Tipe-Tipe Online Shop Instagram Yang Bakalan Bikin Kamu Ilfeel

00.00.00

pic source : pixabay.com | edited by me
Larasatinesa.com - Seperti janji saya sebelumnya nih.. Finally, saya mau curhat lagi tentang dunia belanja online. Kali ini tentang Online Shop yang menyebalkan. Berhubung saya juga punya online shop, jadi sekalian berkaca dan berintrospeksi diri dengan hal-hal yang ada dibawah ini.

Apakah kamu suka belanja online? Hmm.. Kayaknya di jaman milenials yang serba mudah kayak sekarang ini, toko berbasis online lebih diminati deh daripada toko offline. Bukan hanya kalangan wanita saja yang menyukainya, bahkan pria pun sekarang mulai beranjak menyukai belanja online lho.

Banyak hal yang membuat kita untuk beralih ke online shop, salah satunya adalah waktu menjadi lebih efisien; belanja di online shop tidak membutuhkan waktu berjam-jam untuk mengelilingi toko offline seperti yang sering kita lakukan di Mall, ditambah lagi bila kita termasuk orang yang gampang ke-distrek alias gampang teralihkan ketika membeli sesuatu. Niat beli yang itu malah beli yang lain. Fokus belanjanya sudah buyar dan budget belanja jadi melambung tinggi.

Beda lagi dengan memilih online shop yang kamu percayakan untuk membeli barang. Saat ini banyak sekali media sosial yang bisa dijadikan perantara untuk berdagang online. Salah satunya adalah Instagram. Perkembangan bisnis online shop di instagram saat ini berkembang dengan begitu pesatnya. Berbagai akun online shop mulai bermunculan dengan segala macam barang kebutuhan yang paling ter-uptodate. Hayo ngaku, pasti yang baca artikel ini pun follow salah satu akun online shop yang ada di Instagram kan..

Biasanya apa sih yang menjadi pertimbanganmu untuk memilih online shop sebelum belanja barang yang diinginkan? Barangnya bagus? Atau harganya lebih murah dari toko biasa? 

Tapi apakah kamu pernah mengalami hal-hal yang nggak menggenakkan saat belanja online di instagram? Hmm atau mungkin sebelum membeli kamu sudah lihat gelagat yang nggak mengenakkan dari tingkah si online shop. Berikut ulasan tentang beberapa tipe-tipe online shop di Instagram yang bikin kamu ilfeel :

1. Spam
“ Cek ig kita yuk sist, ada hijab model terbaru kekinian lho”
“ Susah punya anak? Kami punya solusinya ”
“ Luar biasa kak hasil rekomendasi pelangsing badannya.. bla bla bla ”
“ Pay*dara Anda Kurang Besar? Bla bla bla ”

Sering lihat ada komentar seperti itu nggak di foto instagram seseorang? Mending sih kalau yang punya akun selebritis, mereka jadi kesempatan buat ngiklan gratis dan si artis pun nggak peduli karena nggak bakalan sempat lihat. Tapi kalau ada spam begitu di instagram kita yang hanyalah manusia biasa ini cukup menggangu. Kalau niat akan membeli juga, kita pasti duluan yang akan cari online shopnya kan? Saya udah gedek banget sama yang beginian. Ngiklan kok ya nggak tahu tempat sih sis, gan, dek, buk, pak.. Haish.

2. Foto Produk Tidak Sesuai dengan Yang Dikirim 
Lain halnya dengan ini, ketika melihat barang difoto instagram tampak bagus tetapi sesudah dikirim barangnya jauh berbeda dengan yang difoto. Kalau bedanya sedikit sih kemungkinan itu hanya permainan efek kamera yang si online shop gunakan di feed instagramnya. Tetapi kalau udah bedanya parah banget itu namanya udah penipuan lho. Makanya sebelum belanja online perhatikan resiko ini ya. 

3. Akun Instagram Online Shop yang di Protect
Jualan  kok digembok akunnya?  Kamu kesal nggak sama akun instagram yang diprotect alias digembok, yang kalau mau lihat harus difollow dulu. Yang lucunya beberapa online shop yang sering meninggalkan komen spam di instagram kita adalah mereka yang online shopnya digembok. Ini memang strategi si online shop demi membuat penasaran sekaligus meningkatkan followers di akun mereka. Selanjutnya terserah kamu, berminat atau tidak follow duluan. Saya sih ogah, Hahaha.


4. Sering Blacklist Pembeli
Pernah lihat rules (aturan) online shop instagram yang bilang : “HIT AND RUN = BLOCK” yang artinya adalah ketika kamu udah nanya-nanya berujung nggak jadi beli kontakmu akan di block oleh online shop tersebut. Ini memang agak ekstrim sih dan terkesan galak, tapi memang kalau beli di online shop harus bijak dan nggak boleh kelamaan mikir.  Jadi, sebelum beli pastiin online shop ini nggak punya aturan blacklist yang sadis dan kamu sudah fixed untuk membeli barang yang dituju. Perlu hati-hati kalo yang ini ya, karena si online shop bisa dengan teganya menyebarkan kontakmu di akunnya atau di akun blacklist online shop Indonesia. Kezel!

5. Slow Respond
Bagi sebagian online shop yang sudah besar memang wajar pelayanan mereka jadi agak slow respond karena menangani banyak pembeli. Tapi gimana jadinya jika slow respond itu dilakukan selama 1x 24 jam dia baru balas pesanan kita. Kebayang nggak sih kalau itu barang yang mau dibeli adalah barang yang butuhnya urgent. Mending cari yang lain deh, keburu basi.

6. Tidak Memberikan Resi Pengiriman
Resi pengiriman itu penting bagi para pembeli. Apalagi bila pembeli berada di daerah yang jauh dari online shop. Dengan memberikan resi pengiriman barang ini akan membantu pembeli untuk mengecek status barang kirimannya udah sampai dimana. Tetapi kadang online shop tidak mau memberikan resi dengan batas waktu yang ditentukan. Entah maksudnya apa. Tapi dengan tidak memberikan resi seperti itu apa pembelinya nggak akan berpikiran negatif tuh. Padahal resi tuh adalah hak pembeli lho.

7. Tidak Ditanggapi Bila Pesanan Tidak Sesuai dengan Format Order
Sebelum fixed membeli barang, ada baiknya kamu baca dulu rules online shop tersebut. Banyak online shop yang memberikan syarat untuk menulis format order terlebih dahulu agar memudahkan si admin online shop untuk mendata pesanannya. Tapi apakah dengan memberikan rules seperti itu pembeli semua akan menurutinya? Ternyata tidak sodara-sodara. Padahal ya, kalau di toko offline aja nanya-nanya dulu itu wajar. Mungkin si admin atau ownernya malas menanggapi segala pertanyaan penasaran dari pembelinya yang bukan hanya 1-2 orang aja. Kalau masih ingin nanya-nanya dulu baiknya kamu cari online shop lain, kecuali kalau kamu pengen dicuekin sih..

8. SFS (Shoutout Of Shoutout)
SFS merupakan kegiatan mengiklankan online shop lain di akun online shop milik kita. Jadi beberapa online shop ini bekerjasama untuk saling mempromosikan dengan timbal balik yang sudah disepakati sebelumnya. Atau ini bahasa kerennya kayak saling paid promote gitu. Tapi yang bikin ganggunya adalah mereka melakukan SFS disaat yang bersamaan. Biasanya peraturannya itu seperti promote selama satu hari bersamaan sehabis itu hapus bersamaan pula, jika salah satu ada yang telat upload atau menghapus duluan promotenya, maka akan dikenai denda dengan waktu beberapa menit / jam dari dia telat upload dan hapus duluan itu. 
Kalian pernah lihat nggak yang begini? Kadang promotenya mereka ini bisa sampai lebih dari 20 online shop yang memenuhi timeline kita di instagram, memang sih maksudnya bagus buat meningkatkan penjualan antar online shop. Tapi nggak begini juga dong. Bukannya malah ingin beli yang ada kita sebagai calon pelanggan jadi ilfeel berat dan langsung klik unfollow karena mengganggu.

So, apakah kamu pernah ngalamin juga? Atau malah kamu punya online shop dan bahkan pernah melakukan hal-hal seperti diatas kayak saya? Semoga setelah membaca ini kamu lebih selektif lagi ya untuk pilih online shop ya. Dan untuk kamu yang punya online shop; Online Shop yang baik bukan cuma modal ‘trusted’ saja, tapi juga harus punya ‘manner’ yang baik pada pelanggannya. Tetap harus ingat, bahwa sampai kapanpun pembeli itu adalah raja.


Cheers,

Nesa

You Might Also Like

28 komentar

  1. baru tahu istilah SFS mba emang sok kehel lama2 aku unfollow wkwkwk *customer jahat
    terus yang digembok juga paling males lah orang mau jualan piye digembok2 wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya geleuh ya teh suka pengen nakol hahaha

      Hapus
  2. Yang suka nyepam dan protect akunnya itu nyebelin banget hehhehe apalagi ya yang pernah aku temuin? Slowrespon juga nyebelin sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin kesini kayaknya makin tambah nyebelin teh. Olshop malah lebih galak daripada customernya hahaha

      Hapus
  3. ish itu semuanya emang nyebelin sih, terutama yg accountnya digembok plus jualan tapi harga barangnya gak dicantumin. Kalau udah gitu selucu apapun barangnya gak akan beli. Males banget udah nanya harga ternyata diluar budget eh malah diblock krn gak jadi beli, rasanya kyk jual dedet gitu deh.

    Makanya sampe sekarang nggak pernah belanja via instagram (berhubung akunya juga rada anti-sosial males basa-basi sama yg jual) dan lebih prefer belanja di toko online yg punya website sendiri atau di e-commerce kyk Tokped :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya ya jual dedet.
      Tapi teh aku juga ngelakuin nggak pajang harga beberapa barang di olshopku karena barangnya premium,Nggak enak kalo disebutin. Sekalian bikin penasaran sih.. Tapi kan aku bukan owner yg rese #pembelaan :))

      Wah bagus tuh beralih ke e-commerce trusted yaa

      Hapus
  4. aku dari dulu sampai sekarang kerja sambilan di online shop orang, bagian foto produk. Wwkwkkwkw ada beberapa brand gitu yak, yg aku fotoin produknya gak sesuai sama fotoku. Duh, jadi keinget dosa wkwkkwkwkwkwkkkww.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa jadi pengakuan dosa disini ya mba.. Gapapa yang penting sekarang udah tobat :))

      Hapus
  5. Hahah bener banget, aku ga pernah olshop di ig soalnya barangnya belum tentu asli dan ga nyantumin harga, lebih baik di olshop yang punya web serta keamanan transaksi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi online shop aku asli kok shay nggak pake nipu, ownernya cantik lagi #ditabokdarigadobangkong :))

      Hapus
  6. Yes benaar seperti yg diposting diatas kbnyakkan online bgitu.Tapi syukur alhmdl punya grup komunitas bisa jadi acuan memilih manaa olshop yg rekomended.
    Salam kenal mbak. IG &twitter (@cputriarty)😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah saling share info yang bermanfaat ya mba. Salam kenal juga yaa 😊😊

      Hapus
  7. Paling kesal kalau ada penjual yang slow respons dan gak ngirim resi pas udah bayar. :(

    Oh iya, ayo ikutan Giveaway "Cerita Hujan"! Ada hadiah berupa buku dan pulsa, deadline 7-21 Oktober 2016. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa memang sering kejadian yang ini sih hehe

      Hapus
  8. aku jarang beli di online shop

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukurlah mba, jadi nggak nemuin yang begini hehe

      Hapus
  9. Pernah beli baju via online..tp ternyata gak bagus kayak di gambar..sampai sekarang mending beli langsung aja kalau baju.
    Kalau macam kosmetik sih, masih beli via online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyalah mba otomatis kepercayaan udah ilang.. Mending belinya yang udah pasti bentuknya begitu aja ya kayak kosmetik hihi

      Hapus
  10. Saya baru sekali belanja lewat Ol shop IG. Tapi memang poin-poin di atas ngeselin. Sama satu lagi, jangan kebanyakan curhat tentang customer yang rese. Saya suka khawatir kalau belanja di ol shop kayak gitu, suatu saat bakal dicurhatin juga di akunnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaa aku ada loh mba postingan curhatin customer rese dipostingan blog sebelumnya karena aku juga punya olshop :))

      Hapus
  11. Kadang juga mikir, wong jualan kok akunnya digembok. Lha siapa yang mau lihat? Apa takut dagangannya ditiru?
    Paling sebel kalau barang di gambar dan fakta berbeda. Nyesel deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeselin mba kalo olshopnya fakir followers kayak gitu sih.. Padahal kalo barangnya bagus pun followers ngikutin. Eh atau bisa jadi takut fotonya dicuri makanya digembok hahaha

      Hapus
  12. Paling males sama olshop di IG yg harus nunggu jam tertentu buat upload kemudian pesen, dan baru jg 5mnt smua barang lsg soldout.. Yeah rite, like I don't have any other choice than waiting their products.. Unfol langsung hahhahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya mba aku pernah liat ini barangnya hijab gitu.. Pernah aku udah nandain mau beli taunya sistemnya kek gitu. Mundur tsantik deh nggak jadi beli :))

      Hapus
  13. aku termasuk yg sering banget belanja online :).. dan akhir2 ini lg sering2nya belanja lwt IG ;p. tp bener mbak, aku paling ga suka kalo IG olshopnya di gembok.. males bener... trs pernah juga tuh nemu olshop yg lamaaaaaa bgt respondnya, ampe 2 hr.. giliran dia bls respond, aku salah dikit doang templatenya... eh, dia suruh ulang bok -__-.. Gedek ga jdinya? lgs hapus tuh IG, ga jd beli.

    trs pernah jg mesen makanan dr IG, krn banyk bgt testimoni positifnya.. pas dtg dong, udh tampilan acak kadut, rasa ga enak.. aku rasa tuh testi fake semua jgn2 .. lgs blacklist yg beginian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun mba itu apa-apaan ya yang slow respon 2 hari kayak yang nolak rejeki banget 😂😂

      Wah aku kebetulan belum pernah beli makanan di olshop. Mungkin karena packagingnya nggak rapi ditambah perjalanan kirimnya kebanting-banting kali ya mba jadinya kecewa nggak sesuai gambar di IG hehe

      Hapus
  14. iya benar banget tipe-tipenya, memang ada semua itu.. hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeselin ya Kak, mau beli udah ilfeel duluan hehehe

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe