[RECIPE] : Kue Gundul

November 13, 2016

Larasatinesa.com – Sebagai calon ibu dari anak-anak yang belum diketahui kapan punyanya ini, saya selalu berpikir apakah nanti anak-anak saya bisa menyukai masakan saya sebagaimana saya menyukai masakan ibu saya? Fyi, saya nggak terlalu bisa masak kecuali kepepet-banget-diharuskan-masak-dan-ada-resepnya. Tapi bukan berarti saya males loh mba-mba, buibu. Saya selalu berusaha memasak apapun yang saya inginkan. Termasuk dalam soal cemilan dirumah.

Akhir-akhir ini warga dirumah saya seringkali mengalami baper laper berjamaah. Kadang suka nggak tau diri waktu gitu lapernya. Karena saya pribadi sedang mengurangi karbo biar nggak gendut jadi saya lebih banyak jajan cemilan. Tapi.. dalam jajan pun ada masa dimana saya bosen karena jajanannya itu-itu aja. Ditambah saya pun nggak tau kejelasan kebersihan dari makanan jajanan tersebut, saya memutuskan untuk eksperimen ala-ala bikin sesuatu yang sebetulnya udah biasa, tapi jadi keliatan spektakuler #maksa.

Dibawah ini saya punya resep kue gundul. Nggak ada maksud apa-apa namain gundul, apalagi punya dendam sama mantan yang gundul (karena nggak ada juga yang gundul kalee!). Ini spontanitas saya aja karena ngelihat bentuk kue ini. Monmaap kalo ada yang gundul baca lalu kesindir. Anggap aja ini sebuah apresiasi kalo gundul itu sexy karena dijadikan role model kue saya #apose. Dan seperti biasa saya mah emang nggak mau ribet. Jadi ini bikinnya juga gampang bingit. Jangan lupa sebelum masak, baca doa dulu ya. Iya.

Bahan-bahan (seperti biasa ini takarannya ngikutin insting masing-masing aja) :
Kue Marie
Susu kental manis cokelat
Mentega
Ceres

Alat :
Kayu penggilingan kue (atau alat apapun sebagai penghancur)
Plastik
Lemari Es

Cara Membuat :
1. Hancurkan kue marie dengan penggilingan kue dengan sabar. Bagian ini emang paling drama karena dihancurkannya nggak boleh bubuk banget alias masih agak kasar, biar nanti bisa nempel pas dibentuk.
2. Sesudah kue marienya hancur, beri mentega secukupnya. Aduk-aduk dulu biar menyatu.
3. Setelah itu, campurkan sedikit demi sedikit susu kental manis cokelatnya ke adonan kue tadi. Ini kasih susunya secukupnya ya, lalu jika sudah nampak adonannya padat, cuss bikin bentuk bulat-bulat.
4. Udah dibentuk bulat, masukan semua ke dalam kulkas selama... suka-sukanya kalian aja. Tapi kalo saya cuma 3 jam doang.
5. Fungsi ceresnya disini sebenernya cuma buat pemanis doang. Terserah mau dipakai atau nggak. Kalo mau ditempelin ceres juga bisa tapi si kue dicelup dulu ke susu kental ya.
6. Lebih mantap dimakan lagi dingin-dinginnya. 

Semoga resepnya bisa berguna bagi kamu yang ingin punya alternatif jajanan. Ini sih udah dipastiin anak-anak juga bakalan suka. Hehe.. Maaf banget satu-satunya penampakan foto yang dipunya hanya ini, maklum waktu itu nggak kepikiran mau dipost. Nanti kalo bikin lagi ditambahin deh.

Selamat mencoba...


Cheers,
Nesa

You Might Also Like

45 komentar

  1. dari kecil jg suka jg bikin kue ini, mudah dan enak :D tp sayang anak saya kurang antusias klo makan ini, lebih antusias saya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. gampang ya mba, enak lagi XD

      Hapus
  2. baru tau resepnya mba Nes cus ah beli kue marie yang lainnya uda ada hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin yang banyak teh, buat sebulaneun mayan irit jajan. Hihi

      Hapus
  3. Klo ak biasanya namain ini kue bola-bola cokelat. Andalan banget nih. Gampang dan gak pake ribet buatnya, hasilnya endeus....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, gampang sih.. cuma agak drama pas ngancurin marie nya kalo buat aku :D

      Hapus
  4. Mau bikin ini tp blm sempat. Dtambah emaknya anak2 lg batuk, masa nontonin aja. Ga seru :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cepet sembuh teh, biar bisa bikin kue gundul :D

      Hapus
  5. Mba, masa dulu aku bikin beginian diajari sama sepupu yang masih SD. Dia lagi ada tugas semacam wirausaha gitu dan emang sering bikin kue ini buat cemilan. Trus aku malu. Udah SMA (saat itu) gabisa bikin kreasi masakan sendiri wkwkwk :"""

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa kalo nggak gitu nggak akan belajar mba, nggak usah malu ih :p

      Hapus
  6. Selalu pengen bikin ini tapi belum punya waktu (ibu banyak alesan ) ahaha makasih mba Nesa share nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang ini teh tinggal next-next finish aja bikinnya sih #lukateinstallaplikasi :))

      Hapus
  7. Kalau saya dan anak-anak biasa bikin namanya bola-bola coklat. mesisnya memenuhi semua bulatan jadi gak gundul, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah justru sengaja digundulin mba karena kalo ditambahin ceres kemanisan buat aku :D

      Hapus
  8. rasanya gimana kak ? 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manis.. kayak aku #kemudiandikeplak :))

      Hapus
  9. namanya unik, bentuknya menggugah selera.
    layak dicoba nih.

    BalasHapus
  10. Nesss... aku mah pengen dibuatin ajalah ginian teh kalau ke Bandung hihii *pemalasan* Raya pasti doyan banget itu soalnya pake meses rainbow gitu katanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk Raya sini ke Bandung, nanti ((kakak)) bikinin hahaha

      Hapus
  11. Wah saya pernah bikin ini buat kid cooking class, tapi ga pake mentega 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin kalo nggak pake mentega dia nggak nempel mba :(

      Hapus
  12. waduh kok dinamai kue gundul, aku bilang sih ini bola2 coklat, sangat mudah bikinnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena yang aku bikin nggak dicelup Ceres lagi mba, jadi dibiarin bulat cokelat gitu aja gundul hehe

      Hapus
  13. Langsung tunjukin ke Istri, supaya dibuatin kue gundul :-D

    BalasHapus
  14. aku bilangnya sih kue marie coklat, tapi namanya lucu juga kalau jadi "kue gundul" :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa spontanitas mba biar nggak mainstream :))

      Hapus
  15. Ane juga mau ngicip dong mbak :D

    BalasHapus
  16. Wah kalo ini sih aku bisa buat... kue di remukin dibikin kue lagi...

    yang bingung kan kalo bahan diadonan diaduk jadi kue... dikocok pake telor di oven deh terus tau jadi apa itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup kue aja yang diremukin, hati orang jangan diremukin juga ya mz #egimana :))

      Hapus
  17. aya aya wae ah, pake dikasi nama kue gundul gitu.

    eh siapa yang gundulinya? :p, kasian itu nanti dibully teman temannya itu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini tuh terinspirasi dari anak-anak mahasiswa cowok baru yang pada digundulin gitu waktu ospek kak :))

      Hapus
    2. enak ga tuh kue si gundulnya? kalau enak, mana sini buatan kamu minta aku :p

      Hapus
    3. Ultraman suka makan kue, btw? Hahahaa

      Hapus
    4. Bagi Ultraman mah jangankan kue, kamu aja kalau enak akan saya makan hahaha. Eh kamu kalau jadi makanan, kira kira mau jadi apa? :p

      Hapus
  18. okelah, kalo resep super gampil gini, aku pasti bisa bikinnya :D.. lumayan dpt ide cemilan utk anak2 :D.. biasanya asal berbahan dasar marie regal gini dia doyan mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah mba yang bocah-able banget nih cemilannya biar pada suka hihi

      Hapus
  19. wah jajanan jaman dulu banget nih wkwk

    BalasHapus
  20. bahan-bahannya sedikit ya dan cara membuatnya tidak terlalu sulit juga, terimakasih infonya kak..

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe