Tips-Tips Menjadi Selebgram

Januari 24, 2017

Larasatinesa.com - Sengaja postingan ini saya naikin lagi. Bukan karena postingan sebelumnya nggak menang di lomba lho, melainkan saya mau berbagi lebih banyak tentang dunia media sosial yang fana dengan segala keunggulannya ini #ahzeg!
 
Ini sebenernya saya mau curhat aja sih.. Jadi gini ceritanya, saya punya instagram sejak tahun 2014. Sebetulnya saya pada saat itu nggak kepengen-pengen banget punya instagram karena nggak terlalu suka publish foto #pret, tapi karena tuntutan pergaulan masa kini dan ngeliat artis-artis rame pada pake yaudah deh mau nggak mau install juga #kemudiansongong

Saya dulu pernah bekerja sebagai social media officer (sekarang juga sih, tapi beda kantor. Hahaha!) disalah satu perusahaan hijab di Kota Bandung. Salah satu jobdesk nya adalah membuat program untuk promosi produk dan beberapa acara perusahaan disosial media khususnya instagram. Agar promo produk dan acaranya bisa dilihat banyak orang, maka yang harus mempublishnya adalah beberapa orang selebgram. Buat yang belum tahu apa itu selebgram; Selebgram adalah orang-orang yang eksis di instagram (selebriti instagram). 

Source : unsplash.com | edited by Canva

Sebelum bekerjasama dengan si selebgram, saya dan tim biasanya memilih selebgram yang cocok harganya dengan tema promo. Kami pun nggak boleh asal memilih, untuk memilih selebgramnya itu selain dia punya followers yang banyak, dia juga harus punya kualitas foto yang bagus di feed instagramnya. Dan tahu nggak readers tarif endorse atau paid promote selebgram tuh bisa sampai berjuta-juta dalam sekali posting? Kalau dipikir-pikir nih ya, kerjaan paling uenak sedunia saat ini emang jadi selebgram. Hanya dengan modal foto bagus, followers banyak, kamu udah bisa dapet duit sekaligus barang endorse-an secara cuma-cuma. Nggak perlu capek-capek ngantor dari pagi sampe sore lagi deh tuh. Ini mah kerjaan impian banget buat semua orang kayaknya.

Terus saya juga pernah riset nih sebagian selebgram dimuka bumi ini (kecuali artis beneran ya). Jadi, seseorang sudah bisa disebut ‘selebgram’ ketika followersnya sudah mencapai 10 ribu alias 10k atau diatasnya, tapi biasanya masih dibawa 1 juta (sejauh ini selebgram masih dibawah 1 juta, karena kalau 1 juta udah artis beneran). Tentunya ini nggak mudah lho bisa kumpulin warga sekampung followers sebanyak itu. Dan setelah ditelusuri lagi, ternyata dari kebanyakan selebgram itu kekuatannya ada pada kualitas fotonya yang keren-keren. Mereka nggak hanya sekadar selfie atau foto OOTD (Outfit Of The Day) biasa lho buat promo produk endorse-annya, tapi fotonya juga penuh dengan totalitas; pake tema khusus, tempatnya udah ditentukan, dandannya pun harus cetar, pokoknya bener-bener terkonsep. Ibarat sama kayak kita kalau kerja masih ngikut orang, harus totalitas kan ya biar gajinya naik? Dan yang lebih menariknya lagi, kebanyakan dari mereka berfoto cuma bermodalkan kamera dari ponsel pribadinya. Haish.. 

Dari sini lah saya mengganti cita-cita saya untuk menjadi.. selebgram.

*kemudian hening*

Eh ini seriusan, saya nggak bohong. Malah sekarang lagi usaha banget buat kumpulin followers banyak hahaha. Boleh lho kalau berminat follow saya di instagram @larasatinesa #eaa *promosi* Bahkan, artis sekelas Raffi Ahmad aja menjunjung tinggi nilai-nilai ke-endorse-an yang hakiki, apalagi saya yang hanyalah remah-remah wafer gini yang ngarep ingin banget diendorse. Saya dikasih barang endorse-annya aja udah seneng banget anaknya #mureh, apalagi ditambah ada bala-balanya dong (baca:duit). Hahaha.


Instagram sendiri  yang belum punya tema
Tapi ada kendala utama yang membuat saya belum bisa mewujudkan cita-cita saya yang mulia ini adalah dari segi foto. Foto yang saya tampilkan di feed instagram saya sejujurnya masih kurang memadai untuk jadi selebgram. Ndak punya tema, dan kurang ciamik gitu. Sebagian foto memang ada yang dari kamera DSLR sih, tapi kan saya nggak selalu bisa bawa, ditambah ribet juga. Saya pengennya tuh bisa capture moment dimana aja pake kamera dari ponsel saya yang pasti selalu dibawa kemana-mana. Dari sinilah timbul rasa iri hati yang semakin mendalam #halah kepengen banget punya kamera dari ponsel yang mumpuni kualitasnya minimal 13mp, itu udah resolusi paling aman.

Berdasarkan pengalaman yang saya pelajari dari menjadi Social Media Officer selama ini, saya mengambil kesimpulan yang akan menjadi beberapa tips yang wajib diperhatikan bila kamu ingin menjadi selebgram, diantaranya :

1. Niat (baca bismillah).

2. Punya Instagram (menurut ngana???).

3. Akun Instagram jangan digembok. Gimana mau dikenal orang atuhlah, please.. Ini instagram, bukan pager sekolahan.

4. Konsisten dengan konsep foto yang ditampilkan.

5. Kumpulin followers yang banyak (inget, pakai cara halal ya!).

6. Punya kamera yang mumpuni. Minimal 13mp biar kualitas fotonya keceh. Foto bisa diedit sekeren mungkin, asal jangan maksa dan lebay editannya yes..

7. Intinya sih jadi selebgram nggak harus ganteng atau cantik, sing penting punya keunikan sendiri, feed instagram oke, dan nggak plagiat siapapun. Menurut saya, cari sensasi itu sah-sah aja selama positif (misalnya berprestasi dalam bidang tertentu), bukan kontroversial dan menyalahi aturan.

8. Percaya diri. Yaiyalah secara selebgram itu termasuk konsumsi publik. Kalo nggak percaya diri yauwis kelean jadi orang biasa aja pada umumnya. 

9.  Punya mental kuat dan nggak baper-an. Karena bukan ndak mungkin nih kalau suatu hari kamu jadi selebgram bakalan punya fans atau haters. Sama aja macam artis sih, kalau apa-apa udah tersinggung dan main lapor-laporan pihak berwajib sih itu kamu udah dipastikan nggak bakalan panjang karier di belantika per-selebgram-an Endonesa. Jadi saran saya nih kalau nggak punya mental kuat, mending bobok aja dirumah.

10. Ini yang agak krusial, dalam menentukan 'rate' kita sebagai selebgram, kita harus benar-benar memperhitungkannya dulu ya. Kamu bebas sih mau kasih harga berapa. Biasanya penentuan ini ditentukan dari jumlah banyaknya followers dan feedback followers yang dihasilkan. Yang jelas dalam menentukan ini, kamu harus jadi selebgram yang tau diri eaa.. Hahaha.

11. Kalau udah jadi selebgram terkenal, nggak boleh sombong dan riya. Ingat asalmu darimana, nanti masuk neraka. Sekian.
  
Meskipun saya belum jadi selebgram, nggak ada salahnya kita belajar sama-sama untuk mencapai cita-cita yang mulia ini kan #halah. Semoga postingan saya kali ini bermanfaat buat readers yang kepengen jadi selebgram kayak saya ya. Kayaknya habis ini saya bakalan makin banyak share tentang dunia sosial media deh. Hihii.. 

Terimakasih buat yang udah mau-maunya baca, ya..



Cheers,
Nesa

You Might Also Like

58 komentar

  1. profesi selebgram emang lagi ngetren ya sekarang. kalo brandingnya oke mah pasti hasilnya juga sesuai yang kita harepin. kalo saya gak mungkin jadi selebgram :D karena muka jarang banget nongol di IG. aheuheuheu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih prospeknya lagi bagus selebgram bikin mupeng. Eh jangan sedih mbak, gpp di dunia Maya pasif di dunia nyata harus aktif dong :D
      #aktifapaajalahyangpentingberkah
      #wuopooo :))

      Hapus
  2. Paling susah cari followernya mba, yang add saya kebanyakan ol shop cek IG saya sist hahahaha....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atau.. Olshop pembesar payudara :))

      Followers itu akan ngikutin mbak selama feed Instagram kita kece. Harus modal dulu #teteup :))

      Hapus
  3. nah aku langsung follow IGmu mbak..., cakep kok foto2nya
    moga2 jadi selebgram beneran
    salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya masa sih mbak? Tapi aamiin aja ya hahaha.. Salam kenal juga ya mbak, ntr ku folback.. Makasih :*

      Hapus
  4. Wah,cantiknya mbak larasati :D hehe, salam kenal mbak.
    Semoga menang GA nya. Salam Blogger.

    *udah aku follow twitternya :) hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih udah baca tulisanku.. Aamiin untuk doanya. Oke.. Nanti ku folback yaa :)

      Hapus
  5. Halo mbak, maaf mau kasi masukan, untuk banner lombanya di taruh ditulisan paling atas postingan ya.
    Mbak bisa lihat kembali persyaratan dri penyelenggara. hhee

    BTW, bersyukur itu mbak, kamera depan ponselnya smean masih bgus sihh hee..
    punyaku masih VGA :<
    syedihh :D

    Sukses ya mba ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah makasih untuk koreksinya.. Udah saya betulkan kok hehe
      Yuk sama2 berdoa biar mbak Uniek pilih kita buat punya hp baru .. Aamiin :))

      Hapus
  6. Wow, keren ya klo bisa jadi selebgram. Iya pernah denger2 klo bayaran sekali tayang endors gitu lumayan banget. Mana pasang fotonya gak selamanya pula ya, bisa dicopot setelah bbrp saat.

    Thanks ya sudah ikutan GA Aku dan #KameraPonsel. Good luck.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget mbak, rate weekday sama weekend pun beda dan beberapa selebgram malah ada yang cuma kasih waktu 24 jam aja pasang foto endorsenya.. warbiyasaak :D

      Sama-sama mbak, terimakasih atas kesempatannya *salim*

      Hapus
  7. Balasan
    1. Makasih loh mbak. Semoga bermanfaat dunia dan akhirat ya :))

      Hapus
  8. Konsep foto mesti konsisten ya, Mbak...

    BalasHapus
  9. follower IG mu banyak juga ya kak, padahal saya jarang update IG hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kan lagi usaha toh buat jadi selebhram :))

      Hapus
  10. Followernya mba Neisia bikin baper. Hahaha
    Aduh aku ngakak pas tulisan instagram jangan di gembok karna bukan pager. Hahaha bener juga. Tapi kalau di rantai boleh kan ya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak usah baper, Mba Lida bisa menyusul kok hehe.
      Nggak boleh juga Mba, yang dirantai itu sepeda bukan instagram :p

      Hapus
  11. Mba Nesa, yup kita dah follow2an. Thanks.

    Aku termasuk orang yang nggak konsisten, nggak sabar buat upload foto bertema. Pusing, mau upload aja mesti mikir dulu. Pokoknya asal upload aja deh. Yang penting IG keisi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba udah follow-follow yaa hehe, tenang mba akupun belum konsisten kok :)))

      Hapus
  12. biasanya selebgram baru suka plagiat tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gayanya plagiat ngikutin idolanya :))

      Hapus
  13. wah enak yah jadi selebgram, semoga bisa tercapai mba cita cita menjadi selebgram :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ena mas, makanya ku pengen. Aamiin :)))

      Hapus
  14. Bener nih, cuman mungkin perlu ditambahin jaman sekarang banyak yang pengen instan jadi selebgram eh ralat bukan selebgram tapi bisnisgram jadi mereka beli follower 50.000 perak dapet 1000 follower. Habis itu nawarin vendor vendor buat endorse. Efeknya kalau di dunia foodie harga promote dan endorse berdarah darah.
    Menurut penulis bagaimana dengan fenomena ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya kak aku bilang kalo cari followers yang halal itu alias nggak beli dan hasil usaha sendiri dari foto-foto yang bagus. Tapi biasanya sih yang beli itu lama-lama berkurang sendiri kok karena bukan followers organic alias cuma followers hantu hahaha

      Hapus
  15. Waaa Nessaaa followernya banyaaak.. :D Biar banyak gimana cii? Btw aku barusan follow loh, folback ya kakaak.. Ahahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha Mba udah ku folback yaa..
      Biar banyak followers kitanya nggak boleh sombong, foto-fotonya harus konsisten, dan jangan lupa berdoa sama Allah :))

      Hapus
  16. aku mau dong kakaaak jdi selebgraam XD
    tapi ngumpulin follers susyahnya minta ampuun T^T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu pasti bisa kak.. kan foto-fotonya bagus.. Ayoo semangat! :D

      Hapus
  17. Wah follewersnya banyak amat sih, aku belum sepertiganya aja nih hahaha

    BalasHapus
  18. Susah banget ngumpulin follower mba. Follower halal yah..hihihi. Kalo yang beli termasuk halal juga ya mba. Tapi kalo beli follower gak dijamin followernya gak ngabur sih (pernah iseng nanya2 sama yang jual follower) jadi males deh belinya. hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli mah nggak halal karena yang dibeli followers hantu, nanti juga berkurang lama-lama hahaha

      Hapus
  19. Jangan lupa di barengin dzikir setiap posting hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! yang ini nih bener, harus dzikir selalu sebelum posting ya Kak Kaesang :))

      Hapus
  20. Banyak follower curang, minta folbek eh udah difolbek dia unfollow wkwkwk, sedih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikhlasin aja teh, nanti kalo kita udah beneran jadi selebgram terkenal dan benghar pasti follow lagi dia hahaha

      Hapus
  21. Hahahha bodor bacanya, semoga the rising selebgram 2017 itu Larasati Nesa ya aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh iya Aamiin ya bumil pasti doanya dijabah hahaha

      Hapus
  22. Caranya kece haha 😁😁😁

    BalasHapus
  23. Huahahahaha aku juga loohh cita-citanya pengen jadi selebgram. Tapi gimana cobaaakk ngumpulin follower sampe angka 1K aja susye nya minta ampun. Nyomotin darimana lagi coba tuh para follower. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha tos mba! Mba Wian gampang laah ntar lagi juga jadi selebgram secara fotonya bagus-bagus, followers bakalan ngikutin :D

      Hapus
  24. Bagi tips naikin followers organik donk Kakaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun beloman tau juga kak.. hahaha

      Hapus
  25. Mau deh saya jadi selebgram. Biar terkenal jadi artis. Thank mbak tips nya :)

    BalasHapus
  26. Keren tips jadi selebgram-nya. Memang butuh niche juga ya di selebgram, kalo postingannya random kayak saya, emang susah buat naik followers-nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, biar jadi ciri khas Bang, jadi orang-orang tertarik buat follow kita :D

      Hapus
  27. profesi selebgram lagi ngetrend tetapi harus banyak follower dulu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah sebelumnya kita harus usaha dulu kak nampilin foto-foto keceh biar orang tertarik follow kita :D

      Hapus
  28. Tipsnya canggih Nes, cuma aku kadang males upload foto di instagram nih... harus minimal sehari sekali kali ya... biar jadi selebgram dan banyak follower hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba kalopun nggak tiap hari upload pun asal feed ig kita bagus bisa kok banyak followersnya hihi

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe