[REVIEW]: Azalea Hijab Dating with Bandung Hijab Blogger

September 22, 2018

Larasatinesa.com - Sabtu kemarin tepatnya tanggal 15 September 2018 di Rumah Makeupuccino Bandung, berasa dejavu ke tahun lalu dimana saya datang ke event Azalea Hijab Dating untuk yang pertama kalinya. Dan hari itu rasanya senang sekali bisa kembali lagi ke acara yang sama namun sekarang berkolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger.


Azalea x Bandung Hijab Blogger
Event kali ini mengusung tema "Photography Tips for Bloggers" yang menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Teh Sarah (Brand Executive dari Azalea Inspired by Natur) Teh Nadia (Lensa Kreatif Bandung) dan Teh Dydie (Dydie Kitchen Hero). 

Berkenalan dengan Bandung Hijab Blogger
Saya nggak pernah terpikirkan bisa jadi salah satu bagian dari Bandung Hijab Blogger. Saya yang cuma kuli ahensi ini punya hobby menulis sejak SMP, dan mulai berkenalan dengan dunia blog di tahun 2009. Awalnya saya hanya menulis curhat yang isinya sama sekali nggak penting buat dibagikan (tapi tetep ditulis kan Nes? Iya juga sih.. Hahaha!). Dulu saya hanya menjadikan blog sebagai wadah untuk berkeluh kesah, sampai akhirnya saya mikir: Kok kayaknya gue nggak berguna banget punya hobi tuh, masa iya sih cuma buat sendiri doang? Ini kan bisa diakses sama semua orang yang ada di dunia, mau apa dikenal sebagai N3s4aL4y? Dari situ sadar dan mulai berusaha memberi faedah (even cuma sedikit) buat orang-orang yang baca blog. Minimal yang habis baca blog saya dapat "sesuatu" gitu.

Kanan: Kak Aldo MC kondang - Tengah: Rara - Kiri Lilis Pevitawati  | pic by @alteregovaxproduction

Nes, lagi ngapain sih? wqwq | pic by @alteregovaxproduction
Tahun 2016 mulai seriusin blog lagi, sampai akhirnya di tahun 2018 diajakin Rara buat bantu mengembangkan komunitas Bandung Hijab Blogger bareng. Bandung Hijab Blogger ini baru berdiri tanggal 15 Maret 2018, dengan visi "Writing is in My Veins" yang emang dibikin oleh Ibuk Founder sendiri, sedangkan saya kebagian membuat Misi-nya (sebenernya ada banyak pointnya-kayak-di-skripsi) tapi saya ambil intinya aja; Menjadikan Bandung Hijab Blogger sebagai fasilitator bagi para blogger perempuan Bandung, khususnya yang berhijab untuk meningkatkan kemampuan menulis blog. 


Keseruan hari itu
Jadi, buat kalian yang tertarik belajar lebih dalam mengenai blog, bisa langsung join  ke @bandunghijabblogger ya. Komunitas ini terbuka buat umum, yang penting berhijab, nggak harus punya blog dulu, dan nggak cuma yang di Bandung aja yang bisa ikut. Siapapun boleh join asal punya niat buat memberi manfaat untuk orang lain dengan menulis.

Sharing Bersama Azalea Beauty Hijab
Acara pun beralih ke sesi bersama Azalea Beauty Hijab bersama Teh Sarah yang akan menjelaskan tentang Azalea dan seputar kesehatan rambut. Azalea merupakan sister brand dari Produk perawatan rambut Natur. Azalea merupakan The Real Hijab Care yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan mengatasi berbagai masalah rambut wanita berhijab, seperti; rontok, mudah lepek, kering, bau, ketombe, kulit kepala berminyak dll. Azalea punya dua varian produk yaitu Azalea Shampoo dan Azalea Hair Hijab & Body Mist. 



Teh Sarah sedang memberikan wejangan~
Saya sudah kenalan sama Azalea dari tahun lalu, dan saya masih pakai sampai hari ini. Kemarin saya sempat bertanya ke Teh Sarah tentang masalah rambut saya yang diwarnai, apakah Azalea sudah cukup memenuhi kebutuhan rambut saya ini?

Teh Sarah menjawab bahwa rambut diwarnai memiliki masalah tersendiri seperti kering, patah-patah dan bercabang. Azalea sebetulnya sudah cukup memenuhi kebutuhan, namun karena rambut diwarnai ini butuh ekstra agar tetap kuat dan ((indah)) walaupun tertutup hijab, saya harus tetap menambahkan beberapa nutrisi seperti conditioner, tonic, hair oil, creambath dan hairmask.   

*monmaap nih yang di highlight-nya cuma masalah rambut sendiri, barangkali ada yang mengalami juga kan ya, sesama paguyuban ukhti-ukhti tapi tetep warnain rambut. πŸ˜‚

Blogging Tips with Dyah Prameswarie
Kenal teh Dydie tapi belum tahu banyak tentang beliau. Dyah Prameswarie atau saya biasa memanggilnya Teh Dydie adalah seorang penulis novel fiksi kuliner dan juga food blogger di dyahprameswarie.com Teh Dydie sudah menulis 4 buku fiksi kuliner yang berjudul "Djoeroe Masak". Pokoknya kalau kalian main ke socmed-nya Teh Dydie, dijamin lapar terus melanda.


Rara feat Teh Dydie
Saya jadi tahu kenapa tiap kali baca blognya itu selalu ngalir, rahasianya adalah selalu memperhatikan KBBI. Penggunaan EYD pada KBBI ini sesungguhnya sering terlupakan oleh blogger. Mungkin karena blog sifatnya personal, jadi banyak yang beranggapan bahwa bahasa yang dipakai di blog tidak terlalu formal. Minimal nih ngerti dulu tentang peletakan kata "di"  dan "ke" sebagai kata depan atau sebagai awalan. Sejujurnya ini juga yang masih saya pelajari. Jangankan di dunia blogging, di digital agency pun KBBI ini wajib diperhatikan untuk menciptakan konten-konten yang berkualitas. Kalau nggak gitu nanti bossque marah. YHA!

Dan agak speechless ya, pas Teh Dydie highlight soal "Personal Branding" dalam urusan blogging, teh Dydie mention nama saya dan menjelaskan kalau gaya bahasa menulis saya di blog selama ini selalu ngocol alias kocak, yang secara tidak langsung saya sudah menunjukkan bahwa itu adalah ciri khas menulis saya. 

Sejujurnya, saya nggak bisa nulis yang terlalu serius atau bahasa formal yang terlalu kaku. Saya lebih suka menulis seolah-olah sedang mengobrol dengan teman. Saya kan gemini ya, suka gampang bosen, jadi kalau baca tulisan nggak pengen yang ngebosenin juga (INI APAAN SIH NES, SEMUA AJA SAMBUNGIN KE ZODIAK!). Di hidup saya, menulis serius itu cuma ada di soal ujian, skripsi, dan semua urusan administrasi negara. #lifeguide 

Photography Tips for Blogger With Nadia Putri
Sebelumnya mau curhat dulu nih, dulu saya pernah di komplen seorang teman yang juga blogger, dia bilang foto saya di salah satu tulisan blog itu blur parah. Saya maklum sih di komplen begitu karena memang saya belum punya kamera bagus, dan hanya mengandalkan kamera handphone yang cuma 8 mb. FYI, saya ini tipe orang yang bisa mengeluarkan banyak foto dalam satu tulisan hanya supaya yang baca bisa mendapatkan info lebih. Akhirnya dari situ saya bertekad nabung buat beli kamera biar bisa menghasilkan foto yang bagus (minimal nggak blur dulu πŸ˜‚ ). 


Teh Nadia lagi kasih tips fotografi~
Teh Nadia memberikan kami banyak ilmu tentang fotografi, beliau menjelaskan perbedaan kamera DSLR, mirrorless, dan kamera hp. Kamera DSLR  (dan saudara/i-nya) menghasilkan resolusi gambar yang lebih besar dibandingkan dengan kamera hp. Gambar dari hasil kamera DSLR lebih jelas ketika dicetak atau di print. Sedangkan gambar yang dihasilkan dari kamera hp sudah cukup untuk menghasilkan gambar yang bagus (disertai dengan teknik yang baik) untuk ditampilkan di social media seperti blog, asalkan memiliki resolusi min 12 MP.

Sebelum memulai memotret, sebaiknya kita tentukan tema fotonya terlebih dahulu, apakah membutuhkan properti yang mendukung temanya atau tidak. Kemudian untuk cahaya foto lebih baik menggunakan natural light yang langsung dari cahaya matahari pada waktu golden hour jam 7-9 pagi dan jam 15-17 sore. Setelah itu wajib memperhatikan angle, apakah fotonya flatlay, portrait atau landscape. Dan tips terakhir yang saya ingat adalah jangan publish foto sebelum di-edit. I'm totally agree with this statement! Karena saya suka gemas aja gitu lihat foto yang nggak di-edit. Tahu banget sih biar nggak dikatain pajang foto fake, tapi kalau bikin jadi nggak enak dilihat kan males juga. Coba taste of art-nya dipakai gitu. Hahaha!


Workshop Photography

Hasil karyaque~

Hasil karyaque lagi~


Foto di backyard rumahque tapi bohong 🀭


MAKASIH YA TEMEN-TEMEN  UDAH DATENG KE PARTY AKU~ #kemudiandilemparshampoo
Acara pun diselingi beberapa games menarik, saya sempat ikutan juga kok. Berhasil menang mendapatkan paket liburan ke Eropa dari Azalea inspired by Natur. Hari itu benar-benar menyenangkan buat saya karena bisa bertemu teman-teman yang antusias dengan passion-nya dalam dunia menulis. Semoga bukan cuma saya yang bisa memaknai ilmu yang didapat hari itu. Semoga sampai juga buat kalian. Jangan pernah lelah mencoba sesuatu yang baru, ya. Selamat berkarya!

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

42 komentar

  1. Senang banget bisa main ke blog ini, membaca tulisan Nessa yang apa adanya tapi tetap mantul. Sukses terus, Nessa. Much love.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih banyak teh Dydie junjunganqoe :*

      Hapus
  2. Dan tulisan teh Lilis yang kocak, ngocol itulah yang membawaku tuk kembali lagi dan lagi ke sini. Palagi kalau udah bahas soal netizen. Walau seringnya enggak meninggalkan jejak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun Neng, doakan aku agar selalu membuatmu tertawa #tsahh :))

      Hapus
  3. Kyaaaa keren sis. Makin sukses ya semoga nanti mamski bisa gabung! Miss youπŸ€— btw bner Nes kamu mah bodor xoxok jadi Penulis novel humor😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh jadi kapan nih aku bisa ketemu sama Gen? 😁

      Hapus
  4. makasih ya buk sudah bantu rumah tangga BHB betah-betah ya buk kita buka cabang lagi di lain sektor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin Ibuk semoga bisa go internesyenel ya

      Hapus
  5. Terima kasih sharing ceritanya Nesa, seru banget acaranya.. selamat atas pake liburan ke....... 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, liburan ke Eropanya semoga menjadi doa ya mba 😁

      Hapus
  6. Acara keren nih...makasih BHB sudah membuat acara keren...Mau jd member ah g.n caranya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh aku kira teh Ida udah gabung. Sok atuh hub Rara langsung :))

      Hapus
  7. You always made my day pokokna mah Nessss klo setiap baca postinganmu. Hahaha.

    Seru banget acaranya dan banyak ilmu, dan aku bahagia kenalan sama Azalea inspired by Natur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun teh Zia buat supportnya, semoga nggak bosen ya baca tulisanku 😁

      Hapus
  8. Sukses acaranya, sukses BHB, sukses buat semuanya...
    Jangan lupa keramas pake Azalea, eeaa!! sambil nyanyi2 ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha makasih teh Nchie, pastinya keramas mah selalu inget atuh bisi dikerubungan laler :))

      Hapus
  9. aku juga kakah sempat dicomplain fotonya anjay jelek banget wkwkwk(untung akuh baik hati dan cepet ngegas :D...akhirnya ku galau ganti HP apa beli camera biar cem bloher trend gicuh..galau banget sampe sekarang dong ganti HP apa beli kamera?menurut kakah gimana?karena kulihat foto2 akkah lilis ini emang kece :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti ke kamera teh, biar terbebani pikirannya buat belajar foto dan rugi udah beli kamera mahal tapi nggak dipake bener-bener. Karena berawal dari kritikan bisa jadi maju hehehe..

      Hapus
  10. Keren-keren banget pembicaranya, aku pengen belajar fotografi. Waktu itu pengen datang tapi pas suami lagi mau berangkat dinas ke luar kota

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget teh Mita, nanti ada event lagi ikutan dong hehe

      Hapus
  11. Kalau ada yg nanya siapa yang nulisnya nggak memperhatikan KBBI, aku ngacung tinggi-tinggi. Ntar belajar nulis pake bahasa baku, aah. Walaupun aku tak biasaaa~~ (*nyanyi lagunya Alda) tapi harus dibiasain.

    Duo dedek gemash penemu BHB ini emang kece parah. Proud of you both.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga susah buat bener-bener pakai bahasa baku karena ngerasa kaku.
      Makasih ya mamah gemash buat supportnya :*

      Hapus
  12. wah menarik ada pelatihan fotografinya, makasih sharingnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Next ada acara lagi ikutan dong teh :D

      Hapus
  13. jepretan fotonya bagus :( pengen bisa juga ih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh, sambil belajar ini juga hayu atuh belajar bareng :D

      Hapus
  14. Selamat ya Ness, atas sukses event-nya, keren nih acaranya ada pelatihan fotografinya segala, semoga makin sukses dengan event berikutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih teh Rani, Aamiin buat doanya. Hayu nanti ikutan event berikutnya :D

      Hapus
  15. Seru banget acaranya, komplet dan cantik-cantik semuaa

    BalasHapus
  16. Cuco eym hasil karyanya. Noted bgt nih isi blog harus memberikan faedah buat pembaca, btw tiati yaa jalan-jalan ke eropanya, jgn lupa pulang ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog itu bukan buat kepentingan pribadi, tapi buat kasih info ke pembaca, walaupun curhat tapi harus tetep berfaedah #lifeguide

      Hapus
  17. Foto-fotonya kereeennn, acaranya jg keren. Hehe tiap baca tulisan di blognya Nesa emang betah kok ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah makasih teh Noniq, foto-foto teh Noniq lebih kecee 😁

      Hapus
  18. "Mungkin karena blog sifatnya personal, jadi banyak yang beranggapan bahwa bahasa yang dipakai di blog tidak terlalu formal" ini bener bgt sih, saking personalnya, banyak juga blogger yang pakai bahasa aL4y sampe yg baca bingung sendiri hahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha jadi masih ada yang belum bisa bedain yang mana bahasa personal yang mana bahasa alay ya Mba? :))

      Hapus
  19. Seru pisan ceu itu semua wajah2 ceria gitu sayang udah di booked SGM akunya andai bisa membelah pengen ikutan juga kemarin ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah gaya udah di booked ceu, banyak acara yah mamah sosialita mah :))

      Hapus
  20. ness.. ngapain didepan? Dihukum ya? hahahah
    semoga BHB bisa jadi wadah yg baik utk para blogger berhijab & semoga akan banyak inovasi yg menambah wawasan para bloggernya - wassalam #mamihsandra hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha henteu ih..

      Aamiin. makasih #mamihsandra idolaque~
      harus banget ya namanya di hestek-in biar viral. Wqwq.

      Hapus
  21. Keren bgt acaranya, sukses terus ya :)

    BalasHapus

Hi, terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe