Tips Memilih Bahan Baju Gamis yang Nyaman dipakai Sehari-hari

April 16, 2018

Larasatinesa.com - Beberapa waktu lalu sepulang dari undangan pesta pernikahan, Ibu saya mengeluh kepanasan karena pakaian yang dipakainya kurang nyaman. Baru saya tau kalau Ibu memakai baju gamis yang pernah saya berikan. Sepertinya gamis tersebut bahannya nggak cocok buat dipakai bepergian, terlebih di siang hari. Kebayang panasnya deh, saya juga pasti nggak akan kuat.

pic souce: unsplash
Baju gamis merupakan busana muslimah sederhana yang panjang dan longgar menutupi dari bagian dada sampai dengan mata kaki. Saya sendiri memang jarang mengenakan gamis sih, tetapi saya punya beberapa. Dan taukah kamu kalau gamis saat ini semakin populer di kalangan muslimah? Gamis sekarang udah nggak kuno lho, model-model baju gamis wanita terbaru pun udah bermacam-macam, mulai dari yang polos, berwarna-warni, hingga yang bercorak. Gamis nggak hanya dipakai untuk bepergian untuk menghadiri acara formal aja, sekarang gamis juga dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Perkembangan gamis di Indonesia jadi semakin pesat.

Karena sekarang warna dan corak gamis ini udah banyak banget pilihannya, kadang saya lupa dan tergiur untuk memilih yang modelnya cantik aja. Padahal kenyamanan itu adalah salah satu faktor utama untuk memilih baju gamis. Sejak dari situ, saya mulai memilih jenis bahan apa aja yang cocok untuk baju gamis agar tetap nyaman dan tidak panas di iklim tropis Indonesia yang cenderung panas dan lembap ini. Yang terpenting itu bahannya tidak panas / adem, lembut, dan gampang menyerap keringat. Dan bahan-bahan dibawah ini sangat cocok untuk dijadikan bahan gamis wanita terbaru:

1. Bahan Jersey Bahan ini adalah bahan yang sedang populer saat ini, dan sering dipakai oleh desainer untuk membuat baju gamis. Bahan jersey memang cukup lembut karena terbuat dari serat kapas dan dicampur dengan bahan karet dan plastik yang bersifat adem, bahannya mudah menyerap keringat, agak mengkilap dan jatuh banget. Saat ini banyak sekali model gamis wanita terbaru berbahan jersey, ditambah banyak penambahan-penambahan renda dan brokat dibagian tertentu membuat gamis berbahan jersey banyak diminati oleh muslimah berbagai kalangan usia. 2. Bahan Ceruti & Siffon Saya lumayan familiar dengan bahan ceruti dan siffon, bahkan saya punya beberapa hijab dari kedua bahan ini. Karena bahan ini hampir sama, agak sulit membedakan mana yang ceruti dan siffon. Ternyata yang membedakannya adalah bahan ceruti lebih lembut dan lebih mudah dibentuk dibandingkan dengan siffon. Sedangkan untuk siffon sendiri cenderung lebih licin dan ketika dilipat terlihat kaku. Kedua bahan ini banyak dijadikan sebagai bahan gamis karena memberikan tampilan yang indah. Ini disebabkan oleh bahan ceruti yang punya banyak warna pastel yang menarik, dan bahan siffon yang punya motif beragam. Mengingat bahannya tipis banget, biasanya kedua bahan ini dilapisi furing didalamnya.

3. Bahan Katun
Bahan katun yang berasal dari Cotton (kapas) ini teksturnya halus, lembut, dan tidak panas sehingga nyaman untuk dipakai berlama-lama. Bahan ini juga jadi favortnya pengguna gamis lho. Mungkin karena keistimewaannya yang nggak mudah kusut saat dicuci dan adem ketika dikenakan. 

4. Bahan Kaos
Bahan kaos ini juga dikenal dengan bahan spandek atau lycra. Saya sering menemukan bahan ini menjadi bahan utama baju renang. Biasanya baju gamis bahan ini menggandung katun sutera, bahan sintetis, atau polyester. Bahannya sangat lentur, elastis, ringan, dicuci lebih cepat kering dan cepat menyerap keringat. Cocok banget kan dipakai jadi bahan gamis sehari-hari? 

5. Bahan Wolfis 
Kalau bahan yang satu ini merupakan bahan yang tebal, udah dipastikan nggak akan menerawang. Bahan wolfis memiliki warna-warna netral, model-model yang simple, yang cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Walaupun tebal, bahan wolfis ini sangat nyaman dan adem.

Jadi tau dong sekarang, bukan hanya pilih pasangan aja yang harus bikin nyaman, pilih bahan baju gamis juga. Jangan salah pilih lagi ya. 😂 

Cheers,
Nesa

You Might Also Like

38 komentar

  1. Saya paling suka gamis dengan bahan jersey, tiis haha. Tapi yang paling enak emang bahan katun, nyaman banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai owner Marwah style pasti lebih tau soal bahan-bahan deh ibuu :))

      Hapus
  2. aku punya gamis bahan kaos kakah klo aku ga cocok pake bahan itu kaosnya bikin hareudang lebih suka jersey atau ceruti klo aku btw ini pengumuman sapa tau kaka mau kasih wkwwk *ngarep bingits

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa siapa tau ada yang mau kasih hadiah ya teh.. Mohon perhatiannya ya yang baca komen teh Herva ini :))

      Hapus
  3. Aku suka yang agak tebel karena gak nerawang dan gak ngeplek ke badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. What the meaning of 'ngeplek' ya teh? :))

      Hapus
  4. kaos sama katun emang udah paling bener sih kalau menurut aku

    BalasHapus
  5. Gamis bahan katun juara sih, enak nyaman ngga pas badan juga kalau dipake

    BalasHapus
  6. Pokoknya yang nggak menerawang (karena aku bukan uang yg harus diterawang), nggak bikin gerah dan pas dengan posturku yang gitu deh. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ca aja nih, kalo menerawang masa depan gimana? #dibahas

      Hapus
  7. Baru tahu bahan lainnya, sekarang aku lagi suka bahan balotelli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah ini juga bahannya lagi hits ya ceu

      Hapus
  8. Gamis andalan akuuh....((dari mertua)) bahan wolfis.
    Hiihi...jadi ketauan gak modalnya yaak??

    Bener.
    Aku kalo make gamis ini, berasa happy banget hidupku.
    Adeeem.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha nggak apa-apa atuh bagus dari mertua teh jadi berkah nantinya..
      Iya teh Lendy udah syar'i sekali, adem lihatnya hehe

      Hapus
  9. Pertama selalu nyari yg bahan katun krn emg nyaman, kalau ga ada baru bhn yg lain :D

    BalasHapus
  10. Aku ada gamis dari bahan kaos dan emang bawaannya jadi gerah Nes.

    Cobak ah ntar beli yang dari bahan lain biar nyaman, yang bahan jersey kayaknya asyik tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jerseynya bahan gamis ya teh, kade bisi jersey kaos bola ah :))

      Hapus
  11. Saya juga paling suka bahan katun, kalau bahan kaos biasanya suka pakai outer biar nutupin bentuk badan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya teh Ida juga kayaknya banyak ya koleksi gamisnya :)

      Hapus
  12. keseringan aku kalau beli bahan selalu balotely

    BalasHapus
  13. Aku masih tetep mengidolakan bahan katun. Adeeeeem. :d

    BalasHapus
  14. ketika Wanita memakai baju Gamis sangat terlihat anggun dan cantik sekali.

    BalasHapus
  15. Cocok, apalagi kalau travelling pakai gamis kudu bin harus milih yang sesuai wkwkwkw apalagi maunya praktis dan nggak kusut 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Anggi nih suka pake gamis kemana-mana, semampai sih jadi cocok-cocok aja, ndak kayak aku huhu

      Hapus
  16. aku lebih suka bahan kaos dan katun, tp jersey juga suka hanya saja terkadang bahan jersey suka ngepress bentuk badan jadi aku suka siasati dengan tambahan menggunakan outer yang menutupi bagian bokong.
    thankyou for sharing :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm boleh juga nih tipsnya, thank you Helda :D

      Hapus
  17. Ternyata banyak juga bahan untuk gamis. Aku seringnya suka sama gamis dari bahan jersey. Kalo teteh sukanya gamis dari kain apa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sukanya jersey, karena lebih adem daripada yang lain hehe

      Hapus
  18. Favorit saya katun Jepang untuk gamis. Nyaman dan ga menerawang. Tapi masih belum nemu katun Jepang yang polosan kebanyakan bunga-bunga motifnya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sering lihat bahan ini dipakai buat mukena ya Mba :)

      Hapus
  19. Info yang bermanfaat buat saya nih, jadi tahu gamis dengan bahan apa yang cocok buat istri :)

    BalasHapus

Hi, terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe