Wanita, Anyang-Anyangan, dan Privé Uri-Cran

Oktober 25, 2016

Larasatinesa.com – Jadi wanita itu ribet sebenernya. Apalagi kalau wanitanya menggemaskan kayak saya gini #barupembukaanNes #udahpengenditabokajalu. Wanita lebih beresiko terkena berbagai penyakit daripada laki-laki (curang to de max!), apalagi penyakit yang berhubungan dengan organ kewanitaan. Organ kewanitaan ini buat saya adalah asset paling berharga, dan butuh perhatian khusus agar tetap terjaga kesehatannya.
Edited by Canva
Beberapa waktu lalu, ibu saya mengeluhkan tentang sakit pada bagian organ kewanitaannya. Saya shock dong, takut ibu kenapa-kenapa. Saya hanya berpikir kalau ibu saya mungkin hanya sakit akibat sudah masuk masa menopause nya. Tetapi rupanya bukan itu masalahnya sodara-sodara.
 
Saya memang sering melihat Ibu mondar-mandir ke toilet pada saat itu, ah paling Ibu cuma kebanyakan minum atau kedinginan karena musim hujan aja makanya beser. Lalu Ibu saya bilang, beliau seringkali sakit bila buang air kecil, ngilu, hanya keluar sedikit, urine berwarna kuning keruh bercampur darah, pegal-pegal di kaki, dan rasa perih setelahnya. Eh kok nggak nyangka sih, kalau buang air kecil aja jadi menakutkan seperti itu. Saya pun langsung teringat bahwa gejala itu kadang terjadi pada saya. Terutama urine berwarna kuning dan perih. Mendadak Hayati jadi parno dong!

Saya sih sadar banget dari kecil udah cantik susah untuk membiasakan diri rajin minum air putih. Saya baru aware untuk rajin minum air putih ketika saya bekerja kantoran yang pekerjaannya lumayan bikin stress emosi jiwa. Walaupun kadang malas minum karena pantry (tempat penyimpanan galon air) di kantor saya pada saat itu jauh, toilet wanita pun hanya berada di lantai bawah, sementara meja saya di lantai 2 #nggakpatutjadipanutan.  

Singkat cerita, saya akhirnya tau kalau Ibu mengalami Infeksi Saluran Kemih yang ditandai dengan gejala yang disebut dengan Anyang-Anyangan. Sumpah, saya baru denger istilah ini. Saya taunya cuma ayang-ayangan sama babang Ben Barnes doang *abaikan pernyataan ini*

***
Apa saja gejala Anyang-Anyangan?
Anyang-anyangan tidak selalu menimbulkan gejala yang spesifik. Namun kondisi berikut secara umum dapat menjadi tanda-tanda bisa jadi mengalami anyang-anyangan :
  • Hasrat berlebih untuk buang air kecil.
  • Buang air kecil lebih sering, tapi dengan volume sedikit-sedikit.
  • Nyeri pada panggul jika terjadi pada Wanita.
  • Jika terjadi pada pria, akan menimbulkan gejala nyeri pada anus.
  • Merasakan perih sakit buang air kecil.
  • Urine berbau menyengat, lebih pekat, kadang-kadang mengandung darah.
  • Merasa lelah dan kurang sehat.
  • Demam
Anyang-anyangan sendiri merupakan istilah yang diambil dari Bahasa Jawa; satu kondisi dimana kita selalu ingin buang air kecil tetapi urine yang keluar hanya sedikit dan proses keluarnya urine yang menyakitkan.

Berdasarkan survei, 5 dari 10 Wanita pernah mengalami infeksi saluran kemih (termasuk eikeuh!). Penyebab sakit buang air kecil (anyang-anyangan) yang paling umum adalah karena bakteri E.coli yang hidup di dalam usus besar dan sekitar anus yang kemudian menginfeksi saluran kemih. Wanita lebih sering terkena anyang-anyangan karena jarak antara uretra (saluran kencing) dengan anus yang lebih pendek apabila di bandingkan dengan pria.Inilah yang membuat bakteri E.coli lebih mudah mencapai kandung kemih. Selain bakteri E.coli, penyebab pola hidup yang tidak baik pun menjadi pemicu anyang-anyangan, diantaranya :


Kenapa Wanita Lebih Beresiko Terkena Anyang-anyangan?
Anyang-anyangan sebetulnya tidak hanya bisa dialami oleh wanita saja, laki-lakipun sama. Hanya saja wanita lebih beresiko. Jadi tolong jangan dianggap sepele ya. Beberapa alasannya adalah…
  • Wanita lebih berisiko mengidap anyang-anyangan karena saluran kencingnya lebih pendek, sehingga bakteri lebih mudah mencapai kandung kemih.
  • Wanita yang aktif secara seksual.
  • Wanita seringkali kurang memperhatikan kebersihan pakaian dalamnya, apalagi ketika sedang haid.
  • Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi terutama kontrasepsi diafragma dan spermisida.
  • Wanita yang sedang hamil beresiko lebih besar mengalami anyang-anyangan. Disaat usia kandungan membesar dan kandungan tersebut akan menekan bagian kantung kemih. Bagian kantung kemih yang tertekan tadi akan menimbulkan keinginan buang air kecil dengan sering. Walaupun urin yang ada di dalam kantung kemih jumlahnya jauh lebih sedikit. Dan jika kantung kemih tersebut tertekan, maka ibu hamil biasanya akan merasakan gejala ingin buang air kecil secara terus menerus.
  • Setelah masa menopause, resiko wanita terkena anyang-anyangan semakin meningkat karena berkurangnya hormon estrogen yang berdampak pada menurunnya imunitas tubuh sehingga lebih rentan terhadap serangan infeksi. Yang ini ibu saya banget!
Apa Akibat Dari Anyang-Anyangan?
Jika tidak segera ditangani, anyang-anyangan dapat membawa resiko serius, seperti kerusakan ginjal akibat infeksi ginjal akut atau kronis, terutama pada anak-anak.  Dan pada ibu hamil, anyang-anyangan yang tidak ditangani dapat meningkatkan resiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan lahir rendah. Hii mengerikan, ya! Oleh karena itu, segeralah memeriksakan diri apabila gejala anyang-anyangan kamu tidak kunjung hilang setelah beberapa hari.

  • Minum air putih yang banyak untuk mengeluarkan bakteri dan memperlancar pembuangan urine.
  • Tidak menahan buang air kecil.
  • Setelah buang air besar atau kecil, basuh kemaluan dari depan ke belakang untuk mengurangi penyebaran bakteri dari anus ke vagina dan saluran kencing.
  • Bila terpaksa harus ke toilet umum yang closet nya duduk, sebaiknya bersihkan dulu dengan menarik flush yang tujuannya menghindari bakteri yang akan menempel ke daerah kewanitaan. Kemudian biasakan untuk lap dudukan toilet dahulu dengan tissue.
  • Hindari minuman yang beresiko menimbulkan iritasi pada kandung kemih, seperti minuman ringan yang mengandung jeruk, minuman keras (alkohol), dan minuman berkafein.
  • Segeralah buang air kecil dan konsumsi air mineral setelah berhubungan seksual.
  • Tidak menggunakan celana dalam ketat
  • Jika sedang haid banyak-banyaknya, usahakan untuk sering ganti pembalut. Dan jika sedang tidak haid gunakan pantyliner hanya jika perlu (sedang aktifitas) saja, karena pemakaian pantyliner terlalu sering akan membuat area kewanitaan lembab, tidak ada sirkulasi udara. Lebih disarankan untuk mengganti celana dalam daripada memakai pantyliner seharian.
  • Sebaiknya hindari menggunakan produk untuk area kewanitaan, seperti semprotan deodoran atau bedak yang beresiko menimbulkan iritasi.
  • Untuk mengatasi susah buang air kecil lakukan pijatan lembut pada kandung kemih yang terletak di perut bagian bawah untuk memaksimalkan kekosongan air seni di dalamnya kemudian tempelkan air hangat pada perut bagian bawah. Rasa hangat akan merelaksasi beberapa organ yang bertugas mengantarkan air seni.
  • Sering mengkonsumsi buah cranberry atau suplemen yang mengandung ekstrak buah cranberry yaitu, Privé Uri-Cran
  
Apa itu Privé Uri-Cran?
Privé Uri-Cran merupakan ekstrak dari buah cranberry yang dapat mengatasi anyang-anyangan yang merupakan gejala awal dari Infeksi Saluran Kemih. Privé Uri-Cran yang juga merupakan salah satu produk dari Combiphar ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan anyang-anyangan secara berulang. Alasan mengapa Privé Uri-Cran dapat mengatasi anyang-anyangan karena ekstrak buah cranberry yang mengandung Proantocyanidin (PAC)  yang efektif mencegah penempelan bakteri E.Coli yang merupakan penyebab dari anyang-anyangan.

Proses cranberry yang menghentikan bakteri E.Coli berkembang
Apa Manfaat Buah Cranberry ?
Buah cranberry mengandung PAC’s (pro-anthocyanidins) dengan struktur spesial (tipe A) yang menyebabkan beberapa bakteri tertentu seperti bakteri E.coli sulit menempel di saluran kemih. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah cranberry sangat bagus untuk kesehatan, rasanya yang asam membuat cranberry bekerja lebih efektif dalam kondisi asam untuk mengusir dan membunuh bakteri. Dengan ‘terusirnya’ bakteri tersebut maka peradangan dan sakit tidak akan terjadi. Selain itu cranberry bisa mencegah sekaligus mengobati infeksi bakteri seperti bakteri E.coli di dalam sistem urine yang sering menjadi penyebab anyang-anyangan dan infeksi saluran kencing. 

Kemudian, dosis yang dianjurkan untuk mengkonsumsi ekstrak buah cranberry sehari-hari sebesar 500mg/hari. Lalu dalam bentuk juice, cukup sebanyak 300ml. Komposisi dalam satu buah kapsul Privé Uri-Cran produksi Combiphar ini mengandung Vaccinium macrocarpon (ekstrak Cranberry) 250 mg, dan  mengandung 18 mg PAC (Proanthocyanidin). Jadi amannya dikonsumsi sebanyak 1-2 kapsul/hari.

 

Untuk harga 1 dus Privé Uri-Cran (3 blister @10 kapsul) dibandrol sekitar Rp.94.000,- s/d Rp.121.000,-. Oh ya, Privé Uri-Cran ini dapat dibeli di Century, Guardian, dan Kimia Farma.

Ketika saya mengetahui semua info tentang Privé Uri-Cran ini, saya langsung memberi tahu pada Ibu saya. Alhamdulillah.. sekarang kondisi Ibu sudah membaik. Fyi, Privé Uri-Cran bisa juga dikonsumsi walaupun kamu tidak mengidap anyang-anyangan lho, ini dikarenakan banyaknya manfaat lain dari Privé Uri-Cran untuk menjaga kesehatan.
Jadi masih mau anyang-anyangan apa mau ayang-ayangan aja sama akoh nih? :p

Privé Uri-Cran Datang, Anyang-anyangan Hilang!



Cheers,
Nesa


Sumber :
www.alodokter.com
www.mypriveworld.com
facebook.com/priveuricran
expertheatlhreviews.com

You Might Also Like

26 komentar

  1. Kalau baca dari gejalanya yang nomor satu..sepertinya saya perlu prive uri cran. Perlu ke dokter dulu kali ya buat mastiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya kah mba? Pastiin dulu aja mba ke dokter supaya jelas untuk ngobatinnya. Semoga cepat sembuh ya :)

      Hapus
  2. kirain anyang2an dalam bahasa sunda Nes, hihihihi

    Ternyata itu tho maksutnya, aku juga sering loh dan ternyata emang sangat mengganggu yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bahasa Sunda mah jadi aanjangan teh hihi , iya aku juga nggak sadar teh pernah ngalamin. Duh harus waspada pisan sekarang ya.

      Hapus
  3. Jadi inget jaman hamil suka anyang-anyangan dan waktu itu belom ada Prive Uri Chan. Hihihihihii. Cuss deh ntar beli Prive Uri Chan ini kalo anyang-anyangan. Makasi infonya ya maaaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mba hehe. Lumayan kok mba walopun nggak lagi anyang-anyangan, Uri Cran bisa dijadikan vitamin sehari-hari :)

      Hapus
  4. Asik ikutan juga hahaha gudluck mba klo aku ikut karena memang pengalaman pribadi ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walopun ini pengalaman ibu aku, tapi dulu waktu kerja kantoran kayak teteh aku juga ngalamin kok. Cuma nggak sadar karena mentingin urusan lain daripada kesehatan :(

      Hapus
  5. makasih mba infonya, semoga terhiindar dari anyang-anyangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba, jadi reminder juga buat diri sendiri nih biar pola hidup sehat :)

      Hapus
  6. Bagus banget reviewnya, sangat bermanfaat ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat juga buat kamu, sehat-sehat ya bumil ;)

      Hapus
  7. aku suka pegel badan bin kaki gempor kalok anyang2an muncul mbk, pakek ini ya, uri cran, nyari ah di sini,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba kalo jongkok buat buang air aja udah pegel ditambah pegel anyang-anyangan jadi double sakitnya :(
      Semoga ketemu Uri Cran nya disana ya..

      Hapus
  8. iya ya ditoilet itu emang kud bersih biar g kena macem2 -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rumah yang sehat bisa diliat dari toiletnya bersih atau nggak ya sekarang mah mba :D

      Hapus
  9. pernah loh dengan sengaja nahan pipis, karena males ke kamar mandi. Eh ternyata nggak enak banget kalau anyang - anyangan -_______-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba, emang harusnya punya toilet sendiri dikamar nih biar nggak nahan-nahan buang air lagi #ahlesan :))

      Hapus
  10. aku pernah kena infeksi kandung kemih karena jarang minum sama suka nahan pipis malam hari, sekarang mah gak pernha lagi kapokk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kalo malam hari suka malas ke toilet ya mba.. Akupun sering gitu, tapi karena udah tau bahayanya sekarang nggak lagi deh hehe

      Hapus
  11. saya dua kali terkena anyang-anyangan karena suka nahan-nahan pipis Mba :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuih mba harus lebih aware lagi ya, untung udah ada Uri Cran sekarang :D

      Hapus
  12. kirain karena cuacanya dingn jadi penginnya pipis terus, disamping karena banyak minum air biasanya juga banyak pipis nya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas walopun banyak minum tapi kalo pipisnya sedikit-sedikit berarti ada gangguan. Bisa jadi gejala anyang-anyangan.

      Hapus
  13. aku sampai masuk igd 2 kali gara-gara anyang-anyangan. huhuhuu gak enak banget :((

    gud luck yaa Nesa :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wihh nggak nyangka ya kak kalo nahan pipis efeknya bisa mengerikan gitu. Untunglah udah sembuh.
      Makasih, good luck untuk kak Minda juga :*

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe