Rumah Makan Legoh : Restonya Anak Band

November 19, 2016

Larasatinesa.com - Saya ingat, dulu tahun 2012 saat media sosial twitter lagi jaya-jayanya, saya sempat ikut andil didalamnya. Hampir dipastikan tiap saat saya buka twitter buat update status galau ngeksis. Udah kayak kewajiban makan sehari 3x deh, tapi ini mah bisa overload berkali-kali buka twitter. Pfft. Bukan soal pengen lucu-lucuan aja sih, tapi saya gunakan twitter juga untuk bisa kasih saya manfaat. Salah satunya cari circle pertemanan.

Percaya atau nggak, twitter mempertemukan saya dengan banyak teman baru. Bagian paling berkesan adalah ketika bertemu dengan genk mention berjamaah yang telah berganti nama menjadi genk #Negeri1000hati. hahaha! Saya bertemu mereka (Lio, Anty, Kakika, Kaane, Lily, Kak Bety, Ninta, Karin, Phili, Agi, Fahmy, Mike) disebuah acara gathering yang nggak jauh-jauh dari dunia menulis di tahun yang sama. Jadi ceritanya, setelah pertemuan kami dari gathering tersebut, hubungan pertemanan kami pun berlanjut (sampai sekarang lho). Dari mulai mention-an di twitter yang bikin kepala orang pusing liatnya, bikin project bareng, bikin group what's app dan sering nongkrong bareng.

Waktu itu kami sempat agak kesulitan menemukan tempat nongkrong yang cocok. Kami inginnya tuh tempatnya terbuka, nyaman buat ngobrol rame-rame, dan yang pasti makanannya enak. Sampai tiba-tiba salah satu dari kami (lupa deh ini pelopornya siapa) punya ide untuk meet up di Rumah Makan Legoh.

Rumah Makan Legoh Bandung
Jujur aja nih saya beneran nggak pernah tau sebelumnya ada kedai yang namanya Legoh di Bandung #NesaAnaknyaKurangBergaul. Padahal RM Legoh ini letaknya di Jalan Sultan Agung yang merupakan salah satu jalan ngehits yang di sepanjang jalannya banyak clothing (distro) famous nya anak gaul Bandung. 

RM Legoh didirikan sejak tahun 2006 oleh Drummer Band Rock Koil (orang Bandung pasti udah familiar pisan) dan Yamaha Drum Endorsee, bernama Leon. Saya hampir nggak percaya nih kalo Om Leon yang merupakan owner sekaligus Chef yang masak semua masakan di Legoh. Nama Legoh sendiri rupanya diambil dari nama keluarga (marga) om Leon yang berasal dari Manado. Makanya nggak heran kalo masakan di Legoh ini kebanyakan terinspirasi dari masakan khas Manado.
Om Leon Koil a.k.a Chef Leon
Saya penasaran dong.. Kok bisa ya om Leon yang biasa gebuk drum tetiba buka bisnis yang jauh sama passion musiknya? Kemudian om Leon dengan senang hati menjelaskan sejarah singkat dari proses kelahiran restonya ini. Dulu waktu lagi asyik nge-band bareng Koil, ada masanya dimana beliau dan teman-temannya menyadari kalo nge-band itu ada pasang surutnya. Mereka lalu memutar otak untuk bisa survive dan tidak mengandalkan karier hanya dari band aja. Kemudian terpikirlah mereka semua untuk membuat bisnis. Kalau teman-temannya membuka bisnis clothing, berbeda dengan om Leon yang berencana akan membuat bisnis kuliner. Singkat cerita nih, ketika semua udah dipersiapkan, hanya tinggal satu aja yang masih kurang. Yap, kurang Koki alias Chef untuk masaknya doang. Bukan nggak mau nge-hire sih, tapi saat itu om Leon udah kehabisan modal. Dan bayaran juru masak pun juga nggak bisa dipandang sebelah mata kan? Apalagi sikonnya baru mulai merintis. Mau nggak mau beliau memberdayakan dirinya sendiri untuk jadi Chef. Dari keadaan yang 'kepepet' itulah beliaupun meminta sang Mama untuk mengajarinya memasak sedikit demi sedikit. Om Leon mengakui, kalo beliau dulu sama sekali nggak bisa masak lho. See? Semua akan berbuah manis ketika kita mau berusaha keras. Buktinya, sekarang Om Leon bisa sukses jadi pengusaha sekaligus Chef.

Waktu awal kemunculannya, RM Legoh  ini hanya berbentuk sebuah kantin kecil yang menyediakan makanan-makanan ringan untuk pengunjung distro yang kebetulan laper atau capek belanja. Dan juga sebagai tempat nongkrongnya para orangtua yang menunggu anaknya sekolah aja (Fyi, diseberangnya ada sekolahan).

Nuansa hitam-hitam khas anak band sangat mendominasi dari RM Legoh ini, tempat makannya sederhana dan berada di ruangan terbuka. Disaat banyak cafe menawarkan tempat kekinian yang bisa dipakai untuk eksis di media sosial dengan menu kebarat-baratan, berbeda dengan RM Legoh yang punya kekuatan di menu-menu khas Indonesia nya yang nggak bakalan pernah kamu temui di resto mana pun. Saya agak takjub sih karena RM Legoh ini nggak pernah sepi pengunjung terutama di jam-jam makan, kebanyakan yang kesini abege-abege pula. Ngehits banget!

Hingga saat ini, terhitung udah lebih dari 3x saya datang untuk makan di RM Legoh. Saya pun tentunya udah coba beberapa menu andalan RM Legoh. Diantaranya : Nasi goreng hitam, Cumi Rica, Keju Aroma, Tempe Mendoan, Es Alpukat Kerok, Es Gunung Cokelat, dll. 


Sapi Cuka + Sambal Matah + Nasi Merah
Dan kemarin menu makan siang saya berbeda dari biasanya. Ada Sapi Cuka + Nasi Merah + Sambal Matah + Es Kelapa muda Alpukat. Sapi cuka ini merupakan salah satu menu kreasi terbaru yang ada di RM Legoh dan recommended banget. Saya jadi penasaran seperti apa rasanya Sapi Cuka ini. Ini adalah pengalaman saya coba sajian potongan sapi goreng lembut yang sebelumnya dibalut cuka, ditambah kol goreng manis dan acar ini lalu dimakan dengan sambal matah yang rasanya seger banget dan bikin ketagihan. Gurih, asam, manis, sekaligus pedas jadi satu. Saya beneran nggak bisa berkata apa-apa, serius deh mending coba sendiri. Nggak salah sekarang Sapi Cuka jadi salah satu yang difavoritkan sama pengunjung RM Legoh. Good job om Leon!

Buat pecinta kuliner Indonesia khususnya Manado, menu ini nggak boleh dilewatkan kalo datang ke Legoh. Jangan salah, porsi makanan di Legoh ini super duper pas. Dijamin bakalan kenyang, hati pun senang.

Selain itu kemarin ada juga beberapa menu lainnya udah saya coba. Bisa dilihat dibawah ini beberapa yang udah dicoba. Yang unik disini terdapat beberapa kreasi makanan yang punya masing-masing sambalnya. Cocok nih buat kamu yang suka makanan pedas. Semacam jodoh gitu ya diciptakan buat saling melengkapi #eaa.  


Dari kiri atas ke kanan : Es Kelapa Alpukat-Tahu Pletok-Keju Aroma- Sapi Cuka-Nasi Goreng Hitam-Soto Sapi- Brokoli Crispy-Cireng Cocol-Es Goyobod-Bebek Bakar Madu-Iga Rawit-Nasi Daun Jeruk
Kalo ditanya apa menu favorit saya di RM Legoh? aakkk sejujurnya saya nggak bisa jawab! Karena semuanya enak, worth it, dan bikin ketagihan. Mau makanan, minuman atau cemilan.. Nggak ada yang nggak enak. Chef Leon ini emang keren banget. Dari yang tadinya sama sekali nggak bisa masak, bisa-bisanya beliau menciptakan menu-menu juara kayak gini. Jarang kan ada resto yang makanannya enak merata kayak gini. Oh ya, saat ini RM Legoh lagi ada promo. Siapapun yang selfie dengan menu Legoh, dapat diskon 10%. Menu lengkap bisa dilihat disini. 


Promo #SelfiediLegoh
Menu terbaru RM.Legoh
Nggak hanya itu, RM Legoh akan dengan senang hati menampung kritik dan saran dari para pengunjungnya terutama untuk inovasi menu-menunya. Karena ada beberapa menu disini yang asalnya dari permintaan pengunjung lho. Oh ya dapat info juga nih, sebentar lagi RM Legoh bakalan ada menu special breakfast.



Kalo ke Bandung jangan lupa mampir ke RM Legoh ya. Nggak usah khawatir, semua makanannya halal dan terjangkau kok. Jika beruntung, kalian pun bisa ngobrol langsung sama om Leon. 

Rumah Makan Legoh
Jalan Sultan Agung No.9 Bandung 40115
Telp. 022 - 4268108
Facebook : Rumahmakanlegoh
Twitter : @rmlegoh
Instagram : @rmlegoh
Website : rmlegoh.com


Cheers,

Nesa

You Might Also Like

33 komentar

  1. Aihh aku sering lewat tapi belum pernah mampir, penasaran ama sambal matah nya errrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesini dong bumil.. Endes-endes pisan hayoh

      Hapus
  2. Jaman kulian suka ksiniii tp blm segede skrg, trus liat2 barang2 distronya yg serba gelap 😆 Baru inget lg baca tulisan inj, ternyata dah gede, next time ksini aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaaw dari jaman kuliah udah ada teh? Jadi berkembang pesat sih emang. Wajib kesini teh pokoknya hehe

      Hapus
  3. aku juga dulu sering kesini dan pasti pesen makan + keju aromanya, hehehe :p
    jadi kangen makan disini deh apalagi liat sapi cukanya, ngileeeerrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cemilan favorit aku pun keju aroma..
      Sapi cukanya beneran enak mba. Serius. Hehe

      Hapus
  4. Jadi lapar nih abis lihat tulisan di atas. Sambal matah bikin penasaran...

    BalasHapus
  5. patut dicoba klo lagi main ke bandung. secara chefnya drummer. jadi penasaran sama rasa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya Om Leon chef drummer terbaik :))

      Hapus
  6. Huhuhu.... aku belom pernah ke sini. Penasaran banget dengan sapi cukanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh kesini dong teh, serius aku mah disini enak-enak semua :D

      Hapus
  7. Hebat euy anak band mau belajar masak dan sekarang jadi chef. Kebayang kan ya anak band kaya gimana. Jauh deh dari urusan dapur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun sama sekali nggak nyangka mba, om Leon yang badannya gede dan sangar ternyata jago masak hihi

      Hapus
  8. Nasi goreng hitam itu unik juga 😀 keren deh, sekalinya belajar masak langsung jadi chef

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu hitamnya dari tinta cumi lho mba Nita. Keceh yaa semua dimanfaaatkan jadi unik :))

      Hapus
  9. Wah anggota band bisa masak? keren eui.
    Moga2 bisa incip2 menu di resto ini kaau ke Bandung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisaa mba, anak band kece mah emang gitu hahaha.. Yuk mampir ke Legoh :D

      Hapus
  10. Asyik nih drummer tapi jago masak. Jadi penasaran nyicip :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ke Bandung mampir sini dong Mba :D

      Hapus
  11. ngeliat porsinya kayanya bakal kenyang banget hihihi, besok kalo ke bandung mampir ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini porsinya Om Leon banget sih Mba, pasti dijamin kenyang :))

      Hapus
  12. enak nih Legoh emang, tempat tongkrongan wajib jaman kuliah. Ketemu Band apaan disini Mbak? mayan buat feeds instagram

    -M.
    http://inklocita.blogspot.co.id/2016/11/impulsive-weekend-trip-awal-mula.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketemu Om Leon doang sih kalo kemarin pas kesini. Kak lain kali link hidupnya jangan ditulis ya.. Terimakasih :)

      Hapus
  13. Tempatnya nyaman euy,makanan enak dan rekomendasi banget ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan ke Bandung main sini ya Mba Titis :D

      Hapus
  14. Wuihh kece yaaa, dah jago musik juga jago masak, ajiib...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Dew, Om Leon Koil emang keceh hehee

      Hapus
  15. nasi goreng hitam menu yang sangat menarik sekali.. hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. menarik dan enak beneran sih kak hehe

      Hapus
  16. pingin juga sekali2 makan disini

    BalasHapus
  17. Pernah diajakin sama temen dulunya nongkrong disini (pas masih jadi mahasiswa di bandung). Cuma kan sok sibuk waktu itu, sok pengen lulus cepat. hahha. Jadi belum pernah singgah deh.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe