9 Hobi Yang Menghasilkan Uang Untuk Perempuan

Mei 27, 2016

Anggapan perempuan ketika berumah tangga akan menghabiskan sisa hidupnya untuk bekerja di dapur rasanya sudah terpatahkan di jaman yang sudah modern ini. Terlebih banyak sekali kelebihan kaum perempuan dalam pekerjaan. Salah satunya adalah perempuan dapat mengatur urusan rumah dan kantor secara efisien maksudnya ; Perempuan dapat melakukan pekerjaan secara bersamaan baik di rumah ataupun dikantor. Perempuan mempunyai konsentrasi yang lebih baik untuk multitasking daripada laki-laki.

Lalu bagaimana dengan ibu rumah tangga yang sehari-harinya hanya mengurus rumah tangga saja? Apakah bisa melakukan pekerjaan yang bisa menghasilkan uang di rumah? Tentu saja bisa. Pada dasarnya, setiap manusia diberi bakat yang luar biasa oleh Tuhan. Akan sangat disayangkan jika pemberian ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Dan bakat tersebut sering kita sebut dengan hobi. Dengan mengandalkan hobi yang dimiliki, para perempuan khususnya ibu rumah tangga bisa juga lho berkarya untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah tanpa meninggalkan pekerjaan rumah. 

image source : www.yourtango.com
Mau tahu apa saja 9 hobi perempuan yang bisa menghasilkan uang? 
Yuk simak selengkapnya :

1.  Menulis
Setiap orang sudah dipastikan bisa menulis bukan?  Menulis merupakan hobi paling murah saat ini. Banyak cara atau metode untuk menekuni hobi menulis ini. Dan saat ini, banyak sekali wadah yang bisa menuangkan tulisan kamu.  Ada beberapa wadah kepenulisan yang akan saya jelaskan disini, diantaranya sebagai berikut:
-    Menulis Blog
Blog merupakan wadah bagi para penulis untuk menuangkan tulisan apapun sesuai yang dikehendaki. Blog bersifat pribadi. Tapi agar blog kamu bisa menghasilkan uang, sering-seringlah untuk mengikuti blog competition. Kamu bisa cari info dari social media manapun tentang lomba menulis blog. Karena saat ini banyak sekali lomba blog yang sering diadakan dengan hadiah jutaan rupiah. Hmm.. menarik bukan?
-    Menulis Buku
Untuk kamu yang hobi menulis cerita yang agak panjang seperti (novel, cerpen, terjemahan, motivasi, dll) yang pastinya akan dibukukan, ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Karena saat ini penerbit-penerbit buku terus mencari penulis-penulis baru yang berbakat. Dan sekarang nggak usah repot lagi untuk mengirimkan naskahmu ke penerbit. Mereka dengan senang hati membuka selalu kesempatan itu bagi yang bersungguh-sungguh untuk menulis buku.
-    Menulis untuk Website
Seiring dengan perkembangan jaman saat ini, banyak sekali bermunculan situs online diberbagai penjuru dunia. Dan situs online ini berlomba-lomba menyajikan berbagai informasi yang menarik bagi para pembacanya. Tak jarang mereka seringkali mengundang pembaca untuk menjadi kontributor atau yang biasa disebut sebagai kurator, untuk menulis artikel di situs online nya. Nah, ini tentunya menjadi kesempatan kamu untuk berkarya. Selain tulisan kamu nantinya akan dipublish permanen di situs tersebut, kamu juga bisa dapat uang lho.

2. Fotografi
Memotret adalah hobi yang sedang banyak digandrungi saat ini. Hobi ini memang salah satu hobi yang cukup menjanjikan untuk mendatangkan uang jutaan rupiah. Mungkin pada awalnya untuk memotret dengan hasil yang bagus, kita harus belajar ekstra agar tahu teknik-tekniknya dengan benar. Ditambah lagi smartphone saat ini dibekali dengan fitur kamera yang sudah mumpuni. Memotret dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja kamu berada. Jika sudah memotret jangan sungkan sertakan hasil foto terbaikmu di lomba-lomba fotografi. Siapa tahu fotomu terpilih menjadi juaranya kan? Dan jika kamu sudah memiliki kemampuan yang lebih dalam memotret menggunakan kamera DSLR , tidak ada salahnya lho untuk membuka jasa pemotretan sendiri.

Lalu, bagaimana dengan yang hobi selfie atau difoto? Apa bisa menghasilkan uang juga? Jawabannya adalah bisa! Kamu nggak perlu fotogenic dulu untuk bisa menghasilkan foto yang bagus. Dengan rajinnya kamu memposting foto selfie di social media seperti instagram atau facebook, bukan tidak mungkin akan mendatangkan rejeki untuk kamu. Kamu bisa dijadikan model, atau bila followersmu sudah banyak, kamu bisa jadi influencer atau diendorse oleh online shop atau brand tertentu. Ini nih yang biasa disebut selebgram. Selain kamu dapat barang endorse-an, kamu juga dapat bayaran lho.. Yang penting percaya diri!

3.Merekam Video
Merekam video adalah hobi kekinian tak kalah digandrungi saat ini oleh pengguna internet. Lewat YouTube kamu bisa mengunggah video buatanmu sebanyak-banyaknya. Video bisa bertemakan; daily activity (vlog), video stand up comedy, tutorial make up, tutorial membuat kerajinan (DIY), tutorial fashion, dll. Jika videomu menarik, sudah dipastikan juga ini akan menarik pengunjung untuk menonton dan berlangganan (subscribe) videomu. Kalau kamu sudah punya banyak subscribers, YouTube dengan senang hati akan membayarmu juga lho! dan point plusnya lewat video yang kamu unggah, kamu juga bisa terkenal layaknya artis. Menarik sekali ya.. 

4.Memasak dan Makan
Lewat hobi memasak ini kamu dapat berbagi ilmu dan resep memasak yang kamu punya. Apalagi bila kamu punya resep baru yang unik. Cara berbagi bisa dilakukan dengan mengunggah foto masakanmu dan resepnya di social media, lalu bisa juga mengunggah videomu yang sedang memasak ke channel YouTube kamu. Selain kamu bisa menantang diri untuk mengikuti perlombaan memasak, bukan tidak mungkin bakat memasakmu ini bisa mengantarkan kamu untuk didaulat menjadi brand ambassador sebuah produk makanan dan diundang ke acara memasak di televisi.

Yang hobi makan dengan berwisata kuliner juga bisa menghasilkan uang lho. Nggak percaya? Jika kamu hobi makan dan kebetulan punya blog, kesempatan menghasilkan uang akan sangat besar. Kamu bisa jadi FoodBlogger yang kerjanya me-review semua makanan dan tempat makan yang kamu singgahi di blogmu. Apalagi bila blog kamu sudah banyak followernya, bisa jadi kamu diundang dan diajak bekerjasama oleh beberapa restaurant atau café yang ingin juga dipromosikan di blog kamu. Sudah kenyang, dapat uang pula. Menyenangkan sekali!

5. Traveling
Hobi traveling memang menyenangkan. Terlebih mengunjungi tempat-tempat indah di berbagai belahan penjuru dunia. Jangan sia-siakan kesempatan travelingmu begitu saja. Selain dapat meng-explore tempat yang dikunjungi, tak ada salahnya mengabadikan setiap moment liburanmu dengan memotret view menarik dan menguploadnya di social media. Dan kalau kamu hobi menulis, kamu bisa tuangkan cerita travelingmu ini di Blog. Menulislah dengan detail, karena selain menceritakan pengalaman travelingmu, kamu juga dapat mempromosikan tempat wisata, jasa travel, dan penginapan selama liburan. Bisa jadi setelah dipromosikan olehmu, pihak travel memberikan jalan-jalan gratis atau hotel tempat kamu menginap meng-endorse kamu untuk datang lagi kesana. Resmilah sudah kamu jadi Travel Blogger. Ihiy!

6. Menggambar
Bila kamu hobi menggambar jangan sungkan untuk memamerkan hasil karyamu di social media atau blog pribadimu. Setiap orang memiliki taste yang berbeda dalam melihat berbagai hasil karya. Bukan tidak mungkin beberapa diantaranya menyukai hasil karyamu itu, berawal dari suka lalu akhirnya minta dibuatkan gambar. Dari situ sedikit demi sedikit kantong pribadimu akan penuh dengan pundi-pundi rupiah.

7. Musik
Jangan pernah lelah untuk terus mengasah kemampuan bermusikmu ya, Ladies. Perempuan yang punya hobi bermusik itu keren. Apalagi bila dimanfaatkan dengan baik. Menekuni alat-alat musik dapat membuat kamu menjadi expert. Ketika sudah expert bukan tidak mungkin kamu bisa ditarik ke sebuah group band atau malah menjadi guru les musik. Apapun bisa terjadi selama kamu rajin berlatih.

8. Berkebun
Awalnya berkebun dapat merogoh kocek besar. Tapi setelah itu, jika kamu bersungguh-sungguh menekuninya semua akan berbalik modal. Berkebun bisa apa saja mulai dari; sayur, buah, umbi-umbian ataupun bunga semua dapat menghasilkan uang jutaan rupiah. Tidak perlu punya kebun besar, tetapi manfaatkan taman yang ada dirumahmu dulu. Berkebun bisa menjadi aset bagi masa depan. Semua orang sebetulnya bergantung hidup dari hasil berkebun yang pastinya akan menjadi kebutuhan yang terus menerus. Berkebun memberikan dampak positif bagi kehidupan kamu, berkebun dapat menenangkan pikiran dan menyehatkan tentunya.

9. Menjahit
Menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang. Menjahit dapat dilakukan dengan tangan memakai jarum tangan atau dengan mesin jahit. Orang tua dulu mengatakan bahwa menjahit merupakan keterampilan wajib yang harus dimiliki oleh perempuan. Para perempuan yang punya hobi menjahit ini adalah orang-orang yang kreatif. Dan apabila ditekuni sungguh-sungguh hobi ini pun dapat menghasilkan uang jutaan, siapa tahu banyak yang ingin dibuatkan pakaian oleh kamu, belum lagi bila jahitan kamu rapi dan bagus, bukan tidak mungkin kamu akan ditarik untuk menjahit pakaian-pakaian dari designer-designer yang sudah memiliki brand terkemuka.

Bagi kamu perempuan, jangan pernah berhenti mengasah setiap hobi yang kamu miliki. Dari pekerjaan sampingan ini siapa tahu dapat manjadikanmu seorang yang sukses dimasa  yang akan datang. Seperti yang dikatakan Walikota Bandung Ridwan Kamil : “ Pekerjaan paling menyenangkan didunia adalah hobi yang dibayar ” Semoga memberikan inspirasi ya!


Cheers,

Nesa



You Might Also Like

8 komentar

  1. kalau masak atau makan, kayaknya lebih expert ke makan aja deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha iya yaa, semoga berat badannya jugak nggak ikutan expert ya, mba :'))

      Hapus
  2. Hampir semuanya aku bisa kecuali menjahit hihi sansartsense.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Sandra, akupun juga nggak bisa kok *toss*
      #lah #caritemen :'))

      Hapus
  3. Sebenernya semua hobi bisa kok menghasilkan uang, asal bener-bener ada kemauannya. Pasti ada jalan~

    BalasHapus
  4. Bener, hobi selain untuk penghibur hati bisa juga dijadikan sebagai sumber penghasilan :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung. Mohon untuk berkomentar yang sopan, tidak menuliskan link hidup, dan tidak menyudutkan pihak manapun ya. Insya Allah saya akan berkunjung balik ke Blognya :)

Twitter

Instagram

Facebook Fanpage

Subscribe