Changi Airport: Bandara paling Instagramable di Dunia

Maret 21, 2018

Larasatinesa.comAkhirnya saya bisa menginjakkan kaki juga di Changi Airport - Singapura, bandara yang sudah sering mendapatkan gelar sebagai bandara terbaik di dunia versi Skytrax. Jujur aja saya gugup, bukan karena saya yang emang baru pertama kali ke Luar Negeri aja, tapi saya kagum dengan kemegahan Changi Airport.
Location: Changi Airport T4
Changi Airport merupakan bandara Internasional Singapura yang sudah beroperasi sejak tahun 1981. Changi mempunyai 400 toko retail dan servis, juga 140 outlet makan dan minuman. Dengan lebih dari 100 maskapai yang menyediakan konektivitas ke 400 kota di dunia, Changi Airport memiliki sekitar 7.200 penerbangan setiap minggunya atau 1 penerbangan setiap 80 detik. Sumpah, keren banget! Changi Airport telah memenangkan lebih dari 557 penghargaan sejak pembukaannya, termasuk "Best Airport in the World”. Saat ini Changi Airport sedang berupaya membangun fasilitas baru untuk mempertahankan standar kualitas layanan bandara yang tinggi. (sumber)

Saya terbang dengan jadwal flight paling malam dari Bandara Soetta - Jakarta, dan tiba di Changi Airport sekitar pukul 00.30 dini hari. Saya pikir karena udah subuh, bandaranya sepi, yang ada saya tiba di Terminal 1 (T1) dan melihat antrian panjang bule-bule ganteng yang mau flight ke Amsterdam di Gate KLM. Hal pertama yang saya lakukan di Changi Airport adalah... ambil air minum. Di sana, disediakan air minum untuk penumpang, kebetulan saya emang bawa botol minum dari Indonesia. Lumayan kan bisa hemat nggak perlu beli air minum lagi. Setelah itu saya langsung menghidupkan handphone yang sebelumnya di setting airplane mode. Berhubung saya harus mengabari keluarga dirumah, saya langsung menghidupkan Wifi di Changi Airport. Saya hanya perlu registrasi nomor handphone (sesuai kode negara asal) untuk bisa mendapatkan WiFi super kenceng, oh ya, kita bisa pilih juga mau Wifi 3 jam atau 24 jam.

Airport Tour
Baru kali ini betah lama-lama di bandara, abisnya kayak bukan lagi di bandara, i feel like home. Saya nggak mau kesempatan selama di Changi ini sia-sia dong, jadi saya Airport Tour (datang-pulang) dari T1, T2, T3 dan T4 (yang merupakan terminal paling baru). Jadi ini adalah beberapa tempat yang saya singgahi selama di Changi Airport;

Terminal 1 (T1) Changi Airport dibuka pada tahun 1981 berlokasi di bagian utara. Di sinilah kemarin saya tiba. Sampai di sini emang sebagian besar pertokoannya udah tutup. Tapi itu nggak jadi masalah buat saya untuk explore tempat lainnya yang buka 24 jam. Dan pandangan saya tertuju pada Cactus Garden. Lucu kali ya ke taman malem-malem. Kayak gimana sih rasanya?

Jadi, untuk menuju Cactus Garden ini, saya harus menaiki eskalator yang ada di sebelah stand Giordano, setelah itu naik tangga lagi karena letaknya paling atas. Sampai disana.. rasanya adem banget. Gelap sih, tapi kan disitu juga ada The Traveller's Cactus Pub. Saya bisa menikmati angin sepoi-sepoi sejenak nih sambil lihat pesawat yang take off di lintasan. Ternyata nggak sepi-sepi banget juga kok disini, banyak mas-mas bule yang lagi santai sambil merokok atau ngopi-ngopi, sayang wajahnya nggak keliatan jelas karena udah malam. Haha!

pardon my tired face >.<
Taman Kaktus memiliki lebih dari 100 spesies tanaman kaktus dan gersang dari padang pasir dan daerah kering di Asia, Afrika dan Amerika. Taman atap ini merupakan tempat yang populer bagi para pengunjung untuk berbaring dan berjemur di bawah sinar matahari. Berhubung saya datangnya malam jadi cuma bisa bersantai selepas flight aja. Yang istimewa di Cactus Garden ini adalah banyak menampilkan tanaman kaktus  mencakup berbagai bentuk Cycads - yang bertahan lama dari era dinosaurus - dan tanaman surealis lainnya seperti Kaktus Barrel Emas, Kaktus Oldman dan pohon Ponytail raksasa. Pengunjung juga bisa melihat kaktus Apple Cactus (Cereus spp) dan Kumbang Prickly Pear (Opuntia spp) dan tanaman gersang lainnya dari berbagai belahan dunia.

Kalau malam gini memang nggak terlalu kelihatan, tapi ada cahaya dari lampu taman yang bisa bikin kaktus-kaktusnya jadi eksotis banget. Kapan lagi ke Cactus Garden malam-malam. Hmm..

Lanjut lagi, kali ini udah menjelang pagi, mulai lapar deh nih perut. Saya pun mencari sarapan di T1. Sampai akhirnya sama menemukan Kaffe and Toast. Sebuah resto mini yang menyediakan berbagai menu sarapan. Pas saya datang, banyak juga yang lagi makan disini. Saya pun memesan value meal set A (hot local drink, kaya butter toast & 2 soft boilled eggs) seharga 4.60 SGD sebagai menu sarapan.

Sebagai restoran bersertifikasi halal, Kaffe & Toast menyajikan menu favorit ala Singapura seperti Chicken Curry, Chicken Rendang, Nasi Lemak, Laksa, Mee Siam, dll. Untuk melengkapi berbagai kelezatan lokalnya, resto ini juga menyajikan sarapan tradisional Singapura dari kopi buatan lokal dan roti panggang renyah.

Lalu perjalanan airport tour saya pun berlanjut ke Terminal 3 (T3). Terminal 3 (T3) Changi Airport Singapura ini dibuka pada 31 Oktober 2017 berlokasi di bagian barat. Untuk menuju T3 saya harus menaiki skytrain dari T2. Yang saya lihat disini banyak banget resto makanan dan jajanannya. Dan tempat yang saya singgahi disini adalah tempat yang bisa dibilang paling hits. This is it Hello Kitty Orchid Garden.

Sebenernya udah keliatan banget di T3 ini ada si Hello Kitty. Karena saya sudah melihat di atrium ada hiasan Hello Kitty yang super gede banget. Jadi, Hello Kitty Orchid Garden adalah sebuah cafe dengan nuansa Hello Kitty, mulai dari ornamen, souvenir, hingga bentuk makanannya. Saya pernah lihat teman saya makan disini sebelumnya. Menu-menu yang ditawarkan pun bermacam-macam, ada breakfast, salad, nasi,  pasta, dessert, dll. Cafe ini buka 24 jam dan semua menunya HALAL!

Oh ya hampir kelupaan, saya juga sebetulnya melewati Terminal 2 (T2) tetapi hanya bagian diluar transit aja. Terminal 2 (T2) Changi Airport Singapura ini dibuka pada tahun 1990 (pas banget saya lahir nih!) dan berlokasi di bagian timur. Sayang waktu mau explore disini saya udah keluar imigrasi, karena tempat-tempat kecenya ada di dalam transit diantaranya; Taman Pesona (Enchanted Garden) & Taman Bunga Matahari (Sunflower Garden)
Sunflower Garden Terminal 2 Transit Hall | source: changiairport.com
Terakhir, ini dia yang saya tunggu-tunggu. Airport tour di Terminal 4 Changi Airport! Terminal 4 (T4) Changi Airport Singapura ini dibuka pada 31 Oktober 2017 berlokasi di bagian selatan. Terminalnya emang baru banget. Overall saya paling suka T4 dari semuanya. Kecanggihannya juara banget. Untuk menuju T4, saya harus naik Shuttle Bus dulu dari T2.

Saya suka banget di T4 karena banyak sofa-sofa cantik yang bisa buat tidur. Hahaha! Buat kamu para beauty addicted, ini terminal cocok banget sama kepribadianmu, di sini ada Shilla Duty Free besar dengan berbagai brand terkemuka dunia lho. Bisa dijadiin buat oleh-oleh pulang ke tanah air juga kan?

di T4 ada heritage zone dimana banyak ornamen dan persembahan kearifan lokal budaya melayu, salah satu yang menarik perhatian saya adalah Peranakan GalleryGaleri Peranakan (Peranakan Gallery) merupakan kolaborasi pertama antara Changi Airport Group dan National Heritage Board.

Peranakan artinya penduduk lokal or you can call it 'locally born', yang mengacu pada keturunan yang berasal dari China dan Melayu campuran. Karena adanya percampuran budaya inilah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari, termasuk dalam perkembangan furnitur, porcelen, pakaian, dan makanan. Di Peranakan Gallery ini saya melihat banyak sekali kerajinan dan pakaian khas budaya Melayu.

Peranakan Gallery buka 24 jam, dan gratis untuk semua penumpang yang telah melakukan check-in imigrasi keberangkatan.

Note: Supaya nggak kebingungan buat hunting-hunting fasilitas di Changi Airport yang luas banget ini, kamu bisa download aplikasi I-Changi buat memudahkan cari rute-rute terdekatnya ya. Bisa didownload di Appstore atau Playstore ya!
IChangi App
FYI, di T1 ada tempat yang keberadaannya mungkin belum banyak penumpang tahu. Jadi setelah keluar dari pintu imigrasi di T1, kamu bisa jalan lalu belok kiri dan menemukan plang "STAFF CANTEEN" yang ditujukan ke arah kiri untuk turun tangga. Buat yang kebingungan cari makan, bisa langsung ke kantin pegawainya Changi ini. Oh ya, nama kantinnya lebih dikenal dengan sebutan Orchis Foodcourt. Kantin ini nggak hanya buat para pegawai kok, kita para turis juga bisa makan disini. Makanannya masih tergolong murah dan disini juga dibedakan mana yang halal (piring hijau) dan non halal (piring putih). Kalau kemarin saya pesan roosted chicken noodle seharganya 5.5 SGD di stand makanan melayu. Porsinya lumayan banyak kan?

What I Love in Changi Airport
+ Fasilitas bandara kelas dunia, semuanya ada!
+ Ada keran minum air panas
+ WiFi super kencang
+ Tertata rapi, nyaman, & bersih
+ Semua tempatnya instagramable
+ Toilet bersih
+ Pengamanannya ketat
+ Semua serba canggih, contohnya waktu check in; timbang bagasi, scan passport, print boarding pass, scan sidik jari, scan wajah, semua dilakukan sendiri pakai mesin otomatis
+ Ada kantinnya, jadi nggak bingung untuk cari makanan Halal
+ Ada sofa-sofa unik di T4 yang bisa dipakai buat tidur, Hahaha!

***

Changi Airport buat saya sejauh ini adalah bandara paling mengesankan. Changi ini ibarat pasangan yang udah sempurna banget, segala ada! Hahaha. Tapi saya masih ngerasa belum cukup explore banyak disana deh huhu. Saya emang harus balik lagi ke Singapura, soalnya hati saya benar-benar tertinggal di Changi Airport.

Kamu punya momen paling berkesan dihati selama di Changi Airport nggak nih? Pas banget sekarang giliran kamu nunjukin momen itu di kontes #ChangidiHati buat dapatin hadiah spektakuler!

Tinggal upload foto dengan menggunakan simbol hati (gestur tubuh) atau sticker dan ceritakan kenapa #ChangiDiHati selalu dengan menggunakan #ChangiDiHati disini. Kamu bisa mendapatkan kesempatan meraih hadiah utama tiket pulang pergi Indonesia-Korea via Singapura + Changi Gift Card senilai S$200!

Info syarat dan ketentuannya buat ikutan kontesnya bisa lihat disini

#ChangidiHati

Nesa

You Might Also Like

42 comments

1. Wih asyik ya shay, explore bandara aja bisa seharian soalnya bandaranya udah kaya mol atau hotel ⭐5 hehe semoga aku juga bisa kesana aamiin😍

1. Iya ceu betah banget disini, Aamiin semoga bisa kesini yaa :D

Hapus
  2. keren ada keran minum air panas, tinggal bekel popmie aja dari Indonesia hihihih

Balasan
    1. Itulah yang kulakukan kemarin disini, nyeduh popmie bawa dari Indonesia hahaha

Hapus
  3. Iya bener ini bandara waaaaah banget. Di sana seharian juga masih kuraaang, hahaha.

1. Bener banget teh, kayaknya 2-3 hari yees bisa muter-muternya hahaa

Hapus
  4. Asyik nih jalan2 terus hehe... yu ah kita main ke sana lagi :)

5. Belum pernah huhu... Keren bgt ya, gabungan mal sm tempat wisata

6. aku dah lama ngga halan2 jadi ngga tau Changi dah kayak apa :D ternyata tambah keren ya, manalah ada cafe helo kitty itu ucuk anet, Raya pasti sukaaa... duh jadi pengen kesini hahaha

Balasan
    1. Hayu atuh kapan mamih ke SIN lagi, Raya sama Shasha betah aneet main disini pasti :D

Hapus
  7. aduh meni bagus ya kakah pantesan atuh feel like home :) belum pernah kesini jadi asa berbinar ningalina *orang contong mah kitu da* hahaha

Balasan
    1. Hahaha cuss abis lahiran halan-halan kesini biar ga bosen di Contong mulu :))

Hapus
  8. TrrakhTe ke Changi 10 tahun lalu. Dulu aja menurutku bandaranya udah keren banget. Apalagi sekarang. Semoga aku bisa mampir ke Changi lagi. Aamiin.

Balasan
    1. Waah lumayan lama juga teh, aku sih nggak tau dulunya gimana. Pokoknya keren pisanlah :))

Hapus
  9. Semua sudutnya instagramable banget ya , Nes. Keknya tour di bandaranya aja butuh seharian penuh buat poto-poto.

Balasan
    1. Seharian ternyata nggak cukup mah, aku 2 harian dong itu juga nggak semua bisa didatengin :))

Hapus
  10. Keren banget ya. Bikin betah. Makasih Nesa, udah beraaa tour diauguhi foto-fotonya yang kece. Loveeee... Hehehe

1. Ngeliat foto-fotonya aku jadi ingin balik lagi ke Changi teh hahaa

11. Setiap sudut changi memang instagramable banget ya

1. Cocok sekali buat memperindah feed instagram ya kak hahaa

Hapus
  12. Changi Airport benar-benar lengkap ya. Luar biasa.

BalasHapus
  13. Sis, mari agendakan trip lagi dan xplore changi again wkwkwkwk. ..seharian nggak cukup yaaa.

Btw, ikutan kontesnya ah siapa tau rezeki ke korea via changu 😊

1. Hahaha ayok ikutan biar bisa balik lagi ke Changi yes mba :D

Hapus
  14. 4 kali ke Singapura, gue belum pernah bener-bener eksplor Changi. Yang gue eksplor ya cuma yang gue lewati aja. Semoga ada kesempatan ke Singapura lagi hihi.

Itu kaya toast-nya emang enak bangeeettt! Dalemnya ada sensasi nyesss.

Balasan
    1. Yaaah gimana sih Nugs.. balik lagi cuss yuk ah sambil memenuhi keinginanku buat foto di Merlion hahahah

Hapus
  15. Paling kece emang terminal 4, kemaren pas kesana baru aja dibuka terminal itu. eh beberapa hari lalu baca artikel lagi akan dibangung terminal 5-nya. duh ga tau lagi deh ntar terminal 5 kerennya kaya gimana.

Balasan
    1. Aku sempet liat sebelum take off ke Indo, diseberang T4 lagi ada pembangunan gitu mbak, jangan-jangan itu T5 nya :))

Hapus
  16. Saya aneh, akhir-akhir ini kok banyak banget ya yang nulis tentang Changi Airport? Ohhh, ternyata lagi ada giveaway toh, pantesan. Btw Terminal 3 Soekarno Hatta juga bagus lho, ga kalah bagus sama bandara-bandara internasional di Indonesia.

Balasan
    1. Iya kak yuk ikutan Changidihati.

Aku juga landing di T3 Soetta kok, bagus juga bandaranya sekarang :D

Hapus
  17. Ini bandara layak bangetttt sih jd juara. Memang terbaik kok. Dan yg aku paling suka ke changi, krn haRga toko2 duty free nya beneran muraaaahhhh! Trakhir kesana beneran kalap liat sepatu di counter adidas, utk new arrival yg blm ada di indo, hrgnya bikin berbinar. Jauuuh lah ama hrg di indo. Makanya aku lbh seneng belanja di sana

Balasan
    1. Memang bikin kalap sih duty free di Changi, harganya jauh lebih murah. Kemarin udah mau beli kosmetik gitu cuma aku udah kebanyakan bawaan mbak pulang beli bagasi, padahal murah sih daripada disini hiks

Hapus
  18. Changi merupakan imigrasi pertama yang mengecap paspor saya, melenyapkan pikiran sebelumnya... kalau hanya orang banyak duitlah yang bisa traveling ke luar negeri. Jadi kemanapun saya melangkah nanti untuk ngecap paspor, Changi selalu di hati deh pokoknya, haha... Makin ke sini Changi makin kece ya, sampe bilang sama temen, kalau ada rezeki lebih kita ke Sin lagi yuk dan 1 hari khusus kelayapan di Changi, hahah...

Balasan
    1. Aseeekk banget dah kata-katanya mbak Nita..

Yuk mbak balik lagi ke Changi, kemarin belum puas nih :D

19. deuh gaya love love nya gemesin ya

BalasHapus
  20. Wiih beneran super duper keren gini ya teh airport nya. Changi emang kereen ya, galfok sama karpetnya kaya karpet hotel empuk - empuk gimana gituuu kayanya.

Balasan
    1. Hahaha bisa buat goler-goler kalo lelah jalan-jalan disana :))

Hapus
  21. Pemerintah Singapura selalu serius membangun & memelihara fasilitas publik. Bikin wisatawan betah main di sana ��

Balasan
    1. Yups, coming soon T5 lagi dibangun dong teh :))

Hapus

Hi, thank you so much for stopping by. Let's connected!