Jumpsuit untuk Wanita Berhijab

Agustus 07, 2018

Larasatinesa.com - Akhir-akhir ini selera fashion hijab saya cenderung lebih casual, selain karena bentuk tubuh yang kurang keatas tapi malah ke samping, saya lebih suka berpakaian yang simple, yang memudahkan saya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Berhubung di kantor nggak mewajibkan memakai seragam resmi, saya jadi bebas eksplor pakaian sehari-hari, makanya saya anggap tiap hari itu mau pergi hangout sama teman-teman. Hahaha.
Jumpsuit untuk Wanita Berhijab
Ngomongin fashion hijab casual, saya lagi suka banget pakai jumpsuit. Sebenernya udah dari akhir tahun lalu ya, yang saya liburan ke Jogja sempat cari jumpsuit batik di Pasar Beringharjo. Sekarang anehnya jadi makin menggila, hampir tiap saat saya selalu cari online shop yang jual baju jumpsuit terbaru. Oh ya, buat info barangkali ada yang belum tahu, Jumpsuit adalah terusan dengan bagian bawah berbentuk celana atau biasa disebut dengan: 'Overall'.

Tapi buat sebagian wanita, memakai jumpsuit itu bikin nggak nyaman bila dipakai dalam waktu yang lama, ribet juga kalau kita harus bolak balik ke toilet karena agak sulit dibukanya. Maka dari itu saya harus siasatin gimana caranya bisa pakai jumpsuit tetap gaya dan nyaman. Sebelum memilih jumpsuit, sebaiknya kamu harus perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Bentuk Tubuh
Sebelum memilih, kenali bentuk tubuh sendiri. Buat saya yang punya bentuk tubuh nggak tinggi, agak sulit sebenernya untuk memilih outfit yang pas. Apalagi memilih jumpsuit yang katanya hanya buat orang-orang yang punya kaki jenjang. Jadi sebaiknya pastikan modelnya nggak kebesaran terutama bagian pinggang dan bagian celananya jangan kepanjangan sampai menyentuh lantai, karena nanti kakinya tenggelam berasa melayang 😂. Kamu bisa pilih midi jumpsuit model kulot yang jatuh tepat di atas betis dan dengan lebar yang tepat. Atau bisa juga memilih jumpsuit bermotif vertikal. Motif seperti ini bisa membuat kamu terlihat sedikit lebih tinggi karena memiliki garis lurus ke bawah. Sementara untuk kamu yang bertubuh besar, perhatikan modelnya agar pas di badan tapi jangan sampai terlihat ketat, disaranin sih menyamarkannya menggunakan coat, blazer, cardigan, atau outer lain yang bisa menutupi bagian belakang. 

2. Jangan Dipakai Seharian
Kayak yang tadi saya bilang, jangan pakai jumpsuit seharian, karena kamu akan sangat kerepotan. Jumpsuit lebih cocok dipakai ketika pergi liburan atau menghadiri acara yang hanya setengah hari. Saya pernah pakai jumpsuit untuk bekerja kurang lebih 8 jam, karena memang udah biasa jadi saya nggak merasa kerepotan lagi. Lagipula kerjaan saya nggak mengharuskan saya untuk banyak bergerak. So far, pakai jumpsuit buat ngantor oke juga lho.

3. Padukan Jumpsuit Dengan Atasan Lengan Panjang
Karena kebanyakan jumpsuit itu modelnya bertali satu atau tidak ada lengan, maka wanita berhijab wajib memakai atasan berlengan panjang. Kamu bisa pakai blouse atau kemeja lengan panjang dengan warna senada sebagai dalaman. Sebetulnya bisa memakai manset sih, tapi karena penggunaan manset terlalu membentuk tubuh maka dihindari ya, soalnya si jumpsuit juga udah strapless. Hehe. Btw, bukan berarti jumpsuit nggak ada yang model lengan panjang lho, akan lebih praktis bila wanita berhijab mengenakan jumpsuit model ini tanpa harus menambahkan outer agar auratnya nggak terekspos. Coba biar nggak penasaran, kepoin aja toko dan online shop yang jual baju jumpsuit terbaru, pasti ada.

4. Jangan Menempelkan Jarum ke Jumpsuit
Diambil dari beberapa sumber; beberapa wanita berhijab menerapkan jumpsuit ke acara formal. Tak sedikit pula di antara mereka yang mengaplikasikan kreasi hijab untuk acara resmi dengan bantuan bros untuk mempercantik penampilan. Lalu banyak pula dari hijabers yang ingin membuat kerudung tetap rapi dengan menyematkan jarum ke busana mereka. Ini nih yang sebaiknya nggak dilakukan ketika memakai jumpsuit. Ini akan mempersulit kamu saat harus pergi buang air kecil karena harus melepaskan lalu memasang lagi satu-persatu jarum / bros yang menempel. Bikin waktu kamu terbuang nggak sih jadinya? Pakai jumpsuit pada dasarnya udah ribet sis, jadi jangan dibikin makin ribet lagi pake jarum segala. Hahaha! Jadi baiknya pilih kreasi hijab simple namun tetap rapi dan cocok dipakai ke acara resmi tanpa harus 'menyatukan' hijab kamu dengan jumpsuit.

Nulis artikel ini bikin saya jadi pengen hunting jumpsuit untuk nambahin koleksi deh, apalagi beberapa online shop yang jual baju jumpsuit terbaru ini lagi ada sale awal bulan. Duh godaan! Haha.

Anyway, teman-teman ada yang suka pakai jumpsuit juga? Share dong jumpsuit favorit kalian model apa di kolom komentar. 

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

40 komentar

  1. Dari dulu aku pengin pake jumpsuit tapi gak jadi-jadi teh. Kendalanya ya itu bentuk tubuh. Banyak tumbuh ke samping terus ke atasnya susah tumbuh :D jadi nggak nemu yang cocok. Terakhir pake waktu kelas 3 SD. Lihat tips nomor satunya teh Nesa, tar deh aku coba nyari yang model begitu. Makasih tipsnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga bentuk badannya nggak bagus-bagus amat hahaha, paling sekarang sukanya model jumpsuit yang bawahnya rok. Lebih nyaman hehe..

      Hapus
  2. Aku mah sukanya daster. Can pernah make jumpsuit. Kebayangnya kok malah kayak dedek bayi pake jumpsuit. Eh kumaha sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha senyamannya aja buat Mamah Uwien mah :))

      Hapus
  3. Aku pernah punya dan pake jumsuit unggu cetar membahana.. salahnya waktu aku pake aku lagi diare dan itu nyiksaaaaaaaaaaaaaaaaaaa hahahhaha sumpah kaaak, susah banget mo pupup bolak-balik ke toilet pake jumsuit hahahhaha failed pisan pokokna.. diatas harus ditambahin, jangan memakai jumpsuit ketika diare.. karena bisa menyebabkan cepirit - sekian terima gajih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wakakaka siap kudu ditambahin, tapi emang aku juga kalo mau pake jumpsuit inget-inget heula mih lagi enak perutnya apa nggak.

      Hapus
  4. Kayaknya jumpsuit nih bukan Mbok Paus banget karena ribet kalau mau pipis, hahaha. Nice sharing, anyway :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ndak apa-apa Mbok Paus mah khusus buat makanan enak-enak aja deh ya :p

      Hapus
  5. Jumpsuit ini emang model fashion paling banyak dicari juga loh Nes, beberapa waktu lalu Marwah Style produksi jumpsuit dan laku keras, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya yaa.. da buat aku jumpsuit itu unik. Semoga makin laris Marwah Style. Aamiin..

      Hapus
  6. Hihi kebayang rempongnya pas mau kamar kecil kalau pake bros. Hati2 ngompol 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keribetan hidup yang hqq eta teh 😂

      Hapus
  7. Kadang2 aja, repot buang airnya hihihi...

    BalasHapus
  8. Kadang suka pengen pakai jumpsuit, tapi ya gitu ...agak repot kalau mau ke toilet. Pengennya yang simple dan nyaman dipakai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa disiasatin sih teh, pakai jumpsuit model bawahnya rok hehe

      Hapus
  9. Aku suka deh liat yang pake jumpsuit. Sayang deh kegendatan bodiku bikin gak bisa pake jumpsuit. Wkkwwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti suka ya teh liat aku pake jumpsuit 😂

      Hapus
  10. Aq mah nggak pernah pede pake jumpsuit :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak apa-apa teh, da nggak maksa atuh :(

      Hapus
  11. jumpsuit itu salah satu jenis pakaian yang gak aku lirik karena bakalan repot banget kalau kebelet. satu lagi deng alasannya: aku pengabdi rok panjang, hehehe

    BalasHapus
  12. Aku udah gak pernah pake jumpsuit udah lama juga... Paling overall yg rok aja bawahnya, itupun baru akhir2 ini pakenya.Makasih tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bawahnya rok panjang juga itu masuk jumpsuit kok teh hehe

      Hapus
  13. Balasan
    1. Ada sebenernya di instagram, mungkin teteh nggak ngeuh :))

      Hapus
  14. Lho, aku suka lho perawakannya teh Nesa padahal... Aku malah ga pede pake jumpsuit, "kurang ke atas"-nya kebangetan soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha, sama aku pun kurang keatas kok teh hahaha

      Hapus
  15. Aku belum pernah pakai jumpsuit. Baru tahu malah (ngga gawl banget soal fashion hehehe). Eh mana ini nyari-nyari foto modelnya (ala Teh Nesa) lagi pakai jumpsuit ngga ada..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah nggak perhatian nih sama aku wkwk, ada di instagram fotoku pake jumpsuit kalo mau liat 😂

      Hapus
  16. Duluuuu sempet suka pake model baju jumpsuit. Tp skr udh ga terlalu banyak koleksi jumpsuitku krn memang ini ribet hahahaa. Aku lbh seneng pake overall tp bagian bawahnya ga membentuk celana, melainkan rok. So kalo mau ke toilet lbh gampang :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan mbak, aku juga lagi suka pakai overall rok hihi

      Hapus
  17. sisteur cocok pake jumpsuit dan stylenya makin gemes. kalo aku zonk wkwkkw dan berhubung w anaknya beseran ajdi ribeut siiis.

    btw jaman sekarang emang model2 jumpsuitnya udah cakep2 yee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asli sis jumpsuit sekarang cakep-cakep makanya eik mau koleksi nih hahaha

      Hapus
  18. Liat Nesa pakai jumpsuit dong kalo ke kantor gimana :))

    Aku sih modelnya apa aja juga suka, berbagai model jumpsuit aku suka. Yang penting sampai semata kaki.
    Milih jumpsuit buat aku yg ukuran badan 169 cm susahh banget krn suka nyangkut di bagian tengah :( jd harus diukur bener2 dulu .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah mbak Oline semampai ya, sirik akutu hahaha
      Sebenernya ada beberapa fotoku pakai jumpsuit di IG cuma nggak pas ke kantor seringnya, next aku ootd ke kantor ya :D

      Hapus
  19. Aku cuma punya satu dan dipakai trakhir taun kapan entah, karena susah buat pipis jadi males pakai. Haha. Tapi waktu beli tergiur yang kayak kece bingits sih, emang kece ya jumpsuit tp effort :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mba, aku kalo nggak mau repot sih pakai yang bawahannya rok aja, jadi kalo buang air gampang hehe

      Hapus
  20. Kayaknya saya belum pernah pakai jumpsuit, agak gak pede gitu pakenya. Makasih sharingnya, Teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya ya teh, senyamannya aja :D

      Hapus

Hi, terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe