Tips Changi Airport Tour Untuk Pemula

Juni 13, 2018

Larasatinesa.com - Kalau ada yang nanya, kok betah amat sih di Changi Airport lama-lama? Saya bakalan suruh yang nanya itu jalan-jalan ke Singapura buat cari jawabannya sendiri, karena saya yakin banget dia pasti shock tau dalemannya Changi kayak apa. Seperti yang udah pernah saya bahas dipostingan sebelumnya, Changi Airport itu lebih dari sekadar bandara Internasional. Changi adalah bandara terbaik di dunia yang tourist friendly dan kecanggihannya bikin kalian tercengang.



Baca Juga: Changi Airport - Bandara paling instagramable di Dunia

Selama di Changi, saya nggak tinggal diam aja dong. Saya ambil kesempatan baik itu buat airport tour dari terminal 1 sampai ke terminal 4. Walaupun nggak mungkin semua tempat saya datangi, tapi experience selama di Changi bikin saya semangat buat ketemu hal-hal baru di Negara orang.




Namun, seperti yang kita ketahui, Changi Airport bukan sembarang bandara Internasional. Pengamanan disana ketatnya luar biasa, saya rasa semua turis yang berkunjung pun harus punya attitude yang baik selama berada disana. Makanya saya bikin tips buat yang mau airport tour di Changi yang disesuaikan dengan pengalaman pribadi saya sebagai turis newbie.

Tips For Airport Tour Changi Airport T1-T4

1. Untuk bisa airport tour buat tau semua fasilitas dan kecanggihan yang ada di Changi Airport, kamu perlu memesan tiket pesawat yang berbeda terminal. Karena T4 ini lokasinya misah dari T1-T3 dan di T4 hanya ada penerbangan maskapai tertentu aja. Misalnya nih kemarin saya pergi menggunakan maskapai Jetstar (T1) dan pulang menggunakan maskapai AirAsia (T4). Info ya, T1-T2-T3 itu terhubung dengan skytrain, dan kalau mau ke T4 kamu bisa naik shuttle bus dari T2.


Free Internet 24 hours!

Tempat print boarding pass

Departure - Check in keberangkatan


Bisa nimbang bawaan kita disini dulu
2. Siapkan tenaga ekstra untuk explore T1-T4, gede banget soalnya, dan si T4 itu letaknya terpisah. Kalau perlu bawa koyo, minyak angin juga boleh, jaga-jaga biar nggak gempor kak, kan kamu juga pasti bakalan dorong-dorong troli bawaanmu kemana-mana, nggak mau kan gendong atau dorong koper sendiri? Hahaha! Oh ya, jangan lupa langsung aktifin WiFi Changi Airport ketika kamu tiba, pilih opsi Wifi 24 jam biar tenang. WiFi disini lumayan kenceng kok, saya pakai Wifi doang selama di Changi. Tapi kalau mau beli sim card disini juga boleh..



Mbak Anggi mah emang udah hobinya bawa troli 😝
3. Buat yang baru pertama kali ke Singapura, bawalah bekal tissue basah yang banyak dan botol minuman maksimal 2. Seperti yang diketahui bersama, toilet disana jarang ada semprotan air buat cebokan. Ada juga tissue kering doang. Nah, di Changi pun begitu sodara-sodara. Bisa disiasatin ya botol yang dibawa diisi air dulu di wastafel lalu dibawa buat cebokan didalam toilet.  

3. Setahu saya disini ada toilet yang bisa dipakai mandi, hanya aja bayar. Tapi saya kemarin nggak sempat deh mandi di Changi, yang ada kelamaan. Saran saya nih buat yang habis bermalam di Changi, nggak usah mandi sis,gan, mending lap-lap badan pakai tissue basah, terus cuci muka aja sekalian ganti baju. Nggak akan ada yang nanya kok kamu udah mandi atau belum. Mandi sih bisa di hotel nanti (kalau sikonnya baru datang) atau di rumah aja (sikon mau pulang ke Indonesia).

3. Jangan terlihat mencurigakan, jangan merusak atau memindahkan apapun yang ada di transit dan public area. Berlakulah seperti turis yang memang sedang berkunjung pada umumnya. Jangan norak ya, guys! Perlu diketahui, Changi Aiport pengamanannya ketat banget dan suka ada random check dadakan.

4. Bisa menginap di bandara, asal di public area. Kalau mau tidur ditransit area sih bisa juga selama nggak ketahuan, tapi biasanya petugas yang berjaga mondar mandir bawa senapan. Saya sih agak ngeri kemarin yes, takut diusir. Mending cari aman aja tidur di luar transit. T1-T3 public areanya kursinya nggak enak buat dipakai tidur (disaranin bawa bantal leher dari rumah), kalau di T4 sofanya lumayan empuk-empuk nggak bikin encok kalau buat tidur.


Ini yang tidur kemarin kebanyakan bule-bule, btw ini T2 depan meja security bandara

Sofa terbhaique buat bobok di T4 πŸ˜‚
5. Kalau yang ingin makan hemat selama disana bisa ke kantinnya Changi yang ada di T1 dan T2. Kayak saya kemarin tuh, karena disana bisa langsung membedakan makanan halal dan non-halal. Atau bisa juga bawa mie instant cup dari rumah, karena di Changi menyediakan air panas di dekat nursery room. Mayan makin hemat lagi ini πŸ˜‚ 





6. Untuk mengambil foto sih nggak ada larangannya, selama kita para turis mentaati peraturan. Makanya saya kemarin nggak mau ketinggalan foto-foto airport style dari mulai dandan sampai kayak gembel disemua sudut Changi Airport. Hahaha!

7. Jangan lupa ambil map Singapura di Changi Airport sebelum keluar bandara, untuk memudahkan kamu berwisata selama di Singapura. Ini penting banget sih. Saya kemarin ambil map dari rak yang disediakan sehabis pemeriksaan imigrasi di T1. 



8. Oh ya, sebelum keluar Changi kamu harus beli dulu STP (Singapore Tourist Pass) atau  EZlink Card. Kedua card tersebut merupakan kartu yang digunakan untuk kalian bepergian menggunakan transportasi umum (MRT, LRT, BUS) selama berwisata di Singapura. Di T3 Changi kebetulan ada ticket office pembeliannya. 



Left: EZlink - Right: STP
Perbedaannya apa sih STP sama EZLink?

STP
- Hanya berlaku selama 3 hari (ini buat yang jarang-jarang ke SG aja sih!)
- Pembelian saldo 30 SGD (Deposit 10 SGD)
- Deposit 10 SGD akan di refund lagi di Changi sebelum pulang ke tanah air

EZLink
- Pembelian kartu 20 SGD dan minimum top up nya 10 SGD
- Kartu berlaku selama 5 tahun (cocok buat yang sering pulang pergi SG)
- Nggak ada deposit yang bisa di refund karena kartu bisa dipakai kapan aja selama 5 tahun kedepan

Karena saya jarang ke Singapura, saya memilih beli STP aja daripada EZlink yang depositnya nggak bisa di refund. Eh lumayan pas refund bisa beli sarapan di T4 sebelum pulang hahaha. Etapi bukan berarti nggak ingin balik lagi kesini kok, sebagai pemula saya mau cek ombak dulu atuh. #halah

Tapi kalau kalian mau pakai taxi online atau sewa kendaraan reguler selama di Singapura juga bisa kok, cuma biayanya bakalan lebih mahal. Mending uangnya dipakai buat beli oleh-oleh aja.

9. Kalau kamu mau beli oleh-oleh di bandara terutama di T4 itu nggak dilarang, malah di bandara ini harga barangnya affordable banget (agak lebih murah dari yang jual di Indonesia! ini serius!), walaupun barang udah masuk bagasi, kamu masih boleh nenteng-nenteng kok, selama beratnya nggak lebih dari 7 kg bagasi kabin ya.






10. Menjaga nama baik Negara sendiri, karena sekali kamu buat kesalahan sepele, misalnya kekeuh adu pendapat sama petugas disana, terus nyela antrian orang-orang, maka sekilat itu nama Indonesia dipertaruhkan. Selama ada di Negara orang, diikuti aja semua peraturannya. Jangan lupa selalu berdoa dimanapun kamu berada, untuk selalu dilindungi tiap langkahnya selama di Negeri orang. #tsah

Baca Juga: Belanja Garrett Popcorn di Universal Studios Singapore


Sebelum pulang selfie dulu kak, walopun mata bengep kurang tidur + beloman mandi πŸ˜‚
Oke, sekian dulu tips berdasarkan pengalaman pribadi saya sebagai pemula ke Changi Airport ini. Semoga berguna bagi nusa dan bangsa ya. Nanti ditambahin lagi tipsnya kalau T5 udah jadi. Hahaha!

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

50 komentar

  1. Memang kudu balik lagi, nggak usah nunggu T5 lah wkwkwkwk, btw #sobatOMque adoh jangan bilang2 donk klo di sana gie double agent *eaaa, duh HAPPY banget dah bisa nampang di sini, tapi kok daku nggak kurus ya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warbiyasak ini modelnya udah komen aja dong, yha mau gimana inih fotonya nggak ada lagi yang agak bagusan ini doang πŸ˜‚
      Iya numpang transit disini dulu nanti sebelum naik KLM ke AMS maksudnya kan? Old money mah gini da wkwkw

      Hapus
  2. wah persiapan yang matang sepertinya. ulasanya yang menarik dan terima kasih tips ini bisa jadi rekomendasi untuk bisa tour dengan aman dan menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya persiapannya nggak matang banget kak waktu aku itu, jadi ini semacam tambahan dari persiapan aku, biar lebih baik lagi persiapannya hehe

      Hapus
  3. Seru beb bacanya, makasih ya tipsnya nanti kalo kesana pasti dibaca lagiπŸ€—

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah semoga nanti bisa jalan-jalan ke Singapura ya beb

      Hapus
  4. terima kasih sharingnya, berguna bgt kalau mau kesana nih, foto terakhir bikin kaget loh tetiba ada foto mbanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan mba, saya aja kalau baca lagi suka kaget sendiri lho mba :))

      Hapus
  5. Bener nes harus menjaga nama baik negara sendiri, jangan nyela antrian aja. Haha karena kebanyakan suka pada nyela antrian pasti langsung nyinyir, orang indo pasti itu huhuhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampe segitu terkenalnya orang Indo sok nyele antrian ih kamseupay :))

      Hapus
  6. mba,
    minnal aidzin walfaidzin ya.
    asyik nih liburannya ke singapore. mau donk kesana..
    ngomong-ngomong airportnya keren banget ya. bisa tidur enak gitu yang penting gak dilantai setidaknya ada kursi empuk buat nunggu. selain itu restorannya juga kayaknya enak-enak.
    happy holidays deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba, maaf lahir batin juga yaa..
      Semoga bisa nyusul jalan-jalan ke Singapore juga ya Mba :D

      Hapus
  7. Tulisannya oke banget, Ca. Gue malah belum pernah bikin artikel soal Changi Airport. Btw bisa ditambahin, antara T1-T2-T3 terhubung dengan Skytrain, lalu kalau mau ke T4 bisa naik shuttle bus dari T2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hatur nuhun kak Nugie, aku udah tambahkan infonya, beneranlah kelewat :))

      Hapus
  8. Wah asyek jadi turis changi πŸ˜… next time ajak-ajak aku yah πŸ˜…πŸ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap bu, jajanin yang banyak di changi ya :))

      Hapus
  9. informasinya sangat membantu sekali, terima kasih banyak yah mbak..

    BalasHapus
  10. Selama ini kalo ke singapur cuma transit bntr.. Kalopun ga transit, lgs kluar utk ke hotel hahahah.. Jd aku blm prnh ekslpor yg beneran sih.. Kapan2 kalo ke singapur lg deh.. :). Ini mah, kalo pesawat delay lama, yg ada malah seneng ya nes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bawa uang yang banyak mba, kalap belanja sama makan nih pasti. Betah banget udah kayak jalan-jalan ke Mall :))

      Hapus
  11. Wah makasih tipsnya, jd makin pengen bisa ke sana

    BalasHapus
  12. Ahhh beneran deh review terbaik tentang Changi Airport sejauh ini ulasannya Nesa. Thanks ya Nes. Bisa aku share ke temen atau keluarga infonya untuk yg pertama kali ke S.pore.

    BalasHapus
  13. Nesaaa....reviewnya jujur banget.
    Iiih...dari hati banget pastii...nulisnya.

    Cakeep tipsnya Nesaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hatur nuhun ya teh, semoga bermanfaat πŸ™

      Hapus
  14. Dulu nyesel ga keliling changi soalnya brgkt ke changi mepet sama jam penerbangan huhu but nice info mbak, bisa diterapkan pas kesana lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya mba, bisa dipraktekin kalo nanti ke Changi lagi yah

      Hapus
  15. Jangan terlihat mencurigakan nyahahahahha... seperti bawa petasan, dkk itu pastinya sangat mencurigakan yes hahah :D Changi emang airport paling enak buat transit or sight seeing, tapi ku blm pernah nyoba bobok disitu, dulu sih pernah mau nekat sama abah, sekarang mah bhay lah secara ada anak2, kecian kali kl musti bobok dibandara :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mencurigakan seperti membawa salaki batur mih hahaha
      Iya dong kalo aku udah punya anak ge nggak bakalan bobok disitu, kasian anaknya nggak akan betah ditambah AC nya disana ngagelebug warbiyasak :))

      Hapus
  16. Tips yang berfaedah sekali nih, kebetulan ada rencana mau jalan lagi ke singapura. Thanks for share ya!

    Cheers.
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  17. Wahhh.... Jadi tambah pengen ke singapura.. Airport nya the best sihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. The best banget pokoknya, ingin kesana lagi jadinya hehe

      Hapus
  18. Terima kasih untuk informasinya ya, teh.
    Sangat bermanfaat dan detail :)

    BalasHapus
  19. Tahun 2011, Changi Airport sudah membuatku terpana, apalagi sekarang ya, makin keren dan canggih, duh pengen ke sana lagi ajak anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo teh liburan ke Singapura sama anak-anak hehe

      Hapus
  20. Jadi pengen maen ke Singapura walau mehong-mehong ya hahahaha eh tapi itu soal airnya euy meni ngagokin gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di LN banyak yang gitu kan soal air mah.
      Yuk atuhlah kita open trip kesana teh haha

      Hapus
  21. Makasih banyak reviewnya.Nes ;)

    BalasHapus
  22. Tq tipsnnya. Berguna bgt buat yg blm pernah kesana. Bookkmaark aaah bhiyar kalo suatu saat ke sana enggak katrok teuing.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha nanti bawa gemini squadnya main ke SG ya mamah :))

      Hapus
  23. Lengkap banget ini ulasannya, Teh Nes.
    Semoga suatu hari bisa ke sana dan mengamalkan tips dari Teh Nes. πŸ˜†

    BalasHapus
  24. ceritanya detail banget, jadi nambah pengen liburan ke singapura :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok mba visit Singapore biar ndak penasaran :))

      Hapus
  25. wc disabilitasnya gimana mbak? pasti mewah ya. Terus gimana harga makanan di airport? Apakah lebih mahal dari yang diluaran ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. WC disabilitas jadi satu dengan nursery room mba, kalau makanan di kantin changi agak lebih murah dibanding dengan cafe, resto yang ada di changi :)

      Hapus

Hi, terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe