Tips Nyaman Berolahraga Untuk Hijaber

Januari 07, 2018

Larasatinesa.com - Dulu sebelum saya berhijab, saya suka mikir pasti hijab-an itu ribet banget. Nggak cuma soal sikap dan perilaku yang harus dijaga, pakaiannya pun harus tertutup dan sopan. Saya udah bayangin gimana repotnya saya tiap hari demi cari hijab outfit untuk beraktifitas.



Semua asumsi tersebut pun sirna setelah saya mengalami ((( perjalanan spiritual ))) yang membuat saya mengenakan hijab di tahun 2012. Mau flashback nih, dulu alasan saya berhijab karena saya habis putus cinta alias galau. Saya saat itu seperti sedang lelah dengan nasib sendiri. Hijab jadi langkah awal saya untuk menjadi lebih baik dan lebih tenang menjalani hari. Walaupun memang godaan berhijab itu berat banget, saya masih suka buka-tutup hijab di tahun-tahun awal. 

Tapi pada akhirnya, mau apapun alasan awal berhijab buat saya itu bisa dimaklumin, nanti juga lama-lama akan mengerti sendiri makna dari kewajiban muslimah untuk mengenakan hijab. Semua juga butuh proses, makanya saya nggak suka sama orang-orang yang suka nge-judge orang berdasarkan hijabnya. 

Ngomongin soal outfit, saya termasuk yang mikirin banget urusan ini. Dulu saya mikir pasti modalnya gede banget nih buat beli-beli baju khusus hijab. Karena semenjak saya berhijab, saya usaha banget untuk berpakaian senyaman mungkin dengan apa yang udah saya miliki. Ada yang lucu nih, dulu baju-baju mini saya, saya jual di instagram garage sale lalu uang hasil jualannya saya belikan pakaian hijab. Jadi sambil berjalannya saya berhijab, disitu juga saya mengumpulkan outfit-outfitnya. Semua bisa diakalin kan? Hahaha..

Pada saat-saat tertentu saya kadang merasa kesulitan untuk mencari hijab outfit, terutama saat berolahraga. Sejak memutuskan punya resolusi giat olahraga demi menurunkan berat badan ditahun 2018 ini, saya juga ingin punya outfit olahraga yang simple, yang udah saya punya, yang panjang, juga tertutup. Saya nggak mau nih hanya karena alasan panas memakai hijab outfit tertutup, jadi penghalang saya untuk berolahraga. 

Jangan sampai w males-malesan karena nanti badan singset hanyalah angan-angan belaka dan menjadi resolusi di tahun berikutnya. Pait.. Pait.. Pait..

Jadi, karena itu saya punya beberapa tips outfit untuk para hijaber biar nyaman berolahraga dengan outfit yang udah dimiliki. Diantaranya:

1. Gunakan outfit berbahan menyerap keringat. Bagian paling penting dalam memilih outfit untuk olahraga adalah mencari bahan pakaian yang menyerap keringat dengan baik. Maksudnya biar olahraganya nggak gampang pengap dan cepat pans. Yang perlu diperhatikan lagi adalah sirkulasi udara dari outfit tersebut. Kita bisa menggunakan pakaian dengan serat kain yang tidak terlalu rapat seperti bahan katun karena penting untuk dapat mengalirkan udara dengan baik. Rumah aja butuh ventilasi udara kan? Apalagi pakaian, jadi bisa bernafas lah ya badan kita.

2. Gunakan hijab simple atau memakai turban atau bisa juga memakai dalaman ninja aja. Karena kalau olahraga, semua tubuh bergerak, pakai yang simple akan bisa membuat kita lebih nyaman saat berolahraga.

3. Pakai celana ketat atau legging atau celana training untuk kenyamanan kita saat berlari, senam, dan olahraga lainnya. Saya sih lebih suka pakai lengging nih, karena saya ngerasa lebih cepat kepanasan pakai celana training daripada legging. Pakai legging juga bikin saya lebih leluasa untuk bergerak.

4. Mungkin ada beberapa diantara kita yang nggak percaya diri ketika memakai celana ketat atau legging saat berolahraga. Siasatinnya gampang banget, untuk membuat lebih tertutup kita bisa pakai mini flare skirt yang bisa menutupi lekuk pinggul dan bokong, atau bisa juga mengenakan atasan atau jaket yang panjang. Karena saya belum punya mini flare skirt, saya pakai jaket panjang aja deh dari Hijacket Shop.





Jaket dari Hijacket Shop ini nyaman untuk segala aktifitas, nggak cuma olahraga aja, saat-saat cuaca lagi hujan kayak gini juga berguna banget karena dilengkapi dengan hoodie (penutup kepala) biar nggak kehujanan kalau sedang diluar, atau pun dipakai diberbagai kegiatan casual lainnya. Udah gitu, jaketnya hangat karena bahannya tebal sekali. Lalu yang paling penting saat saya olahraga nggak perlu khawatir bagian lekuk badan belakang kita kelihatan karena udah pasti ini aman banget. Oh ya, buat yang nggak berhijab juga bisa pakai kok. 



Yang saya pakai ini modelnya hijacket basic original warna misty red (HJ6). Saya pilih yang ini karena simple dan lagi matching sama warna sepatu saya. Semenjak saya punya jaket dari Hijacket Shop ini, saya nggak perlu khawatir lagi soal outfit olahraga. Tinggal pakai dalaman kaos lengan pendek ditambah legging terus pakai hijacket, udah deh.

Untuk yang mau lihat koleksi-koleksi lainnya dari Hijacket atau sekalian order kayak punya saya (sekarang lagi ada discount pulak!) bisa langsung aja buka link berikut ini: hij.sh/larasatinesa 



Gimana, udah nggak ribet lagi kan pilih outfit hijab untuk olahraga? Yuk ah barengan #MenujuLangsing2018 sama saya 😂


Cheers,
Nesa

You Might Also Like

54 komentar

  1. Wetsewwwww semoga yang pait...pait....pait....bisa jadi manis. Banyak kali ya yang resolusi 2018 nurunin berat badan. Nak ikut lah aku. Semoga cukup jadi resolusi tahun ini aja, tahun depan jangan.

    Berarti tahun ini kudu sukses. Sharing tips qa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaak dong, menuju langsing 2018, harus semangat dan diniatkan sungguh-sungguh :))

      Hapus
  2. AAAgh, btw keburu kepencet 'publikasikan' button -_-
    padahal mau komentarin jaketnya. Nah hahaha xD itutuh jaket, khawatir bagian pantat emang. Kalau panjang gitu mah mau lari atau senam model gimana jadinya gak kebentuk.

    Kalau beli jaket biasa, mau yang size XL atau lebih, pasti price nya nambah #lowbudgetfighter
    lagian kalo size nya yang digedein, lengannya juga ikutan panjang. Malah riweuh~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jaketnya super nyaman banget.
      Eh ini sampe size XL sama kok harganya, coba cekidot link websitenya diatas, jamin ngiler deh cuss hahaha

      Hapus
  3. Alhamdulillah semoga Istiqomah ya ceu, aku kabita juga sama jacket nya kadang mau olahraga bingung nyari outfit euy pake celana sama jacket aja kebanyakan kan pendek jd gak pede ya ama lekukan2 udah mah lemaknya tebel. Hahahaha ��

    Nuhuuuun info jacketnya capcus nyirian model yg cocok sama aku plus itu curhatnya juga semoga menginspirasi yang baru putus juga. Eh... Hahahaha #kidding

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mangga ceu meser jaketna cing loba nyak, koleksi 2018 ini cucok meong ceu..

      Hapus
  4. Ini panjang banget ya, Mbak, jaketnya. Enak nih jadi nutupin pantat. Aku termasuk yg nggak PD nih kalau pakai jaket tapi pantatnya nggak ketutup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Panjang mbak, nutupin bagian bokong kok jadi aman kalo dipake kemana-mana buat yang hijaban hehe

      Hapus
  5. cakep banget ya jacketnya, apalagi panjangnya tuh sampe lewat lutut.. cocok banget buat hijabers, jadi gak seksi2 kle klopun pake legging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba jadi nggak ada alesan buat males olahraga karena nggak punya baju hahaha

      Hapus
  6. Sis, itu jaket ucul bener sih wkwkwkwk...kalau gie sendiri lebih suka legging pas Yoga atau pilates, training kalau cardio. Biasanya pakai atasan yang panjang menyiasati leging, atau pakai training (apa legging) yang udah ada 'mini skrit' nya gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ucul gimana yang pakenya aja sih hahaha

      Hapus
  7. Mauuu ikutan menuju langsing 2018 nya, huhuhu semangat langsing

    BalasHapus
  8. whoaa leh uga nih sist buat lari. kadang pake cardigan panjang sih aku dalemnya kaos lengan pendek tp kadang kalo anginnya kenceng berpotensi terbang2an wkwkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu sis terbang-terbang jadinya kitanya riweuh buat nutup-nutupin kan males yee

      Hapus
  9. akuu kemaren liat jaket inii di instagraaaam. kokk keduluan kak nesaa yang pakeee XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli aja kalii, biar hits jaketnya di Sragen hahaha

      Hapus
  10. Kece banget dikau sih Nes. Makin ngegemesin!

    BalasHapus
  11. Mendadak besok pagi pengen lari pagi. Sehat, sehat, sehaaaat... Pake jaket itu enakeun pisan.

    BalasHapus
  12. Save dulu ah, buat one day kalau ada hidayah pakai hijab.

    BalasHapus
  13. Jadi makin nyaman ya mbak kalau olahraga pakai jaket yang bisa nutupin pantat. Kalau aku lebih nyaman pakai kerudung instan yang nggak pakai jarum itu saat berolahraga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba ditambah pake kerudung instan biar simple :D

      Hapus
  14. saya suka olahraga sih tapi jarang pake jacket pas olahraga. tp sering pake jaket kemana-mana karena saya gak tahan sama AC. wwkwkwkw.
    jaketnya lucu juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iyes mba yuk beli hijacket buat nambah koleksi jaketnya :D

      Hapus
  15. Iya sih paling bener kalo olahraga enaknya pake kaos pendek. Ku lebih prefer olahraga di rumah saja sih karena ku malas ketemu orang banyak HEHEHEHE. Butuh jaket kalo lagi dingin aja~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Males ketemu orang banyak apa kegoda sama jajanan ini teh hahaha

      Hapus
  16. Waduh saya termasuk orang yang males olahraga, resolusi langsingnya gagal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang harus diniatkan bener-bener kalo soal ini sih mba :D

      Hapus
  17. issshh ishhh isshhh kece badai nih hijacket..
    saya sering banget olahraga plus hijaber juga. kadang suka bingung kalo milih baju olahraga. kayaknya jaketnya cocok deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk mba beli juga hijacketnya biar makin semangat olahraga hehe

      Hapus
  18. Aku gak pede pakai legging, hihi, paling pakai celana olahraga yg ada roknya atau pakai celana training gitu.
    Kalau olahraga pakai Hijaket gini gak gerah ya Nes?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya lama-lama dipake olahraga mah bakalan gerah teh hahaha

      Hapus
  19. Kece banget nih hijacket. Semoga ada ukuran besar ya xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ada atuh teh ukuran mah lengkap sampai ke yang besar :D

      Hapus
  20. olahraga dan foto2 itu wajib ya bu tetep aksis

    BalasHapus
  21. Wow, kece bgt jaketnya... Semangat olahraga :)

    BalasHapus
  22. kece deh sist jaketnya..
    gak cuma kece tapi nutupin bagian yang kudu ditutup ya, jadi pede dan semangat ga sih olahraganya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat 2018 langsing ya sist hehe

      Hapus
  23. Jaketnya cakep, bikin makin kece, deh, Teh! :)

    BalasHapus
  24. Mupeng in jaketnya, tapi nes.. Kamu dah kecil masa mau kecil in lagi oh no

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini udah naik 5kg dari berat normal loh teh :))

      Hapus
  25. Jaketnya kece nih, bener jadi bisa menutup lekuk tubuh saat olahraga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuul , jadi ke kita yang pakenya nyaman teh hehe

      Hapus
  26. Nesaa...mari menggendut bareng akuuh, butuh 2 kg buat stabil yeuuh..

    Btw, jaketknya okeh banget, ciba senyum dikit neng, biar tambah keceh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak mau menggendut lagi.. tidaaak hahaha
      lagi nggak pengen senyum sebelum kurus ah :p

      Hapus
  27. ih iya kayaknya enakeun ya Nes? Panjang tp ngga ngeribetin gitu. cocok dah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok dan aman teh, nggak usah khawatir bakalan terbang-terbang kalo ketiup angin hihi

      Hapus
  28. aku kemaren uah naksir sama jakeett inii XD
    kok malah kakens dulu yang makee.wkwkwk
    udah liat2 model2nya juga aku padahaal.hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya jangan kelamaan mikir, cepetan beliii

      Hapus

Hi, terima kasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe