[REVIEW]: Makan Ice Cream di il Tempo del Gelato Yogyakarta

Januari 12, 2018

Larasatinesa.com - SETELAH RATUSAN PURNAMA LIHAT POSTINGAN ORANG LAIN DENGAN PENUH IRI DAN DENGKI AKHIRNYA HAMBA BISA DATANG KE TEMPO GELATO JOGJA JUGA YA ALLAH!! AAAAAKK!!!
Abaikan kabel-kabel listrik gengges ini 😂
Monmaap kalau norak ya. Abisnya saya sungguh tidak menyangka bisa menginjakkan kaki di Tempo Gelato di hari pertama saya sampai di Jogja, waktu liburan akhir tahun kemarin. Saya nggak peduli saya belum mandi, bau ketek, bau asem, yang penting ke Tempo Gelato dulu. Sengaja banget saya dan teman-teman cari hotel yang berdekatan dengan venue, di Jalan Prawirotaman 1. Btw saya nginepnya kemarin di Adhisthana Hotel yang cuma beda satu gang sama Tempo Gelato.

Baca Juga: [Review]: Adhisthana Hotel Yogyakarta 

Hari itu Jogja panas banget (perasaan, dari dulu juga panas yha), saya sampai di Jogja pukul 3 sore. Sesudah check-in dan menaruh barang-barang, saya ke Tempo Gelato dengan berjalan kaki aja, guys. Melewati jalan tikus dari Prawirotaman 2 buat cepat sampai kesana.

Sekadar informasi, Gelato artinya es krim dalam Bahasa Italia. Namun dalam konteks kuliner, gelato berkembang menjadi jenis es krim yang dibuat sesuai tradisi orang Italia. Rasanya memang berbeda antara es krim biasanya dengan gelato. Gelato terasa lebih padat tetapi teksturnya begitu halus dengan rasa susu yang kuat. Sementara es krim lebih kuat di rasa krim. Gelato sendiri memiliki lemak lebih sedikit dibanding es krim. Es krim dibuat dengan krim masak yang mengandung lemak minimal 10 persen. Sementara gelato lebih banyak menggunakan susu dibanding krim. Juga, gelato biasanya menggunakan lebih sedikit kuning telur. (sumber)

Interior disini bergaya Eropa dengan tembok dipenuhi batu bata merah dan kayu ekspos. Didalamnya sendiri banyak foto-foto pengunjung yang dipajang di salah satu sudut. Itu sih yang bikin betahnya.

Selain di Prawirotaman, Tempo Gelato juga ada di Jakal (Jalan Kaliurang-Jogja). Jadi totalnya ada 2 cabang. Sempat lewat juga sih kemarin, yang di Jakal sepertinya lebih besar tempatnya. 







Sesampainya disana, ya ampun penuh banget.. saya nggak kebagian tempat duduk dong, hampir mirip kayak pasar kaget nih Tempo Gelato. Banyak kerumunan orang buat order, mungkin gara-gara lagi high season liburan nih, bahkan sampai ada yang makan ice cream di parkiran luar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memesan gelato dan membayar di kasir, abis itu struknya kalian kasih ke Mbak-Masnya yang udah siap sedia didepan etalase untuk mengambil pesanan kita. 


Dek.. ngiler ya dek.. 😂
Ada banyak rasa gelato di sini, mulai rasa chocolate, white chocolate, coffee, oreo, vanilla, matcha tea, blueberry, strawberry, sarbet mango, cinnamon, snicker, rhum raisin, nutella, choco mint, mix fruit, banana, caramel, lemongrass, dll, bahkan ada beberapa rasa yang unik buat saya, seperti: sorbet ginger, kemangi, spicy chocolate, coconut.

Karena rasanya nggak mungkin dapat meja kursi, saya dan teman-teman langsung memesan cups medium (3 varian rasa) seharga Rp.40.000 aja! terus kalau pesan yang pakai cone hargaya Rp. 25.000,- untuk 2 varian rasa. Ini mah murah banget buat ukuran ice cream gelato dibandingkan dengan ice cream brand terkenal yang pernah saya coba sebelumnya. 


Matcha Tea, Dark Chocolate & Oreo
Setelah berjuang nungguin orang makan ice cream, saya akhirnya dapat juga kursi buat duduk. Gelatonya enak banget. Berbagai macam rasa tersedia disana, mulai dari yang creamy, fruit, sampai rempah-rempah. Pilihan saya dan teman-teman hari itu: dark chocolate, oreo, green tea. Next mungkin harus coba yang rasa buahnya. 

Dan beneran aja, rasanya kemarin nggak puas icip-icip gelatonya. 2 hari kemudian sebelum saya pulang ke Bandung, saya balik lagi ke Tempo Gelato. Kali ini order yang cone. Dan pilihan rasa yang saya coba waktu itu Banana Stracciatella & Mix Fruit. Bener-bener anaknya pantang rugi banget yha. Ice creamnya padat jadi bener-bener berasa banget ditiap gigitannya, dan surprisingly cone-nya enak banget! Oh ya, disini juga disediakan air mineral yang bisa diambil gratis untuk menetralisir manisnya ice cream dimulut alias biar nggak seret.  


Foto dulu punyanya temen sebelum mencair 😂
Pokoknya kalian kalau ke Jogja, jangan lewatkan hangout sambil nyobain ice creamnya Tempo Gelato. Pokoknya wajib! Disini banyak juga pengunjung wisatawan asing nya lho. Meskipun banyak wisatawan asing, di sini ice cream-nya 100% halal, sertifikasinya bisa kamu lihat disalah satu dinding cafe.

Dear Ibuk Emma pemilik Tempo Gelato, mungkin ibuk ndak kenal saya karena saya cuma remah-remah cone .. Please buka cabang di Bandung dong, Buk. Nanti mau deh jadi brand ambassadornya atau mentok-mentok jadi buzzernya juga nggak apa-apa. Hahaha! #NesaAnaknyaSokAkrab #SiapaEluNes #YangPenting #TempoGelatoForBandung

Baca Juga: Itinerary Wisata Seharian di Yogyakarta


Ini cone punya saya, Banana Stracciatella + mix fruit

Price List:

CONE : 
2 Flavors: IDR 25k 
CUPS :
Small (2 flavors): IDR 20k
Medium (3 flavors): IDR 40k
Big (4 flavors): IDR 65k
X-Big (5 flavors): IDR 115k


Update: tanggal 16 Desember 2018 saya balik lagi ke sini. Lebih sepi dan bisa foto-foto tanpa bocor. 😁

TEMPO GELATO, IL TEMPO DEL GELATO
Open hour : 11am – 10pm
Address: Jl. Prawirotaman 1 No.43, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Indonesia. (Beside Aglioo Pizza & Pasta.)
Phone: +62 274 373272
Instagram: @tempogelato


Cheers,
Nesa

You Might Also Like

59 comments

  1. Mupeng, semoga soon hadir di Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya masih belum mau kemana-mana nih teh :))

      Hapus
  2. ice cream gelato dari italia ini memang lagi boooming sekarang sekarang ini.
    favorite saya banget.
    nuansa cafe nya juga berasa di eropa kece maksimal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bahkan belum coba Gelato yang dijual di Kotaku sendiri lho mba ahaha

      Hapus
  3. Pengen icip matcha dan mix fruit tfs kak Nez

    BalasHapus
  4. Mau comment karena ada muka akunya (walopun mukanya diblur). Sekian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kalo nggak dikasih tau juga nggak bakalan komen gera :P

      Hapus
  5. Saya bolak-balik ke Jogja, belum kesampaian juga ke Gelatonya. Sebenarnya mupeng Adhistana juga. Tapi apa daya selalu nginep di rumah kakak di pucuk Kaliurang. HIks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh yang cabang Kaliurang juga ada lho Tempo Gelato mbak

      Hapus
  6. Aku juga udah coba Tempo Gelato, tapi kalo gasalah tiga tahun yang lalu deh. Setelah nyobain gelato yang ada di Bandung sebenernya ku lebih memilih Gelato yang di ciwalk-setiabudhi-bengawan~ wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mah belum pernah ngerasain Gelato di Bandung da, serius. Hahaha,,

      Hapus
  7. Tempo Gelato ini emang ngehits banget ya mbak. Temenku udah ada yang pernah ke situ. Ah nanti kalo ke Jogja pengen mampir ke Tempo Gelato ah. Harganya aku kira mahal mbak. Ternyata terjangkau juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah enak + murah, yaudah jadi favorit bersama deh hehe

      Hapus
  8. Aku juga suka gelato di sini, mampir pas nginep di hotel depannya. Bangunannya unik, bikin tertarik. Ramai pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woah nginep didepannya banget ya mbak, aku di gang sebelah wkwk

      Hapus
  9. pas ke jogja pun aku kesini huhu tempat hits disana wajib dikunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti pas di Jogja kemarin kesini ya buk founder hahaha

      Hapus
  10. Aduh siang-siang baca ginian jadi pengeen. Itu pengunjungnya rame banget ya sampe full gitu ruangannya. Jadi perasaan sendiri ya klo ingin berlama-lama disitu :D

    BalasHapus
  11. Aduh siang-siang baca ginian jadi pengeen. Itu pengunjungnya rame banget ya sampe full gitu ruangannya. Jadi perasaan sendiri ya klo ingin berlama-lama disitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu aku kesana lagi libur akhir tahun mba, wajar banget kalo penuh sih. Mungkin kalo weekday low season nggak bakalan penuh segininya hehehe

      Hapus
  12. Jadi pengen ngerasain enak kayanya. Bisa jadi referensi kuliner kalo ke Jogja nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Catet teh, biar nanti nggak lupa kalau ke Jogja yaa

      Hapus
  13. Aku ke Jogja dan nggak sempat euy makan Gelato :p
    Makasih ya reviewnya. Jadi penasaran nih pengen mencoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke Jogja mampir-mampir mba dijamin betah :))

      Hapus
  14. kakah reviewnya sampe dikomen tim tempo gelatonya kece badai :) btw aku belum pernah nyoba *istigfar* untung pas baca ieu perut lagi kenyang bisa mupeng dah kalau laper :D

    BTW kalau jadi buzzernya ajakin ya kakah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya sempet mention di IG soalnya..
      Ayo teh kalo liburan Jogja jangan lupa kesini hehe

      Hapus
  15. Tempatny terlihat nyaman sekali, dan gelatonya apalagi... emang kerasa banget tekstur nya beda dibanding es krim biasa :D nice post kak, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak wajib banget kesini kalo ke Jogja. Salam kenal juga ya :D

      Hapus
  16. Wah... kalau pulkam mau nyempetin kesini ahhhhh....

    BalasHapus
  17. Beberapa kali ke Yogya, baru 2x mampir sini, es krimnya emang menggoda.
    Tapi lupa, ga pernah posting blog hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saking enaknya lupa foto-foto buat review ya teh hahaha

      Hapus
  18. Waaah sayang kemaren ke jogja gak icip gelato. Pdhl udah lama aku ngiler ama ed krim italia ini 😋

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di Bandung aja weh bu, udah banyak daripada ke Jogja cuma buat makan ini doang hahaha

      Hapus
  19. Ngeceees deh ah. Pengen cicipin semua hahaha. Kudu ke Jogja ini mah, kan ga mungkin nitip kayak beli bakpia gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaelah teh nanti mencair kayak perasaanku wkwkw

      Hapus
  20. Huaaaa... Mau banget makan gelato di sana. Aku pun sirik liat yang wara-wari makan gelato 😍

    BalasHapus
  21. aaah, kirain di Bandung, hiks! anak2ku suka banget gelato!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Testernya cobain dulu yang ada di Bandung lah teh, nanti baru ke Jogja hahaha

      Hapus
  22. What ? 40 ribu 3 rasa...wah ke Jogja musti coba nih:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, murah banget yaa, coba kalo deket huhu

      Hapus
  23. Ini favorit kalo ke jogjaaaa.. Yuuummm..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gara-gara lihat postingan teh Lisna juga nih aku mupeng Gelato

      Hapus
  24. Samaaa, aku pas ke sana penuh juga Nes.. Yo wes akhirnya makan gelatonya di mobil.. Belepotan deh Boo sama Mika.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh masih mending neduh mbak di mobil daripada kemarin di pinggir jalan terus cepet meleleh rempong :))

      Hapus
  25. Kewl langsung dikomen sama Tempo Gelato (di revisi juga noh wkwkwkwk).
    Mamtir kemaren nginep di reddoorz (Omah Biru) yang gangnya sebrangan ama tempo gelato wkwkwkwkk jadi 2x ke sana dan sekali lagi sama horeey plus mak indjul yang di JAKAL.

    Nggak sabar nunggu yang baru, semoga beneran lebih gede dari JAKAL wkwkwkwk ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya direvisi kek skripsi ya mamtir hhahaha
      Kalau launching yang baru nanti sini bareng yook :))

      Hapus
  26. tempo lalu aku cuma numpang lewat aja di gelato ini haha.. abis masih kenyang mau makan es krim :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaah sayang banget kak, nanti kapan-kapan coba yak :D

      Hapus
  27. Gelato yg di jogja ini blm sempet nyobain. Trakhir coba gelato yg di bali.. Aku salah pesen tapi. Mesen yg rasa rhum raisin ama 1 nya lg rasa rempah gitu , lupa. Awal nyicip sih enak. Tp lama2 kok ya eneg hahahaha.. Akhirnya nyerah ngabisin yg rempah. Mnding yg rhum raisin. Kapan2 ga mau lg pesen rasa aneh2 :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha aku penasaran sama yang kemangi dong mbak Fanny, nanti mau coba kalo ada kesempatan kesini lagi ah hahaha

      Hapus
  28. Pas ke jogja kemarin nggak sempat ke sini. Sedih deh

    BalasHapus
  29. Sebetulnya gelato itu sekarang ada di mana-mana. Tapi saya perlu mengakui bahwa harga Rp 20k untuk 2 scoops itu cukup murah.

    Namun.. Ada gelato rasa rempah-rempah? Serius? *bookmark*

    BalasHapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe