#ExploreJogja: Naik Bianglala di Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta

Januari 21, 2019

Larasatinesa.com - Sumpah ya, terlalu banyak hal-hal yang ada di Yogyakarta ini yang bikin susah move on. Salah satunya saat saya main ke Sindu Kusuma Edupark. Taman bermain ini nggak seperti kebanyakan themepark pada umumnya, nggak tau kenapa saya bahagia banget bisa menghabiskan hari Minggu saya di sana.
Naik Bianglala di Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta 🎡
Perjalanan saya kali ini memang bukan khusus buat liburan, melainkan ada kerjaan yang mengharuskan saya ke Jogja buat meliput sebuah event sekolah. Saya kebetulan di Jogja cuma 3 hari 2 malam dan nggak punya persiapan khusus bakalan melipir ke mana. Jadi, semua tempat kunjungan kemarin itu dadakan. Saya tiba-tiba aja ingat, adik saya sebelumnya bercerita kalau dia pernah ke sebuah taman bermain di Jogja yang tempatnya tuh cozy banget. Taman bermainnya macam pasar malam gitu, tapi dikemas lebih modern. Dan yang lebih ngeselinnya, dia nunjukin ke saya sebuah foto bianglala dengan background langit cotton candy sunset berwarna pink-violet yang keren banget. Nggak nyangka pemandangan itu ada di Sindu Kusuma Edupark Yogyakarta, saya kirain bianglalanya ada di Santa Monica Pier. Hehe.


Pintu masuk SKE

Jalan menuju wahana-wahana SKE

Sambil jalan, sambil menambah wawasan~
Setelah sebelumnya makan ice cream di Tempo Gelato dan mengunjungi Situs Warungboto, saya dan Alka (sobat BnB sekaligus project manager Seruni #dijelasin) langsung pesan taxi online buat memenuhi keinginan saya ke Sindu Kusuma Edupark. Tempatnya lumayan agak jauh sih tepatnya di Jalan Magelang KM 2, tapi karena macetnya Jogja nggak semacet kayak di Bandung, jadinya nyantai aja gitu.

Sampai di sana saya takjub, tamannya luas banget, dan berada di dalam komplek perumahan yang masih banyak lahan kosongnya. Sindu Kusuma Edupark (SKE) diresmikan pada tanggal 20 Desember 2014 yang lokasinya berada di Kab. Sleman dan berdiri di atas lahan seluas 7 hektar. SKE ini adalah themepark yang menyediakan wahana permainan baik untuk anak maupun dewasa. SKE dikemas untuk memberikan hiburan bagi seluruh anggota keluarga.

Saya rasanya kayak dejavu nih pas lihat tamannya mirip banget sama yang ada di Jatim Park 1 - Batu, Malang. Eh, bener aja SKE ini merupakan salah satu unit usaha dari Kusuma Agrowisata yang berpusat di Kota Wisata Batu - Jatim, yang jam terbangnya udah nggak diragukan lagi dalam pembangunan daya tarik wisata. Pengelolaan SKE ditangani oleh manajemen yang sudah mengelola beberapa wahana Waterpark / Themepark dan atau Edupark di Indonesia. Wagelaseh keren banget!


Miniatur dongeng Legenda Indonesia

Di sini ada Candi Prambanan juga lho.. miniaturnya 🙈

Pernah nemu wahana ini di Taman Selecta Batu - Malang
Mz, tolong anterin ke pasar beringharjo ya mau beli jastipan daster neh..

Biar kamu nggak nyasar, baca dulu nih~
Untuk tiket masuknya kamu pun bisa memilih jodoh, mau yang terusan atau tidak. Kalau saya kemarin nggak beli yang terusan, karena masih mau mengunjungi tempat yang lain. Berhubung belinya yang bukan terusan, jadi kalau mau naik wahana bisa bayar  di dalam. Harga setiap wahananya pun berbeda-beda. Boleh nih dicatat dulu. 

Harga Tiket Sindu Kusuma Edupark
Tiket Masuk: Rp 15.000
Light Fest (Termasuk HTM & Bonus Wahana): Rp 45.000
Tiket Terusan Dewasa: Rp 70.000
Tiket Terusan Anak: Rp 50.000

Harga Tiket Wahana Sindu Kusuma Edupark
Cakra Manggilingan: Rp.10.000
Pit Egrang: Rp.40.000
Montor Tumbur: Rp.10.000
Panggon Lunjak: Rp.15.000
Kursi Mabur: Rp.15.000
Sepur Kluthuk: Rp.5000
Sepeda Mabur: Rp.10.000
Komidi Puter: Rp.10.000
Roti Puter: Rp.10.000
Sepur Cilik: Rp.5000
Dino Park: Gratis
Cinema 8D: Rp.30.000
House Of Terror (HOT): Rp.25.000
Cleret Gandul: Rp.15.000
Mobil Kuno: Rp.50.000
House Of Batik: Gratis

*Harga masing-masing tiket masuk dan wahana sewaktu-waktu dapat berubah

Selain wahana-wahana tadi, di SKE ini masih banyak sekali wahana edukasi yang cocok buat anak-anak. Ditambah lagi, ada waterpark juga khusus anak-anak yang letaknya berada di bawah bianglala. Seru banget kan tuh berenang pemandangannya bianglala yang konon masuk ke dalam daftar salah satu bianglala tertinggi di Indonesia.


Kolam renang cetek, cuma semata kaki doang 🤣
Menurut saya SKE ini paket komplit buat wisata themepark dan edukasi dengan keluarga. Kalau saya punya anak pun, saya udah pasti akan bawa juga ke sini. Karena selain tempatnya masih belum terlalu ramai (agak jauh dari pusat kota Jogja), di sini tidak ada larangan untuk bawa makanan atau minuman dari luar, orang tua dan anggota keluarga lainnya bisa sambil sekalian piknik + gelar tikar / karpet + makan-makan sambil nungguin anak-anaknya main. Buat yang hobi foto-foto dan selfie, SKE ini banyak spot kecenya, yang bahkan mungkin orang nggak akan bisa menebak kalau kamu lagi di SKE. Kapan lagi kamu bisa foto-foto kece di tempat super lengkap dengan tiket yang murah gini? 

Sebenernya saya nggak banyak naik wahana di sini, saya cuma naik Cakra Manggilingan alias bianglalanya aja atas dasar penasaran sama sensasinya (LAH EMANG CUMA NAIK 1 WAHANA DOANG KALIK, LIS. WKWK!). Tiketnya beli di dalam seharga 15rb aja. Sumpah w gemeteran gitu pas mau naik apalagi yang naik cuma w sama Alka doang, tapi pas udah di atas mah biasa aja tuh. Kkkk. Anggap aja saya lagi naik bianglala di Santa Monica siang-siang. 😌

Sebuah kearifan lokal naik Cakra Manggilingan~

Mz tolong disiapkan bianglalanya khusus buat Lilis, jangan ada yang naik dulu yha 😌

Alka: "dari atas sini aku bisa melihat kelakuan busukmu Armando. HAHAHAHA! 🙈"

Pemandangan dari ketinggian 10000 kaki 🤣

Nggak ngerti lagi kenapa suka banget sama bianglala akutu 😚
Akhirnya wishlist saya terkabul, bisa naik bianglala di SKE dengan bahagia. Pokoknya nih kalau kalian ke Yogyakarta, jangan lupa mampir ke SKE ya. Di sini nggak cuma wisata anak-anak aja kok, orang dewasa kayak saya aja bisa senang banget main wahananya. Rasain aja sensasinya beda sama themepark lainnya. Oh ya, sebelum pulang jangan lupa mampir dulu ke toko aksesories dan oleh-olehnya. Barangnya gemes-gemes banget di sini. Satu lagi nih kalau lagi beruntung, kalian juga bisa menikmati event-event seru yang kebetulan diadakan oleh SKE lho, atau mungkin mau pada bikin event di SKE? Boleh juga tuh, secara tamannya luas banget! Selanjutnya kalau ada kesempatan buat ke SKE lagi, saya mau main sampai malam deh di sini, suasana malamnya kelihatannya lebih cozy.


Pintu keluar sekaligus toko oleh-oleh..

Nggak tau kenapa gemes aja sama rumah salak ini 😂

Sindu Kusuma Edupark
Jl. Jambon, Kragilan, Sinduadi, Mlati,
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284
Open Hour: 9.30 AM s/d 23.00 PM
Instagram: @skedupark
More Info: kusuma-edupark.com

PS: Eh, foto saya kemarin di-repost lho sama instagramnya SKE #pentingbanget

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

88 comments

  1. Kerja rasa maen yaa beb. Pengen kesini ih tp kayanya cocok klo berangkat rame" gitu yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha mayan beb, iya ini cocok buat wisata keluarga.

      Hapus
  2. Kak, rumah salaknya bisa dimakan nggak? Lapar akutuh. Wkwk.

    Ke sini dulu cuma lewat, belum sempat masuk. Malah pernah nyoba bianglalanya yang ada di Solo waktu Agustus tahun kemarin. Akan kumasukkan ke wishlist. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sempetin ke sini aja mas, mumpung masih sepi. Wkwk.

      Hapus
  3. Uwaa SKE, kemarin pas ke Jogja ndak sempet ke sini padahal lagi main ke rumah kakak ipar yang rumahnya pas di belakang SKE ini karena hujan deras seharian, sedih akutu :( semoga lain waktu ada rezeki main ke Jogja lagi :) makasih sharingnya mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah sayang banget mba, semoga nanti bisa ke sini ya.

      Hapus
  4. Waa SKE, kemarin aku ga sempat mampir ke sini karena hujan deras, padahal pas lagi ke rumah kakak ipar yang deket banget sama SKE ini, sedihakutu :(

    BalasHapus
  5. Yang saya suka dari Yogya, selalu menyelipkan ornamen khas dan etnik.

    BalasHapus
  6. Lain kali akan saya kunjungi kalau ke Yogya lagi, makasih infonya.

    BalasHapus
  7. Sungguh aku baru tahu ada edupark keren bgt di Jogja kayak gini, pengeeen ajak anak-anak nanti ke sana

    BalasHapus
  8. Keren ya Nes, duh kapan ya bisa kesana pengen ajakin neng Marwah deh. Seneng pasti dia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau ke Jogja masukin SKE ke tempat wajib dikunjunginya teh

      Hapus
  9. Komplit banget priselist nya ceu dan inget lagi 😂 bahahahah lumayan ya naik wahana segala bayar tapi tempatnya asri sih classic khas Jogja

    BalasHapus
  10. Kyaaaaa aku juga suka naik bianglala, semoga ada rezeki ke jogja pengen ajak Gen kesini apalagi ada dino park pasti dia suka, makasih banyak nesss

    BalasHapus
  11. Teh, itu pas naik bianglala kaki gemeteran ga? *Saya liat gambarnya n ngebayangin disana langsung gemeteran nih kaki 😂

    BalasHapus
  12. Waaah, bulan depan aku ke Jogja insyaaAllah... lumayan buat referensi inih

    BalasHapus
  13. Nama wahananya lucuk, hahaha. Ke Yogya malah nggak pernah ke sini euy

    BalasHapus
  14. Wow, neng lilis...
    Abdi Jadi kabita main ke sana... 😁

    Itu beneran gemes rumah salaknya lho 😆

    BalasHapus
  15. Wah kayaknya kalau ke Yogyakarta aku harus mampir ke sini bawa Kayla dan Fathir nih Nes. Tapi kayaknya aku juga bakalan serem naik bianglala deh. Dulu pernah di dufan, dan emang syerem hahaha

    BalasHapus
  16. wah terakhir kesana 3 tahun lalu dan masih berantakan, sekarang udah bagus aja nih sindu kusuma

    BalasHapus
  17. Bener bangeeet, di Jogja banyak hal yang buat kita gak bisa move on. Apalagi tempat wisatanya. Eh, tapi saya belum pernah ke Sindu Kusuma Edupark. Patut dicobain nih :)

    BalasHapus
  18. Cakep banget tempatnya. Dan lihat bianglala itu, kayak di London ya. Pengen ke Jogja lagi deh...

    BalasHapus
  19. Ihh kamu membuat aku ingin ke Yogya.

    BalasHapus
  20. Ini nuasanya bluish gitu ya, Nes? Cakep dan adem. Kayak blogku wkwkwkwk. Aku tuh baru 2 kali ke Jogja dan masih banyak itenerari yang belum disambangi. Jadi nambah wishlistnya. Tiket terusannya murah dengan banyak wahana gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh, ngikutin suasana hati lagi kebiru-biruan #halah :)))

      Hapus
  21. Waw.... anda berhasil meracuni sayah.... thank you yah referensi buat wisata pas lagi ke Jogja ini.... mau nyoba bianglala juga lah sama ayang beb...hehe.

    BalasHapus
  22. Waw tempatnya asyik gitu. Kalau ke Jogja mau ke sana, ah. Bianglalanya tampak amezing 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amazing banget teh, apalagi pas udah di atas. Hahaha!

      Hapus
  23. bolak balik ke jogja belom pernah kesinii :3
    Ku meragukan diriku bisa naik bianglala apa engga wkwkwk
    taaakut tiggi akikaa sis T^T

    BalasHapus
  24. Baca postingan ini jadi kangen ke Jogja, ya Allah...
    Ini wahananya banyak ya. Bianglalanya tampak tinggi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Termasuk salah satu yang tertinggi gitu teh di Indo bianglalanya

      Hapus
  25. keren ya kak, nyesel kemarin ga sempet mampir kesitu

    BalasHapus
  26. Ih keren banget sih, bianglala tuh emang salah satu wahana favoritku juga sepanjang masa hehe..

    BalasHapus
  27. Aku orang jogja tapi belum pernah ke sini, bahkan gak tau ada beginian sama sekali hahhaha.

    BalasHapus
  28. wah asik banget, pas besom ku mau ke jogja hihi.makasih infonya teteh

    BalasHapus
  29. Tuhkan makin aja aku nambah cintanya sama yogya. Selain Bandung kota yang gak pernah bosen aku datengin ya Yogya. Ini theme park baru yah hmm next kalo jalan jalan k yogya lagi ku mau ah mampir sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih kehitung baru sih soalnya sepi. Kuy ke SKE teh.

      Hapus
  30. Selalu suka dgn wisata di jogja, keren bgt sih tempatnya. kapan2 kalo liburan ke jogja ingin ah nyoba pergi ke sana.

    BalasHapus
  31. Kalau di Jogja, kayaknya gaperlu main jauh-jauh lagi, udah banyak bgt tempat wisatanya. Iya, kalau peka aja sih, kalau cuek ya gak nemu *loh*

    BalasHapus
  32. Jogja bukan cuma borobudur ama malioboro ya teh wkwk
    Mau kesini aah kalo ke jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, SKE juga menarik kok. Nostalgia masa kecil.

      Hapus
  33. baru tau ada ginian di Sleman.
    seru juga ya naik bianglala. hihihi

    BalasHapus
  34. tiket masuk nya murah ya, tapi tetep ya per wahana nya bayar jadi ketitih sama aja hahaha aku mah penakut ah naik bianglala tinggi2 gitu takut wkwk

    BalasHapus
  35. Aku belum pernah ke SKE ini walaupun dulu adik kuliah, aku nya sering k Jogja hihi. Semua photo nya lucu-lucu bangeeeet teh Nes!

    BalasHapus
  36. wuih ini sih tempatnya keren bangettt, harus masuk list nih kalau nanti ke Yogya. Anak-anak pasti senang main kesana :D

    BalasHapus
  37. Kepooo puteran bianglalanya itu berapa lama? HEHEHE

    BalasHapus
  38. Bisa dimasukin ke wishlist destinasi wisata kalau kejogja nih, keren

    BalasHapus
  39. Jadi pengen naik bianglala, tapi takut ketinggian :(

    BalasHapus
  40. Kabita sama bianglala nya tehh. Kalau bawa anak cocok beneer. Emak senang anak riang. Agendain ke sini ah kalau ke Jogjaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru teh, apalagi bareng keluarga bisa sekalian piknik nih..

      Hapus
  41. Waaa pas banget pengen ke Yogyakarta juga tapi lagi nunggu musim penghujan agak mendingan. Makasi banyak sharingnya teh nesa :)

    BalasHapus
  42. Wahhh mbak.. Fotinya itu lho, kecw badai beut dah! Hahahaha

    BalasHapus
  43. Tempatnya asik banget! Banyak juga view yang enak buat motret motret.

    BalasHapus
  44. Harus banget masuk ittenary neh kalau ke yogya

    BalasHapus
  45. Wihh seru banget jalan-jalannya. Bawa anak seru tuh ke sana. Rencana emang mau ke Jogja. Makasih ya referensi tempatnya.

    BalasHapus
  46. Baca2 tulisan ttg Jogja itu selalu membuat kangen dgn susananya yg memang ngangenin

    BalasHapus
  47. Hai, Kak, blognya keren, salam kenal, ya! :) Mampir di blog saya mari, Kak www.bidanayu.com. Hihi, makasih :)

    BalasHapus
  48. kenapa kl aku ke yogya ngga pernah nemuin yang kayak gini? coba tolong jelaskan? hahahhah eta kolam cetek cocok pisan jang si dedek hahaha ucul iih jadi pengen ke yogya, bayarin atulah tante nesaaaa hahahahah XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha, aku mah selalu dapet info dari IG mih. Fhallaw semua akun explore kota gitu mataknya tau.

      Hapus
  49. tahun lalu saya dan keluarga ke sini mba. repiu semua bagus. nyatanya NIHIL. kecewa saya.

    BalasHapus
  50. tahun lalu saya kesini bareng keluarga besae. nyatanya nihil sempat aku bikin vlognya keadaan SKE waktu itu. sungguh sangat kecewa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Review ku ttg SKE biasa aja sih mba. Nggak spesial dan nggak jelek juga. Aku cukup seneng ada di sana, hanya memang masih sepi. Semoga makin baik perkembangannya sekarang ya.

      Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!

- nesa -

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe