Keunggulan Top Level Domain Untuk Blogger Newbie

21.29.00

Larasatinesa.com - Saya masih ingat ketika 2 bulan yang lalu saya memutuskan untuk punya domain sendiri di blog saya ini. Drama pergantian domain saya sempat saya abadikan juga disini. Pada tanggal 22 September 2016 blog saya yang tadinya alay bernama : givememoreorange.blogspot.co.id resmi berganti menjadi www.larasatinesa.com. kalian tau nggak bangganya saya ganti domain udah kayak orang yang dapat nobel kemanusiaan. Krik.. Krik..
Source : Unsplash.com | Edited by Canva
Sedikit flashback dari masa lalu #halah , ada beberapa alasan yang meyakinkan kenapa saya harus ganti domain pada saat itu, diantaranya :

1. Setelah bertahun-tahun punya blog, saya jarang posting, sekalinya posting curhat melulu, ini receh banget dan nggak ada tantangannya. Akhirnya saya memutuskan ingin serius secara professional di dunia blogger.

2. Jadi ceritanya waktu itu saya udah masuk ke beberapa komunitas blogger. Awalnya saya sih cuek aja melihat kehidupan dunia blogger. Tapi lama-lama saya jadi iri dengan teman-teman di komunitas yang ngeblog nya udah konsisten (one day one article), dan mereka nulis di domainnya sendiri. Gaya bener.. Kan kesel jadinya pengen gitu juga. Hahaha.

3. Ketika saya mutusin buat eksis ngeblog lagi, saya awali dengan ikut berbagai lomba blog. Kekalahan demi kekalahan saya alami. Setelah ditelusuri apa penyebabnya, saya akhirnya sadar kalo kebanyakan yang menang lomba itu ternyata udah pakai domain sendiri.

4. Disini siapa sih yang nggak pengen dapat penghasilan dari hobinya sendiri? Karena sering lihat postingan blog sponsorship yang wara-wiri, saya jadi kabita. Nulis aja udah seneng, ditambah dibayar pula. Ah impian banget!

5. Dan yang paling utama adalah kalo saya punya domain berarti saya punya branding sendiri. Biar nggak disangka blogger labil dan bisa lebih mengontrol untuk menulis sesuatu yang lebih bermanfaat ketimbang nulis curhatan galau.

Pertama saya bingung, akan memilih domain apa untuk blog saya. Kemarin pilihan saya hanya ada dua, yaitu domain dotcom dan dotnet. Tapi pada akhirnya pilihan saya jatuh pada domain dotcom. Simple aja sih alesannya biar tampak profesional kayak situs-situs resmi pada umumnya gitu, ditambah dotcom udah universal dan lebih gampang diingat orang.
Keuntungan Menggunakan Domain dotcom dan dotnet
Sebagai blogger newbie saya tau diri banget anaknya. Maksudnya kalo ada job nulis dari brand yang dishare di social media gitu saya belum berani daftar karena DA dan PA saya masih piyik kayak bayi baru lahir. Karena kebanyakan brand selalu meminta data itu dari blog kita. Saya pun sebetulnya belum ngerti banget apa itu DA dan PA, ditambah ada Alexa rank yang bikin pusing pala hayati mikirinnya.

Sedikit informasi mengenai SEO Tools :

Domain Authority (DA) merupakan metrik yang dibuat oleh Moz untuk memberi penilaian pada sebuah situs dengan skala 1-100 (100 nilai sempurna, sedangkan 1 nilai terburuk). Semakin tinggi Domain Authority sebuah website, maka turut mempengaruhi peringkat hasil penelusuran. Page Authority (PA) adalah penilaian skala 1-100 yang dikembangkan Moz untuk laman artikel atau posting sebuah situs di mesin pencari. Alexa saat ini dikenal sebagai salah satu mesin statistik internet terkemuka. Hampir semua situs dari segala penjuru dunia masuk pantauannya yang tersusun dalam sebuah grafik tingkat popularitas alias banyaknya kunjungan. Urutan pertama dihiasi oleh Google, kemudian diikuti Facebook. Grafik menunjukkan bahwa semakin tinggi popularitas situs, peringkat terus merangkak naik. Kehebatan statistik Alexa tak sekedar menampilkan tingkat popularitas situs se-dunia, melainkan lebih spesifik lagi dari segi geografis. Pemilik situs bisa mengecek popularitas di tingkat global dan nasional.
source : www.seoreviewtools.com

Lalu, karena saya masih merasa SEO Tools saya belum memadai, saya jadi makin sering ikut lomba blog dan rajin blogwalking aja daripada iri dan dengki dengan blogger-blogger senior yang udah sering dapat job.

Dan tibalah dimana saya semakin penasaran dengan dunia blogger professional ini. Saya pun mencari jodoh tau bagaimana caranya saya bisa seperti kakak-kakak senior. Saya nggak mau cuma jadi penonton aja dong, ditambah saya kayaknya masih muda, masih harus banyak belajar.

Pelajaran pertama saya pun dimulai dari cara mengecilkan Alexa rank saya yang menggendut. Pertama kali saya shock karena si Alexa menuliskan angka 4jeti disitu. 

Monmaap, bisa diduitin aja nggak nih, Lex?  #NesaAnaknyaMatre

source : www.alexa.com/siteinfo/larasatinesa.com
Singkat cerita nih ya,  setelah melakukan berbagai upaya dari yang gampang-gampang dulu deh : rajin posting minimal seminggu 3 kali, rajin blog walking dan meninggalkan jejak di blog teman-teman, share postingan di berbagai social media. Alamdulillah yah.. setelah rutin melakukan itu, Alexa saya turun menjadi 1,1jt. Walopun emang hitungannya masih besar, tapi saya puas bisa menurunkan dalam waktu beberapa minggu. Tinggal DA sama PA nih yang mandet di angka 1 semuanya.

Kek mana lagi lah Hayati harus lakukan, ya Tuhan *nangis dibawah shower*

Sampai pada akhirnya, disuatu malam yang dingin, tiba-tiba ada email masuk. Lalu nggak saya gubris karena akhir-akhir ini banyak banget email spam nawarin pembesar payudara jasa menaikkan followers. Sampai akhirnya tengah malam pun saya buka. Dan betapa kagetnya saya ketika salah satu agency mengajak saya untuk bekerjasama. Sejujurnya saya mikir kok-mau-mau-an-kasih-job-gue-secara-gue-masih-remah-remahan-wafer-gini. Di malam itu juga saya 'gangguin' salah satu blogger senior yang saya kenal baik untuk konsultasi semuanya. Paginya ketika sudah dapat pencerahan, saya langsung membalas email meng-iya-kan kerjasama tersebut. Rupanya dari pihak agency tersebut telah memeriksa blog saya terlebih dahulu, termasuk tentang DA dan PA saya yang baru seumur jagung ini. Tau nggak saya lagi-lagi shock, tiba-tiba DA saya udah berubah jadi 13 lalu PA jadi 18. Sumpah deh saya nggak pake jasa dukun.. Bukan nggak mungkin dibulan-bulan ke depan DA dan PA saya makin meningkat kan? Alhamdulillah, ini berarti adalah job review pertama saya.. *nangis terharu*

source : www.seoreviewtools.com

source : www.seoreviewtools.com
Nggak hanya sampai disitu, saya pun takjub dengan traffic blog saya yang mendadak jadi ramai dikunjungi perharinya ketika sudah berdomain dotcom. Sehari bisa lebih dari 300 kunjungan lho berbeda sekali dengan dulu pakai domain gratis, kalo dikalikan 30 hari, ini bisa sampai 9000 pageviews kan.. Duh buat ukuran saya yang masih newbie, ini adalah sebuah berkah.

*sujud syukur*

Mungkin pengetahuan saya seputar dunia SEO masih dangkal banget alias baru tau seputar itu. Tapi saya yang newbie ini nggak akan pernah berhenti belajar untuk kelangsungan dunia blog yang saya cintai ini

Sampai hari ini pun dengan usia domain dotcom saya yang belum sampai genap 2 bulan, saya sudah bisa merasakan 'hasil' nya, walopun efeknya belum terlalu besar. Tapi saya tetap bersyukur. Memang sebetulnya saya ngeblog hanya untuk menyalurkan hobi aja, urusan nanti bisa dapat penghasilan atau hadiah lomba dari situ mah saya anggap bonus sih. 

Saya hanya ingin bilang buat para newbie didunia blog professional, nggak usah ragu untuk ganti domain ke TLD (Top Level Domain). Saya bukan semata-mata yang ngomong-doang-mah-gampang. Tapi beberapa manfaat berikut ini sudah saya rasakan :

1. Efektif untuk konsisten menulis.
2. Bisa mempererat silaturahmi antara blogger, terutama dengan blogger-blogger senior yang bisa kita ambil ilmunya.
3. Bisa belajar untuk selalu menyajikan tulisan yang bermanfaat ditiap postingannya. Kalo pun masih belum bisa, nggak apa-apa kok. Cukup menulis aja apapun yang kamu ingin tulis, biar nggak terbebani. Ini akan ngikutin ke depannya.
4. Bisa masuk ke group-group penyedia job untuk blogger dan mendapat kesempatan untuk menjemput rejeki dari job tersebut.
5. Bisa ikut lomba-lomba blog tertentu karena punya domain sendiri adalah kebahagiaan yang hakiki , mau ikutan semua lomba juga bisa #eaaa


Semoga tulisan saya ini bisa memotivasi teman-teman semua untuk segera ganti domain TLD ya. Banyak kok jasa domain yang memberikan harga terjangkau, misalnya seperti dotcomforme . Apalagi kalo lagi ada diskon, buruan ganti, ndak usahlah merasa rugi. Buktinya biaya perpanjang domain tahun depannya bisa didapat dari hasil yang dituai dari blognya itu kok. Percaya deh! Jadi, jangan kebanyakan mikir ya shay kalo mau ganti TLD, nanti keburu lebaran 2020. Hihi.. 

Terimakasih udah mau-maunya baca postingan dari blogger newbie ini. Semoga bermanfaat. Mohon kritik, saran, serta bimbingannya dari teman-teman blogger semua ya.

*postingan ini diikutsertakan dalam blog competition dotcomforme #DotComForBlogging 


Tertanda, si Blogger Newbie
Nesa

You Might Also Like

84 komentar

  1. mbaaa pertama-tama kudoakeun supaya dirimu menang lomba blog ini ya. Udah lama gak main kemari aku mbak. Btw top euy tulisannya yg ini, jadi pengen juga ganti domain pribadi, tapi aku gaptek sejadi-jadinya mbak, makanya belum berani banget buat ganti domain. Kuatir salah klik trus tulisanku ilang kabeh, duh bisa nangis darah muda darahnya para remaja aku mbak *Rhoma Irama Mode on. Eh iya, aku sampe saat ini masih kebayang-bayang Fahmi teman bandmu itu loh,...duh asli deh jadi pengen ngakak lagi kalo inget dia *inti komen ini apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha kok kocak sih komenmu mba, si Fahmi gausah diinget-inget :))
      Makasih loh udah didoakan, semoga beneran yang ini menang ya hehe
      Aku dukung mba biar ganti domain juga, beli di dotcomforme. Nggak ribet kok. cukup ikuti instruksi, nggak akan hilang tulisannya juga :D

      Hapus
  2. Keren banget sih kamoooh... jd ngefanss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh please deh jangan ngefans sama akoh nanti hidung satu-satunya ini ngapung :))

      Hapus
  3. Kak, saya termotivasi bgt... Bedanya saya baru bgt trus langsung ganti TLD (rada nekat sih) tapi aku suka postingannya... Aku catet tips nya yak... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. Ayo kita sama-sama belajar ya hehe

      Hapus
  4. Kak aku mirip mirip ni story nya. Aku udah punya blog dari 2009 tapi selama ini cuma jadi silent reader karna ngerasa ga pd aja, hehehe . Tapi Aku mau mulai lagi ni, thanks ya tipsnya. Memotivasi banget. Keep inspiring :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya udah punya blog lama tapi baru nyadarnya sekarang.
      Nggak apa-apa lah yaa daripada nggak sama sekali. Yuk belajar bareng :)

      Hapus
  5. Baru dua bulan ganti domain udah dapet job, keren
    Selamat ya mbak atas rumah barunya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, makasih mba. Semoga contentku bisa kayak Mba Indah yang inspiring sekali :D

      Hapus
  6. saya jg merasakan jd banyak keuntungan setelah berganti dotcom :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget mba.. untung segera disadarkan hahaha

      Hapus
  7. Saya baru juga ganti TLD , dan masih harus banyak belajar, terimakasih artikelnya mbak

    BalasHapus
  8. Kereeen Nesaaa.. :D Semangat terus yaa.. Aku pun pingin alexaku gak gendut nih.. hihi.. :D klo DA PA blum gitu paham..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya aku pun masih belum ngerti banget sih mba sama si SEO Tools ini, harus belajar banyak sama senior-senior juga nih hehe

      Hapus
  9. Intinya lebih Profesional..
    Kereeen ini, idah ke indeks cepet tuh.

    Dan satu hal meraih sesuatu tuh paling gampang, begitu pun dalam ngeblog, pencapaian Alexa, DA dan sebangsanya .
    Yang susah mempertahankannya huhuuu

    Semoga konsisten selalu yaa Nes, semangaat!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teh Nchie, ini juga karena saran teteh waktu itu. Mohon bimbingannya selalu ya teh, semoga bisa mempertahankan dan konsisten kayak teteh. Makasih banyak buat semangatnya hehe

      Hapus
  10. Makkkk.. Keren tulisannya nih
    Saya baru 3 minggu ini pakai TLD setelah mikir sana sini kebanyakan pertimbangan
    Dan bener ya, bikin lebih konsisten menulis dan pastinya bikin lebih dilirik buat di BW

    Salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mba :)
      Iya jadi inginnya nulis dan postingannya maunya yang berbobot gitu nggak asal-asal curhat lagi hehe

      Hapus
  11. Selamat yaaa maak :) selisih 1 bulan waktu ganti dotcomnya ^^ eh aku kira kamu udah lama ganti ^^
    Makin sukses yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya ya mba.. Hihi makasih.. Sukses juga buat mba ya :)

      Hapus
  12. Iyes, banyak banget emang manfaat domain TLD. Dulu aku pengen gagayaan. Ke sananya eh ternyata bisa dapet duit. Keenakan deh akhirnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun niatnya teh selama nambah manfaat dan rejeki kenapa nggak yaa. Alhamdulillah :D

      Hapus
  13. Pakai nama sendiri lebih gampang dibacanya ya hehe.. selamat atas kelahiran blog barunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak makanya aku ganti pakai nama sendiri. Terimakasih udah mampir ya mba :)

      Hapus
  14. TLD itu memang banyak banget manfaatnya, aku bener2 ngerasain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba, semoga aku bisa konsisten biar nambah banyak manfaatnya. Aamiin.

      Hapus
  15. Waaa senangnyaa, beneran berasa manfaat punya domain sendiri apalagi buat newbie. Investasi yang cukup murah untuk mendapatkan banyak benefit yaa. Semoga makin betah ngeblognyaa, curcol juga kaga ada yang larang deh wekekek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehee iya sih mba Shinta, cuma sekarang agak mengontrol juga bahasa curcolnya. Malu hihii

      Hapus
  16. kalau saya gara-gara TLD makin cinta sama nama pemberian orang tua yang agak aneh dan unik. "Ngilan" aneh kan mbak ? hehehe salam kenal ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun pemberian orang tua itu pasti artinya baik mba. Jadi blog nya juga ikut baik hehe

      Hapus
  17. Aku belun Tld nih mbak pengen sebenarnya

    BalasHapus
  18. Aku juga barusan pindahan mbak..
    PA juga dikit banget, adsense ilang...
    Seo juga mesti banyak belajar...
    Aduh PR kita banyak. Semangat yuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mba PR buanyaak sekalii.. Yukk semangaat!

      Hapus
  19. Ecieeeee.... Aku juga sebenernya baru banget kok pindah TLD, berkat pressure dari temen2 juga hahaha jadi pindah ke dotcom. Alasan pindah TLD karena sirik sama blogger lain yg dapetin kerjaan hahahah XD *iyee gue anaknya sirikan* tapi ya udah sih sekarang ngga terlalu ngoyo, kl rejeki pasti ngga kemana kan yess :D *ngga cuman jodoh, rejeki jg gitu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sirik juga salah satu alesan utama aku teh buat ganti TLD. Kalo orang lain bisa, kenapa aku gabisa? Gitu mikirinya hahaha

      Hapus
  20. pakai TLD memang banyak keuntungannya Mba, saya pun merasakan itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mba, ternyata menyenangkan punya penghasilan dari hobi yang disuka :)

      Hapus
  21. terimakasih mak atas pencerahannya, udah lama pakai doamin sendiri tapi blm maximal ngeblog :)

    BalasHapus
  22. Hai nesa..thanks for sharing ya nes:)..belajar sama nesa ah..secara domainku juga baru lahir..masih anak bayi banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, aku pikir teh Gita udah ganti domain lama he he.. Yuk belajar bareng :D

      Hapus
  23. Wah, semoga aku bisa mengikuti jejak menuju profesional seperti mba nesa yaaa.. Sempet kepikiran mau pindah ke dotcom tapiii kayaknya aku harus belajar buat postingan yg bermutu dulu dehh.. Huhu

    Btw, salam kenal yaa mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku biar belajar bikin postingan bermutu nih harus dipancing dulu mba biar terpacu, ya gini dengan ganti dulu domain dotcom caranya :D

      Hapus
  24. wah saya pakai dua duanya..
    www.mysukmana.com
    www.mysukmana.net

    mbak laras bisa kunjungi yang mana ?
    monggo hehee..kok bisa pas banget sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe siap mas, nanti berkunjung yaa :D

      Hapus
  25. Sukaa bangett mba , migrasi ke TLD itu prosesnyaa sulit gak sih mba??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak sulit dan nggak lama kok mba, nanti dikasih tau cara-caranya kok. Kita tinggal ikutin aja hehe

      Hapus
  26. Ciyeee yang udah pake top level domain ciyeeee.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Telat mas mau ciye-ciye in nya harusnya pas baru ganti banget 2 bulan lalu haha

      Hapus
  27. Selamat ya teh Nesa, makin semangat nulisnya dong ya berarti hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin teh Yas, semoga makin semangat ya hehe

      Hapus
  28. Mbak Neisa, tag Sway My Way nya jangan diilangin dong, udah lekat banget lho sama njenengan.

    Selamat nggeh akhirnya pecah telor pindah TLD hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tagline aku yang itu alay mas makanya Ku ganti hahaha..
      Terimakasih yaa :)

      Hapus
  29. apalagi kalau postingnya tiap hari, alexa langsung ramping :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aku pun bisa konsisten posting tiap hari. Aamiin

      Hapus
  30. yap bener kerasa sekali, setelah berpindah dan rajin posting jadi lebih turun angkanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa nih, dan nggak berasa pas turunnya hehe

      Hapus
  31. Jujur teh kalau saya mah sudah lama tidak update blog lagi jadi sekarang mah ganti domain deh karena blog yang dulu mungkin sudah obesitas jadi gak sanggup deh kayaknya untuk jalan jalan di halaman google lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woah kok aku baru denger blog obesitas ya.. ternyata bisa juga kayak gitu blog nya :3

      Hapus
  32. wah mb keren baru usia 2 bulan da udah 13, lah saya 1 tahun baru 10. tp artikel saya memang baru seumprit. klo baca tulisan ini mesti rajin nulis ya. hm, jadi termotivasi nich buat nulis. tfs. semoga lombanya menang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe masih harus kerja keras nih mba biar bisa dipertahankan, ayo mba semangat ya^^

      Hapus
  33. mba Nesaaa makasih banyak sharingnya saya ngeblog baru itungan hari (sbnrnya uda lama dan isinya alay curhatan patah ati dll) jadi mupeng ganti TDL ni syukur2 dapet rejekiii amiiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba ganti domainnya. Insyallah ada rejekinya ya. Aamiin :)

      Hapus
  34. Wah.... menginspirasi sekali mba. Salam kenal ya. Saya baru mau mulai rajin nulis lagi ni. Blog saya mati suri kemari kemarin. Kudu dipeksa pake tld kali ya biar semangat lagi �� sukses selalu dan semoga menang yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, sepertinya memang harus dipaksa biar makin rajin nulis. Hehe.
      Makasih ya mba Dhika :D

      Hapus
  35. Bener banget. Blog TLD nambah semangat kita biar tambah rajin ngeblog. Saya kadang jd tersentil, masa udah beli domain tp blognya ngga pernah diapdet..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi reminder ya mba kalo misalkan males nulis.. Malu sama domain hihi

      Hapus
  36. Kompliiit banget, tengkyuu ya infonya. Makin semangat ngeblog!

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba, hayu semangat ngeblog^^

      Hapus
  37. Wah banyak ya keunggulan tld
    Prtanyaannya klo masi blogspot bisa njaring iklan ga ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku kurang tau mba, setauku brand bakalan ngecek SEO Tools yang blognya udah terdeteksi yang domainnya berbayar. cmiiw.

      Hapus
  38. Wih.. ndak smpe sbulan ratingnya udah melejit gitu mbak. Slamaatt ya ^_^
    Aku dlu malah inget pas sblum TLD dikomporin blogger senior buat TLD juga. Manfaatnyaa lbih bnyak. Yes. Hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya ya sama aku pun dikomporin karena blog aku masih alay banget. Untunglah sekarang udah ganti dan banyak manfaatnya. Alhamdulillah :D

      Hapus
  39. Nesa bisaan menggodanya~ Jadi makin pengen tapi masih ragu..
    lagi hectic bgt takutnya udah keluar duit buat beli domain tetep aja nggak ngepost-ngepost haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha cepet ih ganti teh.. Ayo jangan banyak mikir. Yang penting ganti dulu aja, nanti posting apa nggaknya gimana ntr hahaha #racun

      Hapus
  40. Eh, sama lho aku juga baru 2 bulanan pake TLD :p *padahal gak ditanya Ya, betul..salah satu tujuannya orang-orang pakai TLD adalah untuk branding, supaya terlihat lebih profesional :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah selamat untuk rumah barunya ya mba, Ayo semangat bangun branding bareng-bareng! :D

      Hapus
  41. Jadi lebih mudah di ingat sama teman (dan brand) kalau udah TLD ya mba... jadi nambah banyak silahturahmi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, Alhamdulillah walaupun baru ganti TLD terasa sekali manfaatnya :)

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe