#ExploreBandung: Spot-Spot Instagramable di Stone Garden Padalarang

Oktober 07, 2018

Larasatinesa.com - Perjalanan ini sebenarnya hasil dari spontanitas dari (((tiga sekawan))) yang dipertemukan dalam sebuah acara blogger. Hahaha. Saya, Novida, dan Marya baru pertama kali bertemu (literally belum pernah bertemu, papasan, atau kenal di socmed sebelumnya) di acara blogger yang diakhiri dengan ngobrol ngalor ngidul sampai jam 9 malam. Nggak ngerti kenapa bisa langsung nyambung gitu. Mungkin karena emang udah harusnya begini aja kali. 😁

Pic by Novida | Edited by me
Entah gimana ceritanya Novida nyeletuk ingin ke Stone Garden Geo Park yang ada di Padalarang. Dan Marya pun menyambutnya karena sama juga belum pernah kesana. Cuma saya aja yang bengong karena mereka berencana akan pergi saat weekday, saya udah pasti nggak bakal bisa ikut karena alasan kerja. Mereka sih enak kerjaannya freelancer, bisa pergi kapan aja.

Tiba-tiba hari itu ada notifikasi masuk di WA saya berupa undangan dari Novida untuk masuk ke group yang isinya ada Marya juga. Kaget lihat nama group-nya karena disitu bertuliskan "Road Trip ke Padalarang". Saya pikir mereka berdua udah kesana duluan tanpa saya waktu itu. Dan group itu pun menjadi awal dari petualangan kami. Nggak butuh waktu lama buat kami merealisasikan road trip sehari ini. Hari kedua setelah group dibuat, kami akhirnya ke Padalarang. The power of dadakan is real!

***

Saya ingat hari itu hari Jumat, selepas beberapa hari dari Idul Fitri, saya pergi dalam keadaan nggak enak perut karena datang bulan di hari pertama. Pagi-pagi saya udah sampai di Stasiun Bandung, menunggu Novida yang mau berangkat bareng. Oh ya, kami naik kereta api KRD jurusan Cicalengka - Padalarang yang setiap jamnya ada. Hello, long time see KRD train! Saya dulu sering naik kereta ini, dejavu aja bisa naik lagi. Sekarang harga tiket keretanya Rp.5000,- dan ini adalah pertama kalinya saya menginjakkan kaki di stasiun akhir Padalarang. Btw, Novida hari itu bawa temannya juga, kak Jean. Makin rame deh jalan-jalan kita. Sementara Marya naik kereta dari Stasiun Cimindi, karena rumahnya di Cibereum.

Let's go train!

Hamdallah sampai di Stasiun Padaralang dan kebelet pipis..
Gapura menuju Stone Garden
Sampailah kami di Stasiun Padalarang. Katanya sih, untuk menuju Stone Garden kami bisa naik angkutan umum. Cuma karena ini baru pertama kali, kami mau cari aman aja dengan naik taxi online. Alhamdulillah, dapet driver-nya bapak orang Surabaya baik banget, katanya beliau mau jemput kami lagi setelah kami selesai. Kami patungan masing-masing 10rb buat taxi online.

Memasuki area Stone Garden, saya lihat jalanannya masih bebatuan, mobil yang lewat tuh dibikin nggak tenang jalannya. Kami pun di berhentikan di portal pertama oleh sekelompok orang yang mengatasnamakan warga setempat untuk membayar 10 rb (entah untuk keamanan, entah untuk perbaikan jalan, entah pungutan liar). Sesampainya di pintu masuk Stone Garden kami membayar tiket masing-masing Rp.8000,- (harga lebaran lebih mahal 2rb dari biasanya).

Stone Garden, adalah sebutan nama untuk hamparan tanah yang diisi oleh formasi batuan tak beraturan yang indah dan membentuk taman alam. Di Stone Garden, kamu akan melihat saksi bisu dari terbentuknya Danau Bandung Purba pada zaman purbakala dahulu. Formasi batu cantik dipadu padang rumput yang hijau membuat Stone Garden wajib jadi destinasi wisata kamu. Stone garden berada di puncak bukit tepat diatas Gua Pawon. Di gua pawon sendiri, kamu akan menemukan gua purbakala yang terdapat fosil manusia purba dengan bentuk kerangka berjongkok, Gua Pawon adalah salah satu dari sekian banyak dinding barat Danau Bandung Purba yang masih tersisa.

HAE GAES!

Info-info tentang Stone Garden
kiri ke kanan: Kak Jean, Marya, Pevita, dan Novida  😝
Puncak bukit stone garden berada di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab.Bandung Barat, Jawa Barat. Ketinggiaan puncaknya 908 meter diatas permukaan laut, Luas hamparan geowisata ini adalah seluas 2 hektar. Selain akan menikmati batuan artistik indah, ketika perjalanan menuju puncak, kalian sudah menikmati hadiah hiking sejauh 1,5 km. (sumber)

Jadi kemarin, saya dan teman-teman juga sempat ditawari untuk wisata ke Gua Pawon. Namun kami nggak tertarik karena disana lebih concern ke kegiatan outbond yang bikin encok. Dengan membayar 100rb, udah bisa menikmati 3 permainan yang ada disana. Ah w mah mending ke Stone Garden aja taddabur alam sambil curhat #eaa.

Diambil dari beberapa sumber; konon, kawasan Citatah dengan pemandangan menawan ini dulunya berada di dasar laut. Namun karena ada aktivitas bumi dan pergeseran lempeng, akhirnya terbentuklah tebing bukit kapur bernama stone garden yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 27 juta tahun.

Baca Juga: #ExploreBandung: Taman Lansia Bandung

- Tempat Parkir
- Kedai makanan dan minuman (bisa nge-charge handphone juga!)
- Toilet
- Mushola
- Pos Kesehatan

Fasilitas di Stone Garden

Beberapa spot yang saya ambil ini mengingatkan kami pada tempat-tempat wisata yang ada di belahan bumi lain. Nggak apa-apa ngayal dulu ya, sebelum akhirnya bisa kesana. Latihan pose dululah buat bikin foto dramatis. Hahaha.

Background-nya kayak lagi di studio foto 😂 yang dibelakang itu gua pawon ya, pemirsa..

Cowok: "Beb liat ada yang mandi nggak pake baju dibawah " | Cewek: " Mana, nggak ada? " |
Cowok: "Iya, mandi dirumahnya" | Cewek: "BCT!"

Punten, sareng saha ieu?

MODEL, POSE, SAMA PEMANDANGANNYA WAGELASEH, TERBAIKSS!  😍

Hanya ada ilalang yang menjadi saksi bisu

Latihan pose andukan sebelum ke Sumba~

Wakanda?

Bagus ya, rumput liarnya. Wqwq.

Tadinya mau naik, keliatannya cetek. Baru nyampe dibawahnya mendadak amnesia. Ngeri kali Mak! 😂

Karena hp itu milik Allah..

Monmaap ini di Machu Picchu ya? 😂

One tree hills, Auckland? 😝
Kumaha daramang rakyatku?!

Hanya bermodalkan batu sebagai tripod-nya~

Stone Garden tidak cocok untuk Lansia & Ibu Hamil; alasannya, karena jalanannya bebatuan dan untuk menuju kesana harus menaiki tangga dulu. Saya bener-bener nggak menyarankan ya, takut terjadi sesuatu yang nggak diinginkan gara-gara kecapekan dijalan. Sedangkan untuk waktu terbaik datang ke Stone Garden adalah ketika sunrise dan sunset. Sayang nih, saya dan teman-teman nggak kepikiran buat datang di saat-saat tersebut, rempong bok! Yang penting udah bisa injekin kaki disini udah Alhamdulillah kita mah.

Hiking adalah passionku.
Kabeh we passion 😂
Sebelum pulang, kami sempat makan siang dulu di kedai yang ada disekitar sana, saya ingat siang itu hujan. Saya beli rujak seharga Rp.5000,-, dilanjut makan Indomie rebus + telur seharga Rp.9000,- dan air mineral Rp.3000,- . Menurut saya ini termasuk murah untuk jajanan di tempat wisata. Kadang tuh ya, kan ada yang suka mahalin harga dulu karena banyak turis dari luar yang datang.

Oh ya, kalau kalian kesini bisa dipastikan nggak bakal ada signal. Mau provider apapun. Beneran kek lagi di negeri antah berantah. Jadi kemarin kami agak kesulitan menghubungi bapak driver taxi online yang tadinya mau jemput kami lagi. Berhubung kami udah pada gede dan nggak mau ngerepotin bapaknya, kami jalan kaki menuju jalan keluar Stone Garden. Setelah itu, atas saran Ibu warung kami langsung naik angkot jurusan Padalarang - Rajamandala yang akan mengantarkan kami ke Stasiun Padalarang. Tapi waktu itu kami nggak mau langsung pulang, mau ke Kotabaru Parahyangan dulu, ngilangin rasa penasarannya ceu Novida yang pengen lihat Masjid Al-Irsyad yang famous itu. Jadi karena angkotnya kemarin kosong, kita sewa deh berempat. Untung mamang angkotnya sholeh. Hahaha!

Mailov!
Gimana kabar datang bulan saya? Alhamdulillah selama saya disana aman. Saya yang biasanya tersiksa selama hari pertama mendadak nggak ngerasain apapun yang berlebihan. Mungkin emang udah seharusnya dipakai gerak, dan nggak dimanjain ya. Sampai di Masjid Al - Irsyad saya sempat bersih-bersih dulu sebelum pulang.

Baca Juga: #ExploreBandung: Cat and Ice Cream Cafe Bandung

***

Tuhan itu maha keren ya, saya nggak berhenti  mengucap syukur dengan apa yang saya lihat didepan mata saya ini. Esensi traveling buat saya itu adalah bisa merasakan atmosfer baru dan membuka mata saya lebih luas bahwa wisata alam bukan sekadar mencari foto terbaik untuk dipajang di socmed aja, melainkan menyadarkan diri untuk bisa melestarikan kekayaan alam yang ada di belahan dunia manapun. Semoga kelak saya bisa mengajak anak-anak saya untuk melihat keindahan ini. Aamiin.

Ah.. nggak sabar rasanya mau hangout lagi ke tempat lain bareng mereka! 😁

PS: Foto-foto diatas berasal dari 3 kamera berbeda. Jadi harap maklum kalau hasilnya beda-beda ya, guys.

Stone Garden Geo Park Padalarang

Nesa

You Might Also Like

75 comments

1. viewnya cociks banget buk, ilalang ilalangnya asik beud apalagi kalau kalau pake kain sumba ya, untuk pas kesana gak ujan ya kalau ujan keknya indomienya 3 mangkok hahaha

1. Iya semoga kesampaian beneran ke Sumba nanti hahaha

Hapus
  2. Kirain opening bakalan lagi Ebiet G Ade wkwkwkwkwk, atuhlah mbak Lilis ajak daku tadabur alam yak, ku agendakan ke Bandong deh wkwkwkwkwk

Balasan
    1. Tadinya mau dilanjutin lagu Ebiet tapi nanti pasti langsung di close gajadi baca :))

Hapus
  3. Wagelaseh ada Turis Bantim ke Banbar hehhe aku aja belum sempet, nanti ajak gen ah papinya yang gendong wkkwkw

4. Kaya Maccu Piccu!
    Ngarang xD

Kayak Stonehenge deh!
    Ngarang lagi xD

Tapi bentukan alam yang kaya gini kan jarang lihatnya, jadi bagus gitu.

Balasan
    1. Hahahaha kayaknya bisa jadi apa aja deh si Stone Garden itu, bagus banget.

Hapus
  5. Udah lama pengen banget ke sini tapi gak jadi mulu. Mupeng lihat foto-fotonya, supeerb

1. Ayo jadwalkan teh, sama keluarga lebih asik hehe

6. Perlu banget ke sini nih, sekalian belajar geografi :D

7. Bagus ya kayka di inca, tapi ttep ya makan mie instant heheheh

8. wah sering lewat sini tapi gak pernah mampir nih

9. dan foto paling terakhir bikin laper..

btw bagus2 ya disana ,, serasa dimana gitu fotonya ada batu2an gitu..

BalasHapus
  10. Bagus pisaaaaaan teh, baru tau di gunung masigit ada tempat wisata kaya gini.

11. Aduh kalah nih sama mbak Pevita udah main ke stone garden �� setuju banget pesan terakhirnya, plus mau nambahin kita akan lebih mengenal seseorang pas traveling bareng. Iya nggak?

Balasan
    1. Betul, traveling itu bisa mengenal karakter seseorang. Apakah layak buat diajakin traveling lagi atau nggak :))

Hapus
  12. Uluh.. Mantep, sekilas kayak diluar negeri ternyata ya.. Apalagi ngambil fotonya bagus gitu 😍 Jadi kabita pengen kesana juga..

1. Makanya aku bilang teh kayak di Machu Pichu Peru hahaha

Hapus
  13. mau kesanaa gak jadi2 mulu nih. selalu jd pingin ikut jalan2 habis baca review tenes

BalasHapus
  14. Huwaaa cantik banget foto2nya. Yg ilalang juga.. prewedable banget.. jadi ingin nikah lagi.. loh

Balasan
    1. Hahaha iya tapi riweuh ga sih kalau pre-wedd di sini :))

Hapus
  15. Aku pernah ke sini motoran sama temen-temen kantor, nyampenya pas siang-siang bolong :') panas banget apalagi harus nanjak-nanjak hahahahah. tapi bagus yaaaaa, sedih aku ga sempet foto yang dramatis estetik kayak kamu, gara2 perginya sama cowok2 susah diajak foto :')

Balasan
    1. Wah sayang banget, nanti main-main lagi dong ke sini biar bisa foto-foto hehe

Hapus
  16. Aseli teh bagus pemandangan di sini. Bener, harus pas sunset atau sunrise biar makin keren pemandangan nya..

Balasan
    1. Tadinya emang pengen kayak gitu ketemu sunrise atau sunset, tapi berhubung rumah jauh nggak bisa niat kek gitu hahaha

Hapus
  17. Baru tahu loh ada Stone Garden di Padalarang. Mudah-mudahan bisa main ke sana sama anak-anak.

BalasHapus
  18. Wah perlu mampir kesini nih kayanya :)

19. Wiihh kereen banget foto foto di Stone Garden .
    Kaya dimana gitu.
    Baguss !

BalasHapus
  20. Teh dulu aku kesini awal 2014 aa 2015 gitu, belom sebagus ini fasilitasnya. Aku kebetulan stay d Cimareme, jadi buat menuju kesana motoran aja. Happy kan ya, tapi aku tak kuat dengan panasnya huhu. Suka banget foto-fotonya

Balasan
    1. Iya deket sama Cimareme mah jadi pake motor juga gampang..

Hapus
  21. Wih keren ya teh alam alam gimana gitu jaraknya juga ga terlalu jauh ntr mau kesana

1. Iyaa, jalan-jalan mah ke yang deket dulu we 😂

Hapus
  22. Wah seru ya...mau ke sana ih..deket lah dari Cinahi ga terlalu jauh...:)

23. Balasan
    1. Nggak teh, lancar aman nggak terlalu naik-naik juga

24. Aku kok ketawa ya baca caption foto2nya :D :D
    Btw, itu apa nggak salah ketik, Nes. "....terbentuklah tebing bukit kapur bernama stone garden yang diperkirakan sudah berusia lebih dari 27 tahun". Apa nggak mestinya pake ribu apa juta tahun gitu?

Balasan
    1. Hahahaha ketinggalan, iya teh nuhun udah di koreksi bagian yang di maksud :))

Hapus
  25. Waah aku juga pernah kesini pas zaman kelas 2 SMA lalu bareng temen-temen yang suka hiking
    Sekarang Stone Garden makin kece yaa
    Mantap!!

26. pingi. ke stone garden.. dari jaman sma sampe skr ga kesampaian wkwmwk

1. Kalau niatnya kuat mah pasti kesampaian wkwkwkwk

Hapus
  27. Pemandangannya keren banget.. jadi pingin ke sana, trus foto2, trus dipamerin di IG😁
    Tks infonya Mak😀

1. Hahahaa iyaa, pokoknya puas deh ke sini mba 😀

28. Pemandangannya masya Allah indah banget ya. jadi pengen kesana

1. Seru teh ini kayak lagi ada dimana gitu padahal mah masih Jawa Barat 😀

Hapus
  29. Ahhhh Nes, bagus banget ya ternyata stone garden, dari dulu pgn bgt ikutan trip kesana, tp blm ada waktu yg cocok aja. Fotonya bgs2 bgt Nes.

BalasHapus
  30. uwwuuu ... akhirnya aku tau caranya ke stone garden via transportasi umum :p

31. belom pernah kesiniiii.. mun di Bandung aku jarang jalan2 pisan hahaha. Tapi dulu pas tol cipularang blm jadi, kalau pulang ke Bandung pasti ngelewatin padalarang sampe mabok karena jalannya berkelok2 hahahaha :D

Balasan
    1. Siapin obat nyeri cangkeng mih mun ke sini sambil gendong anak mah hahhaa, tungguin dedek lancar jalan dulu gera biar asique.

Hapus
  32. hayu lanjut cicalengka sis.. nungguin novida bolang ke bagian bumi belah sini dulu tapi. hahaha. :P

Balasan
    1. Iya nih seus Novida ini memang sibuk tak menentu di Bandung :))

33. nice story dan nice shoot. bagus-bagusnya fotonyaa

34. Aamiin

Kalo aku komen gitu doang ngeselin nggak? Hahaha

Tempatnya lumayan yaaa untuk ngisi feed instagram. Aku 13 tahun di Cimogay can pernah kaditu. Hayoh we nguplek di cimohaylan.

1. Hahaha, sok atuh mamah main sama adek-adek ke sini pasti pada seneng gera

Hapus
  35. Udah lama penasaran banget sama stone garden. Next ke sini. Makasih infonya, Nesa :)

36. Aamiin, semoga bisa segera ke sini hihi

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!