5 Tips Yang Perlu diperhatikan Saat Memilih Transportasi Bandara

Desember 23, 2018

Larasatinesa.com - Salah satu kebahagiaan saya adalah bisa lahir dan besar di Kota Bandung. Karena Kota kelahiran saya ini masih sejuk, pilihan kulinernya beragam, dan tempat wisatanya sudah semakin banyak. Bangga banget deh jadi orang Bandung. 


source: unsplash
Ngomongin wisata Kota "Paris Van Java" ini, rasanya kurang lengkap ya kalau nggak wisata fashion. Fakta yang terjadi saat ini; Bandung setiap minggunya selalu ramai didatangi oleh wisatawan asing khususnya Malaysia, yang senang sekali berwisata fashion di beberapa pusat perbelanjaan yang ada di Kota ini. Saya pernah tuh ke Pasar Baru pas weekend, dan hampir setiap toko ada orang Malaysia-nya yang lagi tawar menawar.  Hihi. Berarti fashion Bandung udah hits banget di Negara tetangga, ya. 

Hmm.. kok kayaknya turis negara tetangga ini sering banget mampir ke Bandung? 

Itu karena ada beberapa maskapai penerbangan yang membuka rute direct flight dari negara tersebut ke Bandung. Setahu saya, bandara Husein Sastranegara hanya punya 2 rute penerbangan Internasional yaitu, Singapore dan Malaysia. Nggak heran kan kalau mereka bisa piknik ke Bandung tiap minggu. 

Buat kamu yang berencana akan ke Bandung untuk wisata fashion seperti turis-turis yang saya sebutkan tadi, nggak usah bingung mikirin gimana transportasinya ke tempat-tempat yang kamu inginkan. Karena ada banyak pilihan transportasi dari Bandara Husein Sastranegara menuju ke pusat perbelanjaan di Bandung. Tapi, sebelum memutuskan mau bepergian naik apa, baca dulu beberapa tips yang harus diperhatikan saat memilih transportasi dari atau ke bandara berikut ini:

Praktis
Di jaman serba udah berbasis aplikasi gini sangat disayangkan kalau nggak dimanfaatkan. Buat saya yang mageran (malas gerak), udah dipastikan saya lebih enjoy pesan apapun via aplikasi karena bisa dilakukan dalam keadaan kapanpun dan dimanapun, termasuk pesan transportasi dari dan ke Bandara ini.  

Fleksibel 
Mempersiapkan perlengkapan traveling adalah salah satu kegiatan yang ribet menurut saya, sudah pasti saya harus melakukan persiapan yang matang, jangan sampai ada yang tertinggal satu pun. Kebayang dong saya udah sampai terminal atau stasiun lalu ada barang yang tertinggal di rumah. Makanya, untuk meminimalisir keribetan yang akan terjadi, transportasi yang saya pilih adalah yang menyediakan layanan 24 jam yang bisa menjemput langsung dari depan pintu rumah saya menuju bandara begitu pun sebaliknya.  

Tepat Waktu
Kita semua tahu dong sebelum pesawat boarding harus menyediakan waktu lebih awal 2 jam untuk check-in terlebih dahulu di bandara, apalagi kalau barang bagasi kita banyak dan check-in counter-nya penuh sama antrian. Saya harus bisa estimasi waktu agak panjang, apalagi perjalanan menuju bandara pun nggak luput dari kemacetan. Atas pertimbangan itu, saya pun harus memilih transportasi yang bisa on time nggak pakai drama ngaret-ngaretan.

Harga Final
Selain butuh yang hemat waktu, saya juga perlu yang harganya hemat. Paling enak itu memilih transportasi yang menyediakan harga final yang sudah termasuk biaya pengemudi, biaya bensin, tol, parkir dan pajak. Jadi saya nggak perlu mengeluarkan uang lain-lain lagi selama di perjalanan.

Sewa Mobil Lebih Oke!
Akhirnya saya harus memilih kalau sewa mobil dari atau ke bandara ternyata lebih oke daripada yang lain. Kalau kalian agak bingung mau sewa dimana, saya saranin sewa mobilnya di Golden Bird aja yang sudah langsung tersedia di bandara.




Apa itu Golden Bird? 
Golden Bird merupakan bagian dari Blue Bird Group yang bergerak pada layanan penyewaan mobil dan limosin. Pada 2014, Golden Bird meluncurkan layanan airport transfer, atau transportasi bandara, bagi pengguna yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta dan ingin melanjutkan perjalanan ke wilayah Jabodetabek atau sebaliknya. Golden Bird kemudian bergabung dalam program JAC (Jakarta Airport Connexion) pada Mei 2017 untuk menyediakan layanan yang memudahkan pengguna mendapatkan transportasi bandara dengan aman dan nyaman, yang lebih dikenal dengan sebutan Golden Bird Bandara.



Untuk memaksimalkan kegiatan operasionalnya, Golden Bird memberikan layanan 24 jam dan menawarkan berbagai tipe mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Pengguna juga akan dilayani oleh pengemudi pribadi yang bekerja sesuai moto ANDAL, yang merupakan singkatan dari aman, nyaman, mudah, dan personalized.

Layanan dan Fasilitas Golden Bird
Salah satu keistimewaan yang ditawarkan Golden Bird adalah layanan dengan berbagai tipe mobil, mulai dari mobil standar seperti Toyota Avanza dan Toyota Innova, hingga mobil yang tergolong premium seperti Toyota Camry dan Toyota Alphard. Layanan yang diberikan tentunya sudah termasuk pengemudi yang profesional. 


Tak hanya itu, kamu juga dapat bersantai dalam Golden Bird Lounge yang kini telah tersedia di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Ruang tunggu berinterior nyaman ini menawarkan dengan minuman ringan gratis, baik panas maupun dingin. Dengan fasilitas tersebut, para pengguna yang membutuhkan jasa Golden Bird akan merasakan kualitas pelayanan yang lebih lengkap sebelum melanjutkan perjalanan. Asik banget nih yang di Jakarta & Bali bisa nongki-nongki cantik dulu di lounge!

Kelebihan-Kelebihan Golden Bird
  • Layanan 24 jam dengan waktu penjemputan fleksibel.
  • Penjemputan pasti dan tepat waktu.
  • Penerbangan kamu tertunda? Tenang aja deh, pengemudi akan menunggu.
  • Bebas antrean di bandara.
  • Lokasi jemput jelas dan nyaman.
  • Layanan penjemputan tepat dari depan pintu rumah kamu ke bandara, atau dari bandara ke tujuan akhir kamu.
  • Harga final—sudah termasuk pengemudi, biaya bensin, tol, parkir, dan pajak.
Area Golden Bird
Saat ini, Golden Bird telah memperluas area layanannya hingga ke luar wilayah Jabodetabek. Layanan Golden Bird kini juga telah tersedia di kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya, Bandung, Bali, Solo, Semarang, Yogyakarta, Lombok, Medan, dan Manado. 



Untuk pemesanan sewa mobil Golden Bird ini caranya gampang banget; kamu tinggal langsung datang aja ke counter Golden Bird yang ada di bandara, atau bisa pesan via aplikasi Traveloka dengan menggunakan e-voucher Golden Bird. Cara menggunakan e-vouchernya sebagai berikut:

Ke Bandara
  • Setelah pemesanan dan pembayaran kamu selesai, kamu akan mendapatkan e-voucher Golden Bird dari Traveloka.
  • Data pengemudi akan tersedia 30 menit sebelum waktu penjemputan. kamu dapat melihat data pengemudi melalui e-voucher pada Traveloka App atau melalui SMS yang dikirim oleh Traveloka.
  • Mobil akan menjemput kamu pada waktu dan lokasi yang telah disetujui. Tunjukkan e-voucher untuk konfirmasi pesanan kamu.

Dari Bandara
  • Setelah pemesanan dan pembayaran kamu selesai, kamu akan mendapatkan e-voucher Golden Bird dari Traveloka.
  • Setibanya di bandara, tunjukkan e-voucher kepada petugas konter Golden Bird, yang akan mengantar kamu ke mobil penjemput.
  • Jika konter Golden Bird tidak tersedia di bandara, pengemudi akan menjemput kamu tepat di area kedatangan, dengan membawa papan nama kamu. Kamu juga bisa langsung menghubungi pengemudi untuk bertemu di lokasi penjemputan. Tunjukkan e-voucher untuk konfirmasi pesanan kamu.
  • Data pengemudi akan tersedia 30 menit sebelum waktu penjemputan. Kamu dapat melihat data pengemudi melalui e-voucher pada Traveloka App atau melalui SMS yang dikirim oleh Traveloka. 
Gimana guys, praktis banget kan? Golden Bird ini buat saya adalah solusi terbaik buat kamu di kala nggak ada yang antar-jemput dari atau ke bandara.

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

72 comments

  1. Rencananya kami ada trip ke Bandung awal tahun 2019 nanti. Baca ini jadi membantu banget, buat antar jemput dari dan ke bandara. Thank you ya mba!

    BalasHapus
  2. wah asik di Bandung udah ada golden bird nih, jadi ga usah parkir kendaraan di Bandara ini mah, aman uang parkir.

    BalasHapus
  3. asik nih ada layanan antar jemput dari dan ke bandara, bisa pake mobil mewah juga hihi. Mantull

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha sigana teh doa dan harapan pisan yah sist 😂

      Hapus
  4. Wow baru tau nih beb, saya suka bingung klo ada temen dari luar kota harus pake apa buat keliling Bandung, kini ada solusinya ya

    BalasHapus
  5. Wooo... si Bandung ada juga yah, tak kira di Jakarta aja ... amkasih infonya ya teh.

    BalasHapus
  6. Wah, aku baru tehu dengan Golden Bird ini. Noted deh buat nanti barangkali membutuhkan. Bisa via Traveloka juga ya. Makin memudahkan aja ya aplikasi ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download dulu jangan lupa di smartphone-nya ya teh :D

      Hapus
  7. Belum pernah nyobain golden bird, pengen sih sesekali buat pengalaman

    BalasHapus
  8. Boleh nih dicoba kapan-kapan :)

    BalasHapus
  9. Wah mantaps nih pelayanan premium juga sepertinya. Mau lah sesekali pke layanan ini

    BalasHapus
  10. Kalo ngga tau suka ada taksi taksi selingeran ya teh huhu

    BalasHapus
  11. wih dia punya lounge di Soetta ya teh, jd konsumen ngga hanya bs nyaman selama di kendaraan aja ya tp jg saat menunggu flight d bandara... muantaaab...

    BalasHapus
  12. Selalu seneng baca tips teh nesa kalau tentang treveling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih ternyata passion akku emang traveling :))

      Hapus
  13. Wah kebetulan tiap kali ke Surabaya aku suka bingung milih transportasi dari bandara juanda.. dengan golden bird semuanya jadi lebih mudah yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, nanti coba ya teh pakai Golden Bird :D

      Hapus
  14. sip..makasih teh sharingnya :)

    BalasHapus
  15. Demi apa....
    Ngabibitaa pengen piknik 😂

    BalasHapus
  16. WAaah baru tahu kalau golden bird udah ada di bandung. Thanks for sharing teh :)

    BalasHapus
  17. 1-1 nya publik transport yg aku masih percaya banget, trutama kalo mau ke bandara pulang atopun pergi, pasti blue bird. memang sih blm prnh pesen yg golden ini, krn buatku yg taxinya aja udh cukup. aku ga brani ambil resiko pake grab ato gocar kalo ke bandara, krn takut mereka ga tepat waktu. gpp deh lbh mahal, yg ptg aku bisa yakin kalo pesen bluebird ato jenis2 kendaraannya yg lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget ini buat Mba Fanny yang sering traveling, biar bisa bedain pengalaman naik taxi sama golden bird hihi

      Hapus
  18. Sangat bermanfaat sekali teh Nesa informasi nya,makasih ya. Eh btw ajakin ku travelling dong hihi

    BalasHapus
  19. Waah makasih infonya Teh
    Langsung aku catet nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan dicatet aja, di download dong Travelokanya :))

      Hapus
  20. Oh ini toh golden bird. Sempat lihat di bandara Ngurah Rai tapi belum terlalu ngerti, sekarang udah baca artikelnya jadi sedikit paham tehnes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, cobain sekalian aja nanti pakai Golden Bird :)

      Hapus
  21. Waah Golden Bird ada di Bandung, fix kapan - kapan pengen nyoba pake layanan ini

    BalasHapus
  22. Baru tau aku ada golden bird. Penasaran tp di lampung gak ada. Hhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pulang ke Bandung we Nis bisa dicoba kan hehe

      Hapus
  23. Duh jadi inget waktu ke KL nginepin kendaraan di Husen, trus struk parkirnya ilang pas balik, wkwk, untung si petugas nya bageur. Kayanya nanti lagi mah mending pake Golden Bird aja ya, ga perlu mikirin parkir

    BalasHapus
  24. Wiih rekomen banget nih buat aku yang sering ke bandaraa

    BalasHapus
  25. Wah, baru tahu tentang Golden Bird ini Neees.
    Mana bisa pesen via Traveloka lagi, lebih praktis deh :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul teh, teh Erry pasti udah download dong app-nya :))

      Hapus
  26. Setelah Silver Bird, sekarang ada Golden Bird. Keren nih Blue Bird Grup mengeluarkan inovasi-inovasi baru.

    BalasHapus
  27. wahhhh makasih infonya..
    jadi tau deh nanti liburan enaknya pake transport apa hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul.. jadi nggak usah pusing-pusing lagi deh

      Hapus
  28. Noted tth infonya. Rekomendasi ntr klo mau ke bandara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan lupa download dulu Traveloka buat jaga-jaga ya haha

      Hapus
  29. wah asik banget ya teh pake ini, mana ada makanan dan minuman di dalam mobil

    BalasHapus
  30. Ternyata Golden Bird ini praktis dan mudah ya

    BalasHapus
  31. Canggih nih bisa pesan dari Traveloka 😁

    BalasHapus
  32. Mantul nih kalau kapan2 ke bandung lagi..

    BalasHapus
  33. Lho? Golden Bird bisa dipesan melalui Traveloka? Caranya pencet menu apa, Nes? Di sana saya cuman lihat menu Car Rental dan menu Airport Transfer, tapi gak lihat ada tulisan Golden Bird..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicek mba ke menu Airport Transfer. Jadi si Golden Bird ini hanya direkomendasikan dari atau ke Bandara yang tujuannya masih di dalam Kota tsb, nggak jauh-jauh gitu. Memudahkan buat yang dari luar kota kalau mau piknik.

      Hapus
  34. Aku baru tau ada golden bird hahahah kamana aja atuh saiah teeeh, kemaren2 cuman tau blue & silver ajah, dan baru tau dong kl bisa pesen di traveloka juga hahahahhaa. Aku suka pake aplikasi traveloka karena seringnya banyak diskon :D trus dapet poin, jadi lebih menguntungkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi pisan ya mih, biar nggak ribet dan nggak perlu nitipin mobil di parkiran bandara lagi kalau sekeluarga piknik ke Europe :))

      Hapus
  35. Eihhhh baru tau banget nih soal Golden Bird. Makasih banyak mba.

    BalasHapus

Hi, terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe