Nostalgia di Taman Mini Indonesia Indah

18.16.00

Larasatinesa.com - Ini adalah cerita lanjutan traveling saya di Jakarta setelah sebelumnya mengunjungi Kota Tua kemarin. Hari ini saya mau piknik lagi. Pilihan saya jatuh pada Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jekardah Timur. Saya mau nostalgia mengenang masa kecil yang indah, yang saya pun sama sekali nggak inget dulu saya ngapain aja disana. Yaeyalah secara masih bayi. Krik.. Krik..
Pic TMII by me | edited by snapseed

Sebelum pergi, seperti biasa cek maps dulu. Mau naik apa, perjalanan berapa lama, dan ongkos kesananya berapa. Karena hari ini Hayati ndak mau ribet, akhirnya saya dan Geo memutuskan untuk naik taxi online aja sampai kesana.
Otw mijet dulu shay, maklum di kota orang harus bertahan hidup yha..
Perjalanan lumayan agak lama sih. Ada drama juga sama babang taxi online nya yang salah jalan. Tapi alhamdulillah cuma bentar, dia akhirnya kembali ke jalan yang benar #iniapaan


Hari Minggu jadi rame

No pic hoax

Akhirnya kami pun sampai di pintu gerbang TMII. Kami lalu membayar tiket masuk sebesar 10rb / org. Saya beneran nggak ingat apapun sih, dan nggak tau juga kalau kita nggak bawa kendaraan pribadi ya harus jalan kaki menuju ke berbagai tempat disana. Ih kebayang nggak tuh gempornya, mana jarak dari satu tempat ke tempat yang lain itu jauh. Banyak yang nawarin sewa motor, sepeda sampe sewa pacar buat keliling TMII, tapi karena kami anaknya sok setrong, kami tetep jalan kaki. Hahaha. Nggak lah, kami memutuskan mau naik bis wisata TMII yang lewat. Tapi bokk nungguin bis ini lama dan penuh banget, sama kayak nungguin gebetan yang udah lama deket tapi nggak nembak-nembak juga. Huft. Akhirnya kami naik juga sih pas udah jalan kaki sampai anjungan Sumatera Barat. Mayan yah..

Tempat sewa sepeda


Bis Wisata alias Mobil Wisata Nusantara
Sebelum mengunjungi satu persatu tempat yang disanggupi, kami pun seperti biasa mengisi perut dulu di salah satu fastfood yang ada disana. Maklum beloman makan dari SD.

Jadi, ada kejadian nggak mengenakkan yang terjadi pas kami di bis wisata itu. Tujuan utama kami adalah Istana anak yang merupakan ikon TMII itu loh. Terus kami tanya-tanya tentang beberapa tempat sama Mbak pemandu di bis wisata sambil bayar tiket bis sebesar 20rb untuk dua orang. Disitu yang bayar Geo, dia keluarin uang 50rb yang otomatis harus kembalian dong. Nah, karena kami berdua nggak fokus dan si Mbak nyerocos aja, kami nggak sadar kalau dia cuma kasih tiket doang tanpa uang kembalian. Sampai di depan istana anak, kami berdua udah menyadari si Mbak nggak kasih kembalian, sampe periksa tas juga dan emang nggak ada. Lalu kami pun sempat protes ke mbaknya sebelum bisnya pergi. Dia dengan muka jutek bilang 'aku udah balikin semua kok mbak'. Sumpah ya, kami ngerasa di zholim-in pisan disini. Sayang kami nggak ada bukti rekaman atau apa gitu buat dikasih tunjuk. Pelajaran ajalah buat kami berdua harus lebih hati-hati. 30ribu melayang ke tangan si mbaknya dong. Kami ikhlas.. Tapi muka mbaknya itu loh gamparable banget! Kzl.

Yaudah lupain..


Tiket Masuk Wisata Istana Anak-Anak Indonesia

Sekarang saya mau nostalgia dulu di Istana Anak ini. Tiket masuknya masih murce cuma 10rb / orang. Agak kecewa karena istananya lagi di renovasi jadi nggak indah pas ambil foto. Dan cuaca pun glommy banget nggak ada cerah-cerahnya. Dulu kesini waktu bayi ada umur setahun. Sekarang harusnya kesini udah punya bayi sih. Harusnya. Hahaha!


Seneng banget anaknya teh

Istananya lagi di renovasi hiks

W gatau itu bapak-bapak siapa, main masuk aja difoto. Selamat ya pak, masuk di blognya w

After 25 years gitu balik lagi kemari.. Allah Maha Baik sih, dizinin kesini lagi.. Alhamdulillah..
Ati-ati mz patung ntar masuk angin.

Pendopo tempat nongton dangdut

Dan hujan pun akhirnya turun. Kami berteduh di sebuah pendopo megah yang disananya ada hiburan organ tunggal. Dengan terpaksa kami nonton dangdut dulu sambil ngobrol-ngobrol bego.

Wefie sedetik ica kaliii

Kami kayaknya emang salah strategi nih, karena udah kecapean jalan duluan jadi sekarang mager abis hujan. Jadi saya pun nggak akan ngeyel juga mau mengunjungi semua tempat dalam sehari ini. Waktu kecil saya katanya dah pernah rasain naik kereta gantung sama bebek-bebekan kok. Jadi, sekarang mau ke tempat yang lain aja. Dan udah mau sore juga sih ini. Hiks.



Monmaap itu yang dikanan bukan patung selamat datang anjungannya. Itu temen saya..

Udah candid banget belom neh?
Bosen pose cantik, kali-kali muka ngeselin ah *ditabok*
Setelah puas ambil beberapa foto, tujuan kami selanjutnya adalah Museum Transportasi. Kata Ibu saya, ini dulu beloman ada, jadi ini first time buat saya. Oh ya, sebelum menuju kesana, kami memotong jalan dulu lewat anjungan Sulawesi Selatan. Dan nggak lupa ngambil beberapa foto dulu biar heits.
Gerbang Masuk Museum

Tiket Masuknya Mursidah 
Sampailah kami di Museum Transportasi. Tiket masuknya 5rb/ orang. Saya jadi ingat Museum Angkut di Kota Batu yang sudah beberapa kali saya kunjungi, kayaknya ini sama deh tipe-tipe Museumnya. Nggak taunya salah dugaan sist! Di dalam Museum Transportasi ini semua adalah kendaraan asli yang udah nggak berfungsi lagi. Ya barang rongsokan lah ya kalau bahasa Belandanya #bahasabelandaendasmuNes. Terus saya katro gitu, takjub senyam senyum sendiri. #NesaAnaknyaGampangdiBahagiain. Apalagi pas lihat bangkai pesawat Garuda Indonesia yang gedong banget. Berasa punya pesawat pribadi yang lagi di parkir di halaman rumah.

Eh kalo artefak mantan bisa disumbangin nggak ya ke museum ini? Yakali bisa berguna hidupnya daripada berkeliaran dimuka bumi bisa membahayakan bangsa dan negara. Pfft. #NesaAnaknyaJahat #NesaAnaknyaDendaman #PadahalHanyaMengusulkanPendapat 

Ini hasil explore saya dan Geo di Museum Transportasi.


Unyuuu.. Warnanya orange. Kalo boleh sih udah dibawa pulang aja

Pesawat w lagi parkir dolo nih

Lokomotif jadul

Gini bentuk museumnya shay

Nih ada fake taxi dalam artian yang sebenarnya hahaha

Eh ada duit jatoh..
Waktu udah menunjukkan hampir jam 4 sore. Ini nggaktau sayanya udah jompo apa gimana ya, saya udah kelaperan lagi dan kaki udah cenat cenut. Kami pun memutuskan untuk pulang aja, sebelum bis wisata nya udah nggak lewat lagi. Etapi kami isi perut dulu dong. Kami makan Mie Ayam Bakso dan Es Cendol di depan Museum.


Hanya 30ribu rupiah saja anda sudah bisa mamam ini semua. Ayo buruan. Senin harga naik!
Emang nih kurang greget piknik saya kali ini. Harusnya explore TMII tuh seminggu ya. Mau gimana lagi atuhlah waktu saya terbatas di Jakarta, karena besoknya pun saya ada keperluan utama saya ke Jakarta dan setelah itu baru deh pulang ke Bandung karena Ibu saya cerewet udah suruh-suruh pulang aja. Hih.

Kami pulang menggunakan taxi online kembali. Eh iya kami mau mampir dulu ke Citos (Cilandak Town Square) yang ngehits itu buat beli beberapa barang keperluan sehari-harinya Geo. Karena saya baru pertama kali juga kesini, saya pun nggak lupa mengabadikan beberapa foto yang walopun seperti kebanyakan Mall pada umumnya sih, biar kalian nggak ngatain saya hoax aja. Kata Geo disini suka banyak ertong yang nongkrong karena Mallnya agak sepi. Sayang saya nggak ada satu pun ketemu ertong disini. Padahal pengen banget ketemu dedek emesh Omar Daniel gitu. Hahaha!


Jadi naque gaul Citos dolo..


Nggak lupa untuk cek ombak. Karena buat akoh, kutang adalah segala-galanya
Sekian pengalaman saya liburan singkat di Jakarta. Lain kali saya mau minum suplemen peninggi badan biar setrong deh ya, supaya kalau ke Jakarta lagi saya sanggup explore semuanya. Tapi kayaknya sih bukan ini masalahnya. Kayaknya partnernya harus ditambah biar rame dan semangat jalannya. Hehe.. Yaa namanya juga dadakan ya. Disyukuri aja bisa jalan-jalan gini.. Siapa tau kan selanjutnya ai bisa piknik kesini lagi dengan status yang udah Mahmud...

Amin-in aja kek. Aamiin.


Jakarta, TMII 1991 : selain jidat w seluas landasan udara, waktu kecil w susah mingkem, rambutnya nggak ngehits dan nggak ada lucu-lucunya seperti kebanyakan anak bayi pada umumnya. Tapi udah gedenya malah menggemaskan, bukan? Sekian.

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

54 komentar

  1. seumur-umur, aku ke Taman mini pas study tour doang.. huahahha
    eeeh itu es cendol sama mi ayam menggoda bangeeet :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya yah kak.. Yang penting udah kesana sih hihi
      Iya itu seger banget, apalagi di Jakarta hot banget! :))

      Hapus
  2. Ini nih tempat wisata di jkt yg ga pernah aku dtangin :p. Jd malu sebagai org jakarta.. Dulu sih tiap diajak papa kesana, aku slalu nolak dan lbh milih dufan mbak :p.. Makanya ampe skr g prnh nginjakin kaki kesitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh kok gitu, Mba? hihi.. padahal seru sih, banyak pilihan dan murah meriah. Asal kuat jalannya aja hehe

      Hapus
  3. Belum pernah kesini, semoga suatu saat kesampaian, lengkap banget mba ulasannya.. taunya dari suami yang udah bolak balik kesini hhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini belum lengkap sebenernya sih Mba, belum didatangi semua itu, harus seminggu disana :D

      Hapus
  4. Nesaaa aah...
    Tulisannya bikin baper.

    Terutama yang bagian,
    "Dulu kesininya pas masih bayi, seharusnya ke sini lagi sama bayi"

    Heuu...


    Sukaa sama foto-fotonya.
    ^^ #Nesamahanaknyagakpelitfoto

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha curahan hati Nesa banget ya teh, dulu hampir sih menuju punya bayi makanya baper. Iya abisnya kalo no pix hoax kan :))

      Hapus
  5. Pengen kesanaaa ngajakin Marwah

    BalasHapus
  6. Liburan itu gak soal pantai aja yakan, ngeksplore taman bermain begini aja uda liburan banget hehe. Mauuuuu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul.. Ini tempatnya jadul sih keliatannya tapi menurutku nggak kalah sama yang modern :D

      Hapus
  7. Hahaha sumpah ngakak abis pas liat foto Bapak2 itu, pose mereka itu loh :D
    itu segala ada yang kayak lagi keramas gitu haha.. :D
    ini one day trip di jakarta ya Mbak. seru juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok ya aku baru ngeuh sama yang lagi keramas itu, makasih udah diingatkan hahaha. Iya Alhamdulillah seru walopun drama :))

      Hapus
  8. kok liburannya cuma berdua kak? Ajak-ajaklah hihi
    udah lama nggak ke TMII, baca ini jadi kayak nostalgia gitu (ceileh malah curcol :p)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya karena ini mendadak perginya dan temennya yang mau cuma dia doang hahaha
      sana gih ke TMII nostalgiaan :))

      Hapus
  9. pengen kesini euy belum pernah hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nunggu lahiran bumil, ini juga masih di renovasi kok hehehe

      Hapus
  10. Aku malah udah lamaaa banget nggak ke Taman Mini Indonesia Indah, mba. Padahal nggak begitu jauh dari rumahku :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah Mba.. biasanya sih gitu kalo deket malah jadi males :))

      Hapus
  11. Kapan yah saya bisa sampai kesini.

    BalasHapus
  12. kaka kocak juga ya :D
    padahal ceritain drama sama si supirnya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, aku gatau sih dia kenapa sampe bisa nggak hapal jalan :))

      Hapus
  13. aku nyusul ya ke taman mini nya kemaren ga jadi di undur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahken susul aja, tapi aku udah pulang :))

      Hapus
  14. Saya baru sekali ke TMII, kayaknya sudah saatnya kesana lagi apalagi pas liburan gini yang bingung mau ke mana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya Mba, cuss ajak anak-anak. Seru kok nambah pengetahuan hehe

      Hapus
  15. itu penting banget ya kutang harus difoto dan dimasukin blog -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting soalnya aku anaknya selalu explore apapun yang ada disekitarku. Dora kali ah :))

      Hapus
  16. mbaaaak....ngakak dari hulu ampe hilir baca postingan ini, terutama bacain caption2 fotonya. Ahahaha ada si bapak2 beruntung yang masuk blogmu juga ya.
    Dan juga ketawa pas baca ini: Eh kalo artefak mantan bisa disumbangin nggak ya ke museum ini? Yakali bisa berguna hidupnya daripada berkeliaran dimuka bumi bisa membahayakan bangsa dan negara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha akupun ndak tau kenapa kok kalo ke museum inget mantan, maklum barang rongsokan #emaap :)))

      Hapus
  17. Wiiiiii itu ada tempat sewa sepedanya...
    Udah lama ga ke sini.
    Jadi inget dulu pernah sewa sepeda.. karena rame jadi gugup akhrnya nyerempet mobil orang 😐😐😞😞😞😞😞😞 kena spionnya. Kena 2juta buat ganti spion sebiji. Eh dibilangin temen kalo ganyi spion orisinil skitar 1 juta aja... nyesel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun kejadiannya menyedihkan banget , trauma deh pastinya yaa :((

      Hapus
  18. TMII ya? 14 tahun di Jakarta belum pernah kesana, dan belum ada keinginan juga 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah kesana dong Masnya biar gaul :))

      Hapus
  19. Seharusnya, mbaknya itu diphoto saja, dan kita bullya ramai-ramai disini.
    Ke Taman Mini memang lebih asek bawa kendaraan motor pribadi, akan santai keliling keseluruh miniatur Indonesia, tanpa gempor paha, est kaki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah? aku mau dibully gimana maksudnya? :(
      Kok aku nggak mudeng sama komennya ya hahaha

      Hapus
  20. Doakan si mbak gamparable biar dapet rejeki yg lebih berkah.. Semoga uang 30rb yg dia embat berguna & niatkan untuk sedekah... :)
    Aku ngga mau komen tentang TMII nya, akoooh mau cendol & baksonya ajaaaaaah!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mih, ikhlas kok.. semoga dipake buat ke jalan yang benar yah..
      Ih tinggal beli aja eta mih teu kudu ke TMII lah :))

      Hapus
  21. Aku aja sampai skarang blom pernah ke TMII huhu

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kumpulin niat Mba buat kesana hehe

      Hapus
  22. Yaaampun moodbooster banget postingan ini. Bikin happy! :)

    wkwkwk kocak seru tapi ada kzlnyagara gara si mbak yah nes.

    Next time bareng yuk lanjalannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, aku bisa bikin Ifa happy :')
      Hayuu kamu ke Bandung lagi dong biar kita jalan bareng hehe

      Hapus
  23. bisa lah ya nikahnya TMI, ala ala sandra dewi :D dengan citarasa lokal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya ya Mba, aku jadi kepikiran nikah ala-ala Sandra Dewi disini. Ide yang bagoos Muahahaha!

      Hapus
  24. Amin
    Yaampun TMII^^
    beneran nostalgia yaa anaknya :))
    Pas liburan kemarin macet banget pada mau masuk ke TMII, apakah Nesa salah satunya hihiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini aku udah lama Mba, awal Desember. Mungkin itu yang macet-macet pas liburan sekolah kemarin hihi

      Hapus
  25. kalo abis baca postingan ini jd pgn ke tmii lg, byk lokasi yg bagus sama bermanfaat . terakhir kesana pas masih sekolah. nice artikel kak.
    mampir jg kesini ya Pariwisata siapa tau butuh info tmpt wisata. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, TMII ini udah murah banyak lokasi yang bermanfaat pula. Hehe..

      Hapus
  26. berlibur ke TMII gak kalah seru ya sama, banyak sekali hal-hal yang menarik disana..

    BalasHapus
  27. Pingin kesana lagi deh, terakhir mungkin masi kecil banget saya kesana, seems you had fun 😉

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo pulang dulu ke Indo Mba biar bisa ke TMII hihi

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe