Berkunjung ke Tempat Wisata Bersejarah di Malang? Why Not?

00.00.00

Larasatinesa.com - Mendadak saya kangen Malang nih, padahal saya tahun ini udah 2 kali kesana. Emang deh Kota Apel ini selalu nggak akan ada habisnya untuk dikunjungi. Rasanya kemarin saya belum puas, mungkin karena disana selalu ada saja tempat-tempat wisata menarik yang membuat para wisatawan terpesona akan keindahannya.
sumber : malang.merdeka.com | edited by canva
Saat traveling ke Malang, mayoritas wisatawan terfokus kepada obyek wisata yang populer di Malang seperti Batu Night Spectacular (BNS), Jatim Park 1 dan 2, Wisata Taman Bunga dan Petik Apel Selecta, Pantai Goa Cina, Pantai Balekambang dan Paralayang Malang. Tak heran bila saat ini banyak wisatawan berburu tiket promo. Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan harga promo gila-gilaannya setiap bulan. Salah satunya adalah maskapai penerbangan bergengsi, Garuda Indonesia. Siapa sangka bahwa Tiket Promo Garuda ke Malang tengah banyak dipantau oleh wisatawan karena memang banyak tempat wisata menarik disana. Padahal selain tempat wisata yang disebutkan diatas tadi, daerah Jawa Timur khususnya Malang juga memiliki banyak peninggalan tempat bersejarah sejak zaman kerajaan Hindu dan Budha ratusan tahun lalu.
 
Banyaknya peninggalan bangunan bersejarah tentu menjadikan Malang sebagai salah kota yang patut dikunjungi untuk wisata sejarahnya. Hal ini tentu memberi kesan berbeda, karena liburan bukan sekadar dapat memperbaiki mood tapi juga dapat menambah ilmu pengetahuan. Saya pun termasuk yang suka sekali mengunjungi tempat bersejarah. Kali ini saya akan ajak kalian ke beberapa destinasi wisata bersejarah yang ada di Kota Malang, Jawa Timur. Simak yuk ulasannya!

Candi Jago
Tempat wisata bersejarah pertama yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Malang adalah Candi Jago. Lokasi candi ini ada di Dusun Jago, tepatnya di Desa Tumpang, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur. Jika dari pusat kota Malang, jaraknya sekitar 22 kilometer kearah timur.  Selain Candi Jago, candi ini juga dikenal masyarakat dengan sebutan Candi Tumpang atau Cungkup. Penamaan Jago itu sendiri berasal dari kata Jajaghu yang bermakna keagungan.
Di dalam Candi Jago, terdapat relief-relief mulai dari kaki sampai dengan dinding ruang atas, semuanya terpahat dengan begitu rapi dan artistik. Relief yang ada di Candi Jago mengandung symbol ajaran dari agama Hindu dan Buddha. Pembangunan Candi Jago berkaitan erat dengan wafatnya seorang tokoh bernama Sri Jaya Wisnuwardhana. Berkunjung ke candi ini tentu menambah khazanah pengetahuan akan sejarah, excited!
Sumber : persewaanmobilmalang.com

Candi Kidal
Tempat wisata bersejarah lainnya yang ada di Malang adalah Candi Kidal. Candi Kidal merupakan candi pemujaan tertua di Jawa Timur. Lokasi candi ini berada di Desa Rejo kidal, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur. Jika dari pusat kota Malang jaraknya sekitar 20 Kilometer. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Candi Jago. Saat berkunjung ke Candi Jago, tentu Candi Kidal juga tak boleh kamu lewatkan.
Sumber : vnom89.staff.ub.ac.id
Candi Singosari
Sesuai dengan namanya, Candi ini merupakan peninggalan dari kerajaan Singosari. Candi Singosari merupakan candi Hindu dan Buddha yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota Malang. Jarak dari pusat kota ke Candi Singosari hanya sekitar 9 kilometer kearah kota Surabaya. Lokasinya berada di Kecamatan Singosari, tepatnya di Desa Candi Renggo, Malang, Jawa Timur.
Keunikan dari Candi ini yaitu memiliki dua bangunan bertingkat dengan hiasan dinding luar candi tidak rata, berbeda dengan candi pada umumnya yang strukturnya lebih rata. Saat berkunjung ke kota Malang, jangan lupa mampir ke Candi Singosari ya!
Sumber : wisatamalang.info
Petirtaan Watu Gede
Tempat wisata bersejarah lainnya yang ada di Malang adalah Petirtaan Watu Gede. Tempat wisata ini merupakan pemandian kuno yang dinding kolamnya terbentuk dari batu bata kuno yang cukup besar. 
Pada zaman dahulu tepatnya pada masa kerajaan Singosari, Petirtaan Watu Gede merupakan tempat pemandian yang biasa dipakai oleh raja dan para putrinya. Air di pemandian ini cukup jernih dan udaranya juga sejuk. Jika kamu ingin mencari tempat beristirahat untuk melepas penat tempat ini cukup direkomendasikan. 
Lokasi Petirtaan Watu Gede berada di Desa Watu Gede, Singasari, Malang, Jawa Timur. Lokasinya cukup dekat dengan kota Malang. lokasinya juga cukup mudah dijangkau dengan kendaraan motor atau mobil. Ingin mencari udara sejuk di kota Malang pada siang hari? Coba deh berkunjung ke tempat ini.
Sumber : mblusuk.com
Candi Songgoriti
Di Kota Wisata Batu Malang, bukan hanya terdapat Batu Night Spectacular (BNS). Di kawasan ini juga terdapat tempat wisata sejarah yaitu Candi Songgoriti. Menurut cerita legenda, candi ini dibangun di atas sumber mata air yang panas dan diyakini dapat menjadi penyembuh berbagai penyakit. Candi Songgoriti juga diyakini sebagai tempat pembuatan keris. Lokasi Candi Songgoriti dekat dengan Taman Rekreasi Nirwana Songgoriti. Selain Candi Songgoriti, masyarakat setempat juga mengenal candi ini dengan sebutan Candi Supo.

Sumber : malang.merdeka.com

Itulah 5 tempat wisata sejarah di Malang yang anti mainstream. Gimana, tertarik untuk berwisata sejarah ke Malang? Selain berwisata, wawasan kita pun akan bertambah lho. Mumpung mau liburan akhir tahun nih, yuk rencanakan liburanmu yang berbeda di Malang!


Cheers,

Nesa 

You Might Also Like

30 komentar

  1. besok dah klo ada kesempatan ke malang kesini semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, beneran besok ya ke Malangnya :))

      Hapus
    2. besok kan ntar kapan haha, yang penting besok lusa, tahun atau apalah hahhaa...jujur saya blm pernah ke malang kak larasati :)

      Hapus
  2. Menarik, Mbak Nesa. Beautiful Malang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beautiful sekali pokoknya, sampai nagih ingin kesana terus hehe

      Hapus
  3. Berulangkali ke Candi, tapi baru tahu ada tiga candi yang menarik dikunjungi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, Malang paket komplit. Wisata apa aja ada :D

      Hapus
  4. halo mba neisia, bagus sekali informasinya. dulu ke malang sayang sekali miss tempat-tempat yang disebutkan. padahal menarik terutama sejarahnya. kalau begini lain kali bisa ingat. tq. kukasih tahu teman2 juga yg mau visit malang, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, jadi alternatif wisata baru kalo ke Malang. Jadi balance antara wisata buatannya sama wisata alamnya hehe

      Hapus
  5. Semoga diberi umur buat mampir ke malang dan keliling ke beberapa tempat wisata seperti siatas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Doa yang sama buat saya juga :D

      Hapus
  6. Ada banyak Candi di Malang, semoga ada kesempatan untuk berwisata di Malang.

    BalasHapus
  7. Banyak juga ya candi2nya. Saya taunya Malang cuma museum angkut dan batu night :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya pun aku taunya gitu Mba, ternyata candinya juga nggak kalah keren sama yang di Jateng :D

      Hapus
  8. Banyak juga ya candinya?? Namun sebanyak apapun, teteh belum pernah ke sana. *komen kok kesannya udah ke malang aja hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalo udah lahiran ke Malang teh, seru-seru tempat wisatanya. Krucilsnya pada seneng banget :D

      Hapus
  9. Banyak candi juga ya Malang, belum pernah kesana tapi paling pengen ke petirtaan itu.Keren ya kayanya tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, Petirtaan vintage banget ya. Bisa nih mandi-mandi ala bidadari :))

      Hapus
  10. Cakep banget mba..aku belum pernah ke Malang..taunya cuma apel Malang..ternyata banyak peninggalan sejarah juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Malang Mba, tempat wisatanya seru semua dan murah-murah lho..

      Hapus
  11. Kereeen!
    Jadi makin pengen ke Malang Mba.. Saya blm pernah ke Malang 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo ke Malang Mba, jangan mau kalah sama bule-bule luar negeri yang pada betah wisata di Malang :))

      Hapus
  12. wahh... terakhir aku ke Malang waktu anakku masih kecil-kecil... mungkin 10 tahun yang lalu deh... tapi cuma wisata ke perkebunan saja sih, nggak sempet ke candi-candinya. padahal cakep ya ternyata candi candinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, bagus-bagus candinya. Yuk ke Malang :)

      Hapus
  13. Wah itu nama candinya ga asing, ada di buku IPS jaman SD. Masih inget gara-gara dulu ada semacam mencongak nama-nama candi di Indonesia hahaha seru kali ya bisa ke sana beneran, tapi kapaaaan ><

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok keren sih masih inget pelajaran SD. Ku sudah jompo sekali ndak inget apapun :))
      Ayo mba, selama ada niat pasti kesampaian hihi

      Hapus
  14. berkunjung ke tempat wisata bersejarah juga gak kalah seru ya..

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe