#Bahagiadirumah Menjadi Owner Online Shop

Mei 30, 2016

Halo Nova readers.. perkenalkan nama saya Nesa, usia saya 25 tahun dan profesi saya saat ini adalah owner online shop. Sejak Februari 2016 kemarin saya memutuskan resign dari sebuah perusahaan retail hijab di Kota Bandung. Bukan hal yang mudah memutuskan untuk keluar dari pekerjaan ini. Saya perlu waktu sebulan untuk memutuskannya. Kondisi perusahaan yang makin tidak kondusif pun akhirnya membuat saya mantap untuk resign.

Awal-awal menjadi jobless itu rasanya menyenangkan! Lho? Kok bisa? Saya betul-betul nggak pernah menyesal mengakhiri pekerjaan saya kemarin karena hati saya sekarang tenang nggak dikejar-kejar deadline dan dicecar berbagai aturan dari atasan lagi. Belum lagi diwaktu kosong ini saya sempat liburan keluar kota bersama teman untuk merayakan kelulusan kuliah saya kemarin. 

Liburan di Kota Wisata Batu, Malang
Tapi lama-lama status jobless ini membuat saya bosan. Rasanya aneh, ada sesuatu yang hilang dari hidup saya. Mungkin karena saya sudah terbiasa bekerja kantoran selama hampir 8 tahun ya.. Lalu, jika saya ingin mengikuti passion saya yang ingin jadi Travel Blogger juga rasanya itu belum memungkinkan. Saya butuh modal. Saya toh juga butuh uang untuk membiayai hidup kan?

Saya akhirnya memutar otak. Saya berpikir bagaimana caranya saya untuk mendapatkan uang tanpa harus pergi ke kantor setiap harinya. Saya baru ingat kalau setahun lalu saya membuat akun instagram garage sale yang dikhususkan untuk berdagang barang-barang preloved pribadi saya dan keluarga. Instagram online shop tersebut masih aktif hanya saja sudah lama tidak di update karena barang-barang saya sudah hampir habis. Saya pun masih bingung harus berdagang barang apa lagi. Saya pun mencari tahu barang krusial apa yang sudah dipastikan akan dibutuhkan oleh setiap orang. Dan satu lagi, saya nggak mau pakai sistem dropship, saya mau barang tersebut betul-betul ada di tangan saya.

image source : http://lifestyle.bisnis.com/
Jadi pada saat itu kondisi wajah saya sedang dalam masa pemulihan dari obat dokter. Saya desperate karena wajah saya tidak ada perubahan dari hari ke hari dan malah bertambah parah. Saya memutuskan untuk tidak akan mau lagi ke dokter. Sewaktu-waktu ketika saya sedang asyik membuka-buka social media, saya menemukan sebuah bedak dingin ‘legend’ yang dulu pernah menjadi obat jerawat ampuh saya dimasa sekolah dasar. Hari itu juga saya cari bedak itu di distributor kosmetik langganan saya. Setelah dapat akhirnya saya rutin memakainya. Ajaibnya perlahan-lahan wajah saya sembuh dari pengelupasan obat dokter. Saking bahagianya saya karena akhirnya wajah saya berangsur-angsur membaik saya pun iseng memasang bedak tersebut di display picture Blackberry Messenger saya. Dan tahu nggak apa yang terjadi? Beberapa teman menanyakan darimana saya mendapatkan bedak tersebut. Karena saat ini memang bedak ini cukup sulit didapatkan. Dan seketika ide pun muncul “ Kenapa saya nggak jualan ini saja?  Sampai sekarang banyak yang mencari dan khasiatnya sudah terbukti sejak dulu.. hmm.. ”

Dari beberapa teman yang ‘menitip’ untuk dibelikan bedak itulah akhirnya saya serius berjualan bedak ini di social media sampai sekarang. Alhamdulillah.. akhirnya saya bisa dapat penghasilan dari sini, pelanggan-pelanggan saya puas, dan juga saya senang menjalaninya. 

Walaupun saya sesekali mendapatkan pekerjaan. Tetapi saya lebih senang bekerja dirumah seperti bedagang online ini. Alasannya simple, karena saya ingin lebih banyak meluangkan waktu saya bersama keluarga. Saya bisa membantu orang tua saya, menemani adik-adik saya mengerjakan PR dan lebih banyak waktu untuk me time. Saya hanya modal pulsa saja untuk bisa dapat uang dirumah. Lalu akhirnya dari yang hanya iseng berjualan bedak saya juga akhirnya menjual kosmetik lain. Semua kosmetik yang saya jual adalah yang memang benar-benar saya coba dan terbukti keampuhannya. Sampai-sampai ibu saya pun terinspirasi dan mengikuti langkah saya untuk berjualan.

#Bahagiadirumah saya tak berhenti sampai disitu, karena saya senang menulis dan sudah menjadikan menulis adalah bagian dari hidup saya, ketika saya jobless saya rutin setiap hari mencari info-info lomba menulis ataupun seminar tentang kepenulisan. Saya senang bersosialisasi, percaya atau tidak saya teman-teman saya sampai hari ini kebanyakan bertemu diacara-acara seperti itu. Kemudian dari lomba menulis pun saya bisa pergi liburan gratis bulan ini karena sudah memenangkan lomba tersebut. Betapa senang dan bersyukurnya saya saat itu.

Mengikuti talkshow Travel Blogger

Bertemu dengan teman-teman baru
Saya berpikir banyak hal-hal yang sebetulnya bisa lebih membahagiakan yang bisa dilakukan dirumah ketimbang bekerja dikantor yang dilakukan karena faktor ‘butuh’ belaka. Pernah baca kutipan ‘Gajimu tidak akan mampu membayar waktumu dengan keluarga’ tidak? I really agree for this statement. And.. To be honest.. saya sering merasa kurang ikhlas menjalani pekerjaan yang membuat saya tidak berkembang dan tidak sesuai passion saya selama masa-masa bekerja dikantor. Hahaha! Mohon jangan ditiru ya, readers..

Ini pilihan saya, saya siap menanggung segala resikonya. Saya keluar dari zona aman karena saya ingin berkembang dalam hal ilmu dan ketangguhan. Saya sedang menantang diri saya untuk merasa tidak puas dalam kondisi apapun. Kalau bisa dapat lebih, mengapa saya harus diam? Saya mau sukses dengan cara saya sendiri. Tidak harus melulu dikantor, karena peluang untuk bahagia materil ataupun moril itu sangatlah banyak dari rumah. Mungkin habis ini saya akan mencoba bikin vlog. Hmm..

Untuk itu, dalam rangka Novaversary (Ulang tahun Nova ke 28 tahun) ini saya mengajak Anda sekalian para perempuan yang mungkin saat ini hanya berdiam diri saja dirumah sebagai ibu rumah tangga atau pengacara (pengangguran banyak acara) atau juga pekerja kantoran yang ingin menambah penghasilan dari rumah, yuk ubah mindsetnya, bukalah lebar-lebar pikiran Anda. walaupun dirumah tapi tidak menghalangi untuk berkarya. Banyak hal yang bisa dilakukan terutama dari hobi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah daripada hanya bergosip sana dan sini. Punya anak pun nggak jadi masalah, jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan lho.. Jadikan waktu luang Anda untuk memaksimalkan hal yang bermanfaat. Jangan takut gagal duluan. Semua butuh proses. Anda tidak tahu kalau belum mencobanya. Karena sukses tidak pandang bulu. Selama ada kemauan, kepercayaan diri , serta doa yang kuat kita semua pasti bisa kok. Jadilah wanita yang kreatif ya, Ladies!


Saya pernah berjanji pada diri saya sendiri, bahwa anak-anak saya kelak harus punya ibu yang hebat. Hebat bukan hanya urusan rumah tangga saja, melainkan hebat juga dalam berkarya. Karena menjadi biasa-biasa saja sudah terlalu mainstream. Rupanya dengan menekuni hobi yang saya senangi, saya masih bisa hidup bahagia. Mengutip sebuah quote dari Mignon McLaughlin, bahwa; “Orang-orang yang paling tidak bahagia adalah orang-orang yang paling takut dengan perubahan.” Terimakasih Tabloid Nova untuk semua inspirasinya, semoga semakin bertambah umur jadi semakin berisi, dan terus berinovasi.  



Cheers,

Nesa


You Might Also Like

2 komentar

  1. waah... senang ya, masih muda tapi sudah punya usaha sendiri. semoga sukses online shop nya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih usaha kecil-kecilan kok, Mbak.. Hihi.. Terimakasih utk doanya :')

      Hapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe