itu bakalan ada selamanya, tugas kita sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia adalah tidak membeda-bedakan sesama makhluk ciptaan-Nya. 
  • Di sini saya mau bilang, kalau hidup kamu masih kurang menantang. Coba tonton aja The Penthouse biar agak nambah beban hidupnya. πŸ˜‚


Nonton Drama Korea di Aplikasi Viu

Selama WFH saya nggak punya hiburan lain selain main sama kucing dan nonton drakor. Dibanding dengan drama barat, saya lebih suka drama Korea. Habis nonton, saya juga suka share di socmed drakor apa aja yang seru. Nah, kalau ditanya streaming drakor yang lengkap di mana, saya pasti bakalan jawab di aplikasi Viu. 


Viu adalah sebuah platform video streaming provider yang menghadirkan berbagai konten hiburan. Beberapa video yang dihadirkan di antaranya; drama Korea, film sampai dengan variety show. Kamu bisa download Aplikasi Viu di Playstore atau pun Appstore. Semua layanannya legal, jadi tenang deh nonton drama Korea di aplikasi Viu.


Keunggulan Nonton Drakor di Aplikasi Viu

Karena ini aplikasi streaming, jadi nontonnya fleksibel bisa di mana aja dan kapan aja. Udah gitu buat kamu yang sibuk banget bisa nonton offline juga lho dengan cara download dulu drakornya lalu simpan di storage. Kualitas videonya jernih, jadwal tayang di Viu juga on time (kurleb 24 jam setelah tayang di Korea), dan pastinya udah dengan subtitle Bahasa Indonesia. 

Yang paling penting lagi nih, buat kamu yang baru download aplikasi Viu, kamu udah bisa langsung akses film / drakornya sebelum berlangganan. Tapi kalau mau lebih nyaman lagi nontonnya nggak ada gangguan iklan, bisa langsung berlangganan Viu Premium. Biaya berlangganannya murmer banget bun, mulai dari 15rb / bulan. Bahkan yang terbaru lagi ada promo 6 bulan cuma 100rb aja.  Bayarnya juga bisa pakai Gopay, Pulsa, OVO, dan Shopeepay. 


Oh ya, baru aja kemarin saya tamatin nonton drakor Save Me (2017), Please Don't Date Him (2020), dan yang on going nonton The Penthouse Season 2. Next tertarik nonton Mouse dan mau kelarin Mr. Queen juga hahaha!

Jadi, kapan nih kamu mau langganan Viu Premium?


***

Sebenernya saya ngerasa ada yang mengganjal setelah nonton drakor The Penthouse. Sengaja dipendem dulu biar bisa speak up di sini..

Jadi ya, satu-satunya yang saya kasianin sepanjang drakornya cuma patung Hera Palace. Doi secara nggak langsung jadi saksi bisu yang lihat kejadian-kejadian membagongkan selama di sana. Kayaknya kalau dia bisa ngomong dia akan bilang: 




Akhir kata  dari saya..

Yok bisa yok season 3! | source: Twitter


Cheers,

Nesa

You Might Also Like

133 comments

  1. Aku belum nonton drakor ini, tp justru suka baca spoilernya nes. Jd bisa mutusin ini bakal aku tonton ato ga hahahaha. Kalo ending sad lgs coret :D.

    Itu yg foto keluarga si bunda, kenapa anak perempuannya terlihat lebih tuaaa hhahahaha. Itu anak perempuannya kan. Si bunda yg duduk di sebelah kiri kan yaaa.

    Ini aku mau nunggu season 3 aja lah sebelum mutusin nonton ato ga. Plot twist nya aduhai bgt soalnya wkwkwkkw. Jd kalo sky Castle dulu para anaknya rebutan msuk kedokteran.

    Yg ini rebutan jd penyanyi soprano yaaa :p. Betul2 orang kaya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ini mah never ending story mbak :))
      Keliatan belom nonton ya jadinya, itu Mrs. Yang ART-nya mereka yang terobsesi sama bapack J&T makanya dia ganti foto mukanya bunda jadi mukanya dia. Creepy nggak sih wkwk.

      Yaudah sok tungguin season 3 tapinya masih lama bulan Juni lhooo hahaha!


      Hapus
  2. Nice review nes..kusuka gaya bahasa loe wkwkwk. Memang si drakor penthouse ini asli gemeshin banget bikin mo marah, kzl plus benci sama si pemainnya. Tapi baca review versi Nesa kujadi terhibur.thxπŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha maaci teh Gita, benci tapi angger we betah nontonnya kan yaaa :))

      Hapus
    2. Ternyata kita sepemikiran kak, meski belum nonton jadi dapat gambaran sih dengan ulasan yang mengena apalagi ada visual lucu pas gitu momennya

      Hapus
  3. Kesel baca spoilernya boleh ga? Hahahahahahaha...


    Aku jg di season 1 sebel bgt sama bae ro na yg ngotot mau masuk di sekolah seni itu.. Huhuhu... Mmg dr awal nonton udah bikin kepala berasap ini drakor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh mbak kita bisa jadi partner nih buat jadi haters-nya Bae Ro Na. Dari Season 1 sampe 2 nyebelin banget. Hahaha!

      Hapus
  4. kok ya miris dan tragis sekali ya hidupnya Su-Ryeon, banyak yang harus dia lewatin dan itu semua cukup lah buat bikin mental down se downnya.. aku nonton beberapa episode aja gak dikelarin, dasar aku huhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha makanya aku nontonnya on going teh biar nggak kesel baca spoiler di mana-mana, jadinya semangat deh buat nonton terus.

      Hapus
    2. nah masalahnya gak berani nonton on going, khawatir esmosi dan gemes sendiri hahaha.. secara kan ceritanya bikin gimana gitu

      Hapus
  5. banyak nih pelajaran penting yang bisa kita ambil ya mba dari drakor yang satu ini. Mau mengakui kesalahan itu ngg mudah yaaa mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, walau peran antagonis tapi tetep ada sisi baiknya kok.

      Hapus
  6. Belum nonton filmnya karena katanya bkin esmosi hahah tapi dnger crta temen2 yng nonton aku penasaran mau nyimak nih film dengan kekuatan sabar hahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain deh mbak nonton 1 episode dulu, kalo pusing nggak usah dilanjut wkwk

      Hapus
  7. Hahahaha sumpah lucu banget penulisan mbak Nesa ini tentang 3 perempuan di drakor Penthouse :D Aku kebetulan nonton juga sih tapi rdakor lain ga wkwkwkw :) Ternyata karakternya seperti itu ya pada kejam2 hihihi ada juga kebaiknannya sih. Nonton di Viu bakalan seru kayaknya. Kalau mewek ga ada yang merhatiin wkwkwk. Viu ini gratis dan resmi ya, cuma kalau yg premium kudu bayar murah juga sih terjangkaulah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya mbak, tiap orang pasti punya sisi baiknya. Terlepas dia punya peran antagonis.
      Bener banget, langganan VIU nggak bikin boke. Terjangkau banget perbulannya. Puas deh nonton drakornya juga lengkap.

      Hapus
  8. Aplikasi VIU ini memang teman sejati banget buat kita-kita saat dirumah saja karna hiburan yang disajikan benar-benar tanpa batas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbak, emang lagi pandemi gini butuh ekstra hiburannya.

      Hapus
  9. "Jadi emang bener ya The Penthouse ini diadaptasi dari sinetron Indonesia yang kalau pemeran utamanya meninggal, pasti bakalan hidup lagi."

    ngukuk deeeh...
    udah keren bet ya sinet indo smpai jalan ceritanya diadaptasi sama drakor :P
    Daku belum hobby nonton drakor, jadi malah seneng kalau baca tulisan dengan spoiler.
    Mana tau suatu hari nonton, sdtidaknya uda tahu gambaran ceritanya kek mana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya jadi The Penthouse tuh sinetron versi Korea aja sih mbak.
      Udah banyak baca spoiler apa tidak terketuk hatinya buat nonton drakor, kalau aku sih pasti penasaran :))

      Hapus
  10. Nesaa, ya ampuun ngikik guling2 dah eikeh baca artikel ini.
    Sukaaak ama pesan2 yg diusung drakor PENTHOUSE:
    - Mendidik anak itu prakteknya susah banget ya. IYES, BETUULLLLL, APALAGI KALO ANAK UDAH REMAJA. Syusyaaahh buangeettt!

    - Jangan pernah menggantungkan kebahagiaan sama orang lain. Mau sampai kapanpun kita nggak akan bisa bahagia selama kita nggak bahagiain diri sendiri dulu. Ini juga sepakaaatt!

    Keren bangeett, Nes! Lanjutkaaannn :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha walau membagongkan tetep ada pelajaran yang bisa diambil dong. Nggak mungkin PD-nim bikin drakor nggak ada makna yang tersirat. Yha kaaan..

      Anw, thank you Mbak Nurul :D

      Hapus
  11. emang ya drama griya tawang ini bikin emosi naik sampe ke ubun ubun, awalnya agak kesel juga sih tapi penasaran banget akhirnya ditunggu tunggu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia mbak, bikin emosi tapi penasaran juga kan hahaha

      Hapus
  12. oooh pantas familiar.. itu si Eugene SES hihi.. idola jaman gw masih kinyis2 dan tak mengerti dunia netijen krn jaman itu baru ada fesbuk ama frenster wkwkwk..

    eniwei, jadi spoiler krn gw baru nonton season 1 episode 3 hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eugene debut, gue pun baru masuk SD kak :))

      Hapus
  13. Apik tulisannya, Nessa. Bikin ngakak hahaha
    Saya nggak pusing nonton Penthouse tapi merasa lebay *monmaap utk jamaah Penthouse. Setidaknya saya merasa sinetron Indonesia gak parah, masih ada yang di atas level kita nih ihihihi
    Season 1 tuh nonton cuma dua eps pas tayang di tv swasta terus penisirin dong sama season 2, ternyata adalagi season 3 ya hehehe saya tunggu ending aja :D

    Btw, suka nonton di aplikasi Viu, biaya langganan murah meriah gak bikin kantong jebol.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya ku aja baru ngeuh kalo tayang di tv swasta. Maklum udah lama nggak nonton tv nih. Nunggu season 3 beres mah keburu dapet spoiler endingnya, lalu nggak jadi nonton ntar ujungnya mbak hahaha.

      Iyes, VIU de best koleksi drakornya lengkap!

      Hapus
  14. Jujur saya ngikuti drakor ini cuma sepenggal2 mam. Cuma saat ga ada pilihan lain di tvN. Soalnya drakor ini 11 12 sama sinetron kita. Semua prang triak2, bikin pening, hihihi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih bund, anggep hiburan aja sih kalau aku. Eh, sama tontonan kalau moodnya lagi pengen marah-marah juga bisa. Hahaha.

      Hapus
  15. aku suka banget sama the penthouse karena ceritanya gak ketebak tiap episode dan favoritku bunda su ryeon sama logan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow mbaknya pasti pendukung kapal Bulog ya (Bunda-Logan) hahaha!

      Hapus
  16. Nes, temen-temen kantorku sibuk ngeracunin aku buat nonton drakor ini, cuma aku belum tertarik, karena kayanya serem amat banyak darah-darah & pembunuhan. Tapi pas baca review dari kamu, kayanya hmmm mulai goyah, pengen nonton ahahahha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha udah coba dulu aja nonton, nanti juga ketagihan karena greget sama ceritanya :p

      Hapus
  17. OMG! Terngakak baca review ini hahaha...
    Saya yang memutuskan berhenti nonto The Penthouse di eps.3 season 1 rasanya langsung jadi pengen nonton lagi deh tuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaah yoayo nontonnya dilanjutin mbak Ery :))

      Hapus
  18. Pernah nengok nih mbak drakor ini di Viu. Pas lihat posternya sih kukira semacam misteri gitu, soalnya pose pemainnya tegang gimana gitu wkkw
    Ternyata penceritaan lbh pada kehidupan kaum elit ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang ada misteri pembunuhannya yang dilakuin sama kehidupan kalangan elit. Haha.

      Hapus
  19. Saya belum nonton drama Penthouse ini, Mba. Padahal sudah sampai ada season kedua ya. Kalau baca dari beberapa riviewnya drama ini badas banget apalagi cerita soal rumah tangga, orang kaya, dan termasuk mendidik anak. Jadi orang kaya itu nggak mudah ya ternyata meskipun hidup bergelimang harta tapi aturan dan risikonya semakin banyak juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya aku bilang mbak, jadi orang kaya pun belum tentu bisa bikin bahagia, mereka juga punya masalah yang malah lebih complicated karena kebanyakan uangnya hahaha!

      Hapus
  20. Maaf saya salfok ama foto2 komentarnya.. Hahaha.. Lucu2. Gelut yuk.. Hahaha. Btw, saya ga nonton penthouse, katanya dah kayak sinetron Indonesia.. Makanya males. Masih banyak drakor keren lainnya di viu. Ya gaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk iyaa, tapi masih mending ini deh daripada sinetron Indo mah :))
      Banyak koleksi drakor lainnya di VIU yang nggak kalah seru.

      Hapus
  21. Kocak kali sih kau mak..haha Bu Sim idolaku juga nih..sayang dia mati duluan.. Tiba2 hidup lagi sebagai apa coba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai Na Ae Gyo itu lho udah tak kasih spoilernya dikit wkwk

      Hapus
  22. Aku malah belum pernah nonton Penthouse mba. Kayaknya bakalan jadi salah satu drama yang bakalan aku tonton walaupun ya gitulah jalan ceritanya πŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi mending nonton The Penthouse sih mbak jelas episode-nya. Nggak kayak sinetron Indonesia yang kalo rating naik sampe bisa beratus-ratus episode. Canda ya sinetron! :))

      Hapus
  23. Saya yang bukan penikmat drakor menikmati banget ulasannya lucuk, itu kesed apa kesel ya 🀣

    Btw jadi pengen download viu dehh murce abis ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha kesel itu mbak :))
      Ayo mbak download VIU banyak drakor yang seru.

      Hapus
  24. Waduh aku nonton penthouse episode 1 season 1 aja udah nyerah wkwkwkw.. Gimana ya, survival-nya itu hebat banget. War of life pas banget deh label ini untuk drakor Penthouse, haha.. Tapi aku memang tertarik sama VIU udah donlot nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kok nyerah sih mbak, padahal rame lho.. lumayan ada bahan buat luapin kekesalan hahaha!
      Cuss donlot Viu mbak.

      Hapus
  25. aku nonton penthouse season 1 doang mba, tapi gak sampai habis, gak kuat nontonya nguras emosi banget, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, menurutku masih menguras emosi yang genre-nya psikopat :))

      Hapus
  26. Ya ampun, nes, ketawa ngakak baca review penthouse, duh aku kok udah nyangka ya yang bunuh Min Seol A itu mamahnya Rona, soalnya pas dia sadar dia bilang gini, "Aku gitu yang melakukannya," sebel banget sama si Ro Na, kalau aku jadi mamanya udah dijewer tuh bikin pusing mamah, ga bisa ngehargain mama yang udah banting-banting segala macem buat cari duit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan kita yang kaget, si Eugene yang meraninnya aja gak nyangka kalo Yoon Hee yang bunuh Min Seol-Ah. Udah gak tau lagi pikirannya writer-nim gimana. Hahahaha iya meni hayang jewer si Ro Na ya, kzl.

      Hapus
  27. Ini drakor yang kuhindari untuk nonton sampai hari ini karena takut ikut stres hahaha. Tapi ternyata meski ceritanya 'membagongkan', karakter-karakter perempuannya inspiratif juga yaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, sejahat-jahatnya mereka, tapi tetep sayang anak.

      Hapus
  28. Pas aku nonton drama ini di TV Aku tuh gak mudeng soalnya memang nggak ngikutin. Harusnya kalau niat ngikutin itu nonton di Viu aja ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sayang banget nih mbak nggak ngikutin, padahal bisa jadi bahan ghibah ceritanya Penthouse wkwk

      Hapus
  29. mbak nesaaaaa
    aku suka baca reviewnya mbak, renyah kayak ayam goreng kaefci, haha
    benar mbak, meski drama ini bikin pusing penonton tapi sebenarnya banyak hikmahnya
    aku pun akhirnya jatuh cinta sama drama ini mbak
    nggak sabar nunggu season 3 nya di VIU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha betul, seenggaknya ini drakor jelas endingnya berapa episode-nya nggak pake dilama-lamain gara-gara ratingnya tinggi :))

      Iyes ga sabar banget, tapi masih nunggu 1 episode lagi nih season 2.
      Duh jadi pengen kaefci deh wkwk

      Hapus
  30. Orang kaya pun ternyata juga punya banyak masalah ya, dan masalahnya bisa jadi sangat kompleks karena nggak cuma masalah besok makan apa. Tapi lebih banyak berhubungan dengan kejiwaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, semakin banyak uang, semakin kompleks masalahnya. Tapi aku mau sih kalo banyak uang mah hahaha.

      Hapus
  31. Drama The Penthouse ini lagi booming banget ya tapi aku belum sempat nonton nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, hari ini episode terakhir season 2 nih.

      Hapus
  32. Daku belum nonton sik, tapi ini review makin bikin emosi jiwa haha. Apalagi bagian yang diadaptasi dari sinetron Indonesia, yang tiba-tiba muncul lagi, atau amnesia betulkah itu? πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak amnesia mbak, tapi pura-pura jadi orang lain wkwk

      Hapus
  33. Gemes banget ya Kak wkwkkw aku sampek ngakak juga baca reviewmu. Termasuk drama ratting tinggi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa mbak kalo rating tinggi gini pasti ceritanya banyak kontroversi, nggak heran kalo bikin pusing wkwk

      Hapus
  34. Film ini kayaknya lagi viral ya banyak yang nonton dan pada suka, sayangnya saya belum nonton niy mba, penasaran pengen nonton kebetulan saya ada langganan VIU juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah udah tinggal nonton aja sih kalo udah langganan VIU mah

      Hapus
  35. Aku milih gak nonton The Penthouse karena tahu pasti akan kesel banget. Baca reviewnya di sini kayanya cukup. Pusing kalau sampai di season 3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, gausah dipaksain.. masih banyak yang lebih seru dan sesuai selera kok :3

      Hapus
  36. Parah Nes dikau ngereviewnya. Kocak beut, mamak-mamak ngajak gelut aja dibawa :D
    Sering sih teman2 ngeluh stres gegara drakor ini. Tapi keren eh, dari drakor yg membagongkan ini, dirimu berhasil mendapat banyak ilmu, faedah, hikmah dan pembelajaran hidup.

    Dari review ini aku juga belajar
    1. jangan pernah menyerah jadi perempuan baek-baek, karena bisa saja kamu udah mati trus dikasih kehidupan kembali.

    2. Pentingnya ikut webinar motivasi untuk membentuk self love

    3. Hidup SMK! Sebagai lulusan SMK, ku pun gak bisa nyanyi seriosa, tapi bisa serius dalam banyak hal.

    4. Tetap hidup SMK !

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHA COMMENT OF THE DAY!

      Setuju banget tuh mbak sama point satu. Karena ilmu nggak cuma di dapat dari sesuatu yang indah-indah aja. Makanya kan perjalanan hidup juga nggak mulus-mulus amat. Sama kan kek drakor Penthouse :))

      Mbak, dulu SMK jurusan apaan? Aku dulu sebenernya dipaksa ortu masuk SMK, tapi sekarang malah sadar banyak hikmahnya #curcol :))

      Hapus
  37. Ya ampooonn, itu tokoh2 perempuannya yaaa, bener2 deh kyk bukan tipe2 cewek yg gampang ditindas hehe.
    Lupakan drakor dmn selalu ada Cinderella kalau nonton Penthouse ini kyknya ya :D
    Aku jg udah langganan Viu dan bayar pakai gopay lbh gampang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, aku pun langganan Viu bayarnya pake gopay, praktis banget! :D

      Hapus
  38. Duh kakak udah baca serius dan jadi penasaran ealah salfok sama meme-nya dari yg wkwk sampe gelut yuk eta nemu wae :p
    btw itu yang foto keluarga yg cewenya keliatan tuwir apa mataku yang kunang2 yah :D belum nonton ini tapi temen2 ga ada yg rekomen drakor ini soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk udah jangan serius-serius teh bisi stress..

      Hahaha teteh belom nonton ya, kalo udah nonton pasti tau siapa cewek yang ada di foto keluarganya J&T wkwkw. Itu foto pembantunya yang terobsesi jadi nyonya gantiin bunda Su Ryeon. Serem ga tuh.

      Hapus
  39. Wah, ini drama yang bikin emosi beberapa bulan ini wkwkwk. Bikin emosi, penasaran, gemes tapi pingin nonton terus. Iya sih, dari semua pemain yang konsisten baik ini si bunda ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bunda pasti baik sih sampe season 3 hahaha

      Hapus
  40. Aku adalah penggemar drakor yang belum sempat melihat drama korea yang menghebohkan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cepetan nonton mbak, keburu ilang hebohnya nih wkwk

      Hapus
  41. Aku belim nonton ini mba. Baca review temen2 pd panas semua pikirannya akunjd ikutan lelah tp betah bacanya.. Haha. Emang juara ya penulisnya. Sama ama yg nulis the last empress rupanya. Pantesan. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyaa, bahkan pemainnya pun nggak tau nanti endingnya bakalan gimana. Bener-bener surprise.

      Hapus
  42. Wah The Penthouse ini emang unik ceritanya.. Tokoh wanitanya apalagi.. Kebetulan udah nonton..dan Bu Sim idolaku juga.. Ahttapi kenapa mati duluan yak.. giliran nongol lagi entah jadi siapa lagi.. drakor oh drakor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak matik kok mbak ternyata, emang writer-nim gitu mainnya :))

      Hapus
  43. Wuih mantap deh nonton The Penthouse. Aku nyerah duluan. Nyadar diri orangnya esmosian. Tema drakor begini bikin spanneng mulu. Ikut apdetan temen-temen di medsos aja deh. VIU aku mah dipakai nonton Reality Show πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kenapa teh bisi kebawa suasana ya wkwk, yaudah atuh nonton reality show aja biar nggak tekanan batin :))

      Hapus
  44. Mungkin aku aja yang belum nonton the penthouse ini ya, dan kepo banget karena baca ulasannya yang seru sampai bawa bude sumiyati yang suka ngeshare hal hal sederhana tapi menjadi keren dengan gaya bahasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa bude sumiyati adalah panutanqu ~

      Hapus
  45. Andalan banget memang ya ini Viu buat nonton drakor, eh btw aku belum nonton Penthouse, penasaran jadinya, nonton ah mumpung langganan premium di Viu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampe nggak nonton pokoknya teh, rame soalnya wkwk

      Hapus
  46. Kyaakakkaaa~
    Ngakak guling-guling kalo yang ngulas drama Nesa.
    Aku dari awal uda nonton Penghos 1 siih...tapi belum lanjut yang kedua. Karakter mereka lebih halu dari Sky Castle. Ternyata ada riwayat adaptasi dari sinetron Indonesia too..
    Hehhee..

    Cakep, Nesaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAHAHAHAHA itu tuh aku ngarang adaptasi dari sinetron Indo. Yakali percaya aja. :))

      Gimana nih teh, udah cocok belum jadi review-er drakor? Review lagi nggak nih yang seru-seru wkwkwk

      Hapus
  47. Justru karena pe thouse ini terinspirasi sama sinetron indo, aku gak mau nonton. Nonton bikin kesel paling males. Aku sih milih nonton abang joongki ajalah. Kangen abis hiatus lama.

    Makan kepiting 30 juta kayak sisca kohl donk sis πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari semua komen, cuma mbaknya yang ngeuh aku ngomongin sisca kohl πŸ˜‚

      Hapus
  48. Drakor favorit aku, udah ikuti bgt dari season 1 dan berharap banget diremake versi Indonesia! Hehehe
    Karakter favorit aku bunda Shim Su Ryeon, cantik, baik, gak sombong. 😍

    Jadi makin kepo sama season 3.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sampe dibikin kontennya sama anak Tiktok, seandainya remake siapa aja yang meraninnya. Sabar menunggu ya mbak Season 3 bulan Juniii.

      Hapus
  49. Sumpah mba ini tuh ya drakor yang paling hype di kantor. Temen kerja tuh gandrung banget sama drakor ini. Aku yang cuma denger spoiler nya aja udah pusing.

    Jadi mereka nonton drakor untuk refreshing malah jadinya tekanan batin πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya yang lagi tekanan batin jangan nonton Penthouse, nanti nambah lagi beban hidupnya. Wkwkw.

      Hapus
  50. Walaupun aku nggak nonton ini aku tetap nonton drakor di Viu. Kutakut euy kalau nonton Penthouse bisa ikut stres juga. Liat dan baca spoilernya aja udah pusing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya mbak jangan kalau nggak kuat, takut nggak baik buat kesehatannya.

      Hapus
  51. Apa cuma aku ya yg belum nonton penthouse? Wkwkwk jujur aslinya sepenasaran itu, cuma gaada waktunya buat nonton. Liat reviewnya lagi jadi pengen nonton lagi haaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja sih ada waktunya selama diniatkan mau nonton hahaha

      Hapus
  52. Aku belum nonton mba Laras, kalau PRku dah kelar drakor yang lain rencana mau nonton ini.
    Ada sekuelnya pula pasti seru banget ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yok nonton mbak, sebagai pecinta drakor hehe

      Hapus
  53. Haha bener ya perpaduan sky castle dan twotm emosinya dipermainkan nonton the penthouse ini. Aku nonton season 1nya aja udah guondok πŸ˜‚. Tapi emang tiap karakter ada plus minusnya yg diambil ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nggak ada yang sempurna karakternya. Karena yang sempurna cuma Tuhan. πŸ˜‚

      Hapus
  54. ipar-iparku pada heboh bahas ini waktu ketemu kapan hari tuh, katanya ceritanya ngegemesiin, mengandung bawang, hehehh.
    tapi saya belum nonton niih, suka kebawa suasana mah klo nonton, inginn ikutan nonjok, wkwwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaa campur aduk nonton ini tuh tapi bikin nagih

      Hapus
  55. Ya ampun.. Nonton drama ini bikin pusing dan bikin kesel. Semuanya kebagian jahat. Tapi juga kebagian menderita..wkwk

    BalasHapus
  56. Oalah sedikit banyak mulai ngerti jakan cerita film yang banyak diomongin ini soalnya aku ngga ngikutin hehe *don't asky why please πŸ˜‚

    Btw yang aneh dari foto itu apakah? Yang emaknya yang berdiri Kan yaak?πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu bukan si bunda. Tapi foto pembantunya yang terobsesi jadi nyonya di penthouse. Jadi dia sengaja bikin foto kek gitu. Asli sih creepy. πŸ˜‚

      Hapus
  57. Tokoh2 perempuannya pekerja keras semua ya? Tapi suka bikin gemes yang nonton ngapain sih dia begitu pdhl ada cara lain. Tapi begitulah drama kalau gak gtu gak seru ya mbak hehehe
    Btw aku juga langganan Viu, tapi skrng lg suka2nya nonton Conan haha
    Bayar langganan pakai gopay jg praktis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak namanya juga drama pasti ceritanya lebay haha. Sama, aku pun langganan Viu bayarnya pakai gopay.

      Hapus
  58. Pent house ini lagi booming banget, tapi aku belum pernah nonton. Wkwk. Alasanku sederhana aja, karena aku takut terjerat dan tak bisa move on.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kenapa sih yaa, padahal si penthouse ini banyak pelajarannya lho.

      Hapus
  59. Drakor penthouse ini lg viral banget dan banyak yg nonton yah.. Tp entah kenapa aku kok blm tergugah hatinya buat nonton drakor ini hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa mbak. Mungkin mbaknya mau nunggu beres season 3 dulu biar gak pada berisik sama spoiler. Haha.

      Hapus
  60. Banyak banget temen yang rekomen drakor ini, tapi ku takut susah lepas dari jeratannya.. Secara suka ga bisa berhenti klo udah streaming tuh.. Apalagi udah langganan Viu, jadi kan nontonnya ga kepotong iklan.. Makin susah berhenti deh.. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah aku sih terjerat juga gapapa, sekalian buat hiburan. Mana langganan Viu juga, ah udahlah itu mah.

      Hapus
  61. aku belum nonton, jadi penasaran nih hhee.. apiik banget mbak ulasannya keren ih, hahaa kece ya cewe-cewenyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau keliatannya barbar semua, tapi pemeran cewek penthouse punya karakter yang kuat semua mbak. 😁

      Hapus
  62. Penthouse 1 aku belum nonton, Yang kedua juga belum. Hehe. Pingin tapi maju mundur untuk nonton drakor ini.
    Nonton di Viu udah ada juga ya.

    BalasHapus
  63. aku ngefans banget sama bundaaa! Tapi di eps 2 kasian sama seo jin wkwkwk gapapa lah ya, karma buun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus di season 3 yang kena karma siapa ya kira-kira hahaha

      Hapus
  64. Demi alex akutu esmosi ikutan esmosi kalau nonton oenthouse dari season 1. Smoga season 3 setelah puasa keluarnya πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pas puasa, alamat batal ya nonton Penthouse emosi mulu soalnya wkwk

      Hapus
  65. Aku juga nonton di Viu nih Penthouse ini. Sumpah otak sm hati kyk dikocok2 hahaha.. bikin penasaran tp bikin pengen berkata kasar sm org2 jahat di film ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha merasakan hal yang sama kok mbak :))

      Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe