Travelling to Happiness : Hoppipolla Iceland (Part 1)

00.35.00

Bukan.
Saya bukan mau nulis tentang Sigur Ros kok. Tapi saya mau sedikit bercerita tentang angan-angan saya yang ingin sekali tinggal di negara asal band kesayangan saya ini. Saya bukannya nggak ingin berkunjung ke negara-negara lain yang sudah mainstream kayak Amrik, Inggris, Jepang, Korea, atau yang deketan nih Australia. Satu-satunya negara yang ingin saya kunjungi di hidup saya cuma Islandia (atau yang biasa disebut Iceland) ini :))) 
Ya kalau nggak bisa jadi warga sana minimal saya bisa menginjakkan kaki kesana, sekali seumur hidup ya, Amin :)

By the way, saya bukan nggak cinta sama negara sendiri, melainkan saya kagum sama Islandia yang menurut klaim banyak orang dan situs di internet negara ini adalah salah satu negara paling damai, nyaman serta penduduk nya paling bahagia di dunia. Kebayang deh ketika nanti saya tua bisa main-main sama cucu di padang rumput disalah satu perbukitan Islandia, hidup damai nggak ada beban mikirin segala cicilan bulanan menghabiskan sisa hidup saya bersama orang-orang yang saya sayangi disana :')



Sejarah Islandia (Sumber Wikipedia).

Islandia (bahasa Islandia: Ísland) atau disebut juga Tanah Es adalah sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia.

Reykjavik adalah ibukota Islandia dan memegang peranan penting sebagai kota pelabuhan. Kota-kota penting lainnya antara lain Akureyri, Kópavogur, Hafnarfjörður, Keflavík, dan Vestmannaeyjar.

Penduduk Islandia sebagian besar adalah orang Skandinavia. Bahasa yang mereka gunakan adalah bahasa Islandia yang hampir tidak berubah ejaan maupun tata bahasanya selama 1.000 tahun. Orang Islandia bahkan dapat membaca saga kuno yang menceritakan tentang petualangan para Viking tanpa kesulitan yang berarti. Hampir semua orang Islandia menganut agama Kristen aliran Lutheran.

Bahasa Islandia lumayan susah juga ya, lebih susah dari bahasa Belanda yang sedang sedikit-sedikit sedang saya pelajari. Nyebutin nama salah satu kota saja bisa rempong banget ya :))
Tapi semua aman terkendali sih kalau di dalam hati punya tekad yang kuat untuk kursus bahasa Islandia dulu.. tapi entahlah kapan niat itu muncul, mengingat bahasa inggris saja masih suka pakai google translate :))

Aloha Iceland!

Lepas dari pemandangan alamnya yang luar biasa, Islandia ternyata punya prestasi nggak kalah keren. Semua penduduknya (yang berjumlah 300.000 orang) nggak ada yang buta huruf. Populasi yang berpendidikan tersebut juga punya toleransi yang baik terhadap kaum minoritas.
Dan bahkan di Islandia, angka pembunuhan adalah 1,8 per 100.000 penduduk atau sangat rendah. Bandingkan dengan Amerika Serikat, yang mencatat angka 5,8 per 100.000 penduduk setiap tahunnya.

Okelah, saya nggak akan bahas angka pembunuhan karena itu ngeri. Mengingat postingan saya dari kemarin-kemarin galau mulu Sekarang saya mau fokus ke tempat-tempat wisata alam Islandia yang Subhanallah banget yang sekaligus bikin mata dan hati jadi adem #ehem

Menurut situs gayahidup.plasa.msn.com Islandia merupakan negara tempat wisata terbaik di Eropa. Islandia merupakan negara paling banyak dikunjungi wisatawan asing dibandingkan dengan negara Eropa lainnya.

Nih buktinya..


Siapa yang tidak terhipnotis dengan keindahan Air Terjun Bruarfoss, Islandia. Republik Islandia atau Tanah Es adalah sebuah negara pulau di bagian utara Samudera Atlantik. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Negara yang selalu dingin ini menjanjikan tempat-tempat yang indah yang layak dikunjungi. European Travel Commission mencatat dari bulan Maret hingga Juni 2013, Islandia mengalami peningkatan dalam jumlah wisatawan yang datang. Pertumbuhan tersebut mencapai 30 persen, disusul negara Slovakia, Montenegro, Latvia dan Kroasia. Data tersebut menegaskan bahwa Islandia adalah tempat wisata bagi para wisatawan yang ingin mencari secuil ''surga'' di tanah Eropa.



Keindahan Air Terjun Bruarfoss, Islandia yang mengalir ke Sungai Hvita yang berasal dari Langjoekull Glacier. 
Anyway.. Apa emang surga bentukannya kayak gini ya?



Vatnajoekull Glacier, Islandia. 
Saya nggak tau apa jadinya kalau suatu hari saya kesini. Ya Tuhan.. ini indah banget ya.. bisa nggak ya dipindah ke Indonesia.



Blahver, kolam indah dengan air berwarna biru di Hveravellir. Tampak pelangi di kolam biru yang berbentuk seperti gunung berapi mini. 
Lihat ini saya jadi ingat sama wisata Kawah Putih di Ciwidey-Bandung. Semua fenomena alam memang menakjubkan. 



Gunung berapi yang masih aktif saat malam hari di tepi Samudera Atlantik, Bakkageri, Islandia
Saking terpesonanya, lupa ya kalau ini gunung masih aktif. Yang tinggal disini pasti makmur banget tanahnya subur, tiap harinya disuguhi pemandangan yang indah. Awet muda pasti :')



Kolam air panas, laguna biru di Reykjavik, Islandia. 
Nah ini dia kolam berasap yang sering saya lihat dalam situs pencarian tempat wisata Islandia. Saya pikir ini kolam air es loh, tapi nggak mungkin juga ya udah namanya tanah es terus ada kolam es dan banyak orang-orang yang berendem. Lo kate manusia nyawanya ada sembilan bisa tahan suhu dingin gitu :)))



Pelangi terlihat di dekat Air terjun Emas di Sungai Hvita, Islandia. 
Kira-kira Sigur Ros bakalan bikin konser nggak di bukit-bukit pinggiran air terjun ini? Boleh dong nonton pertunjukan musik mereka melantunkan lagu Olsen-Olsen sambil selonjoran unyu sekaligus nikmatin view disini. Aaakk :')



Batuan di dekat sungai kecil dengan latar belakang bukit-bukit dekat wilayah Skaftafell, Islandia.
Saya lagi bayangin adegan dongeng-dongeng jaman dulu yang cewek-ceweknya lagi nyuci baju sekalian mandi di sungai. Kalau sungainya indah begini, nggak ada arus dan bersih bakalan ada nggak ya selendang yang ceritanya lepas terus ditemuin sama Jaka Tarub? maybe namanya kalo di Islandia jadi Jon Tarubson #apeuu #jadulabis #jebakanumur



Bongkahan batu es yang mencair di atas perairan laut Atlantik terlihat indah di Islandia.  
Mungkin kalau saya ada disini, saya mau sok-sok akting ala Rose di film Titanic. Nggak papa deh dikatain udik, baru nemu sih kolam ada es segede-gede gaban nggak wajar gini. Maklum aja ya tiap hari cuma liat es kotak-kotak di kulkas :\




Aurora Borealis, Lukisan langit berwarna yang hidup yang sering disebut dengan cahaya utara merupakan fenomena yang menakjubkan di Islandia.
Saya pecinta Aurora. Islandia menawarkan pemandangan aurora yang spektakuler. Sayangnya aurora atau yang biasa disebut northern lights ini nggak muncul di Indonesia. Jujur saja yaa.. alasan utama saya ingin sekali ke Islandia karena bertemu dan menyaksikan Aurora lebih dekat.


Moncong glacier Svinafellsjoekull di Islandia Selatan. 



Batu es besar berbentuk seperti bola di atas pasir pantai di Islandia. 
Saya sudah nggak ngerti lagi gimana caranya ini es batu bisa nggak meleleh dipinggir pantai. Apa nggak dimanfaatkan saja gitu daripada nganggur? Maybe, saya bisa loh dagang es serut warna warni disini #yakaliii





Batu es raksasa yang mengapung di laut Islandia. 
Nggak usah pada sok-sok berani berenang disini ya, dijamin airnya dingin banget dan sesudahnya pada kepentok es batu dan nggak yakin selamat :p


Air terjun yang berasal dari gunung es yang mencari di Islandia Timur. Sekilas kayak air terjun buatan ala-ala kebun rumahan. Tapi benar nyata adanya ini semua saudara-saudara! Lihat ada air terjun begini bawaanya pengen mandi-mandi cantik ya..



The Sun Voyager
(Icelandic: Sólfar) Adalah sebuah mahakarya seni dari seniman Islandia bernama Jón Gunnar Árnason yang dibuat pada tahun 1990. Katanya sih nggak lengkap kalau ke Islandia belum kesini. Saya masih belum tahu apa keunikan dari Solfar ini. Mungkin bisa dibuktikan segera kalau ada yang kasih hadiah tour ke Islandia 7 hari 7 malam sekarang, mungkin? :p 



Danau Mvatn, Islandia.
Lihat nggak itu dari jauh ada bangunan putih gentengnya merah. Itu rumah saya nanti kalau jadi tinggal disana. Hahahaha! Aminin saja ya. iya.


Ini bukan rumah mainan anak-anak loh apalagi rumah-rumahan mainan monopoli, melainkan ini adalah rumah-rumah penduduk Islandia. Sumpah yaa unik banget. Lucu warna-warni catnya, betah banget penduduk Islandia tinggal di negaranya ya jauh dari yang namanya kepoin tetangga.. ya jelas saja jarak rumah satu sama yang lain berjauhan. Pantesan mereka hidupnya damai banget..

Mudah-mudahan kalau masih ada umur, rejeki dan kesempatan InshaAllah saya ingin sekali berkunjung ke Islandia. Namanya juga cita-cita dan harapan ya, siapa tahu nanti bisa hanimun bareng suami kesini. Hihihi :')

Sebetulnya masih banyak yang ingin saya ceritakan. Tapi karena judulnya dari awal mau sedikit bercerita, segini aja dulu deh ya biar konsisten. Muahaha! Masih banyak keindahan-keindahan lainnya tentang Islandia yang masih ingin saya gali. 

Saya cinta Islandia. Sigur Ros. Indonesia. Dan juga Bandung.

" Maka, Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan? " (Q.S Ar-Rahman)

sjá þig fljótlega!
-Neisia-

You Might Also Like

6 komentar

  1. keren,, abis liat film secret life walter mitty bru tau pemandangan indah di islandia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. surga dunia banget! wohoo :D

      Hapus
  2. :') nginjakin kaki ke iceland salah satu impianku yg kunantikan :)
    sekaligus nonton band favorite ku(Sigur-ros) wkwkwk :v
    mudah2an impian kita trcapai y kak, amin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Neisha... impian mu sama persis kaya aku, Iceland is one of the places i have to visit before i die

      Hapus
    2. Kyaaa.. semoga kita bisa kesana segera ya, Kak! Aamiin :)

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe