Hal-hal Ini Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Menikah

September 28, 2016

Larasatinesa.com – Menikah, adalah sebuah pencapaian hidup yang ingin dimiliki oleh setiap manusia. Tanpa terkecuali kamu yang mungkin sekarang masih duduk dibangku sekolah, kamu pasti sudah membayangkan bagaimana pernikahan impianmu kan? Kalau kamu nggak punya keinginan itu, mungkin kamu tipe manusia abnormal. 

Anyway.. menikah bukan perkara mudah lho, mungkin dari luar terlihat sangat indah ya, kamu harus punya kesiapan mental dan finansial yang cukup untuk melangkah menuju gerbang pernikahan. Nah, walaupun masih muda gini nggak ada salahnya kamu bersiap-siap untuk masa depanmu ini. Kalau jodohnya belum kelihatan pun bukan berarti kamu bisa berleha-leha juga. Siapa yang tahu selesai sekolah atau kuliah kamu tiba-tiba bertemu jodohnya. Hayo.


Banyak sekali yang harus dipertimbangkan oleh kamu ketika memutuskan akan menikah. Menikah akan membuat hidupmu berubah. Yang tadinya hanya memikirkan diri sendiri, nanti jadi tidak bisa. Ada prioritas utama yang harus dijalani, mau kamu jadi suami ataupun istri, semua ada perannya masing-masing. Menikah bukan perkara senang-senang saja, komitmen seumur hidup dihadapan Tuhan ini harus dipertanggungjawabkan kelak. Jelas dong ini sakral banget, nggak boleh main-main.


Menikah tidak akan merubahmu menjadi orang lain, kamu tetap sama, tetapi statusmu kelak itu yang akan merubah keseharianmu. Nah, sebelum kamu memutuskan untuk menikah, ada baiknya kamu melakukan hal-hal dibawah ini agar nantinya kamu tidak menyesal dikemudian hari.

Traveling sendirian ke semua tempat impian
Memang sih, traveling bisa dilakukan juga ketika sudah menikah. Tetapi sensasi traveling sendiri itu lebih nikmat lho. Kamu hanya memikirkan dirimu saja, bebas, tanpa harus memikirkan keinginan pasanganmu yang misalnya : ingin menginap di hotel yang itu, ingin makan makanan yang ini, ingin mengunjungi tempat yang berbeda dari keinginanmu, dll. Ada hal-hal yang harus disepakati oleh 2 kepala tanpa harus ada yang mengalah (tapi kayaknya akan selalu ada yang mengalah dan harus menuruti keinginan pasangannya). Jadi, ada baiknya kamu siapin bucket list tempat impian dan puas-puasin dulu untuk traveling ke berbagai belahan bumi selama statusmu masih single.

Membeli barang yang diinginkan
Jadi, nanti kalau kamu sudah menikah kamu nggak lagi bisa membeli barang-barang yang kamu inginkan sesuka hati. Ada budget rumah tangga yang bakalan harus kamu penuhi, terlebih kalau kamu itu laki-laki yang nantinya menjadi tulang punggung di keluarga. Belum lagi setelah menikah kamu punya anak, wah jelas prioritasnya sudah lain lagi. Makanya sebelum itu semua terjadi, sebaiknya list dulu semua barang yang kamu inginkan lalu membelinya satu-persatu. Syukur-syukur nih ya nanti sesudah menikah kamu masih bisa menuruti kemauanmu ini. Tapi ingat, jangan kelamaan keasyikan kumpulin barang kesukaanmu, karena bisa-bisa kamu keburu tua. Hahaha.

Berkumpul sepuasnya dengan teman-teman
Pada akhirnya nanti kamu dan teman-temanmu akan menikah juga. Kamu dan teman-teman tidak akan lagi bisa bertemu se-intens dulu pada saat kalian masih single. Karena setelah menikah keluarga menjadi hal yang utama yang harus dipikirkan. Kamu nggak mungkin dong senang-senang sendiri tanpa mengajak suami atau istrimu nanti, egois itu namanya. Untuk itulah sebelum janur kuning melengkung, puas-puasin dulu nakal-nakalanya sama teman-temanmu deh.

Datang ke berbagai Event Kesukaan
Lagi-lagi ini menjadi salah satu hal yang harus dipikirkan. Mungkin bagi kamu yang punya kegemaran yang sama dengan pasangan sih nggak akan menjadi masalah, karena nanti setelah menikah pun bisa melakukannya bersama-sama. Tapi bagaimana bila pasangan kamu jauh berbeda denganmu? Kamu yang suka menonton konser band favorit tetapi pasanganmu tidak, kamu yang adalah seorang blogger yang sering menghadiri acara gathering tapi pasanganmu lain, kamu yang interest dengan berbagai pameran seni tetapi pasanganmu berbeda, ini jelas nggak boleh dipaksain dong. Belum lagi bila kamu perempuan dan statusnya sudah menjadi istri, mendapatkan izin untuk bepergian dari suamimu juga sangat penting. Ada baiknya selama kamu single, kamu manfaatkan waktumu untuk datang ke berbagai event yang kamu senangi. Terlebih event tersebut ada hubungannya dengan passionmu.

Banyak meluangkan waktu untuk Orang Tua dan Keluarga
Hmm.. ini nih yang kayaknya agak sensitif. Setelah menikah intensitas kamu bertemu orang tua akan menjadi berkurang. Status kamu nanti sudah bukan lagi menjadi anak, karena sudah tidak tinggal bersama orangtuamu. Orangtuamu nggak akan lagi bisa ikut campur menentukan masa depanmu setelah kamu menikah. Mereka nantinya hanya bisa mendukung dibelakangmu saja. Makanya sebelum masa-masa itu tiba, kamu harus punya banyak waktu untuk mereka, walaupun sekadar ngobrol, membantu menyelesaikan tugas rumah, makan bersama, itupun sudah bikin mereka senang. Karena tidak bisa dipungkiri, hal-hal inilah yang nantinya akan kamu rindukan ketika sudah menikah. Bukan apa-apa lho, keluargamu adalah tempat kamu kembali pulang. Mereka yang akan menerima dan merangkulmu disaat susah ataupun senang. Jadi, manfaatkan quality time mu bersama mereka dengan baik ya.  

So, jangan terburu-buru dalam mengambil langkah ya. Ada kalanya kamu harus memikirkan dirimu terlebih dahulu ketimbang orang lain. Karena bila kamu sudah merasa cukup puas dengan apa yang kamu dapatkan dan lakukan ketika masih single, kemungkinan hidupmu pun merasa bahagia tanpa penyesalan nantinya. Menikah bukan hanya masalah ranjang belaka, berpikir matanglah sebelum kamu memutuskannya. Jadilah manusia yang bijak menentukan apapun, karena masa depan ada ditanganmu.

Cheers,

Nesa

You Might Also Like

21 komentar

  1. Bener banget teh dan yang traveling sendirian ke tempat impian belum kesampaian. Semoga bisa cepat kesampaian. Aamiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Doaken aku juga biar bisa traveling ke seluruh dunia ya.. Hahahaha

      Hapus
  2. WAh.. Aku dulu belom sempet ngelakuin yang pertama. Traveling sendirian. Sekarang aja gitu? Hihihi... mana bisa. Yang keingetan cuma si bocah2. Wkwwkk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bocah-bocah pasti lebih seru travelingnya teh. Seru dan riweuh hihihi

      Hapus
  3. Bener nih... Dulu aku pun puas-puasin jalan-jalan, main, ngumpul sana sini sebelum nikah. Hahahaa.. Jadi Nesa kapan nyusul? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku besok juga jadi mbak, kalo nggak hujan.. Hahahaa :p

      Hapus
  4. Dulu saya gak sempat travelling sendirian. Jalan-jalan baru sekitar Yogja dan Bandung. Umur 20 tahun sudah ada yang ngelamar. yaudah nikah. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah teh, berarti dikasih jodohnya cepet ya.. Masih bisa traveling kok, sama keluarga lebih seru :D

      Hapus
  5. Setuju banget ini, harus maksimalin diri banget lah sblm terikat secara resmi heheh..

    Btw aq pernah nulis tema serupa juga loh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus dimanfaatin sebaik mungkin kan momentnya. Oh ya banyak juga ya ternyata yang sepikiran sama aku hehee

      Hapus
  6. Traveling sendirian masih belom nih.. Tapi untuk poin yang lain dan poin beli barang yang diinginkan udah banget.. Soalnya katanya kalo udah nikah, mau jajan sepuasnya tuh jadi serba salah.. Hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, soalnya kebutuhannya udah beda. Dan walopun cewek, tetep aja nanti beli apapun harus izin suami dulu hehe

      Hapus
  7. Oh iya juga ya, Kalau kita udah menikah, kita agak susah traveling sendirian ke semua tempat impian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya bisa-bisa aja sih mas, tapi emang bakalan tega nggak ajak pasangan sendiri? yang ada malah perang dunia ke 3 hahaha

      Hapus
  8. Bener banget. pkoknya manfaatin waktu sebaik baiknya dlu sblum nikah.

    BalasHapus
  9. Jangan lupa hunting pasangan lho, ntarkalo keasyikan sendiri malah ngak nemu pasangan trus kapan nikah nya ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaaa senangnyaah kak Cum BW ke blog aku 😂😂 Kalo aku sih diperjalanan 5 point diatas sambil hunting pasangan juga kak hehe

      Hapus
  10. Wait... berarti saya termasuk manusia semi-abnormal dong :P Soalnya saya kepikiran nikah cuma karena orang-orang di sekitar saya udah pada nikah. Tapi deep down inside...mikir lagi hahahaha

    Tapiii semuanya udah saya kerjain lho, berarti tinggal nikahnya aja ya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya kitanya fine-fine aja teh,cuma orang2 sekitar yang suka rempong. Jadi kadang mikir juga ini temen-temen pada nikah karena lagi musim atau emang beneran udah siap hahaha

      Iya didoain semoga segera bertemu jodohnya teh. Aamiin

      Hapus
  11. iya benar banget kak, membeli barang yang kita inginkan, karena setelah menikah belum tentu bisa ya,.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe